Berita Kecelakaan: Bro Prast vs Sopir Tembak Metromini

28 08 2010

 

 

Metromini, Siap Membunuh Mereka yang Lengah

 

Braak…seketika suara itu terdengar ane reflex menarik tuas rem Si Tomat..hanya ada jarak kurang dari 10 meter sampai metromini di depan ane yang berhenti mendadak. Situasi tengah malam pun terkoyak keheningannya.

Belum selesai kekagetan ane, ketika motor hampir berhenti, ane melihat seseorang terseret motor bebek, kepalanya yang berbalut helm full face seolah berkejaran dengan roda depan metromini tersebut.

Untunglah metromini berhenti tepat sebelum helm dan nyawa sang rider dapat terselamatkan. Ane segera meminggirkan Si Tomat dan berlari ke arah metromini itu. Satpam Setiabudhi building, Jl.Rasuna Said pun sontak mengamankan lokasi.

Sang rider bebek masih hidup dan masih bisa berdiri, meskipun shock ia langsung sadar bahwa sang sopir metromini yang tadinya berusaha melarikan diri berhasil dihentikan oleh penumpang. Seketika itu pula sang kenek langsung menyuruh penumpang untuk pindah ke metromini lain dan segera mengawal sang sopir menemui korban.

 

 

illustrasi kejadian

 

Sang sopir tanpa basa-basi langsung meminta damai kepada sang korban. Korban tampak memandangi helm KYT full face yang tampak baru kini harus ternoda goresan di bagian kaca visor dan dagu. Sang rider tanpa mempedulikan ucapan sang sopir dan kenek bergegas memeriksa kondisi motor yang tadi hamper terlindas. Supra fit-X itu hanya tergores di bagian stang saja.

Mengetahui kondisi motor tidak mengalami kerusakan berarti, sang rider seolah baru merasa bahwa jari kelingking kakinya berdarah dan tampak parah.

Ya, ia memang hanya mengenakan sandal yang terbuka bagian jarinya..sekarang konsekuensi harus ditanggung. Sang rider pun langsung terduduk dengan mengerang. Ia lantas memegangi bagian dada kanannya, sepertinya ada sesuatu yang menyakitkan disana.

 

kondisi motor Bro Prast

 

Sopir dan kenek metromini terus memaksa damai. Sang rider menatap marah mereka namun ia terduduk pasrah. Ane segera meminggirkan motornya lalu membantu sang rider berdiri untuk bicara dengan sopir dan kenek.

“Pak, saya saksi mata nih, saya lihat semuanya..sekarang tolong bapak bertanggung jawab” ujar ane.

“tadi itu saya mengerem mau masuk jalur cepat, saya mau putar balik, kenapa saya ditabrak?” sang rider berkata sambil terbatuk.

“Sudah sekarang bro mau bagaimana, saya bantu. Saya sarankan bro segera ke kantor polisi” bisik ane.

“Oke, mana SIM dan STNKnya pak!” hardik sang rider.

Rupanya sopir adalah sopir tembak dan tidak mempunyai SIM, bahkan KTP pun ia hanya membawa fotokopinya.

Meliht hal ini korban langsung mengajak sopir untuk ke pospol terdekat. Namun entah darimana tiba-tiba sang sopir dan kenek mendapatkan “bala bantuan” dari kawannya sebanyak 3 orang. Mungkin ada brotherhood sesama awak metromini, orang-orang ini lantas kembali memaksa korban untuk berdamai. Ane menjadi berang. ‘Bapak ini siapa? Terlibat kecelakaan gak? Kalau gak terlibat diam saja lah” hardik ane sambil menunjuk batang hidup sopir yang berpenampilan lusuh itu.

 

sopir metromini mati-matian membela diri

 

Korban kembali terduduk menahan sakit. Ane sarankan ia untuk menunggu patrol polisi. Ini daerah Rasuna Said, patrol polisi pasti sering lewat.

Namun diluar dugaan ane setelah lebih dari satu jam patrol polisi tidak kunjung terlihat. Sang sopir dan teman-temannya pun ingin kabur dengan alasan kejar setoran namun ane larang. Ini ambil resiko dengan melawan 5 orang sopir tembak namun keadilan harus ditegakkan.

15 menit berlalu dan dari kejauhan tampak lampu strobe biru berkelap kelip, ane segera ke tengah jalan. Namun alangkah gondoknya ane..ternyata itu hanyalah pengendara Yamaha Scorpio yang memasang lampu strobe. Sial! Beginilah akibatnya kalau memasang asesoris haram…warga sipil langsung tertipu.

5 menit kemudian barulah kembali ada lampu kelap-kelip biru menyala di kejauhan, kali ini ane gak mungkin salah. Itu adalah lampu mobil polisi yang biasa terpasang di atap mobil. Namun ketika dekat.. Lho kok mobilnya warna oranye? Ini sih mobil patroli pariwisata.

Pak Polisi yang terlihat rapi dan necis segera turun dari mobil beserta 2 orang polisi lainnya. Dan setelah ane jelaskan duduk perkaranya, diluar dugaan ane, polisi itu serta merta berkata:

“Sudah sekarang damai saja..sopir metromini harus mengganti kerusakan motor ini dan pengobatan korban”

Mendengar itu korban keberatan. “Pak saya mau masuk berita acara pemeriksaan, sopir itu hamper saja bunuh saya” ujar korban terbata-bata.

Tapi pak polisi berkeras untuk damai,  sopir metromini bernomor 67 itu tampak senang. Ia segera menghitung uang. “Ini saya Cuma ada Rp 90 ribu, ambil saja buat pengobatan sama kerusakan motor.

Pak polisi menolak dan meminta sopir ikut untuk memeriksa motor dan kesehatan korban. Ane pun mengawal di belakang mobil polisi oranye itu.

 

Bro Prast menceritakan kronologis ke Pak Polisi

 

 

sang sopir tembak terus membujuk Bro Prast

 

Singkat cerita, di bengkel motor daerah Mampang, biaya kerusakan sebesar Rp 70 ribu dan biaya periksa dan obat di UGD RS sebesar Rp 150 ribu. Totalnya tentu saja kurang dari uang sang sopir. Pak polisi lantas mencatat identitas sopir (KTP fotokopi tadi) dan meminta komitmen untuk mengganti seluruh biaya. Sementara sang korban yang kepayahan hanya bisa pasrah di kursi belakang mobil polisi.

Karena motor korban ada di bengkel, singkat cerita ane boncengkan ia ke rumahnya di wilayah Jl. Bangka. Ternyata korban yang ane ketahui belakangan bernama Prast ini adalah ayah dari dua orang anak yang masih kecil-kecil. Ia bekerja dibawah sebuah perusahaan outsourcing.

Kami ngobrol banyak malam itu ditemani istri dan mertuanya. Ia pun bercerita bahwa sebenarnya ia malas naik motor yang ternyata milik mertuanya itu. Biasanya ia naik busway, namun karena tadi pagi angkutan umum tak kunjung lewat ia terpaksa naik motor. Ane pun menyarankan agar lain kali ia pakai sandal sepatu ketika berkendara.

Bro Prast lantas bicara panjang lebar mengenai situasi jalan Jakarta dan betapa selama ini ia menahan diri untuk membeli sebuah motor dengan cara kredit.

Setiap hari ia seolah “diracuni” oleh kawan-kawannya untuk membeli sebuah motor bebek. Uang muka yang murah (bahkan bisa tanpa uang muka) membuat motor bebek menjadi primadona kawan-kawannya. Namun bro Prast tetap menolak. Mantan atlet taekwondo ini mengakui bahwa dirinya masih cukup sehat untuk jalan kaki naik angkutan umum. Ia juga berpikiran mulia dengan tidak tergoda dengan motor-motor baru yang terus bermunculan.

“Sebenarnya gue kepingin beli sepeda, lebih murah dan sehat, kalau beli motor, gue males bayar cicilan bulanannya..mending buat makan anak gue” begitu tuturnya sambil mengelus buah hatinya yang tertidur di kursi tamu. Astaga..rupanya ane telah bertemu dengan seorang manusia langka yang berpikiran mapan.

Ane yang senang karena dapat teman dengan pikiran sejalan lantas mempersilakan bro Prast untuk mampir ke rumah ane untuk mencoba sepeda yang baru ane rakit, serta menjelaskan bahwa sepeda ane tak lebih mahal dari 4x cicilan motor bebek. Dan kami pun bertukar nomor hp..

Ane pun segera pamit setelah lebih dari satu jam di sana agar bro Prast dapat beristirahat. Satu lagi potret suram lalu-lintas Jakarta yang akan  siap menindas dan membunuh mereka yang lengah, siap mengecewakan mereka yang berharap pada keadilan dan siap memiskinkan mereka yang lemah.

Bagaimana menurut ente?

sumber foto: googling


Aksi

Information

29 responses

28 08 2010
nadi

Duh! 😦

28 08 2010
aldy ITX

wuih serem juga ya.. sampe di seret gitu?

28 08 2010
dandy

saya sangat kecewa dengan petugas polisi yg tidak tegas seperti itu…
sudah jelas nyawa bro frans terancam, knp tidak diperoses supir metro mini tersebut…. mgkn krn para polisi itu menganggap kejadian tersebut terjadi pada orang kecilan saja. kl orang besaran yg mengalami kejadian seperti itu br akan diperoses..

JUJUR SAYA SANGAT GERAM DENGAN KEJADIAN TERSEBUT….

28 08 2010
felix

salut buat bro benny yg sudi membantu bro prast tanpa pamrih! hebat bro, berjuang sampai polisi datang meskipun hrs bersitegang dengan 5 orang.

28 08 2010
bennythegreat

Biasa aja kali bro, kalo ente yg ada di posisi ane pasti juga bakal bantu. Memang keterlaluan banget transportasi massal di jakarta.

28 08 2010
Rovisezy

Salut buat bro benny yg dah mau membantu..Walaupun bkn saya yg di bantu tp ttp hati saya ingin mengucapkan banyak Terima kasih.. 😀

29 08 2010
asmarantaka

wah Bro Benny emang bner2 pahlawan tnpa tanda jasa..ihikss..jdai terharu ane

29 08 2010
blognyamitra

itulah sopir metromini, kalo nyetir pada ngawur …

29 08 2010
iwanbanaran

Wah..angkat topi buat bro ben. Semoga apa yang bro ben lakuin diikutin biker lainnya. Well done bro..

29 08 2010
Camecool

Dmn2 silop tu y kyk gtu mz,bajingan brsragam

30 08 2010
Rzky

Ampun dah….bginilah potret birokrasi kta……sharusny polisi jd tladan hukum yg baik…..wlau bkn polantas ms g bs koordinasi tu ptugas???

Pagi2 dah baca yg ky gini……smg jd inspirasi d bln yg suci ni.amin

thnx y

30 08 2010
bjl

i feel you bro, i feel you…

30 08 2010
dnugros

hmmmm…saya cuman bisa ngelus dada melihat sikap aparat penegak keadilan kita disaat seperti itu

30 08 2010
mighty.red

La vita e bella.
Life is beautiful.

30 08 2010
Awakku

mantab brotherhood-nya

30 08 2010
sabdho guparman

ketidak adilan di jalan sudah menjadi santapan harian. . . .
hukum rimba selalu memenangkan yang kuat . . .
harus mengadu kemana kita?

keep brotherhood,

salam,

30 08 2010
Tweets that mention Berita Kecelakaan: Bro Prast vs Sopir Tembak Metromini « bennythegreat.wordpress.com -- Topsy.com

[…] This post was mentioned on Twitter by zainal amri, Esia Biker and Yudi Febrianda, Benny Nugroho. Benny Nugroho said: Berita Kecelakaan: Bro Prast vs Sopir Tembak Metromini: http://wp.me/ppWx8-HA […]

31 08 2010
dhuwur

gud job well dan bro.. 😀

1 09 2010
bjubah hitam

salut bro … gua ama elu keingetan kejadian yg sama …..dan hikmahnya waktu gua jatuh banyak yg nolong gua ….

menabung baik akan menuai kebaikan juga bro itu hukum emas nya…

1 09 2010
arie sesat

lestarikan Bro Benny…

1 09 2010
bejo

salut
polisku kok ngga ngayomi ya

14 09 2010
Berita Harian Online

widih parahh..

13 10 2010
vega

quote :
“Ane pun menyarankan agar lain kali ia pakai sandal ketika berkendara. Bro Prast lantas bicara panjang lebar mengenai situasi jalan Jakarta dan betapa selama ini ia menahan diri untuk membeli sebuah motor dengan cara kredit.”

serius nih bro sarannya nyuruh pake sandal? moga2 salah ngetik yah,,hehehe 😛

13 10 2010
bennythegreat

Salah tulis bro..segera di koreksi..thx inputnya yah 🙂

17 10 2010
audi

blm di perbaiki kek nya bro, masi pakesendal.. hahahah

26 11 2010
Seruu Com

Polisi mana ada sih yang tegas… apalagi sebagian udah jadi bekingan sopir2 gatau diri kaya begitu..

Mampir kesini juga yuk

27 10 2011
Ane Takut Sama Kopaja/Metromini… « bennythegreat.wordpress.com

[…] Sebuah tragedi yang mengubah cara pandang ane terhadap angkutan umum berform-factor..entah itu bernama Kopaja atau Metromini masih sangat segar terlintas di kepala. Itulah kecelakaan bro Prast yang ane saksikan sendiri di depan mata..pernah ane tuliskan dalam artikel sebelumnya. […]

28 10 2011
joko

cuman bisa miris..

29 10 2011
willykk

nasipp.. kudu ati2 klo ada metromini.. ga cuma metromini kadang angkot(mikrolet) pun banyak yg suka kyk gini..

mereka(sopir ugal2an yg kebanyakan sopir tembak) bener2 gatau diri.. polisi mana.?? 😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: