Angkutan Umum Jakarta, Sudah Jelek..Berbahaya Pula

13 10 2010

Ini ane rasakan sudah beberapa minggu terakhir.. Entah ane yang makin sensitif terhadap sit-kon jalanan atau memang sit-kon jalanan yang semakin beringas..?

Jadi begini.. Masih ingat dong kisah kecelakaan bro Prast yang pernah ane tulis beberapa minggu lalu, sejak itu ane jadi paranoid setiap riding dekat-dekat angkutan umum. Apa itu angkutan umum yang ane maksud?

  • Mikrolet

Nah, ini dia angkutan umum yang menurut ane paling berbahaya, dengan form-factor dan ukuran body-nya yang terbilang singset, sebuah mikrolet dapat bermanuver dengan sigap dan cepaaath.. Sayangnya si sopir kadang cuek bebek dengan kondisi sekitarnya. Sudah gak terhitung ane dengar cerita maupun melihat sendiri tabrakan antara sepeda motor dengan mikrolet.

  • Metromini/Kopaja

Kalau ini lebih menyeramkan lagi.. Bayangkan aja dengan berat hampir 2x lipat mikrolet tapi gesitnya na’ujubileee..  Ciri khas metromini/kopaja di Jakarta adalah pindah jalur seenak udel, berhenti di mana saja hingga mengerem dan betot gas mendadak. Tambahan lagi.. Kalau sedang riding jangan sekali-kali dekat benda menyebalkan ini. Jika ente berada di belakangnya, ia bisa mengerem mendadak dan jika ente berada di depannya jaga jarak..karena ia bisa menyeruduk setiap saat dan badan ente bisa-bisa tergilas di kolong.

  • Bajaj 3 roda – 2 tak

Yang satu ini, meskipun merknya Bajaj..tapi rodanya 3 dan mesinnya 2 tak. Hanya Tuhan dan sopir yang tahu kapan dan di mana ia akan belok. Bagi ane bencana terbesar adalah berada di belakang Bajaj. Jika demikian ane rela menahan napas sampai hampir pingsan.. Kalau tidak pastilah penghuni kebun binatang keluar dari balik helm ane. Satu lagi yang harus diperhatikan. Sopir Bajaj ane perhatikan hampir tidak pernah melirik ke spion ketika bermanuver. Jadi…waspadalah..!

  • Bis Kota

Yang dimaksud di sini adalah bis kota yang asapnya juga tak kalah menyebalkan. Heran deh..pemerintah DKI Jakarta seolah cuek saja dengan kondisi ini. Perilaku sopir tak kalah heboh dibanding angkutan umum yang lain. Ia tak akan segan-segan menyerempet ente jika ia hendak belok.

Nah.. dari jenis angkutan umum tadi, ane dapat mengambil benang merah perilaku pengendaranya yang ternyata mirip alias tipikal.

  • selalu terburu-buru, maklumlah kejar setoran
  • tidak peduli pengguna jalan lainnya
  • tidak peduli peraturan lalu-lintas
  • tidak segan adu fisik dan memanggil kawannya jika terjadi keributan
  • tidak segan adu fisik kendaraan, ya maklum lah kondisi kendaraan sudah reyot..nothing to loose..

Bagi kawan-kawan pembaca yang berniat riding di Jakarta dan barangkali belum mengenal tipikal tingkah polah angkutan umum, berhati-hatilah.. Paling tidak lakukan tips berikut (ane rangkum sesuai pengalaman)

  • selalu riding di jalur lambat di lajur kanan, karena di halte berikutnya si angkotum akan segera banting arah mendadak ke kiri. Jika ente di kiri, pasti ente menyesaall…
  • jauhi knalpot angkotum jika ente masih sayang paru-paru
  • jauhi rute menuju terminal. Pasti MACET

Well..artikel ini bukan bermaksud mengajak pembaca untuk tidak naik angkutan umum, namun semoga saja ada pembaca yang mau sedikit beraksi atau mungkin ada pejabat pem-prov yang masih peduli terhadap pelayanan publik ini. Masyarakat memilih transportasi pribadi karena angkutan umum semakin buruk kualitas pelayanannya. Apakah penduduk Jakarta sudah terlalu terbiasa sehingga tidak ada yang komplain ke kantor pelayanan publik? atau mereka terlalu malas berurusan dengan aparat pemerintahan?

Tak elok rasanya melihat hari gini masih ada saja angkutan umum dengan kenek bergelantungan sambil berteriak-teriak mencari penumpang. Gileee brooo…sekarang udah tahun 2010.. Gimana nih pelayanan publik kita.. Kagak capek apa ente naik kendaraan pribadi puluhan kilometer? Macet pula…!

Jadi untuk apa kita bayar pajak?

Kalau keneknya kaya gini sih gak apa deeegh…

 

dapat kenek begini..males turun deegh

 

sumber gambar: googling

Iklan

Aksi

Information

14 responses

13 10 2010
Maskur®

Yah itu lah herannya.
KEnapa mbikin angkutan baru, aturan baru.
ngwrawat/maintenance/facelift/perbaikan/koreksi yang udah ada aja kenapa.

pada nggak mau repot sih?
apke mikirin subway, waterway, monorail dll dll

coba saja kalo semua METROMINI di rombak total, di manage operasinya pasti banyak juga yang mau pake, wong sekarang jelek gitu juga banyak yang pake kok.

misal METROMINI ber AC, tempat duduknya me-manusiakan, sopirnya dibina skill dan pengetahuannya… pasti motor akan berkurang.

13 10 2010
Mr_Long'S

Generasi blog biru. Like this,!!

13 10 2010
Dnugros

Kalo dikota Solo yang menjadi biang kerok pelanggar perlalin adalah becak, tapi ngga semuanya sih 😀

13 10 2010
asmarantaka

Aihh…keneknya mantapp…kurang robek tuh celananya..ternyata empunya blog masih doyan celengan to??…xixiixix :mrgreen:

13 10 2010
Dnugros

Kalo dikota Solo yang menjadi biang kerok pelanggar perlalin kategori angkutan umum paling utama adalah becak, tapi ngga semuanya sih 😀

13 10 2010
blognyamitra

Udah mulai ketularan nih ama warung sebelah hehehe….

13 10 2010
Basho

Absen! Saya salah satu korban yg mobilnya (mobil temen saya maksudnya) pernah ditabrak dari samping ama kopaja. Penyok dah…..

13 10 2010
Pr@szt

yang aneh dari semuanya yang diatas pada saat uji berkala tahunan, koq selalu lolos ya sama DLLAJ…

13 10 2010
halim rocket

lha wong supirnya supir tembak semua gmn mo bener bawa mobilnya

13 10 2010
Dani

Sebenernya ane sering kerja siang sampai malam, jam satu siang sampai jam setengah satu malam, ada busway dari mangga besar ragunan sampai dukuh bawah, sebenernya bisa naek umum kalo siang tapi kalo ketemu malam..omprengannya putus-putus, komdak dulu, pancoran, pasarminggu baru angkot kerumah wah ribet. mungkin kalo busway mau nunggu nyampe jam dua malem gitu, ane pasti pake motor on weekend aja the rest pake busway walau memang dari itung-itungan masih irit PIBO ane, busway 7000/hari, PIBO PP 7000 pake shell superextra bisa dua hari…. tappi kan busway gak usah ngerem ama betot gas pake AC…jadi plusnya disitu

14 10 2010
maxsus

kalo kenek spt gambar paling bawah, bukan hanya males turun, juga akan membuat seneng naik..turun..naik..turun..naik ..hehehe

15 10 2010
Kodok Ijo

Justru yg jadi biang kerok kemacetan di Jakarta itu adalah angkutan umum, tapi ini malah motor yg dianak-tiriin dgn dibatasinya ruang gerak bagi motor. Semua ini udah kong-kalikong, semua pihak punya kepentingan, tau dong maksud saya? kebangetan kalo gak tau.
Sebaiknya semua angkutan umum ditiadakan dan diganti dgn bus Trans Jakarta dgn pembenahan yg lbh baik lagi, termasuk jumlah armadanya dan jangkauan trayeknya sebisa mungkin mengelilingi seantero Jakarta. Sopir2 angkutan umum tadi dididik lagi dan dipekerjakan sebagai sopir bus Trans Jakarta. Kesulitan yg menghadang bus Trans Jakarta adalah kaga bisa menjangkau semua lokasi yg bener2 dekat dgn tempat yg ingin dituju, jadi terpaksa hrs disambung lagi dgn naik angkutan umum lain. Hal ini juga yg menyebabkan biaya transportasi jadi bengkak, terutama bagi karyawan. Belum lagi masalah ketidak-praktisan apabila kita menggunakan angkutan umum, ya masalah tempat duduk udah penuh, ngetempnya lama, diajak puter2 dulu sesuai trayeknya, kadang belum sampe ujung trayeknya udah mau puter balik, dan masih banyak lagi. Tambah lagi tidak nyaman dan aman, terutama malam hari. Karena kendala inilah maka jgn heran kalo jumlah kendaraan apalagi motor di Jakarta semakin membludak.
Kayaknya cuma kiamat yg bisa mengatasi semua kesemrawutan ini… hehehe 😉

17 10 2010
Bernand

haha, kalau aku sih pas lagi malas bawa mobil ke kantor biasanya naik patas AC, agak mahal tapi selalu lewat tol, tidak ugal-ugalan, menurunkan penumpang selalu dengan meminggirkan bis dan tidak perlu kepanasan. 🙂

23 10 2010
KillBill1

yang aku suka itu : penumpang penuh dan gelantungan malah ngebut, penumpang sedikit malah nyante/lemot. bener-bener berbanding terbalik dengan hubungan teori massa vs kecepatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: