Crash Of The Diavel..Pelajaran Berharga

7 03 2011

beberapa detik pasca crash

162 hp…127 Nm. Angka-angka tersebut bukan untuk dibanggakan..Apalagi dimainkan dengan tidak serius. 127 Newton meter (Nm) berarti mesin akan menarik kendaraan dan pengendaranya sejauh 1 meter dengan force 127 Newton (kg/m2). Bayangkan betapa ganas akselerasi yang dialami. Demikian pula..162 hp, berarti sang pengendara harus siap mengendalikan kebengisan kendaraan ketika berada dalam peak power tersebut.

Demikian pemikiran ane pasca menyaksikan seorang test rider yang harus menjadi korban keganasan torsi-power Ducati Diavel dalam acara launchingnya hari Minggu (6/3) lalu.

Setelah beberapa test rider pilihan panitia sebelumnya tidak mengalami masalah, kali ini seorang test rider tak kuasa menahan akselerasi binal Ducati Diavel.

mbah dukun..kasih pengarahan pre-riding

Sejak mulai test ride ane selalu perhatikan betul Mbah Dukun Satar selalu memberikan briefing singkat seputar teknis test ride. Rute kemana..Ikuti voorider Ducati 848 lewat mana, hingga petunjuk menyalakan mesin. Pada umumnya mereka memahami. Ada yang pelan-pelan meremas gas..adapula yang tanpa basa-basi segera memelintir gas..Nah yang ane saksikan pada si test rider yang malang ini adalah..

Keraguan saat berakselerasi. Terlihat ia memainkan kopling dan gas secara kasar. Terdengar raungan Diavel yang tertahan..Dan ketika gas dipelintir.. Ban depan Diavel sontak terangkat. Bahkan ane lihat sendiri wheelie Diavel tersebut mencapai hampir 90 derajat..Motor hampir tegak lurus selama sepersekian detik..lalu..

Sang rider tak kuasa mengendalikan motor. Ia berbelok ke kiri dan langsung dihempas ke kanan oleh sang Iblis Italia ini. Brak..! hanya suara singkat itu yang terdengar keras ketika Diavel Carbon seharga Rp 475 juta itu jatuh. Tak ada suara retakan dan pecahan apapun. Material magnesium anodyzed memang mantabs..!

Kamera ane tak sempat mengabadikan momen ini karena alasan teknis.. “OUT OF MEMORY“. Padahal sudah ane bidikkan lensa 18-55 dengan Continous Focus yang terpasang pada Alpha 330 ane ke arah test rider yang tengah wheelie. Demikian pula ketika ane mencabut “sidearms” ane..Nikon S90 tak bisa menyala karena alasan yang bloon..baterainya lupa dipasang ketika ane berangkat..wehehehe. Akhirnya momen terdekat hanya diabadikan oleh bro Bodats ketika sang rider ditolong oleh staff Ducati.

Spion kanan hancur. Cover tangki yang terbuat dari magnesium anodyzed harus terluka..demikian pula kenalpot, hingga velg depan harus tergores. Sementara tuas rem depan dan belakang melekuk ke dalam dan tidak patah. Kekuatan material patut diacungi jempol..bayangkan seandainya itu terjadi pada motor dengan body dari plastik ABS..pastilah sudah hancur berkeping-keping.

Kembali ane merenung mengenai the wounded Diavel, sang Iblis bengis yang sudah terluka ini..apakah benar terdapat “the true evil” di dalam motor ini?

Secara teknis, acara test ride adalah “Maiden Voyage”. Dimana seorang pengendara benar-benar baru merasakan karakter motor. Terlebih lagi, motor dengan torsi-power besar bermesin superbike nan liar ini sungguh sangat berbeda karakternya dengan motor tourer/cruiser yang memiliki power delivery lebih smooth.

Sebuah masukan untuk pihak Ducati agar untuk event test ride selanjutnya dapat diadakan di sirkuit Sentul ataupun di dalam “controlled environment” lainnya dengan calon test rider yang sudah dibriefing dengan jelas. Ini juga menjadi pengalaman bagi ane yang notabene sering mencoba berbagai motor. Adanya akselerasi yang serasa membuat kepala “dijenggut” ke belakang terkadang bisa mengasyikkan dan membuat lupa diri..padahal itulah jalan masuk menuju kecelakaan.

riding the wounded Diavel

Ane pikir tidak demikian..Sesungguhnya “the true evil” ada di dalam diri seorang rider. Moral acara launching Ducati hari ini..Bahwa the true evil bukanlah terletak pada kebengisan torsi dan power yang mampu disemburkan oleh sang motor.. Adalah “the evil inside us” di setiap diri kita yang harus dikendalikan dan dijinakkan.

magnesium anodyzed terluka..

knalpot terluka

leher knalpot tergores..tuas rem bengkok

velg dan fork tergores


Aksi

Information

78 responses

7 03 2011
asmarantaka

apakah ada ganti ruginya??

7 03 2011
bennythegreat

gak tau bro..itu urusan internal Ducati

7 03 2011
jahe

tombok klo ngeganti xixixixi bisa jadi Limited Edition nih dijual dgn harga khusus

7 03 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

katanya yang si rider bakal bayar lunas tuh motor. buah arogansi berbuntut denda 1/2 milliar .

Tapi bukan itu masalahnya, sesi test ride di surabaya terpaksa batal! 👿

7 03 2011
bennythegreat

Wuih..mantabs..langsung bayar 475juta..!

2x harga rumah mungil gw tuh..hiks..

8 03 2011
doncrot

yg inspeksi aja blm nyoba udah keburu dirusakin :((

8 03 2011
bennythegreat

Don kemarin kok datang..?

7 03 2011
asmarantaka

wah bekas jatuh hrganya jadi turun nih..semoga 20 juta dapetttt
*ngarep.com

7 03 2011
girifumi

bagaimana dengan cakram depannya ?

7 03 2011
asmarantaka

bisa ente ambil buat dipasang di SM*SH ente..xixixiix

7 03 2011
noFUN

Cakram mulu..
lampu depan tuh.. xixixi.. :mrgreen:

7 03 2011
bAdcOp

kalo tar diajak om ben nyobain kayaknya musti nyiapin sertifikat tanah nih…

*sereeeeeeeemmmmmmm…

7 03 2011
7 03 2011
Triyanto Banyumasan

waduh… Biasa Suntulan kali tuh..

7 03 2011
noFUN

haduhh… melayang puluhan juta… 🙂

untuk orang kecil, serba susah kaya gw..

ini jadi susahnya beli motor mahal macam gitu (seandainya.. cuma andai.. :mrgreen: ).. keterikatan dengan materi sangat besar, jadinya serba takut klo lecet, kalo kotor, kalo karatan, kalo mogok, kalo dicuri, dll..

klo pake motor murah.. ❓
klo rusak, klo bosen, klo ilang, klo dirampok / dicuri, klo iseng pengen kasi ke saudara, klo lagi pengen nambah motor… ya “tinggal” beli lagi… hehehehe…

-curcol-
*itu di BOLD karena gw yakin tiap orang mampu untuk beli motor lagi, tinggal urusan sugesti ke pikiran & otak masing-2 aja..

Soal dapet duit itu urusan Tuhan, klo percaya ama Tuhan Sang pemberi rejeki, ya usaha terus.. hehehe..

7 03 2011
anggiwirza

parahhhhh…!!

baru ngeliat desain bodynya aja udah ngeri gimana ngerasainnya ya

7 03 2011
AKB

Ben … liat lu naekin tuh motor kok serasa naek motor standart yah :p xixixiix

7 03 2011
Andry Berlianto

Hohoho ……….
malang nian …
Ini sekilas impression saat dicoba JP : http://www.jddc-online.com/?p=972

7 03 2011
bennythegreat

JP = John Petrucci…?

7 03 2011
nadi

JP = Jandry Perlianto 😀
*bangga a/n bossnya :mrgreen:

7 03 2011
bennythegreat

ooo…tak kirain Jugroho Padhi..

7 03 2011
j4na

aduuuuuuuh buseeeet…… hancur hancuuuur……. baru dateng udah … atut aaaahhh…..

7 03 2011
Niko P.

Ouch! Bukan sakitnya, tapi malunya itu lho…

7 03 2011
sixxer

menurut ane nih gan, itu pengendaranya aja yg nga respect ke diavel. mungkin emang mau coba2 wheelie dan ternyata gubrak.

7 03 2011
Taufik

nah itu dia yang kubilang jangan under estimate sama niy motor he he he bukan begono bro benny 😀

7 03 2011
bennythegreat

benul..apalagi yang berat badannya dibawah 100 kg..harus hati2… wkwkwkwk…

7 03 2011
komengtator

“Aq kirain mongtor super mahal gak bisa lecet2…”
Mungkin begitulah pikir sang rider abis bangkit dari “ndlozorrr”nya…

7 03 2011
kurniaprorider

Langsung diobral ga tu diavel-nya? Diavelin pacar enak x y?

7 03 2011
gaplek mania

waduh.baret2 motor mahal.
makanya kalo di luar negeri SIM motor diklasifikasikan tiap cc motor.dan ketika naik peringkat (150 cc ke 250cc misalnya)harus kursus dulu.

7 03 2011
Deede

DIavelnya mungkin ngerasa diremehkan…. 🙂

7 03 2011
terong amnesia

walah apes… betul kalo anak zrc bilang power sama torsi mongtor macam gitu kayak dijambak setan… :mrgreen:

7 03 2011
uDien D'kab 234

test ridernya dari kalangan blogger om ???
mungkin orang tajir kali ya ???

7 03 2011
bennythegreat

bukan. justru dari kalangan biker bro. dari blogger hanya kang taufik TMC saja.

7 03 2011
Basho

Yaah masih untung diavelnya ngga ditendang2,trus dimaki2 and disalah2in ama test rider yg nge-gedubrak tadi :mrgreen:
Tengsin brooo!

7 03 2011
Amamoto

kayaknya yang ngetest orang yang biasa pake matic ya :mrgreen:

7 03 2011
el barto

lepas cepek juga ane siap bayarin, lecet2 bisa ditutup stiker 😀

7 03 2011
Ki Jambrong

Geblek bener testernya… Dudul… Oon… Baru biasa pake HD aja dah belagu n sotoy ma DIAVEL…
Makan tu malu!

7 03 2011
esek2 boy

wakwakwak

7 03 2011
Dani klenik

Yg ngejatohin itu pasti udah jualan rumah buat ganti rugi..

7 03 2011
7 03 2011
rifslank

rider yang nyuksruk keknya dapet sim-nya gak resmi keknya…
*aku nyicip motor <225cc aja gak asal geber, nikmatin dulu rpm, merdunya suara knalpot… at last malah comfort di vario glam red 😀
regards…

7 03 2011
vIP

periiiiiiih 😦

7 03 2011
ifan

Free of charge tuh??

7 03 2011
extraordinaryperson

waduh….kalo ganti rugi gimana tuh

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

7 03 2011
fixier

Ternyata ohh, ternyata… Punya HD blom tentu punya OTAK. jangan sok tau atuh om, mending naik Mio ja lain kalee yak…ataou ikutan anak2 yg sebelah tuh, lebih asik gowe kayaknya.

7 03 2011
gogo

buset dah, abis duit brp tuh buat perbaikannya. ane ampe kaget diavel baru langsung pada lecet.. eman eman bgt dah, diasuransikah

8 03 2011
Mercon C Lagi dilema

ehmm,,, mungkin baiknya kalo motor baru itu yaa,,, minimal dicoba dulu pelan-pelan, rasain karakter mesinnya,,, baru dikebut,
tapi,,, gimana om nasib si tesrider tadi (sekarang)

8 03 2011
gobcret

tuh orang harus bayar mahal buat kesombongannya
pelajaran tuh bro

8 03 2011
hi hi hi

Gw naek megapro aja pernah wheelie dan jatoh (di atas flyover ban depan udah hampir setinggi pager) gara gara langsung lepas kopling dan betot gas karena kesel dipotong bebek, lha ini 162 hp …..

*nb: tu megapro bukan pegangan harian gw, kalo bukan motor pegangan ya gitu mesti ati ati dan alusan.

8 03 2011
Agus

Buset tu helm Arai sampe gelindingan di aspal T.T

8 03 2011
bennythegreat

Jiaah..bang Gauss malah perhatiin helm nye.. :mrgreen:

8 03 2011
gasspoll

oh yang pakenya HD rider ya

8 03 2011
sabdho guparman

setuju sama mas Taufik dan om Benny , kita mesti respek sama tunggangan yang punya power besar . . .
lokasi juga mestinya di sentul aja biar aman

keep brotherhood,

salam,

8 03 2011
lisyanto

motor is motor, mau diavel mau revo… tetep rodanya 2 (kecuali piaggio mp3 ya.hehehe……). pasti ada ersiko jatuh jg.. alon-alon ae…..

8 03 2011
Mr_Long'S

Malu banget tuhh rider
niat ny pengen gaya malah jatuh
*klo long’s sihh mending bunuh diri aza :mrgreen:

8 03 2011
Prittt!!!

hahaha.. foto yg paling atas pas banget…

pengendara sepeda bilang.. “untung ane pake sepeda”
penjual buah bilang ” beli buah bang”

Sombong + Kurangnya adaptasi pada karakteristik motor = 1/2 miliar melayang

8 03 2011
great_will

bang Ben, saya minta ijin nge-share di fesbuk yah..thanks..

8 03 2011
zaqlutv

wuiiiiiiihhh…. 😯
motor diatas 250cc bukan kelas aye, selain ga mampu beli :mrgreen: mengendalikannya juga ga mampu..

8 03 2011
lekdjie

durung moco bismillah yakne,pantesan setan njrantal2 ra karuan.. :mrgreen:

8 03 2011
Rossi Mania

kasian … kasian …kasian … (*motornya ^^ )
Ijin share Bos …

8 03 2011
Chenko

Satpamnya Bilang: “bokong ku sama bokong mbak yang pegang tuh motor gedean siapa ya?” wkwk

8 03 2011
herdianz

ngeriiiiiii …. kalo ane smpe mesti ganti atau beli tuh motor, pucet + keringet dingin pasti …. hehehehehe
makanya dulu pernah om nug bawa ducati ane ga mau/berani nyoba, takut kayak begini nih , hehehe

8 03 2011
sof

Busyetttttt…., selain kudu jinakin motor sebelum di ride, juga kudu jinakin diri ini mah, kalo aye aja, sebelum naik motor baru, aye gas2 dulu, ngerasain bobotnya dulu, biar lebih menyatu ama diri, baru aye gas jalanin pelan2……, tapi Diavel kalo aye yang ride, butuh berhari2 mungkin baru bisa aye jinakin……, bengis banget prawakan dan tenaganya

9 03 2011
wordbola

beuh, liat foto-foto pasca crash lsg bkin bulu kuduk merinding……

http://wordbola.wordpress.com/2011/03/08/sepatu-sepakbola-baru-adidas-adizero-leather/

9 03 2011
maezuki

itu namanya kecelakaan dan bisa menimpa sapa aja bro…jgn terlalu menyalahkan orang laen lah…

9 03 2011
denny

pasti test ridernya pengguna harley nih….kebiasaan gerung2 gas knalpot berisik, skill masih cupu 😀

9 03 2011
E-commerce

salam buat para pecinta otomotif,,,, numpang komentar aja..

9 03 2011
sof

Buat Rider-nya dan Ducati-nya, tabah dan sabar yach pak,…..anggap aja cobaan dan pembelajaran yang sangat mahal.

To : All, udah jangan di cemooh, kacian atuh…..

10 03 2011
Diposedicigp8

yang jadi point : dont judge a book by its cover. mungkin masnya terlalu ngremehke kali ya gara2 motornya pendek :mrgreen:. jadi inget pas testride mx baru. bapak2 yang ngetest keburu nafsu jadi pembalap, eh ujung2nya gubrak, alhasil batok cuil bodi baret, gatau deh urusan di belakang kaya gimana 🙄

10 03 2011
hadi

benarlah kiranya pepatah mengatakan yang kaya bukanlah orang yg banyak hartanya tp yg sedikit keinginannya dan yang ga punya utang……(ga nyambung ya?) 😀

13 03 2011
martini

ikut prihatin om benn…miris deh!! bukan masalah ganti ruginya..tapi lebih ke image ducati dan tengsinnya itu lho……….duit masih bisa dicari…kalo malu siapa yang mau nutupin………….

14 03 2011
stoner27

yah nggak apa-apa lah.. pengalaman berharga… tepatnya berharga 475 juta..
kan udah test ride memang niatnya mau beli kali..
justru salut sama si tester…sudah tau resikonya main mainan mahal dong.
sekalian bisa jadi cerita lucu / anekdot ke teman2 dan anak cucu nanti..

langsung dimodifikasi aja boss, ganti knalpot termi carbon, stang, spion, hand grip dan bar end rizoma/barracuda, pelek ganti yang carbon sekalian sama shock ohlins..
paling nambah 200-an lagi…
kalo biasa main HD ngga berasa lah..

testernya ducati aja pernah jatuh waktu ngetest prototypenya diavel kan?

hehehehe…

18 03 2011
sandrina

Mampoooosssssss….. biar matiiii…… kl naik harley gw rasa arogan banget nih dijalanan……

18 03 2011
arramuse

wkwkw.. mendingan di Zakatin ajah duitnya tuh dapet pahala.. beli motor ajah mahal2 amad. 😉

3 03 2012
prazetyo

oalah…ini namanya musibah plus sial 🙂
lah wong ducati diavel rek…475jeti..bukan 47,5jeti loh…gila yang naikin..harusnya lebih hati-hati…
DUcati diavel…emang devil beneran 🙂

18 04 2012
25 11 2012
Opini : menyikapi kepindahan para mobiler ke motorer khususnya mogerer « Heyy..My NAme iS SuRyA

[…] Kenapa? Ya itu tadi kemampuan teman-teman menguasai motor pasti akan berbeda. Kalau cuma riding nya saja saya yakin sehari dua hari pasti bisa. Tapi menguasai karakter motor dengan tenaga dan torsi badak itu butuh waktu. Jadi ingat artikel yang dibuat oleh mas benny disini. […]

17 06 2013
Lagi…Testrider Ducati Ndlosor | bennythegreat.wordpress.com

[…] tempo hari test rider Diavel ndlosor di SCBD Jakarta, sekarang kok ya test rider Panigale ndlosor di Jogja, di gelaran Ducati Week. Pesan moral: Semoga […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: