Brand Image..Sebab Utama Bajaj Sukses di Indonesia

11 02 2011

Tahun 2006 sewaktu Bajaj menluncurkan Pulsar 180, banyak orang jatuh hati. Dan seperti Mas Triatmono bilang bahwa faktor internal konsumen yang mampu membuatnya memutuskan untuk membeli salah satunya adalah brand image sebuah produk.

Selang 5 tahun kemudian, barangkali curiousity sudah memudar, namun brand image Bajaj masih terus berkibar.. Well, thanks to Mas Apong Arfiansyah yang disinyalir menjadi “dalang” dibalik suksesnya pencitraan Bajaj ini. Meskipun mantan Brand Manager Bajaj Auto Indonesia ini sekarang sudah berpindah ke lain ATPM dan membuka bisnis bebek seperti yang ane pernah tulis di sini, namun saat-saat berat sudah ia lewati.

 

numpang narsis ah..

Masih teringat jelas di masa itu ketika mendengar bahwa Bajaj membuat motor sport..walaaah..bukan main cibiran orang..apalagi ketika ditanya: “bro ini motor apa?” Dan ketika mendengar merk motornya..mereka biasanya akan terbengong sesaat lalu tertawa terpingkal-pingkal. Kalaupun ada yang mendukung dan salut, biasanya bayangan mereka tak jauh dari pikiran “Bajaj 3 roda 2 tak saja sejak tahun 70-an masih awet..pasti motor Bajaj ini juga awet” Begitu barangkali ya.. Apalagi para pencontek dan peniru motor di Cina sana sudah membuat motor jangkrik bernama “Gulsar” yang mirip sekali dengan Pulsar 180..hmmm..

Saat ini dengan angka penjualan yang semakin meroket, terlebih setelah meluncurkan Pulsar 135, masyarakat dan bike enthusiast pada khususnya sudah tidak peduli lagi dengan image Bajaj berasap tebal dan bau itu. Mereka akan lebih aware bahwa Bajaj benar-benar fokus pada motor sport dan sama sekali tidak membuat motor bebek atau matic.

Ditambah lagi berkat kehadiran klub dan komunitas Bajaj yang menurut ane adalah sebuah evolusi dan breakthrough dari klub dan komunitas motor yang ada. Seolah tak mau kalah dengan kesan motor “smart” yang diusung Bajaj, mereka dengan semangat positif turut menjadikan safety riding sebagai bagian dari value klub dan komunitas Pulsar.

 

komunitas Bajaj Pulsar, turut menyebarkan nilai positif

Jika ingat Bajaj, rata-rata mereka akan teringat iklan Bajaj yang sebenarnya lebay, tapi dapat cepat nyantol di kepala. Internet memegang peranan dalam pembentukan image ini. Berkat Youtube, Otoblogger dan konco-konconya, setiap kali keyword Bajaj dicari, yang muncul adalah review media luar negeri berbahasa asing. Tentunya ini semakin menguatkan citra Bajaj sebagai produk global, seperti Kawasaki Ninja.

Satu hal yang berpotensi melemahkan Bajaj adalah image aftersales service yang hingga kini masih membuat orang ragu untuk meminang motor sport ini. Pastinya perlu waktu untuk meyakinkan para pemotor Indonesia yang tengah dilanda “duck fever” ini untuk mengubah mindset mereka tentang sebuah motor..

Yah…Only Time Will Tell deegh..


Aksi

Information

35 responses

11 02 2011
tiyo 2010

pertamaxxx

11 02 2011
Maskur

heran juga kenapa sepertinya di jalan makin banyak, tapi kok delaer di Purwokerto malah tutup

15 02 2011
mamad

bukan tutup, tapi pindah di jalan DI Panjaitan

11 02 2011
az147r

3s nya dikit bgt,nga niatan amat nih bajaj kayak tvs.nitip bos
http://az147r.wordpress.com/2011/02/11/lexam-oh-lexam/

11 02 2011
j4na

ketigaxxx
sebabnya karena diduluin oleh bajaj roda tiga yang lalu lalang dijalanan… he he he..
peace….
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/02/10/motor-250cc-4-silindernya-yamaha/

11 02 2011
dani klenik

Lebih dongkol lagi saat keluar dari mini market ditanyain sama jukir..”mas,tigernya dimodif habis berapa neh,kok keren banget?”,sambil pasang ekspresi terkagum kagum..

11 02 2011
hampura

135 LS dimodif cukup monoschock…biking terkagum-kagum lagee…coba versi indonesia mah langsung bikin 135 monoschock…harga tetep …. maka jargon..”..masih perlu bebek..?” akan lebih menohok ….
ttdj

11 02 2011
jabul2

haha kalo di inget2 ane pertama2 kali dapet penjelasan bajaj tuh dari om Ben, di parkiran bekas gedung SCTV .. semangat 45 ngejabarin si bajaj…

11 02 2011
uikjoss

@Maskur: dealer bajaj di purwokerto ndak tutup kok broo, pindah tempat di selatan pasar wage, tepatnya perempatan pasar wage keselatan lewat satu perempatan lagi kanan jalan. Temen2 Bawor (Bajaj Owner Purwokerto) sering nongkrong disana. Pulsar motor kencang, irit dan tangguh…….

24 02 2012
Rohman amin

Trus mslah onderdil’a gmna bos…????

11 02 2011
aldi

itulah makanya ane beli Pulsar UG4!
harganya murah kualitasnya boleh diadu🙂 *shakehand

11 02 2011
segleng

hebat juga bajaj bisa ngejual begitu banyak padahal cuma dagang motor batangan yang MS-nya 8-10%

11 02 2011
arif rakhman

after sales itu termasuk pengetahuan salesnya gak ya? ato malah masuk pra-sales?

11 02 2011
kurniaprorider

Hanya bisa menanti dan bermimpi BK Duke 200cc.

11 02 2011
gogo

iya ya, dipurwokerto dealer bajaj pindah di tempat yg menurut ane kurang strategis.. kecil lagi, mungkin ini salah satu trik marketing..

11 02 2011
blognyamitra

Embel2 Bajaj kan tahun ini udah gak dipake lagi kan bang Ben ???

11 02 2011
11 02 2011
bennythegreat

monggo brooo..

11 02 2011
berita heboh

beritanya mantab nih

11 02 2011
bjubah hitam

jadi inget bajaj ane udah seminggu nggak dipanasin maklum udah 5 bulan ini di pensiunkan dulu ….

11 02 2011
adi

sepertinya yang membuat pulsar series sukses bukan BAI, tp karena solid para anggota club pulsar ; D

btw lihat berita di bwah ini miris juga ya,
http://hadiyanta.com/2011/01/24/curhat-dari-komentator-pemilik-pulsar/

11 02 2011
pakdeguh

bajaj produknya bagus tapi kurang 3 s nya sayang sekali, sungguh sayang, di jombang dealernya tutup dah 2 tahun bro, ane jadi susah servis aja harus ke surabaya menyesal gue beli bajaj

11 02 2011
kang_ulid

jangn lupa xcd 125, jga produk bajaj loh, jngn d anak tirikn, walopun d anak tirikn, bahkan oleh BAI sndiri, ane te2p bangga numpak xcd, n komunitasnya jga ad loh…

11 02 2011
Triyanto Banyumasan

bajaj bru di Jabodetabek yg bener2 eksis, mungkin nanti masuk AISi bisa nyaingin 3s Nipon… *ngarep yg 250

12 02 2011
ayah

klo ga salah,thun 70 an bajai ngeluarin motor scuter tuh……

12 02 2011
suhud

tidak menyesal beli bajaj, motor sport harga bebek, dan terbukti setangguh bajaj roda tiga hehehe… pake p135ls sejak juni 2010, belum ganti apapun dan bensin masih 550-600 km per 50 rebu perak…

12 02 2011
extraordinaryperson

india sih gak diragukan lagi

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

12 02 2011
pclogi

kalau mau lebih bagus ” service, service dan service nya diperbaiki ”

http://pclogi.wordpress.com/2011/02/12/menterjemahkan-bahasa-asing-tanpa-dipungut-bayaran/

13 02 2011
adicuzzy coolrider fixer

yang mengherankan kok harganya bisa murah ya dr pabrikan jepun, padahal cbu, kualitas juga tidak perlu dragukan lagi.,

13 02 2011
dream theatre Lover

gak permasalahkan Image…
Suka Image Of The World…

chekidot…. like this……. Take The Time…..

14 02 2011
Kodokz jambanz

Kok indonesia g pny merk motor sndiri y ?

14 02 2011
setia1heri

hehehe…apalagi indihe…orang terkesan dengan kumisnya tuan takur…xixixi…

27 03 2011
andriansyah

pernah punya pulsar 180 th 2008, sekarang pake Boxer 100cc th 2006 (importir Umum) tetap pede kesan antik dapet gak ada yang nyamain,di tanyaain orang mulu.spare part bisa pake motor jepang.uh ………..mantap gak perlu bengkel resmi,bajaj motor yang simple dan gak nyusain asal kita kreatif.

11 05 2011
tianz

gan klo bajaj P135 dipwte tu sampe brp ya ?
naksirr pulsar 125 gan. .masih ada ga ya ?

11 05 2011
tianz

oia lupa gan. .dealernya sebelah mana ya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: