Seputar Velg Triple Spoke

12 01 2011

 

velg triple spoke pada Suzuki SV650

Ada gak sih yang pernah kepikir, kenapa velg dengan jumlah palang sebanyak tiga biji itu hanya terpasang pada motor-motor tertentu. Motor-motor di atas 250 cc pastinya yang beruntung mendapatkan velg triple spoke ini.

Kenapa ane angkat topic ini, tak lain karena kekaguman ane akan jenis velg ini yang selain unik, velg jenis ini menambah kesan gagah dan garang dari sebuah motor.

 

velg Tiger Revo, sayang 18 inch..

Dari berbagai jenis velg triple spoke, ane menemukan bahwa diameter velg 17 inch adalah  lingkar velg yang paling ideal untuk velg triple spoke. So, untuk Honda Tiger Revolution, mohon maaf..velg standar pabrikan memang triple spoke, tapi kok ya harus 18 inch gitu loh…coba 17 inch, pasti lebih gagah, gambot dan geulis tuh motor. Setuju?

 

modifikasi dengan velg CBR 600 triple spoke

Gak heran, velg ex-moge banyak diamputasi untuk kepentingan motor-motor di bawah 250cc. Selain memiliki bentuk yang menawan, rupanya lebar velg juga besar, untuk velg belakang saja ada yang mencapai 6 inch seperti pada Hayabusa dan ZX-14, dan velg depan pada umumnya mencapai 4 inch. Pada umumnya velg yang biasa dipakai untuk modifikasi berukuran 3.5 inch depan dan 5 inch belakang. Ini adalah konfigurasi yang barangkali paling ideal untuk mencegah berkurangnya tenaga mesin akibat ban yang terlalu gambot. Ban yang memiliki bidang sentuh yang besar pada permukaan jalan otomatis akan membutuhkan daya mesin yang besar pula tho..

 

velg triple spoke 6 inch milik Hayabusa

Nah, kalo menilik trend modifikasi sekarang, berhubung harga limbah velg ex-moge yang lumayan mahal, maka produsen velg banyak yang mencoba peruntungan dengan menerbitkan velg aftermarket triple spoke. Namun bagaimana kualitasnya? Well, pengalaman ane memakai velg aftermarket yang 6 spoke cukup membuat kapok ane pakai velg dengan kualitas sembarangan.

 

Sebut saja lokasinya somewhere di pantura, ane riding dengan kecepatan sekitar 70 km/jam dengan velg 6 spoke 3 inch depan dan 4.5 inch belakang merk RGV, tiba-tiba ada lubang…Jegerrrrr…tiba-tiba ban ane kemps, ternyata velg ane sudah retak dan kontan saja udara yang terbungkus ban tubeless BT-45 130/70 ane keluar. Anehnya..bro Arif #010 yang berboncengan dengan sang pacar juga menghantam lubang tersebut dengan kecepatan yang sama, namun velg standar Pulsar 180 nya tidak apa-apa. Hingga artikel ini diturunkan, bro Arif masih menggunakan motor dan velg yang sama untuk harian..!

So, menilik pengalaman tersebut, pada kesempatan modifikasi selanjutnya, ane akan memilih untuk memakai velg ex-moge saja. Kualitasnya sudah tidak diragukan karena dibuat oleh pabrikan yang kompeten.

 

ciri khas velg moge asli pabrikan..ada embossnya

Balik lagi ke velg triple spoke, rupanya hingga kini hanya ada Kawasaki Ninja 150 R/RR yang memakai velg ini. Itupun lebarnya kecil hanya 2.5 inch saja barangkali. Padahal seandainya ada pabrikan yang mau mengeluarkan motor dengan triple spoke 17 inch, pasti akan lebih memperindah produknya.

 

velg Ninja 150RR, sayang kurang lebar

Bagaimana opini ente tentang velg triple spoke ini?

 


Aksi

Information

27 responses

12 01 2011
Mbah Dukun aka "Tom Cruise" Aka Mr Handsome

Nggak kepikiran gw, nggak merhatiin juga😕 Hmmm

12 01 2011
Maskur

jangan lupa ben, bebek juga ada yang pake velg palang 3 lho
itu adalah Yamaha F1ZR CW, tungganganku waktu masih muda:

12 01 2011
Maskur

iti juga 17 inchi lho😆

12 01 2011
bennythegreat

Kurang lebar cak…di bebek pula..
Wekekekek

12 01 2011
Maskur

pokoknya palang 3

12 01 2011
kurniaprorider

Power 17 inch

12 01 2011
Spies

Pelek palang 3 emang paling keren…

12 01 2011
j4na

tapi kok ane lebih mud dengan yang palang Y ya??? kayak punyanya ducati!!!
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/11/rc143-motor-super-power-hondaseri-6/

12 01 2011
ledoy

yang palangnya 2 gak ada ya >_< ????

12 01 2011
moko

palang 1 kayaknya keren juga..:mrgreen:

1 09 2011
aryo

kayaknya ada juga yang ga ada palangnya….xixixixi

12 01 2011
uikjoss

waduh, istriku kena palang merah….. (apa hubungannya?)

12 01 2011
asmarantaka

kalo yg palang kaki gimana itu??…looooo ngk nyambung:mrgreen:

12 01 2011
dani

yakin deh mas ben pengen nih velgnya makanya dibahas

12 01 2011
The Sunday Painter

setelah sering liat byson/nmp dan motor sport lainnya yang pake velg diameter 17 inch jadi aneh kalo liat tiger atau scorpio yg 18, serasa ngga proporsional gitu. tapi itu perasaan gw aja sih…🙂

12 01 2011
Nano BeTC

Di Thunder 250 banyak yang mengadopsi velg palang tiga , terutama eks Bandit 400, GSX 400 maupun yang diatasnya. Cakep banget dilihatnya. Kekuatan juga tidak diragukan, Buatan Asahi: Japan.
Ki Guntur juga pake, dapet murah dari Jogja. Adaptasi ke Thunder 250 juga gampang, gak banyak rubahan, apalagi sekalian dengan ganti arm exs bandit 400.. lebih mantabs.
Selain itu ada juga yang mengadopsi eks aprilia palang tiga…

12 01 2011
12 01 2011
bennythegreat

Ki Guntur bikin ane ngiler bro..hiks

12 01 2011
dnugros

velg vespaku koq ngga ada spokenya ya? bingung nich tampatnya dimana?

12 01 2011
Amamoto

klo jalan ora bisa dihitung

12 01 2011
extraordinaryperson

masih pke jari jari saya:mrgreen:

12 01 2011
Skips

Entah Palang 3,4,5 klo buat aku yg penting muter bos. hehehe😀

13 01 2011
sabdho guparman

sempet pengen ganti pelek juga pzoo ane yang nge hantam lobang di speed 80km/h setelah aku cek pelek depan cuma mekar dan setelah aku bawa di bengkel press pelk di kemayoran katanya masih layak pake cukup di press aja .

nice info mas Ben. . .

keep brotherhood,

salam,

14 01 2011
Rialhamzah

nah itu mengapa di pulsar ane pake pelek ex gsx 400.. palang tiga yang sangat menawan

3 03 2011
6 01 2013
bengkelsepedamotor

Pelek yang untuk ban tubeless juga ada huruf timbul TUBELESS,selain itu tetap gunakan ban dalam,
http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2013/01/05/pelek-tubeless/

13 04 2013
dany

klu dudukan laher pecah..apakah bisa di betulin???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: