Tukang Tambal Ban..(seharusnya) Bukan Organisasi Kriminal

16 02 2011

Apa sih yang istimewa dan bisa diamati dari sebuah kios atau petak tambal ban? Hanya satu atau beberapa orang dan peralatan khas tambal ban seperti kompresor udara, selang udara, peralatan tambal ban sampai perkakas ada di sana, namun bukan itu yang hendak ane bahas, melainkan strategi marketing dan market creation yang kerap digunakan oleh juragan-juragan angin ini.

Sudah rahasia umum jika beberapa oknum tukang tambal ban berhasil menciptakan demand dengan cara-cara yang licik seperti menebar paku di jalan, ini akan menyebabkan korban harus mampir ke si tukang tambal ban dan membayarkan sejumlah uang atas jasanya. Dan korbannya tak hanya satu-dua orang. Dengan adanya pergerakan yang terorganisir, para oknum tambal ban ini juga bekerja sama dengan oknum tambal ban lainnya demi mendapatkan korban.

Ban-ban yang terkena paku pun hanya ditambal seadanya dan bukan tidak mungkin akan bocor lagi segera..yaah..ini jelas namanya strategi “low budget high impact”. Dengan modal kecil..hanya paku dan rangka paying bekas, serta alat tambal seadanya, puluhan ban berhasil digarap dalam semalam.

Bahkan, seorang kawan ane pernah jadi korban kenakalan tukang tambal ban. Pastinya ente tahu dong bahwa tukang tambal ban menggunakan baskom berisi air yang biasanya keruh untuk mendeteksi kebocoran. Nah pada kasus ban motor kawan ane yang bolong akibat paku ini, rupanya di dasar baskom sudah menanti paku-paku tajam yang berguna untuk menambah jumlah lubang pada ban..sehingga ban tubeless yang tadinya hanya berlubang satu setelah direndam baskom…Lhaaa..kok lubang bocornya jadi dua..Kawan ane yang curiga tanpa basa-basi segera menarik baskom, menumpahkan airnya dan langsung menemukan puluhan paku berhamburan dari baskom. Hmm..kawan ane yang marinir ini tidak terima dan langsung “melakukan tindakan” pada oknum tambal ban nakal ini.

Memang cerdik sekali strategi marketing dan market creation ini..dengan menebar paku di jalan pada saat malam hari, maka korban alias konsumen akan datang dengan sendirinya.

Di sisi lain ane tetap menaruh hormat pada tukang tambal ban yang benar-benar jujur. Tentunya tidak semua tukang tambal ban adalah oknum nakal yang melakukan market creation dan mendatangkan konsumen dengan situasi yang mereka kondisikan dengan licik. Masih banyak tukang tambal ban yang memang ahli dalam menambal ban dan memperbaiki pentil sehingga ban tidak tampak seperti habis bocor..!!

Nah..apakah tingkah polah beberapa ATPM mirip seperti oknum tambal ban yang nakal ini? Silakan dipikirken sendiri.

Posted from WordPress for Android


Aksi

Information

40 responses

16 02 2011
Spies

Maksudnya ada alamat Indika Energy apa mas Ben?

16 02 2011
bennythegreat

Walaaah..mau ngetik ke alamat itu kok malah di paste ke artikel..

*tepuk jidat*

16 02 2011
Cicakmerah

haaaaah? terorganisasi tow… gile

nebeng promosi blog ane ya.. blog seputar PCX http://cicakmerah7.wordpress.com/

17 02 2011
uikjoss

waduh gitu ya ternyata……?

17 02 2011
Mbah Dukun aka "Tom Cruise" Aka Mr Handsome

Biasanya ditempat2 tertentu emang oknum, tp banyak juga yang jujur sih bro🙂

17 02 2011
yudibatang

pengalaman pada ban matik saya, ada juga oknum tambal ban yang sengaja menusukkan paku kebagian dalam ban luar, yang membuat ban setelah ditambal dalam beberapa hari sudah bocor lagi (seminggu sampe bocor 3x). setelah pindah ketukang tambal yang lain (yang jujur) ditemukan paku kecil yang sengaja ditusukan. Waspadalah…

http://yudibatang.wordpress.com/2011/02/17/plat-nopol-depan-sepeda-motor-perlukah-atau-dihilangkan-saja/

11 08 2011
wiryo

emang kuat menusukan paku kecil di ban luar bagian dalam kalau g pake alat bantu extra? coba mas tusukan paku pake tangan mas di ban luar, dijamin melocot tangan mas. hehe..

11 08 2011
bennythegreat

Saya sih gak kuat..barangkali yang lain ada yang lebih kuat

17 08 2011
wiryo

guines world record menanti. latihan aja mas. lumayan lho bisa terkenal, masuk tv. awas lho jadi fitnah yang katanya fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan.

17 02 2011
moy17

bner gan itu ulah orang2 yng tak beriman saja, xixixi kirain artikel rossi tambal ban:mrgreen:
Jemuran baru gan http://moy17.wordpress.com/2011/02/14/gilaa-smash-tercepat-di-dunia-332-kpj/

17 02 2011
Maskur

mmmmmmmmmmm
ahamdulilah belum pernah berhadapan engan oknum seperti itu

17 02 2011
moko

waspadalah.. waspadalah.. kadang disobek dopnya pas nglepas ban dalem biar harus ganti ban.
eh itu bener ban tubeless dimasukin baskom bro? tube type kali mestinya.. kalo tubeless biasanya pake air sabun kan..

11 08 2011
wiryo

emang kuat ya menyobek dop tanpa mesin khusus (penarik) ? berarti hebat juga tuh tukang tambal ban, berarti tukang tambal ban itu bisa angkat motor hanya dengan 2 jari ( jempol dan jari manis). guines world record menanti.

17 02 2011
ling - ling

haish… susah-susah kuliah di ITB tapi kelakuannya seperti itu yah…

http://rinaldimunir.wordpress.com/2008/03/14/institut-tambal-ban/

17 02 2011
raiderobie

rumah saya tambal ban… aman.. gak pake gitu2 an.. hehe.. apesnya klo yang masang paku siapa dan yang dituduh siapa.. kan angin di ban habis jaraknya nggak tentu

11 08 2011
wiryo

iya mas, banyak2 berdoa aj.nyata emang nyata kejadian seperti itu, soalnya tetangga saya pernah melihat orang iseng yang maen sebar, dan bukan dari oknum tambal ban, gak hanya sekali kejadian seperti itu.

17 02 2011
Skips

Wah eman2 yah klo ban nya Bridgestone Battlax/Pirelli kena pku jalanan, yg pasti dongkol banget. Huh..

17 02 2011
asmarantaka

haish2….jan kelakuannya sebejat orang yg tiru2 aku…tak dongakke kempes kantung menyanmu…..haish2….tolong diperiksa itu wahai juragan Benny

17 02 2011
nick69

haish2..
Ada klonengan ya?👿

17 02 2011
ling - ling

haish2…. eike ini penggemar gelap om lingga loh…. eike bersedia jadi koleksi celengan om lingga:mrgreen:

kantung menyan eike juga sudah kampez sih om…😆

foto eike om… plis dipertimbangkan untuk dikoleksi digaleri asiannya om lingga

eike yang baju hijau om:mrgreen:

17 02 2011
asmarantaka

haish2…ambu2ne BJL iki:mrgreen:

17 02 2011
VR46

dudu gan, nih foto profilnya tuh MAHO
http://www.facebook.com/habibie.nw

17 02 2011
17 02 2011
kodokijo

pas banget nih artikel ama kejadian tadi pagi nemuin paku bengkok 8 cm di jalan, dan seperti biasa aye pungut dah tuh paku and buang jauh2. makin banyak aje yg main tebar paku, karena makin sering aye nemuin paku di jalan, dan terkesan emang disengaja, soalnya gak berapa jauh dari situ ada tukang tambel ban yg tentunya udah siap menunggu pelanggan, eh… mangsanya😀

17 02 2011
pak'e alyx

Betul, memang ada beberapa oknum tukang tambal ban yang nakal. Saya pernah ban blk bocor kena paku. Sama si tukang tambal (mangkal di depan gereja sebelah utara kantor walikota solo), paku yg nancep nggak diambil dulu. Begitu ban luar lepas dari velg, ban dalam langsung ditarik sehingga ban dalam sobek berpuluh-puluh cm. Ditambal jelas gak bisa, mau gak mau harus beli ban dalam ke dia…😦

17 02 2011
kodokijo

kalo cuman ban doang yg kempes ato robek sekalipun masih mending ketimbang temen sekantor aye yg hrs istirahat sebulan lbh di rumah plus ngeluarin biaya yg gak dikit utk berobat, gara2nya ya itu tadi kena ranjau paku yg sengaja ditebarin di jalan, ban motornya langsung bablas angine dan temen aye nyungsep ke depan, tempurung lututnya bergeser ke samping. kebayang gak sih tuh sakitnya kyk gimana??? bener2 biadab tuh yg nebar paku!!!

11 08 2011
wiryo

iya sih mas, btw kalau yang nebar adalah Tuhan gmn?

17 02 2011
kang_ulid

spakaaattt!!!
tak semua tambal ban adalah mafia…!!

17 02 2011
Mr_Long'S

SI Lay👿

17 02 2011
firza

Ada lagi om..
ane minggu lalu nemu patahan gergaji besi yg dibengkokin di daerah kranji-alexindo

18 02 2011
bejo

ngalamin gembos ganti ban dalem merk’ juki’ harga sama ma irc(kemasanya hampir sama)….kasusnya over prise kali yak..lokasi prapatan kuningan sebelum pasar mampang kalau dari kuningan.

18 02 2011
dwi

Begini aja mas Ben … buat para mafia pinggir jalan :’pangeran mboten sare’

19 02 2011
pclogi

pernah ngalamin yang kayak gini, apesnya lagi main keluar kota dan kenanya jam 12 maleman.

http://pclogi.wordpress.com/2011/02/19/intip-ym-teman-yang-sedang-invisible/

31 03 2011
Ini Dia, Informasi Seputar Pembocoran Otomotif « bennythegreat.wordpress.com

[…] tidak semua tukang tambal ban jahat, seperti di artikel ane sebelumnya. Pak Ujang ane nilai termasuk orang yang supel dan apa adanya, hanya saja sangat disayangkan, […]

31 03 2011
7 08 2011
wiryo

jadi TTB itu ladang pahala, selain menolong dapat duit juga dapat tuduhan yang aneh2. hehe.

7 08 2011
wiryo

moko: waspadalah.. waspadalah.. kadang disobek dopnya pas nglepas ban dalem biar harus ganti ban.<>
eh itu bener ban tubeless dimasukin baskom bro? tube type kali mestinya.. kalo tubeless biasanya pake air sabun kan..
willy : ya sebaiknya TTB itu dilarang di bumi indonesia.
yudibatang: pengalaman pada ban matik saya, ada juga oknum tambal ban yang sengaja menusukkan paku kebagian dalam ban luar, yang membuat ban setelah ditambal dalam beberapa hari sudah bocor lagi (seminggu sampe bocor 3x). setelah pindah ketukang tambal yang lain (yang jujur) ditemukan paku kecil yang sengaja ditusukan. Waspadalah… <>

7 08 2011
wiryo

ketikan dalam tanda <> g muncul

8 03 2013
OCEANIA

Kejadian yang barusan ane lalui kemarin adalah, setelah ane nyuci motor ditmpt penyucian motor lalu pulang kermh dan sesampai dirmh ane melihat ada paku tertusuk pada sisi samping ban, maksud hati ane bawa ke TTB minta tolong dicabut (dr pd ane cabut dirmh malah kembes, +brabe), jika angin tidak keluar brati paku tidak tembus kedalam (tidak bocor) dan jika angin keluar ane mau pastiin bahwa bocor dan harus ditambal..

Setelah paku dicabut oleh TTB, ane ga dikasih kesempatan buat cek anginnya keluar dgn menggunakan jari ane, langsung tanpa basa basi ban tubeless ane di tusuk dengan obeng plat..
Wah sakit hati ane, pecah sudah perawan ban ane.. Rencana ane tidak berjalan mulus akibat oknum TTB yang mencari keuntungan..

*Keterangan paku yang menembus ban ane sangat halus, panjangnya -+ 2cm dan bengkok kesamping, ane yakin seyakin2nya tidak tembus kedalam..

Ane sih berharap oknum TTB itu jika dia jujur dalam bekerja, semoga dia jadi pemimpin bangsa, jika dia tidak jujur, ane berharap semoga dia tidak kena azab🙂

14 08 2013
wicaksa

warningggg warningggg :

Kalau lagi nambalin ban, waktu si tukang ban buka ban hrs dideketi n di lihatin seksama.

Jangan di tinggal main Hp atau telepon apalagi ngenet….

bahaya dia bisa merobek dop….

waspada waspada waspadalah…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: