Kaget juga liat bocoran brosur iklan Pulsar 220.. Di halaman pertama, mata ane bukan tertuju ke motor, tapi ke kata “kencang”..ckckck..
Kenapa sih Bajaj harus memakai kata “kencang” dan mengidentikkan Pulsar dengan “kencang”. Apakah motor yang bisa melaju kencang itu selalu disukai oleh konsumen? Menurut ane kata “kencang” lebih tepat disematkan kepada Cagiva Mito, Aprilia RS 125/250 dan motor-motor 2-tak lainnya. Nah..ini Bajaj Pulsar 220 yang menyandang mesin single cylinder SOHC kok ya bisa-bisanya memakai kata “BUAT YANG SUKA KENCANG” sebagai tagline iklan brosurnya.
Padahal lihat deh..dalam brosurnya Bajaj sudah menyertakan perbandingan power dan torsi antara Bajaj Pulsar dengan motor-motor lain seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio..hingga Byson dan Vixion..apakah kurang menunjukkan keperkasaan “The Fastest Indian” ini?

Safety Riding Course Pulsarian
Apakah BAI menutup mata terhadap kegiatan Safety Riding Course yang rutin digelar oleh Komunitas Pulsarian Indonesia? Apakah BAI lupa bahwa safety riding menjadi value yang diutamakan oleh berbagai klub dan komunitas Bajaj Pulsar di seluruh Indonesia? Harusnya tidak dong.. Look what we have done to your brand image…!! Kami mengidentikkan Pulsar dengan budaya road safety dan motor unik. Apakah itu kurang dirasa elegan dan terhormat bagi BAI..?
So, sebagai mantan pemilik 2 unit Pulsar 180 dan 1 unit Pulsar 200, juga CALON KONSUMEN Pulsar 220…lalu juga sebagai penggiat keselamatan berkendara, ane meminta BAI agar lebih mengedukasi calon konsumennya, dan mengganti tagline iklan Pulsar 220 dengan kata-kata lain yang eye/ear catching namun tetap elegan.
Ingatlah artikel ane sebelumnya.
“Image sebuah motor tidak hanya tercermin dari iklan, tapi lebih kuat terlihat dari penampilannya di jalan yang ditentukan oleh perilaku konsumennya.”
Pertamax
om ben kayaknya ini bukan brosur resminya deh…aku ngliat ini juga di kebtulan di fesbuknya kang dadang…walau aku ga tau beliau dapetnya darimana;
kalo ga salah khan hukum periklanan ga boleh nyebut merek laen apalagi sampe scara eksplisit ngbanding-bandingin begini…
sejenis BC
yups…betul kata ente bang ben,kaya ane milih motor ngak harus kenceng,yg penting alon-alon waton klakon
Kalo g kencang bukan p220. Yen aku ,alon2 waton tekan disik
like this
Power beda bukan jaminan di jalan, faktanya motor dijalanan gk kencang-kencang amat
tag linenya ganti “unik,aggresive, and new riding experiance”
salah toech mustinya iklan-NYa kyk gini : Boeat jang soeka “Poeanass” 😆
mosok brosur pake bandingin sama kompetitor….sebut merek pula//
Kalo ga mau kenceng ngapain juga pindah dari pulsar 180 ke 220 ??
P220..buat yg kurang suka P200..ini baru keren..
Biar tambah perkasa pak
bukan cuma itu bro, klau lihat perbandingan dgn motor lain juga banyak yg gak sesuai.
New Scorpio z ditulis 19 ps, bukannya sekarang cuma 18 ps?
Byson ditulis 14 ps, bukannya klaim yamaha cuma 13.5 ps? (didyno malah cuma 10.3 hp)
Megapro juga salah gambar, sejak kapan AHM Jual motor spt itu? bukannya itu unicorn?
tapi harganya loemayan ‘coekhoep menarik’ oentoek dinikmathi 😳
namanya juga iklan..
http://bikerpoint.wordpress.com
masak brosurnya membandingkan motor yang lain… kok brani banget???
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/03/07/seberapapun-kapasitas-mesin-mogesuperbike-yaa-palingan-300kpjan/
biar mas ben nanya
Bro Benny, bukannya pada diskusi blog seperti ini sudah sering ditemukan bahwa calon konsumen menganggap motor yang berkualitas itu yang “kencang” – kadang tanpa mempertimbangkan fitur2 lain yang diberikan oleh motor tsb. Asal “kencang”, motor tersebut sudah bagus sekali 😀
Mungkin atas alasan itulah manajemen Bajaj memasang jargon “kencang” untuk mempromosikan produk barunya ini.
Harusnya mindset konsumen yang notabene warisan “ATPM sebelah” itu diubah oleh Bajaj. Bukan malah Bajaj mengikuti kesalahan ATPM sebelumnya..
kenapa ya CBR 250 keluar dulu, tapi mata ane lebih tertarik ama yg ini ya??
nitip mas Ben
http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/03/07/penyebab-kemacetan-jakarta-1/
setuju & salut kepada Om Ben ..
“Image sebuah motor tidak hanya tercermin dari iklan, tapi lebih kuat terlihat dari penampilannya di jalan yang ditentukan oleh perilaku konsumennya.”
bener bro….tagline motor kencang di sini uda out of date
titip warung
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Tambahin aja Ben tagline nya … “Buat yang suka Kencanggg .. Jangan kencang-kencang yaa”
Ini yang ngk GW suka.. gara iklan setan kayak gini … puluhan nyawa bisa melayang dengan sia2 dijalan.
DAri dulu iklan2 motor di indonesia ngk ada yang mendidik!.. pengen kencang semuanya…baik bebek maupun motor batangan…semua iklan sampah.
Ngk ada iklan motor yg mengajarkan pada konsumen bagaimana Sapeti riding..menghormati sesama pengguna jalan raya.. patuh sama aturan lalin dsb,,
Iklan Setan kayak gini.. tercipta sebuah pola pikir konsumen “Motor gw terkencang.. Malu dong kalo motor gw di asapin sama motor lain”
Nilai Minus Buat Bajaj..
Power terbesar di kelasnya (pada kapasitas / cc yg sama).. Benar !!
tapi ya jangan kencang-2.. kesannya ini adalah calon motor “seruntulan” menggantikan rezim bebek seruntulan & matic seruntulan.. hehehe..
ikut2an ymki nih.
memang fairing arahnya ke motor kencang.. tapi memang naik pulsar dengan bobot seberat itu dan kecepatan tinggi memang mengasikkan…
mungkin merujuk tagline di india sono “the fastest indian”
haduhhh…in marketing yamaha yang dipecat kali ya…trus direkrut sama BAI…
kan bisa mengedepankan safety. . .
misalnya power besar dan double disk brake misalnya
BAI mulai lebay. . .
keep brotherhood,
salam,
Penggunaan kata ”kencang” kyknya kurang keren deh…
”wanna more performance?”
Btw kenceng si kenceng, tp demek jg liat ni motor cuma jd saingan r15 yg cuma 150cc… Bahkan bs diasapin ama r15…
iklan ‘kencang’ bajaj ngikutin iklan hnd, suzy, ymh…hahaha…
tapi memang kesan kencang sdh melekat pada bajaj…..kok…iklan ini tinggal meneruskan yg sdh ada.
protes-protes kalo iklannya kaya gini gak mencerminkan motor pulsar yang sudah beredar..toet toet brotherhood etc-etc pokoknya gak mbandingin gitu…Harsunya taglinenya Advance, Sophisticated THE BROTHERHOOD CONTINUED…..atau
Kayaknya ga etis, membanding-bandingkan dengan semua produk dalam brosur.
kenapa ngga dilanjutin aja “Definitely Male” ?
ga wani koment apik apik apik
http://jaranwesi.wordpress.com/2011/03/07/modifikasi-penyiksaan-1/
[…] saja baca blog post bennythegreat tentang tagline P220 ini.. dan saya setuju apa yang bro Benny bilang.. “Image sebuah motor […]
Hi Bro Benny.
Salam kenal..
Apa boleh saya minta pendapatnya? Apakah Tagline yang menurut Bro Benny Paling cocok buat Pulsar 220?
http://zounz.com/tagline-pulsar-220
mending iklannya : Buat yang suka POWER….. , ntar dikira komunitas pulsar power deh….
setuju banget ama om ben, gimana bisa toet2 kalo kencang2 mulu.. kgk sempat ngeliat..mending tuh iklan nunjukin jalur2 yg butuh performance yg oke, tanjakan, turunan, kelok2..bukan kencangnya..tp handling disegala medan, kecuali medan off road..
seharusnya tagline nya “THE DIFFERENT SPORT BIKE” atau berani tampil beda di kelas nya
Belum diadu aj udah ngeklaim yg paling kencang, pdhl hny spesifikasi brosur aj yg mengklaim tenaganya 21Hp, ap nggk malu tuh klo seumpamannya ad yg penasaran ingin ngetest Scorpio/RX-King dgn p220, Klo nnt hasilnya meleset iklan dibrosur cma Omdo aj. Ninja/CBR yg udah terkenal kncang aj gak bikin brosur yg ngeklaim produknya paling kencang, apalgi ngebanding-banding merk lain. Harus diperbaikin tuh iklan brosurnya. Safety first jgn sruntulan di jalan.
walah……….Mau kenceng, keq apaan kek yang penting motor handal, irit dan gak mahal ( tidak murahan ) buat harian krn biaya hidup tambah mahal……gitu aj koq repot …..!!!!!
benernya juga ada c, biar berbeda dg iklan yg lain dan bikin penasaran konsumen sehingga image motor kencang dan murah akan melekat pd bai. Strategi utk membuat inferior kompetitor yg harga diatasnya bahwa ne motor lebih murah, bagus dan kencang
motor kencang itu berguna lho pny kelebihan. Kan motor kencang jg bisa pelan, tp kl motor pelan kan ga bisa kencang. Kencang jg perlu, kl ga perlu ya naik motor kl lari 20 km/jam terus malah bikin macet. Yang ptng safety riding tau kapan saat kencang dan tau saat pelan, kl saat kenceng malah lelet ntar diseruduk dr blkang, kl saat pelan kl kencang jg nabrak blkang
P220 hanya untuk bikers sejati!!
numpang saran ah “BREAKING THE LIMIT WITH NEW PULSAR 220”