Ketika Ninja 250 Merindukan Antilock Braking System (ABS)

20 01 2011

Honda CBR 250 yang kabar-kaburnya akan diluncurkan sebentar lagi memiliki satu senjata ampuh bernama ABS (lihat judul untuk mengetahui kepanjangannya), namun sayang euy..yang namanya ABS ini merupakan barang asing bin aneh bagi sebagian besar pengguna motor. Padahal kalau mau sedikit browsing dan memahami cara kerja ABS ini, ajiib banget untuk menunjang handling dan proses pengereman motor.

So, kenapa ane tulis ini? Beberapa hari yang lalu, ketika sedang melaju di kecepatan sekitar 70 km/jam di Jl. Pramuka tiba-tiba seekor bebek keluar dari gang di sebelah kiri ane dan langsung masuk ke jalur ane tanpa lihat kiri-kanan ketika berbelok. Penampilannya…? Yaah…standar oknum bebekers alay laagh…sendal japit, tanpa helm, celana pendek, knalpot brisik..

Alhasil ane harus melakukan sudden braking dan feeling harus main membagi kepakeman rem depan sebesar 70% dan rem belakang 30%. Tapiii…oouww..terlalu pakem atau gimana ya, ban belakang kok sedikit nge-lock dan geal-geol..belum lagi ban depan juga ngesot karena terkunci rem cakram.

Waduuh…secepat kilat ane praktekkan teknik ABS, ketika ngelock ane lepas rem sepersekian detik, lalu ane rem lagi. Semua begitu cepat..dan ane dapat berhenti di garis lurus tanpa harus pindah lajur. Si bebekers yang ane kejar lalu ane pelototi dan dia pun kembali masuk gang..bah…!

Moral yang ane dapat salah satunya adalah rem cakram Ninja 250 terlalu pakem dan tidak dapat mengakomodasi sudden braking. Pada saat pengereman mendadak. kampas akan langsung mengunci cakram dan ban akan kehilangan traksi dengan permukaan jalan.

Duh…seandainya ada ABS…Teringat waktu dipinjami Honda Goldwing 1800 sama salah seorang kawan waktu touring ke Bayah..Ia berkata “monggo ngerem sambil belok rebah, motor gak akan slip bro..” dan…benar saja, ketika sudden braking, ABS Goldwing bekerja tanpa harus mengunci ban, dan ketika berbelok, meskipun dengan takut-takut ane tarik tuas rem dan speed berkurang tanpa ada ban geal-geol..

Honda Goldwing 1800 Kang Agus

narsis..Bumblebee ketemu Goldwing

Prinsip kerja ABS dapat dilihat di sini..Sebenarnya simple saja..ketika ban hampir terkunci, akan ada mekanisme yang melepaskan cengkraman kampas ke cakram, lalu kembali menggigitnya lagi. Semua terjadi selama sepersekian detik dan berlangsung selama proses pengereman.

Pada Honda CBR 250 (MC41) yang disebut menganut Combined-ABS berlaku pula mekanisme yang sama, ditambah lagi komposisi pengereman depan-belakang dapat terdistribusi di kisaran 70% depan dan 30% belakang. tanpa harus mengandalkan “feeling” pengendaranya.

Namun…lagi-lagi, belum ada produk ABS aftermarket yang dapat dipasang pada motor non-ABS. Entah karena harga yang mahal atau konsumen yang belum paham..Lagi-lagi..lihat perbedaan harga Honda CBR 250 yang ABS dan non-ABS, meskipun baru rumor, disebutkan bahwa beda harganya sekitar 5 jutaan.

So..harga perangkat ABS bisa jadi berharga sekitar segitu. Harga 5 jutaan tak berarti apa-apa dibanding keselamatan pengereman yang beresiko fatal.

Monggo dishare pendapat bro n sist sekalian..


Aksi

Information

22 responses

20 01 2011
benedict87

PertamaXXX

20 01 2011
#99 bro

pertaxx masih mahal ya omm

nguber pake varteck cbs..

20 01 2011
#99 bro

yah kesalip vixion monster baru..

20 01 2011
benedict87

hwahahahahaha….😆
Pake buka2 dapur …:mrgreen:

20 01 2011
benedict87

Kmungkinan klo N250 nambah ABS, harganya nambah skitar 4 jutaan ya bro??
hhmm,,,, masuk ke angka 50 tuh ,,, bakalan ada imbas ke penjualan..
Tp stuju banget lah klo N250 nambah ABS …😉

20 01 2011
Triyanto Banyumasan

tambahin ndiri aja Om

20 01 2011
20 01 2011
Eko#112

pejwan gan

20 01 2011
sabdho guparman

bisa jadi ini fitur next facelift n250r . . .

ngarep.com

keep brotherhood,

salam,

20 01 2011
Vickytrack

Untuk pembelajaran teknik ngerem dan keseimbangan biasakan pake motor trail trus nyusruk masuk hutan atau skalian latihan grasstrack ,selain olah raga konsentrasi jadi bagus juga ..

20 01 2011
blognyamitra

Kalo pake ABS motornya tambah berat…ntar ujung2nya PWR-nya jadi makin jelek.

20 01 2011
wedul_gembes

kalau Ninja 250R dipasang ABS dan Injeksi plus spido digital, ban lebar, dll mau dibanderol brp?

20 01 2011
Mbah Dukun aka "Tom Cruise" Aka Mr Handsome

ben, some how effek abs sama motor sendiri gak gitu ngaruh. gw udah coba mts1200, cbr fireblade abs jdm, sama s1000rr, itu buat motor 100 hp lebih aja kagak ada bedanya sama yang kagak pake abs … klo gw selisih harga abs sama non, mending buat beli knalpot mift.

20 01 2011
bennythegreat

Jiah..berarti di cbR 250 itu sia2 ya mbah?
Ane baru coba ABS di goldwing aja..

20 01 2011
Mbah Dukun aka "Tom Cruise" Aka Mr Handsome

sama aja kan? motor berenti berenti juga:mrgreen:

20 01 2011
wedul_gembes

kalau Ninja 250R dipasang ABS dan Injeksi plus spido digital, ban lebar, dll mau dibanderol brp??

20 01 2011
Vickytrack

kalo’ cibir250 psg 2 silinder harganya brapa ?

21 01 2011
KUPAS TUNTAS SUPERDON « prado2.com

[…] ini merupakan request om Benny. Dengan senang hati saya […]

21 01 2011
extraordinaryperson

kalo di mobil mah uda fitur umum ini

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

22 01 2011
Admin

desain blognya keren aja nih

15 Gratisan dari Internet

8 11 2011
Motor dengan ABS Vs Non ABS….!!! masih ragu..??? | ridertua – Motorcycle Blog

[…] Biker 1: Oom bebek boleh gak mengaplikasikan ABS…!!?? […]

15 01 2015
Berkendara aman saat hujan - Pekwan.com

[…] ngebut dan ngerem mendadak ngebut via benny Ngebut saat hujan itu awal sebuah masalah tentunya. Banyak hal tidak terduga yang bisa terjadi […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: