[Renungan Jumat] Sayang Sekali..Ini Bukan Iklan Sepeda Motor..

8 10 2010

Tergelitik oleh artikelnya oom Pringgo mengenai iklan minuman energi M150.. Simak video berikut.

Ane sendiri masih bingung mengapa oom Pringgo menyebut iklan yang berdurasi 1 menit 36 detik tersebut kocak.. 🙂 . Padahal ane sendiri yang jarang nonton televisi lokal ini sangat terenyuh dan terharu melihat iklan tersebut.

 

tertib berkendara, taat rules, punya skill..

 

 

berkhayal..

 

 

lirik ke mobil sebelah..

 

Mari kita posisikan diri sebagai lelaki yang digambarkan dalam iklan tersebut.. Ia hanya pekerja keliling yang menjual roti dengan motornya (hayo tebaaak…motor apa yang dipakai di iklan itu? :mrgreen: ).

Pada awal iklan kita mungkin menyangka bahwa sang pria ingin menggendong seorang wanita, karena ia melirik ke wanita di mobil sebelahnya.

Lalu scene beralih ke usaha delivery rotinya. Di sini digambarkan bahwa ia adalah pemuda yang jujur.. Ia tak ingin mengambil kelebihan uang yang diterimanya.

 

delivery roti

 

 

hitung duit..

 

 

lho..kok lebih..ini saya kembalikan..

 

Adegan berikutnya ekstrim..! Ia dan motornya rupanya seorang penantang maut..!  Dengan gagahnya ia melakukan atraksi melompati puluhan mobil dan…kemudian ia terjatuh…

 

punya skill nih orang..

yang pakai motocross pada bengong.. :mrgreen:

 

 

lalu jatuh terguling-guling..

 

Aha..tak lama kemudian ia terlihat menghitung bayaran yang ia terima..

 

ada balasan untuk sebuah keberanian..

 

Selanjutnya…adalah bagian yang mengharukan.

Pulang ke rumah, ia memasuki ruangan dimana seorang wanita tertidur pulas. Lantas wanita itu terbangun dan si pemuda itu menggendongnya ke meja makan, dimana telah tersaji makanan lezat. Rupanya adegan ini menggambarkan bahwa Ibu si pemuda sedang sakit.

 

ibu..ane punya kejutan untukmu..

 

 

semoga ibu bahagia..

 

 

Tak lama kemudian datanglah seorang wanita yang langsung memberikan M150 kepadanya.

 

melepas lelah dan dahaga dengan M150..

 

***

Kawan pembaca blog yang budiman..baru kali ini sebuah iklan dapat menyentuh hati penontonnya. Inilah iklan terbaik yang pernah ane lihat. Sayang sekali..ini bukanlah iklan sepeda motor, namun iklan minuman energi.

Kawan.. dalam iklan ini kita diajarkan moral kehidupan sebagai berikut..

  • Keinginan yang tulus dapat membangkitkan semangat dan keberanian luar biasa.
  • Kejujuran itu penting dalam berusaha dan bekerja, jangan mengambil yang bukan hak kita.
  • Seorang anak harus bisa membahagiakan orang tuanya. Betapa dalam iklan ini dikisahkan bahwa seorang anak rela menantang maut demi kesembuhan ibunya yang sedang sakit.. Dalam iklan ini digambarkan pula bahwa uang hanyalah media semata untuk mencapai sebuah cita-cita nan tulus yang ditenagai sebuah keberanian luar biasa.
  • Di belakang setiap pria hebat terdapat wanita hebat, setidaknya demikian yang ane tangkap dari iklan ini.. Pencitraan wanita yang dimaksud tidaklah seorang gadis seksi nan molek, namun seorang Ibu.. alangkah indahnya..
  • Taat aturan itu penting.. Simak sang pemuda yang tertib berhenti di belakang garis putih dan memperagakan cara berhenti yang benar.. Ia menyelesaikan proses pengereman dahulu dengan kaki kanannya baru setelah motor hendak berhenti, ia menurunkan kaki kiri.

Begitu banyak moral yang dapat kita petik dari iklan ini.. Sekali lagi ane menyayangkan mengapa iklan ini tidak dikeluarkan oleh salah satu ATPM motor. Iklan ATPM motor belakangan selalu mencitrakan kemewahan dan khayalan akan jalanan yang terbentang sepi dan nyaman..Padahal kenyataannya..? 😦

Iklan ini mencoba menyentuh hati penonton dengan adegan-adegan yang sarat makna.. Bahkan mungkin lepas dari keinginan si produsen minuman energi agar konsumen mengkonsumsi produknya. Begitu tulus dan semoga mampu mengedukasi penonton televisi Indonesia yang sudah terlalu sesak dibanjiri tayangan sinetron, infotainment hingga kontak jodoh murahan yang tidak mendidik.

Seperti dikutip dari website ini:

“Untuk menjadi seorang hero, seseorang tidak harus melakukan sesuatu diluar kemampuan mereka. Cukup dengan melakukan hal – hal sederhana dalam kehidupan sehari – hari, setiap orang dapat menjadi pahlawan dalam keluarga dan lingkungan sosial mereka.” ujar Witoon Supprakit, Vice President of Sales & Marketing M-150. “Hal ini dapat dicapai dengan menerapkan perilaku – perilaku terpuji yang juga merupakan contoh dari sebuah figur yang digambarkan dan diwakili oleh M-150.” ia menambahkan.

Sekali lagi pula ane menyampaikan pujian setinggi-tingginya kepada pihak yang telah menciptakan ide brilliant dalam iklan ini.. Bravo..! ane harap iklan ini dapat menang dalam Citra Adhi Pariwara atau kompetisi advertising lainnya.

Akhir kata, mari kita doakan kedua orang tua kita agar dibalas amalan dan selalu disayang oleh Allah SWT. Seperti mereka menyayangi kita sewaktu kita kecil.

“Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran”

“Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah serta ibuku, kasihanilah mereka sebagaimana mereka mengasihiku sewaktu aku masih kecil”

Amiiin…

Aksi

Information

45 responses

8 10 2010
sii_dan

pertamax!

8 10 2010
lekdjie

pertamax pakdhe.sakbotol mawon.eh,niku triumph njih?

8 10 2010
lekdjie

walah,kedisiken jebulnya..

8 10 2010
2678RR

Aku suka iklan ini..terbaik yg pernah aku lihat.

8 10 2010
The Wheels of Life

Iklan yg bagus.. gak sekedar jualan.

8 10 2010
NoFUN

Iklan TOP.. Sangat menyentuh.. Salut deh.. :applause:

Bener Mas, coba para ATPM motor bikin iklan kaya begini.. Iklan sekarang isinya cuma perang antar ATPM, gak liat konsumen lagi..

Btw, tambahan lagi.. Itu di gambar pertama (tertib berkendara) siang-siang lampu motor tetep dinyalaain.. Sip.. 🙂

8 10 2010
banzai

motornya merk apa ya? antik oi… iklannya lebay jg ketika motornya dipakai buat lompat,padahal tipenya gk cocok, itu pemain lain yg lg nunggu di motorcross sampai bengong ngeliatnya.

8 10 2010
banzai

suzuki tu250?

8 10 2010
Rovisezy

Petromax.. Iklan TerBAIK,soundtraxnya pas.. Membangkitkan semangat jd laki2 sejati..Membahagiakan wanita,.. 😛

8 10 2010
alilin

walah aku pikir itu malah istrinya, soalnya kejutannya candylight diner gitu. tak pikir itu istrinya yang sakit kangker atau apalah.

8 10 2010
BONDET

baru kali ini aku trenyuh menyimak di blog motor, soalnya sudah jarang nonton TV

8 10 2010
ghost

setuju bro…amiin.

8 10 2010
dandy

memang iklan yang berbobot…like this…

8 10 2010
andrii siswandi

Hmmmm. Pertamax.

8 10 2010
ferryhardono

gw blm pernah liat nih iklan. tp dari tulisan di blog om Benny. kayaknya oke tuh. cum sayangnya produksi negara tetangga :(.

moga2 stlh iklan ini muncul, para produsen di indonesia ‘terbuka hati’-nya utkbikin iklan yang gak cuma ‘teriak-teriak’ aja …. 🙂

8 10 2010
beranda

top

8 10 2010
herimoko

Pas liat pertama kali nggak nyangka juga kalo iklan minuman M150, kirain iklan apa gitu, Biasanya iklan2 bagus iklan2 rokok yang menghabiskan duit buanyak, syuting di luar negri…. tapi yang ini…. hm….. menyentuh banget.
Bro beny tolong di tambah 1 gambar lagi tuh, gambar para Croser yang terbengong2 ( di tempatku videonya nggak bisa hehehe…)
Pasti lebih lengkap klo di tambah 1 capture lagi……..
Salut…. salut…. iklannya TOP BGT
Klo soal acara jodoh-jodohan… hm….. aku prihatin ( prihatin sama bapaku, beliau sangat menggemari )

8 10 2010
bennythegreat

sudah di add gambarnya bro.. 🙂 monggo di refresh tampilannya.. ane jumatan dulu yak

8 10 2010
A Seen

beni jatuh cinta lagiiiiii

8 10 2010
Momod

Nice

8 10 2010
Blogseven77

pertamax bro… ditunggu kunjungan baliknya…

8 10 2010
Tweets that mention [Renungan Jumat] Sayang Sekali..Ini Bukan Iklan Sepeda Motor.. « bennythegreat.wordpress.com -- Topsy.com

[…] This post was mentioned on Twitter by aulia®, Benny Nugroho. Benny Nugroho said: [Renungan Jumat] Sayang Sekali..Ini Bukan Iklan Sepeda Motor..: http://wp.me/ppWx8-RJ […]

8 10 2010
pak'e alyx

Like this…!!!
Barusan donlod dan lihat…, emang luar biasa iklannya… menyentuh perasaan banget…

8 10 2010
Embuh

iklannya mengandung BC gak ya? semoga tidak…

8 10 2010
Wong Banyumas

yup, being a hero is not always about popularity or killing the bad guy ternyata….

8 10 2010
asmarantaka

every body can be hero :mrgreen:
iklan itu inspirasi ane untuk ttp semangat dalam menjalani hari… M150..bisaa :mrgreen:
eh itu kan telor..bukan roti om :mrgreen:

8 10 2010
bennythegreat

Ah..masa sih itu telor?
Gede amat telornya.. :mrgreen:

9 10 2010
Jon Smith

itu jeruk… (liat itu toko buah2an… ) (jeruk moonkiss kali)

btw… nice commercial.. two thumbs up!

8 10 2010
bejo

monggo di minum M-150 bissa !!

9 10 2010
dumsky

kirain iklan rokok,ternyata minuman energi

btw,itu motornya yamaha SR400 ya,mirip di game tourist trophy

9 10 2010
ardhinugros

baru nonton sekali.. emang aslinya menyentuh banget.. Tapi yang bikin kocak itu endingnya.. Pas sang istri ngasih botol m150.. Rada gak nyambung dan jadi antiklimaks (subjektif sih..) :mrgreen:

9 10 2010
LIFE FROM RIDE « prado2.com

[…] dari artikel om Benny (benernya mau bikin sendiri tapi kok isnya kurang lebih sama,xixi..). Entah mengapa iklan yang […]

9 10 2010
selaludidepan

iklan yg bagus…

9 10 2010
lekdjie

monggo dipun bandingke kaliyan tvc toyota rush ingkang enggal om ben.brand otomotif kanti nami ingkang ageng sanget.. :mrgreen:

9 10 2010
Rancho, G4930LR

iklan yg sarat dengan makna.
durasi byk digunakan utk pesan moral, meng-expose produknya cuma sebentar.
semoga ngefek ke penonton.
top dah. m150, anda bisa!!

9 10 2010
Rancho, G4930LR

iklan m150 rata2 emang bagus.
versi jackie chan, james bond. bro semua masih inget khan??

9 10 2010
chekers

yamaha sr400

9 10 2010
tafridefraaz

bisa….. :mrgreen:

9 10 2010
yudibatang

benar2 mengharukan, sampe setiap melihat iklan itu, ane selalu mau nangis… soale ane juga punya ibu dan ibu mertua yang udah tua dan sakit…mantap iklannya nih M150…. ntar kalo riding gw minumnya M150 dah..xixixiii…

10 10 2010
Aurora

Like this gan!!!
Ane awalnya ngira kalo ntar mo gendong ceweknya,klo kaya gini kan biasa.tp kok tua ya,ternyata ibunya.jd terenyuh deh.wah mantap bgt tuh iklannya.pesan moral dapet,perjuangan dapet,safety riding dapet,top dah.best iklan deh.lainya kelaut aja,apalagi perang atpm

10 10 2010
Rzky

Ini nih yg namanya macho sjati……pria dgn rasa tanggung jawab……

Macho g hrs ‘ngrayap’ d tebing atau angkat2 beban berat……

11 10 2010
maxsus

setuju banget,ini iklan sangat sangat sangaddd bagus…
Kami sekeluarga saat makan malam didepan tv, pas iklan ini nongol, otomatis mata tertuju pada tv, brenti ngunyah sampai iklan selesai.
Aku kasih nilai 99,88!!!!

13 10 2010
Mulli

Yang Terbaik nih iklan, Hal ini yang perlu ditiru tentang moral yang terkandung dan tersirat didalamnya, kalau saya jadi pemilik TV ini pasti saya bonus 3x tayang iklan ini, supaya makin banyak kesadaran orang-orang akan moralitas dan aspek kehidupan yang telah luntur pada akhir-akhir ini. Hal ini perlu di remainding untuk saya dan semua orang, iklan ini mengingatkan kita bahwa kerasnya kehidupan, kerasnya masalah tidak menghambat kasih kita kepada orang tua, lingkungan.

12 11 2010
devid

mas salam knal nama sy devid kbetulan sy trtarik dg artikel M150 yg versi hero & kbtulan sy ngmbil ni sbg pnelitian skrpsi ttg iklan dg pndkatan semiotik (analisa ttg simbol/tanda) slain adegan crita dr iklan tsb bs ga mas jlasin filosofi dr logo M150 sndiri…..mksh sy tunggu jwbnnya sgra ya di devidrasta@ymail.com

12 11 2010
bennythegreat

Wah saya gak kerja di produsen M150 mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: