Driving Record, CV-nya Pengendara

30 09 2010

Teringat pengalaman kawan ane yang pernah lama tinggal di USA, dalam hal berlalu-lintas di sana, memiliki SIM adalah sebuah pencapaian yang membanggakan karena prosesnya tidak mudah.

contoh driving license

Yang lebih sulit adalah mempertahankan SIM tersebut..cobaannya tidaklah mudah, Polisi akan memantau gerak-gerik dan tingkah polah si pengendara dalam mengendarai mobil atau motor.

contoh driving record

Dalam satu kisah, pernah kawan ane ini ditilang, ajaibnya sang polisi tahu persis bahwa kawan ane pernah melakukan pelanggaran anu pada tanggal anu. dan kesalahan kali ini kawan ane speeding hanya melebihi 2 km/jam dari batas kecepatan jalan setempat.

Driving record adalah rahasia dibalik kinerja polisi tersebut. Dengan menenteng laptop, seorang petugas polisi dengan cepat akan mengetahui curriculum vitae (CV) si pengendara dengan melihat nomor mobilnya saja.

Secara online, sistem driving record ini mencatat rekaman pelanggaran. Jika seorang melakukan pelanggaran lebih dari 3 kali, maka SIM akan dicabut.

Dicabutnya SIM merupakan bencana, seseorang tidak akan lagi dapat mengemudikan kendaraan. Karena baiknya kesadaran masyarakat di sana, mereka tidak peduli apakah akan ketahuan polisi atau tidak jika mengemudi tanpa SIM. Karena sanksinya akan berat.

Demikian baiknya sistem informasi kepolisian di sana hingga dapat membuat situasi dan kondisi jalan menjadi tertib.

Nah..bagaimana dengan di Indonesia?

Seharusnya sistem informasi Driving Record dapat diterapkan sesegera mungkin.

Mungkinkah?


Aksi

Information

11 responses

30 09 2010
martini

wew pwertamax…

30 09 2010
martini

belom tidur nih bang ben?? kagak dapat jatah pa ya….kaboooorrrr

30 09 2010
daris

pantesan sponge bob ga lulus” ujian sim 😀

30 09 2010
perry

Di sini jauhhhhh, penegak hukum kayak nya gak ada di jalanan, semua bisa bebas merdeka.
Melawan arah, gak pake helm, boncengan bertiga atau lebih, bawa motor sambil sms, suara kenalpot yg bikin budeg, ……………………………………………………, biasa aja didepan para aparat itu.

30 09 2010
koboikudabesibekas

imposible deh soalnya ga ada duitnya, yang ada malah nambah kerjaan!!!!

30 09 2010
blognyamitra

Dulu polisi qta punya alat speed gun buat deteksi kecepatan. Cuman koq udah kagak kedengeran lagi, udah rusak kali kali hehehe….

30 09 2010
asmarantaka

bhuahhaha…kalo disini mah begitu liat operasi polkis..ttp balik kanan dan kabur..intinya bikers sini berani mati dah :mrgreen:

30 09 2010
suhud

berharap.com, kenyataan, kalau ditilang bisa damai ditempat, kalau tidak bisa, damai di kantor, kalau tidak juga, damai gedung pengadilan, banyak calo di setiap tempat…

30 09 2010
30 09 2010
Rancho

Indonesia gitu loh..

1 10 2010
kampret nyasar

Mudah2an dengan driving records ini (saat nanti berlaku) bisa mengurangi jumlah kecelakaan di lalu lintas deh.. baik pengendara mobil dan motor yang sontoloyo.. perilaku itu membahayakan.. apalagidi AS, semuanya terdata dan saling terhubung 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: