Kisah Ibu, Motor dan Hidupku

22 12 2010

Ibunda tercinta..

 

Artikel ini ane persembahkan untuk Ibu ane dan Ibu-Ibu di seluruh dunia yang telah membesarkan anaknya dengan tegar dan tanpa kenal pamrih.

Ibunda tercinta..

So, karena blog ini ada hubungannya dengan motor, maka ane mau cerita sedikit kisah antara Ibu dan Motor.

Pada waktu ane TK sampai SD, ane setiap hari dibonceng Ibu yang sekalian belanja di pasar yang tak jauh sampai sekolah, sering Ibu ane disindir…kok hari gini masih pakai sepeda, kan ada tho motor bebek yang murah meriah..Dengan santai Ibu ane menjawab..“Walah, lha ini beli sayur aja mesti nabung dulu kok..pakai beli motor..”. Ya, ibu ane tak pernah peduli apa kata dan pandangan orang. Ibu ane lebih suka menabung dan menabung. Ia tak mempedulikan tetangga sebelah yang punya televisi dan mobil baru, bagi Ibu ane, gizi dan pendidikan keluarga lebih penting.

SMUN 13 penuh kenangan..

Selanjutnya, pada waktu ane SMU, kawan-kawan ane banyak yang pakai motor ke sekolah, pastinya ya apalagi kalau bukan motor bebek. Dan kawan ane pun banyak yang menyindir ane, kenapa begitu kere gak mampu naik kendaraan sendiri. Ane dengan lugu bilang.. “saya masih bisa naik angkot..orang tua saya belum mampu membelikan saya motor”.

ketika Ibu memberikan nasehat, dengarkanlah..

Dan..pada suatu hari saat lomba kebersihan kelas antara seluruh kelas 2 SMU, ane diminta buru-buru beli sapu bersama seorang teman wanita yang terkenal judes. Kawan ane itu bilang.. “Hoi…buruan beli sapu..nih pakai Kaze gue aja..!!” katanya sambil melempar kunci Kawasaki Kaze. Dan ane segera menaikinya bersama si kawan wanita ini.. Olala..karena belum mudeng sistem transmisi motor maka ane jalan saja terus pakai gigi-1..dan pada saat tikungan ane mengerem.. Lepas tikungan ane tancap gas lagi..

Tiba-tiba..lho kok motor serasa enteng..ketika ane lihat ke belakang, si boncenger ternyata sudah jatuh dan tercebur got di tikungan, segera ane balik (masih dengan gigi-1) dan menolongnya. Buntutnya…si kawan wanita ini ngambek gak mau ngomong sama ane selama sebulan..he he he..

Pulang sekolah ane cerita sama Ibu, dan yang ane dapat ya omelan pastinya, tapi Ibu ane selalu punya cara untuk mengubah kekecewaan menjadi semangat, Ia kembali mengingatkan kondisi keluarga ane yang memang pas-pasan dan entah bagaimana ane sudah tidak mau tau lagi urusan motor. Pokoke belajar, belajar dan belajar..

Teknik Sipil ITB, kampus penuh kenangan dan ilmu

Ketika ane beranjak kuliah, godaan kembali merasuki, sempat ane iri dan kepengen karena melihat banyak kawan yang mampu naik kendaraan roda empat ke kampus. Lagi-lagi Ibu berkata..”Nak, tak usah iri, nanti yen kowe lulus, mesti kowe iso tuku sing luwih apik”. dan ane pun kembali tutup mata dan tak peduli..Bahkan ketika kawan ane mengajak demo dengan naik mobil beramai-ramai, ane cuek dan lebih pilih menyendiri di kamar kost bersama gitar dan PC ane.

kamar kost tempat bertapa..

Musibah terjadi, beberapa hari menjelang ane wisuda, Bapak ane meninggal dunia. Dan figur Ibu kembali terlihat tegar menghadapinya. Kembali ia berkata “Bapak sudah cukup mengajarimu ilmu untuk hidup nak, sekarang saatnya kamu jalan sendiri..”

Wisuda tanpa didampingi Bapak...

Dan kembali ane bersemangat ketika itu, tak usah lah minta-macam-macam, bagi ane prinsip kembali ditegaskan bahwa ketika ane mandiri, ane bisa menggapai apa pun yang diinginkan..

Dan doa Ibu adalah doa yang paling didengar oleh Allah SWT, doa-doa tersebut yang tidak akan pernah bisa ane balas..Bila teringat didikan Ibu, ane kembali teringat kasih sayangnya, omelannya, cerewetnya, hingga marahnya yang telah membentuk ane hingga seperti ini.

titipan dari Allah SWT..

Seperti bekal dan didikan yang ane terima, Insya Allah ane akan mampu mendidik buah hati ane menjadi manusia yang lebih baik lagi. Amin..

my baby Rama..


Aksi

Information

31 responses

22 12 2010
#99 bro

pertamaxx pake bebek

22 12 2010
Mr_Long'S

Pertamax…

Nice Artikel Om,
I Love U Mom…

22 12 2010
#99 bro

kita tunggu hari bapak tanggal 30 pebruari.. ok……!!!

22 12 2010
Kurniaprorider

Selamat hari ibu

22 12 2010
Iksa

Bagus sekali !! Sangat menyentuh kisahnya …

22 12 2010
Maskur

like this. Kalo aku dulu jangankan motor, PC aja gak bisa beli.

22 12 2010
Andry Berlianto

a good share ..
jadi inget (alm) ibu …
sayangi dia selagi ada ………….

22 12 2010
Rancho

idem,

selamat hari ibu.

22 12 2010
#99 bro

kasih ibu kepada beta tak terhinga sepanjang masa hanya memberi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia…

22 12 2010
kiki

nice story ^_^
wejangan yang selalu di berikan Oleh Mamah ke Ane ” sekarang belajar yang bener. suatu saat bisa beli apa yang di inginkan ”
kalo dari Nenek Ane ” jangan pake / minjem motor orang… beli kagak bisa, gantiin motor orang bisa… ”
Love u Mom

22 12 2010
wibi

Nice artikel Bro..
Sangat menyentuh hehe…

22 12 2010
Ancok™

0m ben gmana ortu yg naik motor bebek dmi menghidupi anak2nya ,,apa hukumnya ,,😦😆

22 12 2010
bennythegreat

ya monggo saja, memangnya naik motor bebek itu haram? yang haram kan kalau ugal-ugalan. yang penting gak memaksakan diri beli sesuatu yang tidak terjangkau.

22 12 2010
setia1heri

LIKE THIS…,

berhubung ane belum sempat nulis..

NB : mhon ijin blogroll bro…biar ketularan ngapdet blog terus

22 12 2010
bennythegreat

silakan bro…with pleasure..

22 12 2010
Triyanto Banyumasan

Aku iri baca figur sang Ibunya… Selamat Om Ben anda dapat berkah seorang Ibu yang luar biasa,,… ga semua anak berbangga dengan Ibunya lho… Mantap

22 12 2010
bennythegreat

walah..ndak perlu iri masbro…ente pasti punya yg ane ndak punya, dan begitu pula sebaliknya..

ibu ane hanya orang biasa saja, punya kelebihan dan kekurangan. di sini ane hanya mau share beberapa nilai lebihnya saja, siapa tahu berguna..

22 12 2010
Triyanto Banyumasan

oks banget..

22 12 2010
bebektengil

dan ketika oom ben sudah mapan,semua keinginan yang dulu pernah diimpikan menjadi sangat kecil dan tidak berarti. bukan begitu oom ben?

salut sama ibunda anda!

22 12 2010
wayne_gan

waduh hp koneksi lemot..
Td dah nulis pjg kisah ibu n motor, eh ga k kirim..
Pokonya om, ibu saya itu; ‘oh ibu2 yg suka bawa trail (Yamaha DT 100) itu ya’ kt para tkng ojek klo ad yg tny ibu saya hehe..
Sayang ibu sepanjang nafasku…

22 12 2010
Rizqibe

“Tiba-tiba..lho kok motor serasa enteng..ketika ane lihat ke belakang, si boncenger ternyata sudah jatuh dan tercebur got di tikungan, segera ane balik (masih dengan gigi-1) dan menolongnya. Buntutnya…si kawan wanita ini ngambek gak mau ngomong sama ane selama sebulan..he he he..”

Yang ini bikin ketawa

Yang lainnya ? Sangat Inspiratif !

22 12 2010
Tonnie

Mak’e.. My everything..
Btw,
‘jgn memaksakan diri beli sesuatu yg g kejangkau’
Like this gan..

23 12 2010
dnugros

sippp….like this pak de🙂

23 12 2010
asmarantaka

mantep Om Ben..ane jadi tau kenapa ente alergi ama bebek…xixixiix…makan korban rupanya:mrgreen:

23 12 2010
bennythegreat

Sebenarnya bukan karena itu..ada hal yg lebih besar lagi..

23 12 2010
sabdho guparman

IBU sosok yang tidak mungkin tergantikan oleh siapapun juga . . .
seringkali ketika masalah mendera rasanya aku ingin pulang dan meminta saran kepada ibu . . .

” aku kangen omelan ibu ”

keep brotherhood,

salam,

23 12 2010
bejo

i love u mom

24 12 2010
husni

Bersukur-lah Om Ben punya ibu yg hebat… sy jadi teringat ibu saya sendiri sampai di usia-nya yg senja masih tetap tegar & menjadi contoh kebaikan bagi anak2-nya…

24 12 2010
gary

nice article Ben…..😀

4 01 2011
zx250

ampe berkaca-kaca ane.. sumpah…
one of the best story !!!
pengalaman orang adalah ilmu yang sangat mahal..
sukses selalu buat Om Ben ^_^

10 03 2011
bla.. bla..

Artikel nya sangat-sangat bagus!!! like this!! 🙂

Tinggalkan Balasan

