Kick Starter di Bajaj Pulsar, Perlu Atau Tidak..?

14 01 2011

Kasus gejolak konsumen yang pernah terjadi waktu Suzuki Thunder 125 menghendaki sebuah kick starter (selanjutnya disebut: engkol) kini sepertinya mulai menjangkiti beberapa konsumen Bajaj Pulsar. Pada seri UG4 dan sesudahnya, termasuk Pulsar 200, keberadaan engkol sudah tidak lagi menjadi perangkat alternative untuk menyalakan motor.

Sempat ane memperoleh jawaban dari seorang mekanik senior salah satu bengkel Bajaj bahwa keberadaan engkol dinilai hanya akan membuat lelah penggunanya saja. Kompresi Bajaj Pulsar yang mencapai 10.8 akan membuat engkol sangat keras. Sehingga sebaiknya pengguna Pulsar lebih baik menggunakan dynamo starter saja.

Dari sudut pandang konsumen Bajaj, ane mencium dua fenomena.  Yang pertama gelagat ketidak-percayaan akan electric starter Bajaj Pulsar, serta yang kedua adalah kerinduan akan “romantisme engkol motor”.

Urusan ketidak-percayaan ini barangkali disebabkan karena electric starter Bajaj tidak reliable alias tidak bisa diandalkan. Ane sendiri pernah mengalami saat memakai Pulsar 200, selama 1 tahun 3 bulan masa pakainya, electric starter tersebut 4x rusak. Jadi ketika tombol ditekan, yang ada hanya suara dynamo yang bergasing, sementara mesin tidak menyala. Ini disebabkan karena adanya elemen dynamo starter yang mudah pecah, sehingga pegas yang berada di dalamnya dengan mudah berhamburan. Pada kondisi darurat, alhasil ane harus gunakan cara lama..Dorong bro…:mrgreen:

Nah, kalau “romantisme engkol motor” pada Bajaj Pulsar selain mengakar pada penyebab ketidak-percayaan starter, juga karena beberapa konsumen masih lebih suka menyalakan motor dengan menggenjot engkol. Barangkali mereka yang besar di zaman dimana electric starter belum ada jadi tidak terbiasa menggunakan tombol starter dan jadi lebih pilih engkol.

Sekarang Pulsar hadir di era dimana keberadaan engkol semakin tergusur oleh tombol starter, sementara konsumennya banyak yang belum yakin akan kehandalan electric starter.

So, menurut ane, Bajaj sebagai pemain yang tengah naik daun harus meningkatkan dan menjaga kualitas electric starternya agar tidak sering bermasalah seperti sekarang.

Selanjutnya..yuk isi kuesioner dulu seputar engkol dan electric starter.


Aksi

Information

45 responses

14 01 2011
anddeep

pake kick starter buat cadangan

14 01 2011
anddeep

ternyata pertamax

14 01 2011
Dani Ramadian

Harus ada opsi lain kalo terjadi “hal² yg
tidak di-inginkan”…
🙂

14 01 2011
pridesonline

Menurut ane,, kagak mungkin versi Indonesia berbeda sendiri dengan yang aslinya di India.. di sono kagak dipasang, yah disini bakal kagak ada..

gimana kalau BAI siapin partsnya aja untuk modif?

14 01 2011
adecahyapurnama

boleh2…
mantab…

14 01 2011
adecahyapurnama

selama hampir 2 tahun punya motor ini, gak pernah bermasalah kok sama elektrik starternya..
paling pernah kejadian gak nyala ternyata soket CDI kendor..

kalo apa2 ngikutin konsumen mah, ribet. kenapa? gak semua hal bisa digrab, pasti ada + dan – nya…

kalo mau yang general, mending bener kata om ben, kualitas dinamo diperbaiki (kalo emang masih kurang) dan kabel body naekin kualitasnya (denger2 kabelnya kecil2 dan kurang bagus)..

oh, iya, rada sok2an boleh ya om ben…
kalo kata om ben kan kelemahan di salah satu part dinamo, mungkin kita perlu kreatip kayak temen2 pio yang modip motornya biar gak ambles. ini cuma saran lho ya..

dah ah, balik ke sebelah lagi…

21 04 2014
ong

Setuju kalo Kwalitas Dinamo Starter Ditingkatkan masbro,….

14 01 2011
zaqlutv

sebaiknya pake Om Ben.. antisipasi aja.. memang kompresinya tinggi tapi kan cc nya ga ampe 250..

14 01 2011
j4na

kalo menurut ane sih nggak…. motor m’ ane ja tak lepas gigi starternya, tak pasang coin 500perak dilubangnya…..
tapi masalah aki… ya pake yang free maintenance lah…..
pernah kjadian motor banjir… ya masukin gigi2 dorong…. lepas kopling… greeng… ha ha ha ha😀
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/01/14/yamaha-fino-dijual-resmi-di-dealer/

14 01 2011
az147r

musti ada opsi lain
====
Setujuuu……..

14 01 2011
sobek2

dorong pulsar yo bwerat mas.. Eheheh kringeten itu paasti
lagian nyalain motor pake engkol itu memuaskan hati.. Berasa gimana gitu jeg..greng..!! Sensasi antara keselarasan tendangan dan timing memuntir gas tak tegantikan lhoo.. IMO sih

14 01 2011
Aray

Ane pernah liat di jalan, Puls-200 gak nyala staternya.. trus minta bantu dorong deh sama tk Parkir… Ane rasa seh penting bgt tuh Kick stater. Jgn Kan puls- CBR150 yg mahal aja klo gak di pake seminggu di jamin bakal endorong.. kikiki

14 01 2011
arie sesat

CB 750 n HD aja bisa idup pake kick starter..
kick starter bikin cape?? bikin sehat kaleee…

14 01 2011
Bonsai Biker

Sebaiknya pakek om, selama masih 200 cc ke bawah dan kompressi tak sampe 11 masih kuat nendang

14 01 2011
martini

harley yang 750cc ajah nyelah kok om..ini cuma 200 ajah capek!! katanya biker..mosok kelakuan kayak pengguna bebek..mbok ojo manja gitu ah…..

14 01 2011
#99 bro

perlu aq pake matik aja ada..

apa kata bebek maniak ntar..

14 01 2011
the yellow flash

halah…!!! laki… batangan… cape deh…

15 01 2011
wakwaw

hasil kuisnya kayaknya kurang berkorelasi ya antara pertanyaan 1 & 2.. kalo mayoritas gak bermasalah, kenapa harus ada engkol? apa krn n-nya blm banyak ya?

btw ane pernah nyelah shogun kebo setengah jam gak nyala2

15 01 2011
agsstwn

Baik2 saja dari September 2008… smoga saja sampai lamaaa…

15 01 2011
azizyhoree

Paijo 150R ku selama ini ga ada masalah, yaa kalo yg namanya pake MF batery ada masa pakai nya!, nah kalo batery udah berakhir life time nya ya segera diganti dong! harus nya pemilik menyadarinya, kan? :mrgreen:

http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/14/calon-warung-d-o-h-c/

15 01 2011
Zulkarnain d.h. Adul

Kick starter itu pengikat paling erat hubungan antara rider dan sepeda motornya. Masalah kompresi yang dianggap terlalu tinggi bagi penggunaan kick starter justru solusinya bukan dengan menghilangkan kick starter tapi dengan menambahkan dekompresi.

15 01 2011
azizyhoree

@pak adulll, se-7 pengikat erat rider dengan bike nya……., tp beda perkara kan, dengan yang dari sononya udah un-kick starter?…. , contohnya R1……… or my paijo? masak trus ga ada pengikat antara rider dengan R1 nya? :mrgreen:

@mas ben, pulsar yg itu ada decompression nya ga sich?

kalo memang ga ada….ya pemasangan decompression, seperti saran pak adul, boleh juga sich…. asal bajaj mau me redesign ulang cylinder head nya, (biaya mahal) dan harus kehilangan cetakan mall yg lama… rugi donk?

nitip om ben:
http://azizyhoree.wordpress.com/2011/01/15/mengapa-clearence-out-valve-harus-lebih-renggang-setting-valve-4t/#comment-4526

15 01 2011
Triyanto Banyumasan

melu sing apik, kalo Tiger dah 3 tahun lebih ES ga masalah

15 01 2011
Rancho

kirain artikel p220 udah nongol. gkgkgk

15 01 2011
Rancho

pulsar gk perlu pake KS lah. gk apa, gk masalah bagi saya.

15 01 2011
siAdul

Hidup kick stater,,,

15 01 2011
asmarantaka

biar serasa motor balap didoong aja dongg..xixixixiix

16 01 2011
rangs_1845

koq memasuki tahun ke 3 pake pulsar tanpa engkol belom ada masalah ya, kebetulan kali yaa.. syukurlaah kalok begitu, hehehe….

16 01 2011
fikri

sebetulnya kick starter itu hampir bahkan ga pernah dipake, cuma saya kok ngerasa butuh aja sebagai benteng terakhir kalo electric starter bermasalah (u kenyamanan hati aja sih…hehehe)

16 01 2011
extraordinaryperson

saya lebih suka kick starter:mrgreen:

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

16 01 2011
17 01 2011
Dakocan

Ane pernah ngalamin bro, baru kmren dorong pz00, padahal pake bru 1 thn kurang 3 mnggu, aki dah soak,
mustinya pake engkol, biar kliatan tmbh maco n’ kringatan

17 01 2011
Danny

Kalau kondisi cuaca kering kayak di Indihe sono gapapa dah ga ada kick stater. Di Indonesia cuacanya aja sering ujan, klo aer udah masuk karbu waaahhh urusannya panjang deh. Aki tekor > soak > Dorong > Capek deh > Jumper Aki…..

4 03 2012
peiferi

Capenya sih ga seberapa, malunya itu tuh yang ngga nahan….

18 01 2011
blognyamitra

Mesinnya Pulsar blom pake dekompresi yah bang ???

18 01 2011
willykk

kayak mobil nich muantepss😳

19 01 2011
BJUBAH HITAM

untung punya gua ada engkolnya….yuukkkk manggg mareeee kaga duorong bajaj yg beratnya lebih dari 146 kg

20 01 2011
sabdho guparman

sejak dari sept 2008 pulsar 200 ane alhamdulillah ndak pernah masalah tuh,

boleh ndak pake engkolan asala kualitas dynamo staternya bagus,
produk global mestinya kualitasnya juga bagus dong. . .

keep brotherhood,

salam,

20 01 2011
Busa_tio

Ngga ada kick starternya, itung-itung latihan kalo punya moge biar ngga gagap.😀

12 04 2011
pitbull

serem juga klo gagal starter om….lbih sengsara dorong drpada ngengkol, tp klo udh t’lanjur bli yg ga ada KS-nya mo gmn lg….

30 04 2011
RGoh

gak pernah msalah dari mei 08…kpan hari pernah iseng coba ngidupin dgn dorong,cuma bbrpa meter masuk gigi 2..gampang bgt, . . . skali2 perlu latian kali aja bgitu udah umur n saatnya tu dynamo bermasalah..

15 12 2011
untung suharto

wah motor baru saya Bajaj 220F elektrik starternya ngadat…saya coba kadang bisa kadang nggak bisa…lama2 dari mesin kok ada tekanan balik ke karburator bahkan sampai copot karet penghubung karburator dengan mesin….kenapa bisa begini ya?????

31 10 2012
masbloro

bro benny ijin copas hasil survey ya

1 11 2012
Masih butuh kick stater?, survey membuktikan… » motorekblog.com

[…] menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa menengok hasil survey yang dilakukan bro benny pada blognya bennythegreat.wordpress.com. Ada dua pertanyaan yang diajukan bro Benny seputar […]

9 04 2014
TiCtAc

good article

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: