Berapa “Harga” Eksistensi Blogger Otomotif..?

12 10 2010

 

blogger masuk koran

 

Walaah…kok di warung blogger sebelah yang top bin kondang di tanah air terjadi pro kontra seputar pemasangan iklan oleh pihak industri motor? ada apa dengan “harga”..? apa sih “harga” yang dimaksud dan apa imbal baliknya dan tetek bengeknya?

Ane mau urun rembug aah..bikin artikel yang rada gak penting pula..mudah-mudahan berkenan membaca deegh.. (ketularan gaya nulisnya Mas Triatmono)

Awal ane nge-blog sebenarnya karena hobby, karena tulisan ane banyak berceceran di berbagai mailing-list motor. Adalah kawan-kawan di Komunitas Pulsarian Indonesia yang menyarankan ane untk bikin blog..agar tulisan ane dapat dirangkum dan dibaca.

Nah..jadilah blog ini..Ealah..ternyata kok tulisan ane banyak yang baca, malah sampai diundang ke Indomotoblog segala. Ini jelas sebuah kehormatan. Artinya artikel ane dapat diterima dan dapat mengisi sanubari para pembaca yang budiman.. 😀 Rupanya blog bertema otomotif terutama roda dua adalah trending topics setelah blog yang isinya seputar artis korea, lowongan CPNS, ramalan togel dan esek-esek..hehehe… :mrgreen:

Dengan awal ngeblog diajari dan disemangati sama berbagai suhu-suhu blogger yang sudah sangat ngelotok bin senior, dari mulai oom Edy “Caplang” Cahyono, Ndoro Kakung hingga oom Enda Nasution yang juga senior ane di Teknik Sipil ITB, ane jadi tambah semangat ngeblog, apalagi kalau ingat gambar mouse-nya Ndoro Kakung di bawah ini.

Ya, ngeblog-lah dengan hati, dengan niatan untuk berbagi ilmu, mencerdaskan sesama, berbagi opini dan mencari kawan. Alhamdulillah jika dinilai dari Google Pagerank, blog sederhana ane ini sudah berperingkat 3/10 dan nilai Alexa sekitar 440 ribuan.. Penting gak..? hehehe..kalau buat ane gak penting sih..biar keren ajah gituuu… 😀

Namun seperti mas Nugroho Adhi aka. Alonrider bilang di dalam sebuah artikelnya, bahwa Google Pagerank dan Alexa itu hanya untuk penghias blog saja, untuk gagah-gagahan saja gitu…hehehe, bukan lantas untuk menarik perhatian pengiklan untuk pasang iklan bertarif sekian dollar. Yaagh..memang ane juga jadi kontributor artikel di http://www.duaroda.com dan sudah berjalan 6 bulan lebih dengan bayaran yang tak lebih dari harga sebuah box Givi E45, lumayan tho buat bantu-bantu beli susu anak..tapi mereka tidak mempengaruhi artikel-artikel ane, justru memberikan kebebasan untuk menulis lho..

 

bersama para blogger senior..

 

Kalau melihat blogger-blogger yang pasang iklan, ane jadi mikir.. apakah ane nantinya juga begitu? Saat ini saja ane bisa independen dan idealis menulis dengan hati, mau ngeledek ATPM kek, mau ngelitikin mas Girifumi kek, mau nyentil Pak Anu dari ATPM anu..ya ane terang-terangan sajaa…lha wong independen..asik-asik saja lah..hehe. Tapi nantinya ketika ada yang membayar ane dengan sejumlah uang untuk artikel yang ane buat..gimana ya..?

Waduugh..gak kebayang deh…ane kok malah takut terjadi “conflict of interest” alias pertentangan kepentingan. Takut nanti ane gak bisa lagi jujur ke diri sendiri. Lha itu yang gawat. Padahal ane ngeblog untuk mencari ruang pelarian dari kesibukan pemenuhan kebutuhan finansial ane yang kadang sibuk kadang engga ini. Apa jadinya jika nanti ane ngeblog tapi masih memikirkan profit finansial yang ane dapat dari artikel ane? Jadi ngantor di blog aja deh…huhuhu..

Duh biyung..kok malah pusing sendiri yaa.. :mrgreen:

Yaagh..bisa saja sih ane tetap independen selama beberapa waktu, tapi yang namanya uang itu beracun bro.. Money Talks…!!! Suka atau tidak suka pasti nanti ane harus sedikit mengorbankan kualitas artikel dan independensinya doong.. Yagh..mudah mudahan ane kuat yaaa..

Lha sekarang aja ane sudah banyak disangka pro ATPM Bajaj, padahal kalau ane bahas Bajaj itu murni karena ane sangat antusias dengan sepak terjang produk-produknya. Dan ane tidak dibayar lhooo, hanyalah murni sebuah review yang sangaadh subjektif… Kecuali kalau undangan makan malam dan jalan-jalan..yagh..pasti pernah laagh.. Begitu juga dengan Kawasaki.. yang ane banggakan produk-produknya. Semua itu karena ane subjektif memiliki rasa suka dan interest.. Jadi ya gak perlu dibayar pun ane akan tulis artikel tetang produk-produk mereka.

Lha..ane pun juga pasti punya dislike terhadap sisi lain dunia persilatan motor, misalnya saja penyimpangan berkendara yang sudah sering terlihat di jalanan. Dalam hal ini ane memandang bahwa ada jenis motor tertentu yang paling banyak diminati orang sehingga berpotensi jadi fasilitator berkendara sruntulan. Karena harganya yang terjangkau dan didukung fasilitas kredit yang ringan, semua jadi bisa punya motor ituu..semua jadi bisa sruntulan. Akibatnya..banyak yang tewas sia-sia ataupun luka-luka. Inilah akibat dari kepemilikan motor secara prematur.

 

sumber: Andreas Oktavianus

 

Ane mendukung motor sebagai kendaraan hobby, bukan motor yang di spek-down lalu diproduksi massal dan menjadi fasilitator berkendara sruntulan.. Kasihan mereka yang belum cukup matang berkendara tapi memaksakan diri secara finansial dan kapabilitas fisiknya untuk berkendara. Hanya karena mereka pantang memakai angkutan massal yang rendah kualitasnya.

Inilah yang disebut PEMBODOHAN OTOMOTIF…!!!


Dengan memanfaatkan demand alias keinginan konsumen untuk memiliki kendaraan yang efektif dan efisien, juga terus menanamkan mindset dan brand image yang sudah kental mengendap di benak-benak konsumen, para ATPM beramai-ramai dan berbondong-bondong berjualan motor yang di spek-down itu..lhaa..ternyata lakuuu…!!! Tapi kalau lihat harganya…walaah…dengan harga yang sama mending beli motor yang ada tangkinya deeegh… :mrgreen:

Nah..inilah kebebasan ane dalam berpendapat yang bisa ane salurkan lewat blog. Tanpa intervensi dan campur tangan pihak manapun, yang bisa ane tulis di sela-sela kesibukan pekerjaan ane.

Last but not least, buat yang mau pasang banner iklan apapun di blog ane, silakan saja.. Harganya GRATIS..selama space masih ada, dan isinya ane nilai gak neko-neko. Yaagh…mudah-mudahan ane sebagai tuan rumah blog akan kabulkan. Ane malas urusan duit berduit dalam dunia persilatan ngeblog.   .Tapi yaa…harap siap-siap produk dan pabrikannya menerima kripik kritik pedas maupun manis secara subjektif dari ane yaa… :mrgreen:. Dan kalau ketulusan ngeblog ane mulai memudar karena pengaruh uang, tolong ada pembaca blog yang rela untuk mengritik ane yaaah… :mrgreen: Hanya pembaca yang paling bisa menilai sebuah blog.

Silakan berbagi opini..

Iklan

Aksi

Information

79 responses

12 10 2010
bjl

pertamax

12 10 2010
bjl

ane percaya ama ente independen ben. sampe gak diundang test ride segala lho wkwkwk… :mrgreen:

12 10 2010
bennythegreat

huahahahahahah…manteb tho..

12 10 2010
dnugros

Sippp om benny, sampean memang jadi panutan dalan hal tulis menulis artikel blog, beda dengan blogger biru seperti saya ini yang hanya bagi-bagi penampakan halus aj 😀

12 10 2010
bennythegreat

wallaaghhh..kok sampe dibilang panutan.. justru sampeyan itu yang sering jadi inspirasi ane dalam menulis kisah-kisah artikel yang “seru” :mrgreen:

12 10 2010
bAdcOp

boleh ngasih duit, asal gak “dipaksa” baek2in produknya…

12 10 2010
kebo hitam

Betul-betul..blogger bukan media massa otomotif yang berjalan dengan iklan.

12 10 2010
kebo hitam

Setuju..blogger bukan media massa otomotif yg berjalan dengan iklan.

12 10 2010
bebektengil

mantabs artikelnya bro ben…!!!
lanjutkan terus ngeblog dengan hati..suarakan terus pendapat ente..paling demen deh kalo bro ben udah ngritik sana-sini..MANTABS…!!!

pembaca blog juga bukan orang goblog yang gampang diracunin iklan bebek mahal ATPM…!!!

ayo kita bebaskan rakyat dari PEMBODOHAN OTOMOTIF ATPM motor…!!!

12 10 2010
bodats

untung gue cuma jual nasi uduk, jadi gak ada yang mau pasang iklan…
*nulis lagi ahh… sambil ngemil mendoan hangat*

12 10 2010
bennythegreat

pssssttt…dilarang nyales nasi uduk di sini..

*lempar panci ke bodats*

12 10 2010
Ayumi

waduh, saya terharu baca artikel ini
padahal di blog mas Taufik saya baru saja kritik pedas
memang seharusnya blog pengamat otomotif itu tidak beriklan
itu berarti mereka sudah termakan bujuk rayu ATPM

saya yakin mas Benny ini satu dari sekian banyak blogger yang masih tulus dalam hal tulis menulis blog.

ayo lanjut terus nulisnya mas Ben!

BTW apa opini mas Ben terhadap ATPM Honda yang terlalu campur tangan terhadap pembentukan KOBOI dan KOBOYS?

kalau di KOBOI saya yakin orang-orangnya bukan blogger kemarin sore, gak cukup mudah termakan bujukan ATPM. tapi di KOBOYS mereka adalah blogger baru yang seharusnya jadi bibit blogger yang tulus menulis dari hati seperti mas Ben, mas Edo, mas Adhi, dkk, bukan sejak awal dijadikan BLOGGER TERNAK yang dipelihara oleh ATPM untuk terus memperbesar pasarannya.

saya dukung KOBOI dan KOBOYS bebas dari campur tangan ATPM biar semua nulisnya netral.

12 10 2010
bennythegreat

mbak/mas Ayumi ini ane perhatikan komentarnya pedas2 yah.. :mrgreen:

tapi gak papa, barangkali itu bukti ketulusan ente yah..

kalau kementar ane: blogger KOBOYS dan pembaca blog itu juga bukan orang bodoh mbak, mereka juga bukan orang kemarin sore..so..time will tell deeegh..

*mas Tri mode – ON*

:mrgreen:

12 10 2010
girifumi

time will tell deeeghh itu versi sampeyan…
(gw sudah bikin trade mark,dan jangan diganggu gugat)
kalo time will tell lagghhh itu om tri..
untung nama saya tak disinggung oleh mbak* Ayumi..
kenapa nama gw disebut dalam artikel ini?
*sekedar bertanya – benny merana*

*)kalo malam hari

12 10 2010
bennythegreat

lha trade mark sampeyan opo tho cak?

time will tell loooogh…???

12 10 2010
one08

sorry bro benny! ikutan urun rembug di sini! nggak enak juga dianggap kumpulan bloger ternak!

12 10 2010
bennythegreat

hehe..monggo bro, kalau perlu alamat emailnya neng ayumi ada nih…tapi kayaknya fake

12 10 2010
one08

ha.ha…ha!!! dibilang bloger ternak! enak aja! :mrgreen:
baca dulu semua blog koboys bro! jangan asal memvonis bloger ternak ATPM! kami PECINTA SEPEDA MOTOR, BUKAN MERK MOTOR! paham kan! niat kami bentuk koboys adalah silaturahmi, kalau anda merasa terganggu atau nggak suka ya nggak usah dibaca! anda juga berkata kami bloger-bloger baru yang mudah diracuni ATPM, emangnya kami kumpulan orang goblok apa? jangan memandang rendah kami dari satu sisi, kami ada karena kesamaan niat, tekad dan rasa persatuan dan kebersamaan yang itu sudah mulai langka di negeri ini!!! paham?

14 10 2010
manshurzikri

ayumi, lu udah lama gue cari kemana-mana…
masih merusuh aja lu?

12 10 2010
blowfish

hihihihihi…ngakak abis liat banner di kanan atas blognya mas ben….hihihihihihi

12 10 2010
Bogelz

Absen aja lah…ga komen..pake OM jadi ga ada gmbr iklannya

12 10 2010
Smile

Keep posting nice article bro benny…

12 10 2010
Cah Nglegok

cah nglegok like this…..
niatan baik pasti hasilnya juga baik mas…..

12 10 2010
nunoe

hmm…ke-independen-an blogger lagi di uji…
semoga bisa lulus deh…
ane ngeblog cuma karena iseng…kalo lagi pengen nulis ya nulis…kalo ngga ya udah…
kalo udah ada iklannya jadi rasanya kayak jadi tuntutan harus nulis tiap hari…

:mrgreen:

12 10 2010
uDien D'Kabayan

wkwkwkwkwk

kalo gitu ga usah ada tulisan pasang iklan gratis bro …
udah ajah “tidak menerima iklan apapun”
itu lebih jentel …

kakakkakakakk

(sorry.keep.brotherhood)

12 10 2010
bennythegreat

hehehe…lagi pengen ngalor ngidul oom…jadi gratisnya bersyarat.. 😀

12 10 2010
uDien D'Kabayan

wkwkwkwkwkwk …..

12 10 2010
uDien D'Kabayan

lho
ini pertamaxnya dari bawah tho
maklum baru mampir di warung ini

salam kenal om benny

12 10 2010
uDien D'Kabayan

setiap blog dan blogger punya visi, misi dan idealisme
ketika tiba2 muncul iklan, kita gak boleh menjudge langsung
bahwa blogger tersebut sudah terintervensi oleh atpm tertentu
tentu di sini blogger yang punya kendali, selama tidak
bertentangan dengan visi, misi dan idealismenya, ya silakan iklan
tapi kalo sudah mulai mengintervensi sehingga merusak visi, misi dan
idealisme, ya sudahlah …

kok gitu aja repot ….

lagian, para pengunjung blog bukanlah orang-orang yang maaf “bodoh”
saya yakin, mereka sudah memaklumi dan memahami
kalau di antara mereka belum maklum dan faham
di sinilah peran blogger dan komengtator lain untuk memberikan pencerahan dan pendewasaan ….

bro ayumi ini memang kontrofersi
dan sudah saya katakan bahwa saya sendiri salut sama beliau
tapi belum tentu semua pemikirannya benar
justru yang dituntut adalah kedewasaan

saya mau tanya
apakah para blogger dan komengtator sudah dewasa ?????

12 10 2010
bjl

anu…

mau numpang iklan kaca spion anti terror buat mobil yang suka parkir di depan rumah boleh gak ya… :mrgreen:

12 10 2010
bennythegreat

jangan lupa iklanin sarung tangan anti spion mobil yg suka parkir di depan rumah.. :mrgreen:

12 10 2010
maxsus

dua hari ini suasana forum sangat panas,imbasnya adalah cuaca diluar jadi mendung. Blogger yg kemarin sempat di”anekdot”kan ada KW1,KW2, (dlm bahasa saya) kini terbelah jadi Blogger Oportunis dan Blogger Aktivis. Anda pasti bisa melihat sejarah Pi*s L, Desm*** JM, atau aktivis 98 lainnya, tengoklah dulu saat jd aktivis, dan lihatlah kini existensinya.
Cuaca masih panas, semoga segera turun hujan!

12 10 2010
bjl

ada lagi om. Bud***n S******ko :mrgreen:

12 10 2010
ELTR/KENTUNG

asal yg ngiklan bukan yamaha dan honda kayaknya asyik asyik aja….
xixixixiixi

12 10 2010
yahonsuwakanja

jangan harap ada iklan “Bebek”disini…
nongol dikit langsung tebas..bas..bassssssss……

12 10 2010
sekopati

Terima iklan seharusnya gak papa. itu menurut pendapat saya selama objectivitas tinggi. tapi memang sulit jika terima imbalan dan dibalas dengan kritik pedas.

12 10 2010
tafridefraaz

Sudah2… Tulis artikel semau kita saja. Yg pntng sesuai fakta dan memberi manfaat…

12 10 2010
jape methe

Dulu Surya Paloh pasang Iklan di TV one saat nyalon ketum Golkar. Apa berarti TVone terpengaruh Surya Paloh? Pastinya Iklannya ga gratis kan? Terus dulu jaman Orba TVRI ga pasang iklan tp isinya propaganda doang. Apa juga bisa disebut independen?

Piss dr komengtator baru

12 10 2010
ocho®99

bro jangan nulis dengan hati… menulis / ngetiklah dengan tangan niscaya cepat selesai….
STOP GOTOK GOTOKAN
LANJUT LAGI NGETIKNYA PAKE TANGAN..

12 10 2010
ocho®99

bro jangan nulis dengan hati… menulis / ngetiklah dengan tangan niscaya cepat selesai n berguna.
STOP GOTOK GOTOKAN
LANJUT LAGI NGETIKNYA PAKE TANGAN.. betul kan bro…

12 10 2010
bennythegreat

betullll… 😀

12 10 2010
wong banyumas

beneran nich mas bro, gratis? Aku mau pasang iklan nich. Tawarin diri (bukan jual diri ya). Biar cepet laku…wakakakakakakakakak

12 10 2010
kripikpedas

Secara visual, kehadiran animasi banner iklan di blog bikin blog makin menarik. Tapi jadi masalah ketika ‘nongkrong’ berhari-hari. Ini bedanya dengan iklan di koran, majalah atau bahkan site, yang setiap hari banner iklnya berbeda-beda. (so tidak ada kesan dia only one yang support blog tersebut). Bagaimanapun juga sebuah gambar/citra visual semakin sering dilihat, akan memberi efek dan kesan tertentu, baik terhadap si blogger yang menulis, maupun para pengunjung blog. Bohong, kalau bloggernya atau pengunjungnya tidak terpengaruh.

Saya sih setuju-setuju aja iklan masuk blog, asal blogger nerapkan aturan yang ketat dalam hal jenis dan waktu penayangannya. Misalnya aturan minimal 2 brand untuk produk sejenis dan ditayangkan secara bersamaan.

12 10 2010
nhd

Anda memiliki pandangan seperti itu, tentu sag-sah saja. Tapi Anda juga tidak bisa menjadge orang lain dengan pandangan(subjektif) Anda. Dalam agama, ada orang yang beribadah karena surga, mereka tidak salah. Tapi ada juga yang beribadah bukan karena surga dan bukan kerena neraka, juga tidak salah.
Ada orang yang berbuat sesuatu tanpa mengharap imbalan, mereka ikhlas. Tapi orang yang bekerja/berbuat untuk mendapatkan imbalan bukan berarti tidak ikhlas.
Pendapat Anda bagus, tapi sangat subjektif.

13 10 2010
sa469

betul….yang benar itu obyektif…kalo udah dimasuki unsur subyektif ya sama saja sebenernya..kan subyektif itu banyak “unsur” perasaan-nya. Ketika lagi “seneng” sama X maka sebisa mungkin nulis “dikit” kelebihannya…meskipun selalu “menekankan” aspek netral.

12 10 2010
Mercon C niru Mercon A Aja Yaa...

kalo blog ya kan dari hati,apapun gak ada pengaruhnya kalo kita orang tpm, ya kita harus netral kalo kita memang ngakunya netral,,, gitu

12 10 2010
GusPur

Wah ada yg lagi bakar-bakaran ni ye! Hick hick…..
Maap bin sory nich aku orang baru jadi lam kenal aja bro semua!

13 10 2010
lordubay

ini guspur klonengan ya? avatarnya lain tuh, hari gini masih klonengan plis dah akh

13 10 2010
sa469

klonengan ya?

12 10 2010
gadjah

selalu senang kalo membaca artikelnya bang Ben. Menarik dan menambah wawasan.
Bukan maksud menyinggung blogger yg menerima iklan. tapi tiap kali membaca blog tersebut rasanya seperti membaca berita yang ada di koran saja. Baca, ingat sebentar lalu terlupakan. Tidak seperti dulu awal2 berdirinya Indomotoblog yang bisa dibilang Sip banget.

12 10 2010
hadiyanta

berbagi pengalaman, berbagi ilmu, shodaqoh ilmu, biar Allah saja yang membalas, yakin saja, biji yang baik, ditanam dengan baik, akan menghasilkan buah yang baik. Rejeki bisa datang ke kita dari arah mana saja, yang tidak kita sangka-sangka. (lho iki ono hubungane ora yo)

Sing penting aku udu tenak pabrikan, tapi aku sing penting iso TERNAK TERI (nganter anak nganter istri, pake Pulsar UG4 180cc, neng mburi ono box Kappa42, tambah aman untuk anak)

12 10 2010
12 10 2010
aditninjamaniac

Iya mas hobby saya juga sedikit tersalurkan lewat blog 😀
Wah kalo blogger Bandung kumpul, namanya KOBOBS kali ya?hehe..kaya nama makanan itu mah. Eh Kebab :mrgreen:

nitip ah mas. hasil nyomot gambar RR di PRJ :mrgreen:
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/10/10/ninja-150rr-kini-hadir-dengan-special-edition/

12 10 2010
jahe

numpang iklan blog aja dah om, mumpung gratis

http://remcakram.wordpress.com

gabung di koboys dan indomotoblog, tp yg punya masih single jadi belum bisa ternak (anter anak )..hehehe

ntar deh pasang iklan motor di blog yg merk2 motor jaman tahun 2000-an semacam Jialing, Jincheng, Milenium opo neh yo motor2 china jaman dulu itu!wkwkkwkwkwk

terserah lah om ben,namanya jg blog ga mungkin bisa obyektip pasti subyektip termasuk sy, om ben dan lainnya, baik pasang iklan atau tidak, blog itu subyektif,ya sesuai sesuka empunya blog dunk…

Oh iya bebek nya ga salah, yang angon bebek yg sruntulan

12 10 2010
Vega rider

Apa bedanya independen dgn asal bunyi?

12 10 2010
Triyanto Banyumasan

mangtab bos, lanjutkan

12 10 2010
13 10 2010
martini

hohoho..rame yak?

12 10 2010
Setiawan

Nice post….
Yang penting jangan menilai orang dari luarnya….. mo pasang iklan monggo, yang penting isinya tetep independen… :mrgreen:

12 10 2010
Dani

saya pembaca setia tapi mungkin baru kali ini komen diblog ente, saya punya PIBO UG3 dan disini juga kadang dapet masukan buat perawatan motor india itu, dan saya yakin bahwa ente bisa independen, walau harus subyektif ngikutin hati, karena kalo mulai objective jadinya serba gak memuaskan yang diomongin, keep it up bro ” Leuweung Pro “

12 10 2010
uDien D'Kabayan

SATU HAL YANG SAYA BERTANYA2 SAMPAI DETIK INI

—— AYUMI ITU SIAPA, DIA MAKHLUK HALUS ATAU MAKHLUK KASAR ————-
mas3 mode: on)

Semenjak namanya melejit di dunia berblogan

KOK YANG NAMANYA AYUMI GAK NONGOL-NONGOLLLLLL ?????

DI WARUNG INI CUMA SATU KALI LANGSUNG MENGHILANG

AYO AYUMIIIII
NONGOL DONGGGGGGGGGGGG

FOLLOW UP TUH KOMEN-MU
MARI KITA DISKUSI …. JANGAN SEKALI NONGOL MENGHILANG LAGI

MASA BARU BISA KOMENT SEDIKIT PEDAS SAJA
SUDAH MENGHEBOHKAN ….

WAH WAH … ADA APA NIHHHHHHHHH

:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

13 10 2010
13 10 2010
SkyrideR

13 10 2010
Vickytrack

saya perthatikan dari pertama ngeblog bro Benny adalah satu blogger yg benar-benar independent sama bareng mas3 n bro Satar ,kalo mas Taufik jujur aja lambat laun kl bannernya gak dhilangin akan jadi malapetaka !!!

13 10 2010
dismas not dimas

tulisan yang menarik untuk direnungkan… like this…

13 10 2010
Ayumi-Komentar-Iklan Di Blog-Blogger Ternak « Learning To Life

[…] juga nulis, juga dikomentari […]

13 10 2010
perry

Mas Benny, ane mo tanya kenapa sih sampean benci banget ama bebek, lahhh banyak bgt arttikel yg ada gambar “NO BEBEK”, ane sih buat muter2 komplek , ke pasar pake bebek mas, klo motor laki repot nyanyelin dimana belanjaan.
Secara orang kita kan sebagian besar pake Bebek, motor sport terbatas bgt penggunanya.

13 10 2010
bennythegreat

hehe…diperjelas dulu, ane gak benci, cuma menyayangkan aja, ada beberapa point:

1. kenapa masyarakat mau aja beli bebek, padahal dengan harga yg sama bisa dapat motor batangan yg benar2 motor. 2. perilaku pengendara bebek banyak yg menyimpang, sudah gak kehitung berapa kali ane near-miss celaka atau sampai jatuh

nah kalau bahas ini bisa jadi 1 artikel nih.. 😀

piss ah..

13 10 2010
perry

Bener sih Mas Ben, pengguna bebek sebagian besar emg suka pada sruntulan di jalan, ane sih ngantor bawa mobil, dah kenyang poll ngadepin “bebek bebek yang lalu lalang”. Berapa kali aja mobil ane kena sundul bebek mania dan lari ,kabur tanpa ada ba bi bu.
Tapi buat operasional deket2 ane tetep milih bebek dah, klo pake jauhan emg enakan motor batangan.

13 10 2010
dhuwur

absen dulu,, belum sempet baca semua,, semua tetep ada segi positip-negatipanya yg penting bisa sesuai dgn tujuan awal, dan stay on your racing line broo…

13 10 2010
gary

lanjutkan Benny….:D
tetap kudukung engkau disana…….hahahaha….:D

13 10 2010
uDien D'Kabayan

@ ( Ayumi & All)
Ayumi mengkritik sebagai tanda perhatian dan “kecintaan” terhadap blog(ger), tapi dia sendiri harus “bertanggung jawab” dengan kritikannya tersebut, coba muncul dan berdiskusilah, jangan hanya bisa mengkritik, siapa tahun saya/kami atau anda sendiri mendapatkan pencerahan dari diskusi tersebut, jangan-jangan cara berpikir Anda ada yang perlu dikritisi juga….

@ Ayumi & All
Kecintaan Anda terhadap blog(ger) terlalu berlebihan, sehingga ketika Anda mengunggapkan kekecewaan Anda berlebihan juga, saya melihat Anda menyampaikan kritik tidak berdasarkan analisa logika yang benar, tetapi lebih dipengaruhi oleh perasaan campur aduk yang berlebihan …..

Sebenarnya kasus Ayumi biasa-biasa saja, tetapi terlalu dibesar-besarkan, mungkin hal ini baru pertamakali (kah?), so dengan adanya “gempa” ini kita bisa menilai, siapa blogger atau komengtator yang dewasa dan siapa blogger/komengtator yang kekanak-kanakan ….. :mrgreen:

13 10 2010
uDien D'Kabayan

Jangan-jangan Ayumi ini hanya boneka saja …..

wkwkwkwkwk

kabooorrr….

(suudzon.com)

13 10 2010
asmarantaka

itu Ayumi bachin yg artis kah??..xixiix :mrgreen:

13 10 2010
kuncunk

BERAPA HARGAMU BOSS !!

13 10 2010
rizqianda

wawawawaaaaa….
gambarnya lucu..izin copas yaa masbroo..

13 10 2010
bennythegreat

silaken bro..

13 10 2010
Company Profile

informasi yang bagus kang….
ehheheeh
😀

12 09 2012
Agus Ninjers Marciano Riyanto

hahahahahahahah like this lah bro tumben adem nih artikelnya …… yo wis jozssss lah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: