162 hp…127 Nm. Angka-angka tersebut bukan untuk dibanggakan..Apalagi dimainkan dengan tidak serius. 127 Newton meter (Nm) berarti mesin akan menarik kendaraan dan pengendaranya sejauh 1 meter dengan force 127 Newton (kg/m2). Bayangkan betapa ganas akselerasi yang dialami. Demikian pula..162 hp, berarti sang pengendara harus siap mengendalikan kebengisan kendaraan ketika berada dalam peak power tersebut.
Demikian pemikiran ane pasca menyaksikan seorang test rider yang harus menjadi korban keganasan torsi-power Ducati Diavel dalam acara launchingnya hari Minggu (6/3) lalu.
Setelah beberapa test rider pilihan panitia sebelumnya tidak mengalami masalah, kali ini seorang test rider tak kuasa menahan akselerasi binal Ducati Diavel.
mbah dukun..kasih pengarahan pre-riding
Sejak mulai test ride ane selalu perhatikan betul Mbah Dukun Satar selalu memberikan briefing singkat seputar teknis test ride. Rute kemana..Ikuti voorider Ducati 848 lewat mana, hingga petunjuk menyalakan mesin. Pada umumnya mereka memahami. Ada yang pelan-pelan meremas gas..adapula yang tanpa basa-basi segera memelintir gas..Nah yang ane saksikan pada si test rider yang malang ini adalah..
Keraguan saat berakselerasi. Terlihat ia memainkan kopling dan gas secara kasar. Terdengar raungan Diavel yang tertahan..Dan ketika gas dipelintir.. Ban depan Diavel sontak terangkat. Bahkan ane lihat sendiri wheelie Diavel tersebut mencapai hampir 90 derajat..Motor hampir tegak lurus selama sepersekian detik..lalu..
Sang rider tak kuasa mengendalikan motor. Ia berbelok ke kiri dan langsung dihempas ke kanan oleh sang Iblis Italia ini. Brak..! hanya suara singkat itu yang terdengar keras ketika Diavel Carbon seharga Rp 475 juta itu jatuh. Tak ada suara retakan dan pecahan apapun. Material magnesium anodyzed memang mantabs..!
Kamera ane tak sempat mengabadikan momen ini karena alasan teknis.. “OUT OF MEMORY“. Padahal sudah ane bidikkan lensa 18-55 dengan Continous Focus yang terpasang pada Alpha 330 ane ke arah test rider yang tengah wheelie. Demikian pula ketika ane mencabut “sidearms” ane..Nikon S90 tak bisa menyala karena alasan yang bloon..baterainya lupa dipasang ketika ane berangkat..wehehehe. Akhirnya momen terdekat hanya diabadikan oleh bro Bodats ketika sang rider ditolong oleh staff Ducati.
Spion kanan hancur. Cover tangki yang terbuat dari magnesium anodyzed harus terluka..demikian pula kenalpot, hingga velg depan harus tergores. Sementara tuas rem depan dan belakang melekuk ke dalam dan tidak patah. Kekuatan material patut diacungi jempol..bayangkan seandainya itu terjadi pada motor dengan body dari plastik ABS..pastilah sudah hancur berkeping-keping.
Kembali ane merenung mengenai the wounded Diavel, sang Iblis bengis yang sudah terluka ini..apakah benar terdapat “the true evil” di dalam motor ini?
Secara teknis, acara test ride adalah “Maiden Voyage”. Dimana seorang pengendara benar-benar baru merasakan karakter motor. Terlebih lagi, motor dengan torsi-power besar bermesin superbike nan liar ini sungguh sangat berbeda karakternya dengan motor tourer/cruiser yang memiliki power delivery lebih smooth.
Sebuah masukan untuk pihak Ducati agar untuk event test ride selanjutnya dapat diadakan di sirkuit Sentul ataupun di dalam “controlled environment” lainnya dengan calon test rider yang sudah dibriefing dengan jelas. Ini juga menjadi pengalaman bagi ane yang notabene sering mencoba berbagai motor. Adanya akselerasi yang serasa membuat kepala “dijenggut” ke belakang terkadang bisa mengasyikkan dan membuat lupa diri..padahal itulah jalan masuk menuju kecelakaan.
riding the wounded Diavel
Ane pikir tidak demikian..Sesungguhnya “the true evil” ada di dalam diri seorang rider. Moral acara launching Ducati hari ini..Bahwa the true evil bukanlah terletak pada kebengisan torsi dan power yang mampu disemburkan oleh sang motor.. Adalah “the evil inside us” di setiap diri kita yang harus dikendalikan dan dijinakkan.
magnesium anodyzed terluka..
knalpot terluka
leher knalpot tergores..tuas rem bengkok
velg dan fork tergores
apakah ada ganti ruginya??
gak tau bro..itu urusan internal Ducati
tombok klo ngeganti xixixixi bisa jadi Limited Edition nih dijual dgn harga khusus
katanya yang si rider bakal bayar lunas tuh motor. buah arogansi berbuntut denda 1/2 milliar .
Tapi bukan itu masalahnya, sesi test ride di surabaya terpaksa batal! 👿
Wuih..mantabs..langsung bayar 475juta..!
2x harga rumah mungil gw tuh..hiks..
yg inspeksi aja blm nyoba udah keburu dirusakin :((
Don kemarin kok datang..?
wah bekas jatuh hrganya jadi turun nih..semoga 20 juta dapetttt
*ngarep.com
bagaimana dengan cakram depannya ?
bisa ente ambil buat dipasang di SM*SH ente..xixixiix
Cakram mulu..
lampu depan tuh.. xixixi..
kalo tar diajak om ben nyobain kayaknya musti nyiapin sertifikat tanah nih…
*sereeeeeeeemmmmmmm…
http://bodats.wordpress.com/2011/03/07/hikmah-kedubrak-nya-ducati-diavel-jangan-pernah-anggap-remeh-sebuah-motor/
waduh… Biasa Suntulan kali tuh..
haduhh… melayang puluhan juta… 🙂
untuk orang kecil, serba susah kaya gw..
ini jadi susahnya beli motor mahal macam gitu (seandainya.. cuma andai..
).. keterikatan dengan materi sangat besar, jadinya serba takut klo lecet, kalo kotor, kalo karatan, kalo mogok, kalo dicuri, dll..
klo pake motor murah.. ❓
klo rusak, klo bosen, klo ilang, klo dirampok / dicuri, klo iseng pengen kasi ke saudara, klo lagi pengen nambah motor… ya “tinggal” beli lagi… hehehehe…
-curcol-
*itu di BOLD karena gw yakin tiap orang mampu untuk beli motor lagi, tinggal urusan sugesti ke pikiran & otak masing-2 aja..
Soal dapet duit itu urusan Tuhan, klo percaya ama Tuhan Sang pemberi rejeki, ya usaha terus.. hehehe..
parahhhhh…!!
baru ngeliat desain bodynya aja udah ngeri gimana ngerasainnya ya
Ben … liat lu naekin tuh motor kok serasa naek motor standart yah :p xixixiix
Hohoho ……….
malang nian …
Ini sekilas impression saat dicoba JP : http://www.jddc-online.com/?p=972
JP = John Petrucci…?
JP = Jandry Perlianto 😀
*bangga a/n bossnya
ooo…tak kirain Jugroho Padhi..
aduuuuuuuh buseeeet…… hancur hancuuuur……. baru dateng udah … atut aaaahhh…..
Ouch! Bukan sakitnya, tapi malunya itu lho…
menurut ane nih gan, itu pengendaranya aja yg nga respect ke diavel. mungkin emang mau coba2 wheelie dan ternyata gubrak.
nah itu dia yang kubilang jangan under estimate sama niy motor he he he bukan begono bro benny 😀
benul..apalagi yang berat badannya dibawah 100 kg..harus hati2… wkwkwkwk…
“Aq kirain mongtor super mahal gak bisa lecet2…”
Mungkin begitulah pikir sang rider abis bangkit dari “ndlozorrr”nya…
Langsung diobral ga tu diavel-nya? Diavelin pacar enak x y?
waduh.baret2 motor mahal.
makanya kalo di luar negeri SIM motor diklasifikasikan tiap cc motor.dan ketika naik peringkat (150 cc ke 250cc misalnya)harus kursus dulu.
DIavelnya mungkin ngerasa diremehkan…. 🙂
walah apes… betul kalo anak zrc bilang power sama torsi mongtor macam gitu kayak dijambak setan…
test ridernya dari kalangan blogger om ???
mungkin orang tajir kali ya ???
bukan. justru dari kalangan biker bro. dari blogger hanya kang taufik TMC saja.
Yaah masih untung diavelnya ngga ditendang2,trus dimaki2 and disalah2in ama test rider yg nge-gedubrak tadi
Tengsin brooo!
kayaknya yang ngetest orang yang biasa pake matic ya
lepas cepek juga ane siap bayarin, lecet2 bisa ditutup stiker 😀
Geblek bener testernya… Dudul… Oon… Baru biasa pake HD aja dah belagu n sotoy ma DIAVEL…
Makan tu malu!
wakwakwak
Yg ngejatohin itu pasti udah jualan rumah buat ganti rugi..
ngiklan om
http://2brk.wordpress.com/2011/03/07/top-speed-cbr-250-dan-megeli-250-di-sentul-nggak-jauh-beda/
rider yang nyuksruk keknya dapet sim-nya gak resmi keknya…
*aku nyicip motor <225cc aja gak asal geber, nikmatin dulu rpm, merdunya suara knalpot… at last malah comfort di vario glam red 😀
regards…
periiiiiiih 😦
Free of charge tuh??
waduh….kalo ganti rugi gimana tuh
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Ternyata ohh, ternyata… Punya HD blom tentu punya OTAK. jangan sok tau atuh om, mending naik Mio ja lain kalee yak…ataou ikutan anak2 yg sebelah tuh, lebih asik gowe kayaknya.
buset dah, abis duit brp tuh buat perbaikannya. ane ampe kaget diavel baru langsung pada lecet.. eman eman bgt dah, diasuransikah
ehmm,,, mungkin baiknya kalo motor baru itu yaa,,, minimal dicoba dulu pelan-pelan, rasain karakter mesinnya,,, baru dikebut,
tapi,,, gimana om nasib si tesrider tadi (sekarang)
tuh orang harus bayar mahal buat kesombongannya
pelajaran tuh bro
Gw naek megapro aja pernah wheelie dan jatoh (di atas flyover ban depan udah hampir setinggi pager) gara gara langsung lepas kopling dan betot gas karena kesel dipotong bebek, lha ini 162 hp …..
*nb: tu megapro bukan pegangan harian gw, kalo bukan motor pegangan ya gitu mesti ati ati dan alusan.
Buset tu helm Arai sampe gelindingan di aspal T.T
Jiaah..bang Gauss malah perhatiin helm nye..
oh yang pakenya HD rider ya
setuju sama mas Taufik dan om Benny , kita mesti respek sama tunggangan yang punya power besar . . .
lokasi juga mestinya di sentul aja biar aman
keep brotherhood,
salam,
motor is motor, mau diavel mau revo… tetep rodanya 2 (kecuali piaggio mp3 ya.hehehe……). pasti ada ersiko jatuh jg.. alon-alon ae…..
Malu banget tuhh rider
niat ny pengen gaya malah jatuh
*klo long’s sihh mending bunuh diri aza
hahaha.. foto yg paling atas pas banget…
pengendara sepeda bilang.. “untung ane pake sepeda”
penjual buah bilang ” beli buah bang”
Sombong + Kurangnya adaptasi pada karakteristik motor = 1/2 miliar melayang
bang Ben, saya minta ijin nge-share di fesbuk yah..thanks..
wuiiiiiiihhh…. 😯
mengendalikannya juga ga mampu..
motor diatas 250cc bukan kelas aye, selain ga mampu beli
durung moco bismillah yakne,pantesan setan njrantal2 ra karuan..
kasian … kasian …kasian … (*motornya ^^ )
Ijin share Bos …
Satpamnya Bilang: “bokong ku sama bokong mbak yang pegang tuh motor gedean siapa ya?” wkwk
ngeriiiiiii …. kalo ane smpe mesti ganti atau beli tuh motor, pucet + keringet dingin pasti …. hehehehehe
makanya dulu pernah om nug bawa ducati ane ga mau/berani nyoba, takut kayak begini nih , hehehe
Busyetttttt…., selain kudu jinakin motor sebelum di ride, juga kudu jinakin diri ini mah, kalo aye aja, sebelum naik motor baru, aye gas2 dulu, ngerasain bobotnya dulu, biar lebih menyatu ama diri, baru aye gas jalanin pelan2……, tapi Diavel kalo aye yang ride, butuh berhari2 mungkin baru bisa aye jinakin……, bengis banget prawakan dan tenaganya
beuh, liat foto-foto pasca crash lsg bkin bulu kuduk merinding……
http://wordbola.wordpress.com/2011/03/08/sepatu-sepakbola-baru-adidas-adizero-leather/
itu namanya kecelakaan dan bisa menimpa sapa aja bro…jgn terlalu menyalahkan orang laen lah…
pasti test ridernya pengguna harley nih….kebiasaan gerung2 gas knalpot berisik, skill masih cupu 😀
salam buat para pecinta otomotif,,,, numpang komentar aja..
Buat Rider-nya dan Ducati-nya, tabah dan sabar yach pak,…..anggap aja cobaan dan pembelajaran yang sangat mahal.
To : All, udah jangan di cemooh, kacian atuh…..
yang jadi point : dont judge a book by its cover. mungkin masnya terlalu ngremehke kali ya gara2 motornya pendek :mrgreen:. jadi inget pas testride mx baru. bapak2 yang ngetest keburu nafsu jadi pembalap, eh ujung2nya gubrak, alhasil batok cuil bodi baret, gatau deh urusan di belakang kaya gimana 🙄
benarlah kiranya pepatah mengatakan yang kaya bukanlah orang yg banyak hartanya tp yg sedikit keinginannya dan yang ga punya utang……(ga nyambung ya?) 😀
ikut prihatin om benn…miris deh!! bukan masalah ganti ruginya..tapi lebih ke image ducati dan tengsinnya itu lho……….duit masih bisa dicari…kalo malu siapa yang mau nutupin………….
yah nggak apa-apa lah.. pengalaman berharga… tepatnya berharga 475 juta..
kan udah test ride memang niatnya mau beli kali..
justru salut sama si tester…sudah tau resikonya main mainan mahal dong.
sekalian bisa jadi cerita lucu / anekdot ke teman2 dan anak cucu nanti..
langsung dimodifikasi aja boss, ganti knalpot termi carbon, stang, spion, hand grip dan bar end rizoma/barracuda, pelek ganti yang carbon sekalian sama shock ohlins..
paling nambah 200-an lagi…
kalo biasa main HD ngga berasa lah..
testernya ducati aja pernah jatuh waktu ngetest prototypenya diavel kan?
hehehehe…
Mampoooosssssss….. biar matiiii…… kl naik harley gw rasa arogan banget nih dijalanan……
wkwkw.. mendingan di Zakatin ajah duitnya tuh dapet pahala.. beli motor ajah mahal2 amad. 😉
oalah…ini namanya musibah plus sial 🙂
lah wong ducati diavel rek…475jeti..bukan 47,5jeti loh…gila yang naikin..harusnya lebih hati-hati…
DUcati diavel…emang devil beneran 🙂
berduka, gimana kelanjutanya nih?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/18/minerva-sachs-x-road-150s-resmi-diluncurkan-harga-rp-149-juta-target-30-000-unit-wow/
[…] Kenapa? Ya itu tadi kemampuan teman-teman menguasai motor pasti akan berbeda. Kalau cuma riding nya saja saya yakin sehari dua hari pasti bisa. Tapi menguasai karakter motor dengan tenaga dan torsi badak itu butuh waktu. Jadi ingat artikel yang dibuat oleh mas benny disini. […]
[…] tempo hari test rider Diavel ndlosor di SCBD Jakarta, sekarang kok ya test rider Panigale ndlosor di Jogja, di gelaran Ducati Week. Pesan moral: Semoga […]