Bersama Android Berburu Makhluk Halus di Lawang Sewu

22 11 2010

maket lawang sewu

Oke…jadi begini ceritanya..karena rasa penasaran yang amat sangat, akhirnya ane sambangi tempat ini yang sudah sejak beberapa bulan lalu ingin ane masuki..

LAWANG SEWU..dalam bahasa Jawa berarti 1000 pintu, ya..nama tersebut cukup menggambarkan bangunan kuno peninggalan Belanda ini..Silakan lihat foto berikut untuk mengetahui tanggal pembangunannya.

monumen peresmian

Urusan sejarah Lawang Sewu, bro n sist pembaca bisa googling saja..begitu banyak kisah tentang Lawang Sewu ini. Dalam artikel ini ane hanya akan mengisahkan pengalaman berkunjung memasuki ruangan di Lawang Sewu yang katanya angker. Dan tidak hanya itu..ane membekali diri dengan Motorola Milestone yang sudah diinstall software Ghost Radar. Ya..dengan sensor elektromagnetik yang dimiliki oleh handset Android, software yang ane download di Android Market ini dapat bekerja mendeteksi anomali-anomali elektromagnetik yang sering disinyalir sebagai indikasi adanya fenomena supranatural. Untuk lebih jelas mengetahui Ghost Radar ini bisa mampir ke sini.

Apakah software Ghost Radar ini valid? Yah..Wallahualam ya bro.. Disebutkan dalam preview software ini bahwa anomali elektromagnetik yang terdeteksi akan dicoba diterjemahkan oleh software menjadi sebuah kata yang mewakili kondisi atau definisi tertentu.

Oke..kita mulai kronologis ceritanya..

Masuk ke dalam gerbang Lawang Sewu yang menghadap Tugu Muda bersama istri ane yang memiliki sedikit “kemampuan” membuat ane semakin skeptis bin penasaran, Ghost Radar ane nyalakan dan..belum ada tanda-tanda adanya anomali..Namun memasuki salah satu lorong Lawang Sewu, Ghost Radar tiba-tiba mengatakan dan menampilkan kata “ancient” yang berarti “kuno”. Wah..mantab nih..ada anomali yang terdeteksi..!!! Lanjut lagi kedalam dan Ghost Radar menampilkan kata “neighbor”…wow…!!! Namun belum satu pun titik yang terdeteksi di dalam radar.

Android beraksi di Lawang Sewu

tangga pertama di pintu masuk

Melangkah lebih jauh lagi, tiba-tiba seorang pemandu memanggil ane dan istri. “Mas, kalau mau masuk ke dalam harus sama pemandu..jangan masuk sendiri”. wah sedemikian gawatkah situasi di sini sehingga pengunjung harus ditemani pembantu pemandu? :mrgreen: Oke lah ane manut saja, toh bisa sekalian mendengarkan penjelasan dari Pak Pemandu. Jadi selama perjalanan berikutnya rombongan kami berjumlah 5 orang, ane dan istri, 2 orang pasangan dan Pak Pemandu.

ini dia Pak Pemandu yang ane lupa namanya..

Dari penjelasan Pak Pemandu ane baru tahu bahwa Lawang Sewu baru saja dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Hal yang memicu pembukaan untuk umum ini adalah sebuah acara yang kita ketahui bersama yaitu “DUNIA LAIN”. Ya..dikisahkan bahwa seorang peserta uji nyali yang melihat penampakan makhluk halus di ruang bawah tanah Lawang Sewu, usai mengikuti uji nyali tersebut katanya…sekali lagi katanya..stress karena terus dibuntuti oleh si makhluk halus lantas meninggal dunia..Hmmm…strange isn’t it?

sebuah pohon yang katanya adalah "perkampungan" makhluk halus

Oke let’s cut the crap. Sebelumnya ane harus mengaku dulu bahwa ane sebenarnya adalah seorang penakut, terutama dalam hal seperti ini. Namun acara Dunia Lain lah yang mengubah ane menjadi orang yang keras menentang fenomena mistis yang menakuti manusia.

Manusia alias Homo sapien adalah spesies unggulan di muka bumi yang mampu menaklukkan dan menundukkan makhluk lain. So..bagi ane, tidak ada alasan untuk takut dan menjadi lemah hanya karena fenomena mistis bin supranatural ini. Justru kita sebagai manusia yang mampu berpikir logis dan berhati nurani seharusnya BERANI menghadapi fenomena seperti itu.

mana itu yang halus-halus? suruh menghadap ane..!

So..ane di sini penasaran mencari tahu 5W-1H (What, Where, When, Who, Why, How) seputar fenomena ini. Bukan tidak mungkin bahwa suatu saat manusia akan mampu mengeksploitasi dan mencari tahu dunia supranatural ini dan menjelaskannya dengan science dan bukan fiction apalagi mitos.

look there..! gak ada apa-apa kan?

Lanjut..

Masih di bangunan pertama Lawang Sewu, ane terus mengamati ruangan yang ada satu demi satu dan berharap ada penampakan yang bisa ane foto dengan Sony Alpha 330 ane yang spesial dibawakan oleh istri dari Jakarta. 🙂 Ternyata dahulu, ruangan tersebut pernah digunakan sebagai kantor oleh pemerintah Hindia Belanda dan..pintunya sangat banyak. Tiap pintu memiliki 2 daun pintu sehingga barangkali pintu yang ada di Lawang Sewu dapat mencapai seribu buah.Dan…ada sebuah pintu besi yang begitu tebal. Dikisahkan hingga kini belum dapat dibuka.

pintu besi tebal yang belum terbuka

Struktur Lawang Sewu pun ternyata sudah memiliki balok atap yang terbuat dari baja. seperti bangunan peninggalan Belanda lainnya, kolom-kolom beton yang besar serta tembok yang tebal tampak menghiasi Lawang Sewu.

pemandangan kota Semarang dari balkon Lawang Sewu

Ane pun memasuki sebuah ruangan dengan pintu yang terlihat menerus jika diamati seperti di bawah ini.

pintu tak berujung

Yak..di lantai ini pun ruangan dengan connecting door antar ruang masih dijumpai..Ane lanjut lagi naik ke lantai dua, dimana terdapat sebuah ruangan luas yang jika malam kerap menjadi sarang kelelawar. masih saja tidak tampak ada sesuatu di radar.

ruangan luas di lantai 2..masih tidak terdeteksi apapun di radar

Ghost Radar masih belum bereaksi…namun tiba-tiba…BLIP…! Sebuah bintik hijau kebiruan berkedip di layar..

blip...apakah itu?

Hmmm..ini menarik karena bintik hijau tersebut berada di titik pusat radar yang berarti terdapat fenomena supranatural yang sangat dekat dengan ane. Dan bintik itu pun kemudian menghilang lagi.. Menurut si Pak Pemandu, memang sifat fenomena supranatural seperti itu, memantul kemana-mana seperti bola yang dilempar kesana-kemari.

Masih dari lantai dua, kami diajak ke balkon yang tampak megah..

lorong balkon

pemandangan dari balkon

Kami lanjut menyusuri bangunan pertama dan radar kembali tenang..Ketika memasuki ruangan yang berada di atas atap bangunan lantai 1, ane harus menutup hidung karena di sana banyak sekali kelelawar yang sedang tidur..ya iya lah…jam 2 siang gitu loh..

sarang kelelawar

Memasuki ruangan berikutnya..ane ditunjukkan pada lonceng dan tangki air yang sudah lama tidak berfungsi.

tangki air kuno

Bangunan Kedua

bangunan kedua, Lawang Sewu

Nah..inilah awal dari bangunan kedua, sebuah bangunan yang dikabarkan paling menyimpan misteri, di bangunan inilah dikabarkan banyak orang yang percaya terhadap dunia supranatural sering bersemedi dan di lantai basement bangunan inilah uji nyali pada Dunia Lain diadakan.. Mari kita tinjau..

Android..mari beraksi..!

Diawali dengan tulisan “INGANG” yang berarti lorong di bahasa Belanda, bangunan kedua ini dikatakan memiliki aura yang lebih suram..

"INGANG"

Dan benar saja, ketika melewati sebuah tangga baja dengan ukiran indah, mendadak terlihat 3 bintik kuning dan merah sekaligur di layar.. MANTABS…karena selama ini ane paling banyak hanya 1 bintik saja di layar. Apakah ini pertanda bahwa gejala supranatural di sana sangat kuat?

ini dia tangganya..

1 titik merah, menandakan energi yang sangat kuat

3 titik terlihat sekaligus..MANTABS

Di saat yang sama, istri ane merasakan bahwa memang ada energi yang sangat kuat mendekat ke arah kami. Awalnya ia meminta kami untuk segera meninggalkan tempat itu, namun ane berkeras untuk menunjukkan lokasi pusat energi itu..

rupanya dari pintu menuju basement..

rupanya pusat energi berasal dari sebuah pintu menuju basement. Sekitar 10 meteran dari posisi ane..dan anehnya ketika ane hampiri, bintik di layar langsung menghilang. So… who’s the chicken now..???

ruangan luas di lantai 2..still no blink

Lanjut lagi menyusuri bangunan kedua..masih dengan aura yang katanya seram.. Well, ane memang merasa sedikit takut..manusiawi lah..tapi rasa penasaran dan rasa percaya diri sebagai spesies unggulan bernama Homo sapien tetap lebih besar..

turun lagi ke lantai 1

pintu tak berujung lagi..

Memasuki lantai satu di bangunan kedua ini ane mendapati sebuah lorong yang gelap..Namun..tak ada anomali yang terdeteksi..

lorong gelap...so what..??

lorong gelap

Turun lagi ke lantai 1 ane diajak melihat souvenir yang berbau Lawang Sewu..hmm…ada satu foto yang menarik yaitu saat uji nyali di Lawang Sewu..

foto uji nyali..

So..overall, Lawang Sewu memang masih menyimpan banyak misteri yang tidak sempat ane lihat, termasuk sebuah sumur tua yang disegel, yang berada di bagian depan Lawang Sewu, dekat pintu gerbang. Juga sebuah pintu masuk menuju ruangan basement yang kondisinya sangat becek dan bau. Untuk dapat masuk kesana harus memakai sepatu boot dan ditemani pemandu.

pintu masuk menuju ruangan basement

sumur tua yang disegel

Kesimpulan ane adalah energi metafisik alias supranatural, percaya tidak percaya dapat terdeteksi oleh software Ghost Radar yang terinstall di Android, namun ini tidak sepantasnya membuat kita sebagai spesies unggulan di muka bumi ini menjadi takut…!! Malah seharusnya kita menjadi berani dan bersyukur karena diberi berbagai kelebihan dan selanjutnya dapat membuat makhluk halus yang inferior ini untuk bersujud di hadapan kita..!!

Untuk foto-foto selengkapnya bisa klik di sini.

dan ini bonusnya.. :mrgreen:


Iklan

Aksi

Information

44 responses

22 11 2010
fheneu

pertamax…
misi om ikut nyimak d lapak na.
maxsih sblum na

22 11 2010
ocho99® pilot ROBOT OMPONG

knapa kita takut ama gituan.. kalu ane cuma merinding tok

semakin semangat mburu android.

klu ke semarang jangan lupa naik

http://rosso99.wordpress.com/2010/11/21/onthel-bro/

22 11 2010
sii_dan

haghaghag…
Bonusnya ngocol banget!

22 11 2010
tiyo 2010

salut bang ben, udah putus urat takutnya, kalo saya sendiri sih ( terus terang ) kalo liat anomali kayak gitu langsung kabuuuuuuuuuurrrrrrr……..

22 11 2010
semprul R

wah,kok siang to om.mbok pas bar isyak ngoten

22 11 2010
Setiawan

Sip ulasannya… 🙂

22 11 2010
hyde

kirain malam hari, kalau siang ga seru 😀

22 11 2010
one08

mantap…. kalo pas malam mungkin bintik merah dan kuningnya bisa penuh di layar Hp tuh! :mrgreen:

22 11 2010
benedict87

Mas Benny, mo tnya donk, pake pemandu di Lawang Sewu itu, bayar ga ya mas..?? 😀

22 11 2010
bennythegreat

Bayar oom..30 ribu per orang.

22 11 2010
Rahasia

Apa yg tersembunyi di balik pintu besi ya? jangan2 … harta karun!

22 11 2010
alex

Apa yg tersembunyi di balik pintu besi ya? mgkn malah ada mumi nya?
harusnya malam om …liat / masuk lawang sewunya pasti seru….heheh

22 11 2010
bennythegreat

Ya, pengennya juga malam tuh bro..tapi sayang katanya kalau malam cuma buka di hari tertentu saja.. 😦

22 11 2010
ocha

Lawang Sewu itu memang keren.. setiap hari saya lewat situ kalau pulang-pergi kampus. karena kampus saya ada di sebelah Lawang Sewu itu.. kadang, kalo pas “iseng” suka mergokin noni2 Belanda yang cantik di depan Lawang Sewu… 😆

22 11 2010
asmarantaka

jiahhahahahhaa..beraninya jam 2 siang..ikut wisata malam dong Om…selain lebih berasa….mahklus halus+celengan yg wisata juga banyak…itung2 bisa nemu satu buat dibawa pulang..xixixiixix :mrgreen:

22 11 2010
gogo

mantab nih ghost radarnya, syg siang coba tengah malam. lebih mantab…

22 11 2010
aWi

Kayaknya lebih ngeri berinteraksi dengan Big Ben nih …. 🙂 … makanya bintik kuning menghilang saat didekati

22 11 2010
snalpot99

ayo om ben besok ke situ lg malam hari.. Kalo siang ma bukan berburu hantu tp bebek 😀

22 11 2010
bennythegreat

Beresss…tolong dikabari waktu2 berkunjungnya yg malam hari

22 11 2010
aditninjamaniac

wah asik nih mas ben..saya juga suka yg kaya beginian. cuma takut 😀

nitip jemuran mas 😀
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2010/11/22/modifikasi-motor-harian-jangan-asal-kereeenn-part-1/

23 11 2010
bejo

bisa diitung pintunya om

23 11 2010
Ancok™

klo mlm hari pasti lbh seru neh di ceritain di mari bro ben … 😛 pasti aplikasi pencari hantunya langsung ngadat aka kebanyakan hantu … 👿 rawrrr

xixixi :mrgreen:

24 11 2010
dhuwurs

om, saya yg udah tinggal hampir 9 th di semarang, malah belum pernah babar blas ke lawang sewu,, wakakaka..

padahal sekarang tempat kerja aja cuma 500 m an dari lawang sewu,, hihihihi…

wah kok ga malem2 aja kesono nya biar tambah romantis,, wkwkwkw..

24 11 2010
harry32

Masuk dong ke ruang bawah tanahnya. Itu baru hebat. kalau cuma keliling diatasnya aja mah biaaaasaaaaa bangets.

24 11 2010
bennythegreat

itu target berikutnya bro..kemarin gak boleh masuk ke bawah tuh.. katanya “waktunya gak tepat”

27 11 2010
Donal

,
Mahkluk halusnya lg pd shoping ke DP mall dktnya lawang sewu om,, :mrgreen:

27 11 2010
demungan

Wah klo mas benny berkunjungnya malem2 pasti gantian penunggu lawang sewu yang bilang who’s the chicken anyway,xixixixi

Asli mas, aura negatifnya berasa klo malem. Bahkan bisa dirasakan oleh manusia biasa yang ga punya kemampuan menerawang,contohnya saya.
Cobain deh om. Uji nyali…

27 11 2010
bennythegreat

Nah itu..belum tau kapan tanggal bukanya kalau malam..

30 11 2010
Android VS Blackberry VS Symbian | Learning To Live

[…] And the winner is…ANDROID. Buat online oke, untuk hiburan mantab, bahkan bisa mendeteksi hantu yang sudah dibuktikan di Lawang Sewu Semarang. […]

30 11 2010
M.Tafri

tak kira motret penampakan gan….

30 11 2010
karismalovers

di ruang bawah tanahnya katanya pemandu ada ular kobranya dan cenderung dilarang dimasuki angker

terus kalau malam dilorong pintu tak berujung ada penampakan makhluk pria besar
kalau di pintu2 luarnya katanya pemandu banyak nonk2 belandanya ane pernah potret di malam hari eh ada gambar putih sedang bergaya kata pemandunya kayaknya sih noniknya lagi seneng dipotret narsis abis

1 12 2010
Aank wijaya

ich wooow..
serem!!!
lebih baik ga ikutan dagh..
Brrr…

1 12 2010
bjubah hitam

mau dunk buat dipake pacaran asyikk nich tempatnya..

2 12 2010
President of Indonesia…Powered By Apple « bennythegreat.wordpress.com

[…] he..he..he.. Berburu hantu dulu ah.. […]

16 12 2010
agus mawardi

merintih, merinding, takut dan jg iba klo kita dengar pd pemandu waktu berjalan di basement, penjara jongkok dgn kapasitas orang yg sangat minim sekali + tempat pemasungan kepala dan penjara berdiri dg kapasitas yg minim jg, semoga para pejuan kita yg tlah tiada kan slalu di terima oleh OLLOH SWT Amien.

4 05 2011
frizky

mas gimana caranya buat download tu aplikasi ane mau baget tu aplikasi…

4 05 2011
bennythegreat

google aja dgn keyword “ghost radar android”

24 09 2011
RGoh

wah..hrusnya makem2 bro….n di ruangan bawah tanah yg dpake uji nyali,baru afdol 😀

3 02 2012
rama silver

q bru baca ni,,,,ketinggalan gag? mgkin q salh stu org yg plg dmen dg yg nmanya hantu2, qpnah ksana n tryta emg bener,,,,,,pas di ruang bwh tanh gt, q
ngliat fenomena yg mgkin org bilang it setan, cma skelebat si tp ckup bwt bukti klo dsna emg angker mbanget, gmna nggak?! org tmen q jg dgr org nangis….pkonya bgi yg blom ke lauang suuuu,,,mending cpet2 dehhhh asli serem bgt, cocok mantab bwt wsata gaib,,,,,thanks mas ben ulasannya,,,,,

9 02 2012
Cara download software pendeteksi hantu « kata kamal

[…] tipe Android konon sudah tersedia aplikasi pendeteksi hantu, seperti yang sudah dibuktikan di lawang sewu […]

17 08 2013
napp

addeh… k lawang sewu tu malem aj om… siang2 mna ad barang itu… mnding om k trowongan casablanca aj om mlm2 & bawa tu gosi radar… rame om… 😀

29 09 2013
rendi setyawan

gw jg pakek. yg ghost radar clasic. sama yg kamera . ghost . .
tp apa bener ea?

22 02 2014
unsshop

Thanks Gan bwt rekomendasi aplikasi ghost radarnya,,,

28 06 2014
gnt fiber

gosht radar itu beneran menditeksi keberadaan mahluk halus nya gan ?
apa nitu hanya permainan saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: