[Spyhacker-3 habis] Riding Experience

6 01 2011

INK Spy hacker

Setelah ane bahas tentang Obrolan cafe dan Review helm INK Spy Hacker (ISH) di artikel sebelumnya, kali ini giliran ane review pemakaian ISH untuk riding harian. Adapun motor yang ane gunakan adalah Kawasaki Ninja 250R dan Honda Tiger Revolution.

Dilihat dari riding ergonomics, kedua motor jelas beda. Hal inilah yang menyebabkan ane memilih kedua motor tersebut (soale punyanya ya cuma itu..he he). Ninja 250 berkarakter riding merunduk, sedangkan Tiger lebih tegak.

Nah, dari riding ergonomics saja, ane sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa ISH kurang nyaman untuk dipakai di Ninja 250, ini disebabkan karena posisi kaca Prisma View yang berada di belakang kaca helm tidak dapat diubah sudut pantulnya.

Sewaktu mengendarai Ninja 250, ane praktis tidak berniat untuk benar-benar mengamati kaca Prisma View untuk mengetahui pandangan di belakang. Apa pasal? Jika ane lakukan itu, maka ane harus menengadahkan kepala hingga akhirnya pandangan ane tidak lagi fokus ke jalan.

Sewaktu ane mengendarai Tiger, posisi ridingnya barulah nyaman dan pas dengan sudut pantul kaca Prisma View, ane dapat melihat ke kaca pantul cukup dengan melirik. Ini disebabkan posisi riding tidak merunduk sehingga posisi kepala dapat tegak.

tampak belakang

Itu dilihat dari jenis motor yang dikendarai. Bagaimana rasanya memakai ISH pada kondisi cuaca berbeda?

Pada saat hujan, ISH menunjukkan gejala tipikal sama seperti helm umumnya. kabut putih menyelimuti kaca helm dan mengaburkan pandangan. Pada kondisi seperti ini, kabut putih hasil pernafasan akan langsung menutupi kaca mika di bagian belakang helm sehingga menghalangi pandangan ke belakang. Lupakan saja untuk melirik apalagi menengadahkan kepala untuk melihat ke kaca Prisma View. Meskipun demikian, tidak sampai 3 detik setelah motor berjalan, kabut segera hilang dan pandangan kembali jelas.

mekanisme pengunci D-Ring

Pada saat panas, ISH sangat nyaman dipakai, ventilasi dapat segera mengeluarkan hawa panas dan Prisma view dapat menampilkan penampakan di belakang kepala dengan sempurna.

Pada malam hari dan hujan, saat inilah feature internal mirror tidak akan berfungsi karena kabut pernafasan dan air. Namun pada saat hujan, ISH tidak bocor dan mampu melindungi kepala dari rembesan air hujan.

So, overall, setelah hampir sebulan memakai ISH untuk di review, beberapa nilai plus minus ane sematkan, yaitu:

plus (+)

  • ventilasi helm sangat baik
  • ketika riding, terpaan angin tidak menyebabkan noise yang mengganggu
  • kabut cepat menyingkir setelah motor berjalan
  • kaca helm mudah dibersihkan

minus (-)

  • kaca pemantul “PRisma View” tidak dapat diputar mengikuti sudut ergonomi berkendara
  • kaca pemantul dan kaca belakang mudah berkabut (tidak kedap)
  • mekanisme pengunci D-Ring sulit dikancingkan ketika memakai sarung tangan
  • hasil pantulan di Prisma View kabur dan tidak jelas (samar-samar)

Aksi

Information

12 responses

6 01 2011
aiefz

Pertamaxxx

6 01 2011
Cicakmerah

nunggu helm “double visor with prisma view” aja deeeh😀

6 01 2011
Cicakmerah

jiaah, pdhal dan ane cancel…
ane jadi ngamanin podium deh😀

6 01 2011
Cicakmerah

nunggu helm “double visor with prisma view” aja deeeh😀
kira2 brpan ya tu klo dah nongol… ap emg udah ada? merk ap? brp?😛

6 01 2011
uikjoss

wah helm bagus…….

6 01 2011
j4na

podium ga ya???
hememnya dari dpan kayak aneh gtu…..
tapi…. mantaaaap
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/06/rc116-motor-super-power-hondaseri1/

6 01 2011
adkarta

kalo pake bebek belom di coba ya? Kebetulan tuh, rata2 kan pada nyopotin spion :p

6 01 2011
theoxcool

pembodongan otomotif tuh…

seorang teman berkata “kenapa ya ane klo naik motor ga pernah lihat spion, spion ane tekuk aja.., tapi klo mobil butuh banget”

dalam hati “jiiaahh…udah dibuatin spion kok masih tolah-toleh, ya kan sampeyan pasti tolah-toleh tuk lihat kendaraan dibelakang??”

6 01 2011
blognyamitra

Cak Giri mo minjemin bebek hehehe…😀

6 01 2011
kajur

info bagus ga…

6 01 2011
26 12 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: