Menahan Godaan Motor Baru dengan Menabung

25 02 2011

Nagh…hari Jumat biasanya para seleblogger pada membahas urusan hati dan rohani, ini kebiasaan positif yang layak dicontoh. Kali ini ane mau membahas hal tersebut pula, meskipun sedikit berbau duniawi, namun tetap..Cara seseorang mengatur keuangannya mencerminkan komitmen dan motivasinya.

Adanya godaan eksternal pada umumnya lebih banyak berupa keinginan dan bukanlah suatu kebutuhan..Contohnya, adanya motor baru yang begitu semok, sexy dan menggoda. Nah…di sini keimanan dan keteguhan kita diuji. Biasanya ketika orang kesusu ada saja dorongannya..Entah itu ingin tampil beda, butuh pengakuan dari sesamanya.. Nahh..kelihatan khan bahwa sebenarnya ketika godaan eksternal itu datang, rupanya penyebab internal lah yang paling kuat mempengaruhi seseorang. adanya materi seperti misalnya motor baru yang terbit hanyalah pemicu sifat dasar manusia untuk kemudian mendorongnya mengeluarkan uang demi keinginannya itu.

motor sexy..godaan dab..!

Jadi bagaimana dong..? Yang pertama adalah keteguhan hati untuk menabung. Menabung adalah salah satu langkah awal dari investasi. Jika tabungan kita sudah cukup besar..katakanlah ada 10 juta saja..bisa tuh di-“ternak”-kan di reksadana, saham dan perangkat-perangkat investasi lainnya. Idealnya setelah berinvestasi atau membuka usaha, profitnya barulah digunakan untuk memuaskan keinginan..

Misalnya saja..Si Badu yang bergaji 2 juta per bulan dengan rajin menabung di bank dengan strategi auto debit..Jadi si bank akan otomatis memotong gaji di rekeningnya sebesar 500 ribu setiap tanggal 1 setiap bulan..karena si Badu gajian tanggal 1..! Akibatnya si Badu kadang lupa bahwa ia sebenarnya menabung secara rutin. Bahkan ketika ia sakit ternyata tabungan rencananya itu memiliki fitur asuransi, sehingga biaya rumah sakitnya tercover oleh asuransi..!

menabung sejak kecil..

Jadi menguntungkan bukan..?

Menabung dan berinvestasi itu menyenangkan asalkan keteguhan hati dapat terjaga..Lalu apakah kita tidak dianjurkan kredit? Well..kredit tertentu untuk kebutuhan juga tidak masalah, misalkan untuk KPR rumah tinggal yang sangat penting. Namun..mencicil kredit untuk barang pemenuhan keinginan, misalnya sepeda motor bunganya lumayan besar. Bunga yang besar tersebut sebenarnya adalah “hukuman” atas kemalasan seseorang untuk menabung dan memelihara keteguhan hatinya.


Aksi

Information

47 responses

25 02 2011
terong amnesia

pret…

26 02 2011
cah cilik melu meli

artikel ginian muncul bareng loncingnya cbr..
bau2 sangit neh..

25 02 2011
asmarantaka

kalo kepengen tinggal pinjem aja..xixixiixix:mrgreen:
motor jaman sekarang kayak HP…cpet banget muncul yg baru:mrgreen:

25 02 2011
terong amnesia

hiks… tiap bulan balance terus…😦

25 02 2011
kang_ulid

empat

25 02 2011
kang_ulid

boleh boleh… ane coba dulu ya!!!

numpang nyales!
http://jheren.wordpress.com/2011/02/25/tiga-hal-dalam-hidup-yang-tidak-bisa-kembali-lagi/
*mohon saran, ane newbie

25 02 2011
Maskur

like this lah
**pengin ternak bebek**

25 02 2011
arinugroho84

Kalo mampu sih beli aja,ribuan keinginan yg kt punya,cicil 1 per 1.
tp jgn memaksakan diri kl pas2an,sesuai saran bung benny

25 02 2011
Angga

Terima kasih om ben sarannya. Hampir aja saya mau beralih dari nunggu indenan byson yang tak kunjung merapat, ke CBR 250R yang baru brojol, dengan jumlah cicilan yg sama tapi tenor maksimum. Setelah baca artikelnya om ben, jadi pikir2 lagi…. kalo diturutin, gw kapan kawinnya ya? hehehehe…

25 02 2011
lekdjie

um ben,reksadana tu apaan?

25 02 2011
Ekodeby

Bener banget om ben🙂

25 02 2011
Sandi Rizky

Makasih Mas Benny atas saran dan nasehatnya………

25 02 2011
Triyanto Banyumasan

top banget om Ben…. Apik apik apik *Pak Bambang mode

25 02 2011
tigerpiceks

Betul om benny… ga perlu lah tergoda CBR 250…

duitnya ditabung aza dulu….

kecuali… suzuki.. GW250… siap2 mbonggkkarrr cheeelenggann… *puyeng dot com

25 02 2011
Bedunduk

Keteguhan hati, perlu perjuangan melawan kontra dalam diri

25 02 2011
gogo

bener banget… utamakan kebutuhan dari pada keinginan

25 02 2011
Bonsai Biker

jaman tiger dulu aku tergoda om, ngridit, tapi beditu sekarng harga jualnya juatuh banget, mak meding nabung, ogah siki ngredit, kalau bisa untuk pertama dan terakhir, mending nabung gan setuju, mau rondo pedati monster kinyis2 ra kegoh,
tapi lek rondo ninjamu aku gelem, kikikiki

25 02 2011
blackvixy

bener2 betul om ben

25 02 2011
25 02 2011
azizyhoree

40jt nggo gawe pondasi bengkel kan lumayan kang ben dari pada ga ada perputaran duit / investasi :mrgreen:

oiya kalo pilih2 sistem deposit, pastikan yang halal , agar jelas penggunaan nya 😀

udah lihat ternak disini belum kang? ➡ http://azizyhoree.wordpress.com/2011/02/24/sekuel-2-penampakan-aneh-di-cibubur-saat-acara-hut-koboi-ke-2/ :mrgreen:

25 02 2011
ardhinugros

jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang😀

25 02 2011
#99 bro

wah ini ..setuju ah.. tahan godo
http://rosso99.wordpress.com/

25 02 2011
snalpot99

like this
melanjutkan pembicaraan di fb kemarin.. Bener kata njenengan dr pada kredit yg panjang dan menyakitkan mending nabung😀

tp gmn pendapat sampeyan jika di kasih fasilitas kredit tanpa bunga xixixi

25 02 2011
sobek2

saya menyukai ini kisanak,…
Inspiring:mrgreen: mari kita budayakan menabung

25 02 2011
Kodokz jambanz

Iya bunga kan haram. Tp mw bagaimana lg?

4 04 2011
boank

Kan ada bank Syariah…. nabunga aja disitu yang kaga ada bunganya… tapi kita dapet keuntungan dengan system bagi hasil…. lanjutkan……..

25 02 2011
kang_ulid

kita harus realistis…
ni ane kasih yg realistis…

numpang nyales!
http://jheren.wordpress.com/2011/02/25/antara-aku-amp-cbr250/
*mohon saran, ane newbie

25 02 2011
Speedy

Klo saya asal ada duit pas kepengen ya beli, drpd gak sempet ngrasain, tp wong saya lbh sering gak punya duit. (Kebutuhan masih banyak) xi.. xi.. xi

25 02 2011
martini

wadow..pake nabung jugak ya? mending utang buat usaha…soalnya 2bulan belakangan ini nilai inflasi ama bunga bank gedean inflasinya…hehehhee…hasil usah buat nutup bunga + bayar pokoknya……….
dibank juga aneh kalo warga keturunan plafon bisa cair 1 em…giliran anak negri cuma 10%nya…itupun dengan bunga berbeda!!!……..

25 02 2011
bennythegreat

hmmm..info baru nih bro..bank mana tuh?

25 02 2011
blade_us

setuujuuu….
kebetulan sekeluarga alergi ma kredit, nabung dulu baru beli:mrgreen:

http://bladeus.wordpress.com/2011/02/25/resmi-harga-cbr-250r-non-abs-rp-39-900-000-otr-jakarta/

25 02 2011
segleng

kita beli barang yang sebetulnya tidak kita butuhkan dengan uang yang sebenarnya kita tidak punya untuk membuat kagum orang yang tidak kita sukai,,../PATHETIC…

25 02 2011
Iksa

Srtuju Om Benny …. ayo menabung … kalo gak nabung kapan pensiunnya?

25 02 2011
dwi

Kapan pingin kapan butuh …
Ojok cuman ‘nggugu mangsa’ ..

25 02 2011
willykk

ayou2 dibeli2 new CBR nyah..moempoeng masih baroe!! dija’min poeass lahir dan ba’thin pake Kridit hari ini langsoeng nyampe roemah.. kalou Kesh Nyampeknya Taoen Depann😆😳

25 02 2011
anddeep

like this,ngak usah lah kita egois mikirin kringinan kita sendiri,sedangkan anak kita masih butuh susu,kecuali memang keuangan kita mendukung tentu lain halnya

25 02 2011
aditninjamaniac

setuju..kalo kita pengen sesuatu, ya realistis dulu aja..skrg ga mampu, tapi kan suatu saat kita pasti mampu…asal kita mau nabung. apalagi bagi yg udah punya penghasilan, nabung barang sedikit juga pengaruhnya besar, terutama buat masa depan anak nantinya..😀

nitip om ben
http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/25/mengenang-masa-lalu-dengan-si-ijo-part-3-2/

26 02 2011
Mahardika

Ini artikel terbagus di akhir Februari ini.
Kalo aku tau rumah Om Ben, sudah pasti kukirimi Nasi Tangkar panas!!!

26 02 2011
Mahardika

Dahsyyyattnya!!!
Jadi takut kena hukuman bunga kredit, padahal kemarin siang baru ambil brosur, itung2an kredit D-Tracker.

Apik..apikk..apikkk..
*dikbambang*

26 02 2011
punk locust

artikel paling bagus yg penah dibuat om ben… two thumbs up..

1 03 2011
joysbilillah

Artikel muantabz bro….tadinya aku mau nhgambil ninin 250 lagi… (taon kmaren ninin 250 ku dijokul)…,stelah baca artikel ini jd mikir dulu nich….mending aku pending dulu.lbh baik aku investasikan azza ya Boss…

15 03 2011
Kredit CBR 250R, Bisa Dapat Pulsar 220..? « bennythegreat.wordpress.com

[…] Menahan Godaan Motor Baru dengan Menabung […]

15 03 2011
willy

pada pelit nih kyknya.. beli motor yg keren donk masa gitu2 ajah. kapan lagi naek motor keren & kenceng😆😳

4 04 2011
boank

ogah ah kalau nyengsarain keluarga dan Anak…. mendingan beli Rumah… yang harga jual tiap tahunnya naik… kaga kayak motor … harganya pasti jatoh… kecuali motor yang murah dan kagak murahan ya… yang pas harganya kayak Bajaj Pulsar… hahahahhaha

15 03 2011
Komparasi gila!!! Pilih mana Honda CBR 250 ato Honda Civic Genio ’92??? « joetrizilo

[…] Genio ato Honda CBR250R? jawabannya Honda Genio walaupun harus mengikuti saran Mas Benny…. sabar menabung…. Tanya kenapa??? karena saya lebih mementingkan kebahagiaan keluarga dibanding keegoisan […]

30 05 2011
ocecoco

@segleng
mantep bener kata2nya,
padat – berisi – mengena… 🙂

15 07 2011
eantrick

salam kenal mas bro
sebentar lagi muncul yang lebih baru lagi mas bro. CBR 250 jadi kaya FU disamping NINJA 250 (ane ngalamin yang ini), kecil n ngempes kaya ban bocor🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: