Kenapa Kau Buang Sisa Makananmu..?

10 02 2011

makan kok bersisa?

Fenomena ini sudah bukan rahasia umum lagi terjadi di lokasi penjualan makanan dan minuman di setiap sudut wilayah NKRI. Kalau tak percaya cobalah ente mengamati beberapa orang di sebuah tempat makan..tunggui sampai mereka selesai makan, kemudian perhatikan piringnya..

sumber: sagabanget.wordpress.com

Pasti deh ada sisa makanan yang tidak dihabiskan. Entah itu nasi atau lauk-pauk. Jika ditanya, jawabannya yah…tipikal banget, kalau gak “aduh..udah kenyang nih..” atau “nanti kalau dihabisin sampai bersih dikira serakah lagi”.. Hmmm…kenapa begitu ya? Apakah mereka tidak menyesali terbuangnya makanan sisa yang menjadi sia-sia tersebut

Si Unyil

Ane gak habis pikir sama kebiasaan tersebut.. Pernah sewaktu ane kecil ane menonton film Si Unyil, dalam salah satu episodenya terdapat adegan seorang anak ngambek ke ibunya karena sang ibu tidak menuruti permintaan si anak yang minta makanan yang mahal. Sebagai perwujudan rasa ngambeknya, si anak memuntahkan nasi yang lauk-pauk yang disuapkan oleh ibunya. Sang ibu hanya tertunduk sedih melihat tingkah anaknya..

Namun kemudian sang anak bermimpi dalam tidurnya..Nasi-nasi yang tadi ia muntahkan menarik-narik bajunya lalu berkata dengan sedih…

“Lihatlah kami…para petani dengan susah payah menanam kami, memanen kami..Lalu ibumu memasak kami dengan penuh kasih sayang..Tapi lihat apa yang engkau perbuat..Kau muntahkan kami..sekarang kau lihat nasib kami, kami menjadi benda tak berguna..” demikian ucap butir-butir nasi tersebut sambil tersedu-sedu.

Sontak sang anak terbangun lalu menangis sedih…kemudian ia dengan tergesa mencari ibunya yang sedang menanak nasi di dapur. “Ibu, maafkan aku, aku tak akan lagi membuang makanan..” demikian ujarnya sambil terisak-isak.

Adegan singkat di atas selalu ane ingat hingga kini. Dan setiap kali ane mengambil makanan, ane akan ukur..apakah ane mampu menghabiskannya atau tidak. Jika tidak, maka ane akan ambil secukupnya sesuai porsi ane. Kalaupun tidak habis, ane akan minta untuk membungkus makanan yang sudah ane pesan tersebut.

Yang masih membuat ane sedih..orang-orang yang menyisakan makanan itu kerap menyisakan makanan di piringnya seolah makanan di muka bumi ini berlimpah ruah, padahal kalau kita mau melihat ke sekeliling, ada banyak sekali orang yang jangankan makan 3x sehari..bisa memakan sisa makanan orang lain saja sudah untung.

banyak orang kelaparan, dan ente membuang makanan?

 


Aksi

Information

38 responses

10 02 2011
az147r

kalau kedaerah pedalaman,trkdg malah dianjurkan menyisakan makanan,walaupun agak korang sopan.karna dulux byk orang menaruh racun dmakanan,ini fakta n hny ada didaerah tertentu (yg jelas waktu saya masih kecil)

10 02 2011
Rancho

hahay.. ane juga nonton pas episode itu bro.. yg butir nasinya bisa hidup kan..
seru tuh, jamannya TVRI.
dari kecil ane di-didik oleh orangtua ” kalo makan harus habis ” .
dan kebiasaan itu dibawa sampe sekarang.. hihihi

10 02 2011
#99 bro

pantesan badan ama perut melar.. tak tersisa bro..

10 02 2011
bennythegreat

:mrgreen:

10 02 2011
arie sesat

makanan di rumah ane selalu habis gara2 ada ane..arie sesat sang “tong sampah”..
kalo nggak diabisin nyokap bakal ngambek dan nggak mau masak lagi soalnya

10 02 2011
bennythegreat

he he..tong sampah….ane juga sering dapat gelar itu bro.. sayang kalo liat makanan gak habis..:mrgreen:

10 02 2011
Mr_Long'S

senasib Om,
dikatain istri mulut tong sampah karena selalu ngabisin makanan sisa dia😥

10 02 2011
A Seen

tersesat diperuatnya ari sesat

10 02 2011
becha

setujuh sama si mbah
ogut juga dibiasakan selalu ngabisin makanan yang ada di piring
kalo takut ndak abis, ya di kira2 pas ambil supaya jangan berlebih dan akhirnya tersisa

lebih baik ambil sedikit dulu, kalo kurang baru tambah

10 02 2011
Maskur

selama ini aku sih selalu berusaha bekas piring makanku bersih dai sisa makanan.
kalo sampai tidak menghabiskan biasanya karena perut sudah tidak mentolerir karena kondisi tidak sehat.

10 02 2011
Baridin

msh inget tuh episode..krn ntu sy takut klo mkn bersisa waktu kecil

10 02 2011
zaqlutv

aye jadi inget temen kul aye namanya faisal, gedenya 11-12 lagh ama om ben.. dia keturunan arab..:mrgreen:
prinsip makan jangan ada sisa juga dia terapkan.. dia bilang, mumpung masih bisa makan.. kalo biasa makan ada sisanya nanti kalo udah ga bisa makan, liat makanan sisa bakalan nangis sendiri, kapoookk…

10 02 2011
Triyanto Banyumasan

kadang aku ga habis, tp diusahain habis selalu

10 02 2011
Basho

Prinsip saya : mendingan kekenyangan daripada buang2makanan. Mendingan makruh daripada mubazir. Ini berlaku kalo kita makan di luar rumah macam restoran dan sebagainya yang kita ngga bisa nentuin sendiri porsinya. Kalo makan di rumah atau prasmanan, tentunya kita bisa nakar sendiri.
Makanan itu rizki. Percaya atau ngga, orang yang punya kebiasaan ngga ngabisin makanan umumnya hidupnya banyak dilanda masalah. Dari mulai masalah finansial,sampai masalah hidup lainnya. Ini berdasarkan pengamatan saya bertahun2 terhadap orang2 di sekitar saya. Jadi, habiskanlah makanan anda sampai ke butir nasi terakhir,karena siapa tau di butir nasi terakhir tadi, terdapat rizki yang disediakan Tuhan untuk anda.
Nice article bro Ben🙂

10 02 2011
Gendown

Setuju sama Om Ben & Basho. Ane kalo makan diusahain habis sampai bersih, ini karena sewaktu ane kecil diceritain sama almarhum Om ane, ceritanya mirip sama ulasan Om Ben. Bahkan ane sering ngingetin 2 anak Om ane tsb kalau makan harus sampai habis. Ane malah jadi kangen sama Om ane T_T

10 02 2011
10 02 2011
adicuzzy coolrider fixer

like this om.,
saya kurus2 begini tapi kalo makan jarang saya sisain om, keinget pesan guru TPA saya dulu..🙂
tapi kok ya kebangeten badanku dr dulu kurus terus, gak ngisi2..xixixi..

11 02 2011
Mr_Long'S

cacingan kali mas bro:mrgreen:

10 02 2011
aWi

Saya sering jadi Tim Pembersih, Ben. Gara-gara anak-anak dan istri kadang gak habis makanannya. Jadinya, badan saya melar nih …🙂

Tapi kalau Benny ke Thailand, Filipinna, atau China, kemudian dijamu .. jangan dihabiskan tuh makanan … ini ada link-nya
http://www.ayruzallein.co.cc/2010/09/hal-unik-yang-dilarang-di-luar-negeri.html

10 02 2011
wahyu

Sama om benny & bro basho.

Keberkahan itu ada diakhir…..

10 02 2011
Embuh Sapa

Alhamdulillah gue dah terbiasa dari kecil kalo makan selalu diabisin…..

10 02 2011
viP

biasanya jaim oom, kaya si oom bilang, kalo diabisin ntar dikira serakah😦

11 02 2011
ardhinugros

setuju.. lebih baik ambil porsi kecil lalu nambah secukupnya.. daripada sekaligus ambil porsi besar tapi bersisa..

11 02 2011
Mbah Dukun aka "Tom Cruise" Aka Mr Handsome

Ya belum tentu itu kebiasaan bro,

mereka yang menyisakan makanan bukan berarti mubazir, tapi mungkin memang porsinya kegedean ato kebanyakan makanya ga dihabiskan, mau di take away? Ya nggak realistis dong terutama dalam hal relevansinya. Kalo dipaksakan ya bisa aja yang makan kram perut atau malah ada masalah lainya,

Sama aja kayak motor, kapasitas makan orang beda2 ada yang S ada yg M ada yg L ato XXx L kyk juragan warung ini …. Kabooooor:mrgreen:

11 02 2011
jabul2

wah pas banget marenan abis dengerin ceramah pa ustad,, like this artikel lah…

11 02 2011
sabdho guparman

nggeeh mas Ben. . . .
lahir dari sepasang petani aku tahu betul gimana susahnya untuk menghasilkan beras. . . .
menghabiskan makanan yang di piring bisa disebut wujud syukur kita kepada Allah atas rejeki yang kita terima .

keep brotherhood,

salam,

11 02 2011
arif rakhman

What I Have Done by Linkin’ Park.

11 02 2011
el barto

saya kalau ke restoran sama keluarga sudah sejak married tidak pernah pesan makanan lagi.
karena istri sy biasanya selalu mesan makan berlebih, dia cuma lapar mata.
kadang cuma makan bertiga, sy, istri n anak dia bia mesan makanan hingga 5-6porsi.
padahal dia makannya sedikit, jadilah sy bagian reycle bin😀
kebiasaan selalu menghabiskan makanan sudah bawaan dari kecil, karena dulu bukan orang berada n keluarga ada banyak, makanan itu berharga sekali malah kadang gak kebagian jatah
kalau istri memang backgroundnya keluarga berkecukupoan, jadi gak terlalu menghargai susahnya cari makan.

11 02 2011
gogo

wejangan yg bagus, menyadarkan ane utk mengukur porsi makanan ane.. bs dihabiskan atau tidak..

11 02 2011
blognyamitra

Bang Ben, ada lebih bebek bakar nih, mau ???😀

11 02 2011
sobek2

Cewek soalnya suka jaim,..
Gengsi dll…
Jadi habiskan makanan ato ente bakal sejenis sama yg namyanya species cewek tssb.. Bwuahahaha

11 02 2011
bebektengil

jangan2 oom ben ini kalau makan bebek goreng tulangnya dimakan juga….kan gak boleh bersisa ya oom? hehehe🙂

11 02 2011
cotto

Izin share ya bro…

12 02 2011
bennythegreat

Monggo…

16 03 2012
irfan khoirudin

silahkan

12 02 2011
nlavia86

lumayan – sisanya bisa bwt makan bawal di kolam

13 02 2011
aditninjamaniac

wah kalo aku pasti habis kalo makan..selain karena ajaran agama pun seperti itu, ingatlah juga petani yg kerja banting tulang untuk menanam-memanen padi..sedangkan kita hanya dapat enaknya aja..

kalo takut ga abis, berenti makan sebelum kenyang..

20 02 2011
Si unyil (1981) - Movie

Si unyil (1981) – Movie…

Si unyil is a Family TV Serie of 1981 made in Indonesia. Director: Endang Mindaryati, Agust Suprapto…

Tinggalkan Balasan

