Iklan Honda Tiger Berlampu Strobo..Ini Jelas PEMBODOHAN OTOMOTIF..!!

23 12 2010

 

Iklan Honda Tiger Berstrobo

Baca Kompas tanggal 21 Desember 2010 halaman 38, di situ terpampang Iklan Honda Tiger. Yang membuat ane risih adalah dipasangnya sepasang lampu strobo berwarna merah-biru pada bagian engine guard.

Kali ini jelas pihak ATPM Honda melakukan kesalahan dengan memasang iklan seperti itu. Apakah pihak AHM selaku produsen Honda Tiger dengan sengaja bermaksud mengajak masyarakat untuk melanggar peraturan lalu-lintas dengan memasang, atau bahkan memberikan lampu strobo ini sebagai bonus untuk setiap pembelian Honda Tiger?

nih di zoom..lihat baik-baik

Padahal dengan jelas dinyatakan pada Pasal 59, Undang-undang nomor 22 tahun 2009 bahwa:

Pasal 59

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.

(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna:a. merah;b. biru; dan c. kuning.

(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.

(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana dimaksudpada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatankepada Pengguna Jalan lain.

(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimanadimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

a. lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas KepolisianNegara Republik Indonesia;

b. lampu isyarat warna merah dan sirene digunakanuntuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran,ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan c. lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol,pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur,dan tata cara pemasangan lampu isyarat dan sirenesebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur denganperaturan pemerintah.

(7) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Banyak komentar yang mengatakan..”ah, ini hanya iklan”. Tapi bagaimana efeknya untuk mereka yang belum mengetahui sama sekali tentang UU no. 22 tahun 2009 tersebut?

Bukankah ini sama saja AHM melakukan PEMBODOHAN OTOMOTIF lewat iklan terhadap masyarakat.



Aksi

Information

58 responses

23 12 2010
Maskur

pertamax
kalo ini bener2 deh

23 12 2010
xxl123

sungguh terlalu😀

23 12 2010
aegiz

Kalo misalnya lampu strobonya boong-boongan, apa ini juga termasuk pembodohan otomotip bro…?🙂

23 12 2010
bennythegreat

Di iklan terlihat merah dan biru.entah itu bohongan atau tidak,persepsi pembaca pasti akan mengarah ke strobo.

23 12 2010
triyanto banyumasan

Jadi tahu undangannya… jelas, kelalaian atau emang ga tahu kayak saya ya…

23 12 2010
az147r

saya rasa byk masyarakat yg dah paham,nga bakal merasa dibodohin,apalagi klo mereka yg beli jenis motor mahal2 kyk tiger dsb harusx orgx lebih care dgn UU yg dah ada dan mesti paham,apalagi klo bebek pasti nga cocoklah pake begituan,lalu klo ada pengguna motor sport yg pake,berarti baru ketauan baru naik kelas nh.lagian klo dbilang pembodohan jg ada kasus spt ymki akhir tahun lalu ttg penjualan kemudian kasus slogan suzuki yg salah. Itu cuma blunder aja, yg perlu jelas apakah blunder itu sengaja atau tidak,itu mesti jelas dulu,tapi jaman sekarang klo mau dibodohin,berarti %<$※§¤⒀.yaggghh….tergantung melihat sudut pandangnya aja…mau lihat di angle 90° atau 180° atau malah 360°…. Iya toh… Hanya sekedar berbeda….

24 12 2010
alilin

kesimpulan yang terburu2 jika menganggap yang beli motor mahal itu paham UU. buktinya banyak kok yang pake motor mahal tapi ngelanggar UU. emang ada 2 kemungkinan sih : emang bener2 gak ngerti atau ngerti tapi otaknya sudah pindah kedengkul. tapi seminimal mungkin konten iklan tidak mengarahkan ke perbuatan yang melanggar UU.

23 12 2010
andry

Masyarakat dah pinter, gak mungkin lihat ada iklan tiger pake
lampu strobo trus ikut2an pasang😀

23 12 2010
Rizqibe

Belum ada iklannya aja masih banyak yang pasang kok.. Kalau ditambah iklan ini, berarti atpm nya juga dukung penggunaan strobo dong ?

23 12 2010
Baridin

klo saya liat msh byk bgt motor diatas 150cc yg pke..termasuk klo konvoi ky kebelet pipis gak peduli yg lain

23 12 2010
Strobory

Kalo mereka sudah tahu aturan UUnya dan masih menampilkan, maka orang-orang Honda yang memasang berniat membodohi masyarakat…

Kalo mereka belum tahu aturan UUnya, maka mereka yang bodoh… karena berkecimpung di dunia otomotif sudah seharusnya mengerti aturan UUnya…

Kira-kira yang pas mana ya???? membodohi ato Bodoh?????

24 03 2011
kmphlynx

dua-duanya…, heheh

23 12 2010
fandi

kan yang diiklanin box givi nya om… bukan lampu strobonya?🙂

btw semoga iklan-iklan kedepannya ATPM lebih mendidik.
jangan sampai masyarakat kepancing untuk ikut-ikutan jadi gak bener…

23 12 2010
gasol

ehmmm…… ???

23 12 2010
asmarantaka

yaudah..ente beli tigornya…trus boxnya buat ane aja…dan lampu strobonya dipasang di mobil2an anak2 aja…xixixiixix:mrgreen:
beres to??:mrgreen:

23 12 2010
Mercon C a.k.a Mercon Mretelli

lampu strobo itu apa sih?😳

23 12 2010
sabdho guparman

setuju sama mas Ben . . .
mestinya iklan juga tidak berlebihan dan terkesan membodohi calon konsumennya yang ndak tahu undang-undang.

keep brotherhood,

salam,

23 12 2010
pridesonline

pecat konsultan medianya Honda.. moso kagak ngarti yah..

23 12 2010
powerpuffgirlz

@ strobory : Kalo ane boleh berpendapat kayaknya ga layak kita menjudge dengan kata-kata ‘bodoh’, dkk..kenapa?? coba aja kita analisis dulu kelakuan kita dijalan, sudah safety lum ?? yang lebih penting adalah kesadaran safety dalam pribadi masing2 konsumennya toh??

23 12 2010
girifumi

tinggal dilepas aja om Benny Bebek…

23 12 2010
setia1heri

itulah bedanya….
bahasa iklan dengan bahasa peraturan..
kan yang penting masyarakat tertarik…dan perusahaan untung

dasar………..

23 12 2010
hampura

Iya tu Oom, tapi para touringers tetep ae pada pake..malah mongtore jenis bebek segala. kalau lampu ganti mika putih gimana Oom/ kira2 boleh nggak, karena lampu kuning 2 kedip-kedip pake lampu sein banyak yg pake. Gmn tuh Oom ?

23 12 2010
wolfy

mungkin hanya ingin gaya aja n ga nyadar klo itu melanggar uu.

23 12 2010
Vickytrack

Jelaslah ini iklan PEMBODOHAN OTOMOTIF sama seperti Yamaha tahun lalu ,efek di daerah-daerah yang paling parah pake sirene ,ditambah lagi klakson angin yang bikin kaget & gendang telinga seakan mau pecah ,kalo touring seakan cuma dia yang bayar pajak gak beri kesempatan buat pengguna jalan yg lain ,tapi anehnya ada juga anggota po**si nya ,payah .
pengalaman pribadi ..

23 12 2010
AKP. Sutrisno, MM.

Sebagai anggota kepolisian pada prinsipnya saya setuju dengan istilah Pembodohan Otomotif diatas.
Menurut hemat saya, Honda turut andil dalam memacetkan kota. Hal ini tentu saja semakin memberatkan pekerjaan kami di jalan.

Sudah jalanan penuh sesak, tak usahlah Honda mempengaruhi masyarakat terutama yg awam untuk memakai asesoris yang dilarang oleh undang-undang.

Saya menuntut AHM untuk segera merevisi dan menarik iklan ini sebelum moral masyarakat rusak karenanya.

Anda mau beriklan boleh tapi tolong perhatikan peraturan dan ETIKA.

23 12 2010
suhud

istilah pembodohan atau ‘bodoh’ saya kira tepat, karena tidak ada kata lain yang mewakili kebodohan iklan tersebut. Tinggal menunggu reaksi honda, mau minta maaf atau cuma koreksi iklan….

23 12 2010
davied

perasaan yang diberikan box givi-nya,bukan lampu “strobo”…mgkn ada baiknya teliti sebelum membuat artikel..mlah kesannya menyerang salah satu atpm…

23 12 2010
bennythegreat

Ada baiknya teliti gambarnya sebelum komentar.

24 12 2010
Yamaniac

skak ster lagi…..wkwkwk…

23 12 2010
nadi

1. Sensor internal tim marketing dan promosi lalai atau abai?
2. Sepertinya lupa dengan peristiwa PCX dulu
3. Tooooottt…..tooooot….
:mrgreen:

23 12 2010
dhimaz

emang gak boleh ya pake lampu strobo.

btw, lampu strobo itu apaan sih?

xixixixiii….
(oon.com)

23 12 2010
dvil

…” atau bahkan memberikan lampu strobo ini sebagai bonus untuk setiap pembelian Honda Tiger?…
bang Ben.. bukannya bunyi iklannya “dapatkan box givi..” bukan dapatkan lampu strobo..
klo gambar tigernya mah memang iya ada lampu strobonya..

24 12 2010
davied

ha ha liat isi gambarnya…itu iklannya memberikan informasi apa yang mereka dapatkan jika membeli produk itu…diperjelas dengan pernyataan,lah terus ada judul pembodohan otomotif…??dimana pembodohan otomotif…??apa yang ada di mtor tsb tidak serta merta artinya menyarankan..itu masi bias maknanya..lagian jgn terlalu gampang menjudge..anda blogger yang ikut dalam indomotoblog..klo isinya sperti ini kurang pantes kyknya,ada baiknya anda memberi opini bukan menjudge…hahaha…tp semua terserah yang punya warung aja sih…liat gambar keselurahan dan coba artikan pesan apa yang mau di sampaikan..lgan lampu “strobo” itu bukan barang umum dan gak semua orang tertarik…skedar koreksi aja oke..

24 12 2010
Pentingnya Arsip Blog « Learning To Live

[…] blog terkenal yang sudah terdapat daftar isi di dalamnya adalah TMCblog, Bennythegreat, Mitrawijaya, itu yang saya hapal, blog lain mungkin ada namun tidak saya […]

24 12 2010
24 12 2010
raya

kalo melihat iklannya sih bonusnya cuma boxnya saja, lampunya tidak termasuk bonus. bahkan mungkin boxnya tidak dipasang di dealer tapi dipasang pembeli sendiri (tidak semua pembeli rela memasang aksesori di motornya, apalagi box segede gaban yang tidak terlalu diperlukan di pemakaian harian). foto cuma menunjukkan bagaimana tampang setelah box terpasang ditambah aksesori lain..

24 12 2010
raya

mungkin lebih tepat disebut sebagai pembodohan iklan..

24 12 2010
ORANG INDONESIA

HONDA MEMANG KATRO
TIGER MOTORNYA PREMAN TAK BERPENDIDIKAN

MEREKA SOK PASANG LAMPU SETROBO BIAR YANG LAIN MINGGIR
MEREKA MAU MENANG SENDIRI. SIAPA MENYENGGOL SIAP-SIAP DIBACOK!

HONDA SOK PASANG TAMPANG NYUMBANG MOTOR KE ANAK SEKOLAH
BIAR MEREKA NANTI MAU KERJA SAMA HONDA

HONDA BULLSHIT BIKIN IKRAR SAFETY RIDING BLABLABLA
KENYATAANNYA MASIH AJA BIKIN IKLAN KAYA GINI

HONDA SPESIALIS OMONG KOSONG
LIHAT TUH DI JALAN BANYAK TUKANG OJEK PAKAI JAKET SAFETY RIDING TAPI GAK PAKAI HELM

HONDA MEMANG KATRO
MAKAN TUH ONE HEART!

HARI GINI KERJA SAMA HONDA
BIKIN KAYA JEPANG
KARYAWAN HONDA MUNAFIK SEMUA

24 12 2010
Vickytrack

Mantaap kawan ..udah motor lemot arogansinya no.1 ,BODOH !

24 12 2010
ORANG INDONESIA

BUAT YANG BELAIN HONDA
PIKIRAN ANDA SUDAH SUKSES DIRACUNI JEPANG

SELAMAT!

25 12 2010
memek

sekedar mencari heboh….. tulisan seperti ini cuma buat dongkrak rating…., gak bermutu. gayus nilep pajak saja tembus pasal 7 lapis..polisi gak pusing.. apalagi cuma uu lalin th 2009. kentut

26 12 2010
Vickytrack

siapa lagi ini yah !?namanya aja memek artinya va**na ,payah ..

25 12 2010
az147r

@alilin
kesimpulan yang
terburu2 jika
menganggap yang beli
motor mahal itu paham
UU
=====
Makanya saya bilang,harusnya mereka yg beli harusx paham,atau mereka cm baru naik kelas,jgn sampai egox aja yg muncul. Saya lebih nga ngeh dgn iklan data penjualan yg thn lalu drpd yg ini,lbh sengaja yg thn dulu.

25 12 2010
RUDY SOUL B-B

ya kalo yang di tonjolkan box givinya g usah ada strobonya kali ya???mungkin malah lebih pass!!

26 12 2010
fazri

anda kontra dgn artikel ini ?
ckckck….sudah jelas salah malah dibela…salah 2 kali dong..berarti kasta anda lebih rendah dari pembuat iklan bodoh diatas.

Dari 44 Comments disini, ada berapa jumlah orang “bodoh” ya ? Saya yakin, orang bodoh-orang bodoh tersebut adalah hasil kesuksesan Pembodohan Otomotif oleh ATPM yang bodoh dan menahun.

Ada Pertanyaan Quiz nih, hadiahnya minta sama bro ben :
Ada brp kata “bodoh” dalam tulisan saya diatas ?

26 12 2010
bennythegreat

Hadiahnya stiker Honda bertuliskan “Won Hard”

:mrgreen:

30 12 2010
Benarkah Tiger Disuntik Mati..? « Menulis Untuk Belajar, Diskusi, Mengingatkanku dan yang mau di ingatkan

[…] Pertimbangan Ketiga, Iklan berikut… *pict from Om Beny […]

3 01 2011
Bisnis Organik

wah , bener2 parah ?

14 01 2011
new motorcycles

sudah biasa kali, melanggar hukum, cape deh…….

21 03 2011
kentadis

bro, minta gambar pembodohan otomotifnya ya,hehehe

21 03 2011
bennythegreat

Sikat..

25 05 2011
ariiiiiiiiiii

mungkin si pembuat iklan bermaksud untuk memosisikan tigr sbagai motor touring, nah agar sesuai dengan tujuan maka di berikanlah bonus box. trus untuk menguatkan lagi, pada engine guard di pasang lampu strobo. dari sini ada indikator kalo sang pembuat iklan bener-bener tidak mengerti UU atau memang sengaja mengesampingkan aturan demi target, toh ngiklan kaya gitu g kena UU.

1 08 2011
harry32

Sebaiknya tanya dulu itu lampu strobo apa bukan. Belum tentu toh. Buat ORANG INDONESIA bolehlah Honda Katro tapi tetap ada niat untuk membuat sesuatu lebih baik dibandingkan kompetitornya. Anda maki-makipun Honda tetap jalan dengan program CSRnya seperti menyumbang motor dan kegiatan safety riding. Program CSRnya jalan pun Anda maki-maki apalagi tidak. Ingat ORANG INDONESIA, setiap program CSR itu tidak langsung berdampak pada orang. Prinsip kegiatan CSR itu berkelanjutan dan gradual bukan revolusi atau instan. Bisa saja tukang ojek itu lalai pakai helm or safety gear, tapi kenapa juga Honda yang disalahkan? Walaupun barangkali dia ikutan kegiatan safety riding.

Apakah temen2 Bro Benny dari kelompok komunitas bajaj juga menerapkan safety riding full day, full time dan untuk keluarganya? Nah, kalau gak menerapkan Anda mau memaki-maki Bajaj? mau memaki-maki klubnya?

ORANG INDONESIA Anda itu terlalu emosional. Saya akui itu. buktinya marah-marah gak jelas.

Kalau Anda bilang karyawan Honda munafik semua…Anda tau gak apa itu arti munafik? Munafik itu istilah yang lahir di agama Islam. Saya katakan Anda – yang ber-ID ORANG INDONESIA – itu bodoh. Dengan tanpa mengetahui esensi kata munafik, Anda menghakimi orang Honda sebagai munafik. Munafik itu bagi orang Islam lebih dari kafir.

hehehehehe jadi geli kalau baca blog ini. Gembar gembor stop pembodohan otomotif tapiiiii komentatornya ada yang gak tau terminologi arti munafik. Kalau saya bilang yang punya blog ini bodoh pasti marah dia. Udah tau ada yang salah komen tapi gak ditegur. Temennya juga ada tuh yang mukanya kayak ustadz tapi malah menyoroti masalah lain. Senang kali dia kalo ada orang Honda dibilang munafik padahal bisa jadi seiman.

Mumpung bulan puasa pada belajar agama gih…biar gak salah nulis.

O iya ada yang beragama Islam di sini? Sudi kamu orang Honda dibilang Munafik? Kalau disana ada ayah kamu, ibu kamu, saudara kandung kamu dan dibilang munafik sedangkan kualitas keimanannya bagus, rela kamu?

Salam Ramadhan….

Salam Teguran,

Gak usah bales kalo gak ngerti, paham gak lu?

1 08 2011
bennythegreat

saya gak segan menampar dan mempermalukan kawan sesama anggota komunitas Pulsarian yang membandel pakai sirine strobo. mau bukti? silakan tanya para ranger.

1 08 2011
harry32

Wawww….hebat sekali..tapi apakah itu juga pembelajaran? menampar?

Kalau ada teman klub Anda pake motor bebek dan tidak berhelm, ketemu dijalan. Juga akan ditampar?

1 08 2011
bennythegreat

yah, pilihannya cuma 2 toh..mau ditampar sama saya, atau ditampar sama aspal..hehehe

1 01 2012
julianmitra2000

setuju bung Ben,, setuju..

26 01 2012
sonny

enakan ditampar aspal tuh kayanya hahaha🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: