Riding Impression Bajaj Pulsar 220..Begini Rasanya..

9 03 2011

PERTAMAX...!

Waktu ambil antrian nomor test ride, meskipun datang ke Sentul bersama bro Rial Hamzah dan absen paling awal, ane sengaja ndak mau dimasukkan dalam kloter test ride pertama. Alasannya opo? yaah…kepingin enjoy mengamati detail motor dulu deh..Sekalian menyimak temen-temen media yang sudah khatam 2 lap test ride mengitari sirkuit Sentul..hehehe..

perbandingan dengan motor lain

test ride dimulai...!!

wusss..

Setelah semua sudah puas dan kenyang, barulah ane dan bro Rial bergantian mencoba The fastest Indian ini.

Okee..ane dapat Pulsar 220 warna biru, warna yang pada tahun 2008 menjadi flag color dari Pulsar 220. Ane daratkan pantat di atas jok bertingkat ini. As usual..ritual narsis ala blogger dilakukan duluuu…xixixixi..

mejeng..

take off..

difoto bro Rial

Dan..setelah mengucap Bismillahirahmaanirahim…ane mulai menggerakkan motor ke kiri dan ke kanan..Yah..itung-itung belajar swerving dan membiasakan diri dengan berat motor ini. Lhaa..kan bro Ben sudah 3x punya Pulsar selama 5 tahun terakhir..? Naagh ini dia, khan ane sudah 5 bulan tidak ber-Pulsar dan sehari-hari kalau tidak berbusway ya ber-Ninja 250..:mrgreen: Jadi ya sudah lupa-lupa ingat gethoo..

Tapi tunggu dulu..ketika tangan diletakkan di stang dan kaki kiri ane naikkan ke footstep serta side stand ane naikkan…ZAAAPPPPP…seolah memori yang tersimpan di otot-otot ane kembali di-recall dan segera menyesuaikan diri dengan riding position Pulsar 220 yang rasanya plug and play dengan Pulsar 200.

Ane tarik napas dalam-dalam sambil memejamkan mata sejenak…Hmmm..dalam hitungan detik jutaan image dan experience bersama Bajaj Pulsar memenuhi benak ane…dari mulai panik di jalan karena keran lupa dipindahkan ke posisi RES, touring Bayah bersama para founder Komunitas Pulsarian Indonesia, modifikasi Pulsar 180 yang gagal, touring Lampung bersama PRA PANSER, touring akbar ke Jogja dan Semarang hingga night riding tanpa tujuan yang sering ane lakukan segera melintasi benak ane..Seketika ane merinding dan hmmm…chemistry ini paling pas diwakili oleh hits Overture 1928 dan dilanjutkan dengan Strange De javu dari album “Scenes From A Memory” nya DREAM THEATER…hmmm..

Yes..!! Kopling ane lepas perlahan..throttle ane putar perlahan namun terus meningkat..Hoaaa..I feel it again..I feel it again..this time bigger..this time faster..begitu ucap ane dalam hati ketika merasakan akselerasi mesin SOHC 220 cc ini. Tentunya ane gak mau kena musibah “terbawa motor” seperti yang terjadi pada seorang test rider Ducati hari Minggu lalu, jadi ane urut saja lah pelan-pelan.

Lepas dari area pit stop barulah ane berani bertingkah..”Let’s go fast babe..!” Hey..ini sirkuit Sentul bro..mari sruntulan dan jor-joran riding skill..lupakan lampu sein..lupakan bebek jahil yang suka nongol mendadak dari gang..for this time..lupakan itu…! Karena tidak ada di sini.

Ane hafal benar..di gear 1 tipikal mesin Pulsar akan meraung di 10.000 RPM dan kecepatan akan mentok di 44 km/jam. Namun pada Pulsar 220..thresold speed untuk gear 1 bergeser naik sedikit ke 47 km/jam. Lumayaan..

Bejek lagi ke gear 2 dimana thresold top speed nya ada pada 65 km/jam. Pada Pulsar 220..meningkat menjadi 69 km/jam..ckckck..Dan lepas dari gear-2 ke gear-3, ane sudah tidak peduli dengan thresold tersebut. Karakter mesin Pulsar as usual mulai galak di 6000 RPM ke atas kembali ane rasakan di sini. dan this time..it’s getting wilder bro..!!

Selepas R2 ane mulai penasaran sama speed yang bisa dicapai. namun sayang..jarak dari R2 ke R3 kurang panjang..Jadi dalam kelokan R3 sampai R11 ane hanya sepenuhnya menjajal manuver motor.

Ada yang menarik di sini. Karena parameter riding post yang bagi ane sudah sangat mirip Pulsar 200, maka parameter lain yang lain akan terasa bedanya. Diantaranya adanya side wind alias angin samping yang jauh lebih membuat motor oleng, ini jelas karena Pulsar 220F menggunakan bikini fairing yang tentu saja menambah luas permukaan motor. Hal lainnya adalah karakter rem belakang yang sama sekali berbeda dengan Pulsar-Pulsar sebelumnya yang memakai tromol. Kaliper Bybre yang terpasang di Pulsar 220 membuat sudden brake dengan menggunakan rem belakang menjadi sangat menakutkan. Secara prinsip, yang ane baca di buku Sport Riding Technique karangan pak Rick Ienatsch menyebutkan bahwa rem belakang separah apapun dibejek, ndak boleh sampai mengunci ban..BAHAYA..!

Namun pada Pulsar 220, rupanya rem sangaat pakem bro..! sehingga ane hampir nyungsep masuk gravel di R6-R7..xixixii..

Di sirkuit Sentul ini ane tanpa ragu lagi memraktekkan teknik knee down..namun sayang..yang duluan menyentuh aspal waktu ane belok rebah ke kiri bukannya knee protector Fox, namun standar tengah duluan euy..hihihi..Sementara pada rebahan berikutnya ke kanan, tonjolan footstep kanan malah menyentuh aspal duluan..lhaa..kapan knee down nya yak..kok kalau pakai Ninja 250 malah ane bisa lancar knee down..? hehehe…

Lepas dari R11, ane teringat testimoni singkat Mr. Tiesto yang mengatakan bahwa ia sanggup mencapai speed 137 km/jam di track lurus depan tribun..

Hmm..ane penasaran dan ane coba..hasilnya..ane hanya dapat 132 km/jam saja..barangkali berat rider berpengaruh..? Tapi hasil tersebut cukup signifikan, mengingat sebelumnya dengan Pulsar 180 di MRTB (Multi Roller Test Bench) ane hanya dapat sekitar 121-131 km/jam saja, sedangkan pada Pulsar 200 bisa mencapai 131-141 km/jam. Tapi itu kan MRTB..gimana di sirkuit…? Sedangkan Pulsar 220 saja di sirkuit bisa menembus 132 km/jam, bagaimana di MRTB..?

2 lap ane lalui sudah..dengan jor-joran riding skill hasil ajaran berbagai suhu, dari mulai para sesepuh HSRT, PSRT, Instruktur Patwal hingga pak Jusri Pulubuhu..Yah..itung-itung latihan gratis di Sentul..:mrgreen:

So, dengan test ride di atas, ane dapat ambil beberapa ringkasan sebagai berikut:

Performa:

  • Mesin berasa beda dari p200, lebih responsif
  • As usual, aksel lambat di 5000 rpm ke bawah, setelah itu..mantaps
  • Rider dengan berat badan 105 kg bisa mencapai speed 132 km/jam di track lurus.
  • Ane bisa bilang performa overall di atas scorpio dan sedikit di bawah ninja 250..🙂

Penampilan:

  • Karena pakai bikini fairing, terlihat besar
  • Spion harus ganti neh..kurang gagah blass
  • Projector lamp..ajib
  • Material segitiga atas terlihat ringkih untuk yang bercat hitam..subjektif ini sih
  • Riding post mirip seperti Pulsar 200 banget

Plus:

  • Velg sudah berpemberat (balancer)
  • Kaliper rem depan belakang menggunakan Bybre, katanya turunannya Brembo..?
  • Finishing lebih rapih dari pulsar generasi sebelumnya
  • Projector lamp
  • Kelistrikan DC
  • “Nafas” mesin lebih panjang dari P200

Minus:

  • Jarak antara standar samping dan tengah terlalu rapat, agak sulit menjangkau standar samping
  • Rem belakang terlalu cepat mengunci. Not recommended untuk sudden braking.

Demikian hasil test ride sementara..selanjutnya ane lanjut kalau sudah beli yaa…:mrgreen:

bonus...:mrgreen:


Aksi

Information

60 responses

9 03 2011
aiefz

Pertamax om ben

9 03 2011
Kodokz jambanz

Keduax kah ?

9 03 2011
firza

mantaaap

9 03 2011
SkyrideR

Pingin.. yg paling bawah..

9 03 2011
Kodokz jambanz

Jd cm Beda kecepatanx aj

9 03 2011
kurniaprorider

Bore up P180 ajah!

9 03 2011
ksatria_kambing

ahay mantab repiuwnya ben

9 03 2011
aiefz

Wah keren euy klo begitu…
D coba impresi sambil mboncengin c mbaknya jga gak?:mrgreen:

9 03 2011
ifan

Nice…
Salam buat rial ditunggu di bengkel yanto…

9 03 2011
willykk

choekhoep shatoe khata.. mhoeanthepshhh😯😳

(review yg lengkap & jelas dari seorank yg poenya tu motor)

9 03 2011
Ventola

Ben ijin save as pic bonus nya….mantaff…

9 03 2011
cnatz_cnutz

Ben thanks bonusnya…..slurp…

9 03 2011
aldi

wah.. kyknya jadi beli nih bro? hehehehe..

9 03 2011
saflis

Ben.. thanks juga bonusnya xixixixii

9 03 2011
tigerpiceks

tiger bukannya udah cakram ganda… om benn?? :hammer:

9 03 2011
bintang

top speed rider lain dpt berapa mas?

9 03 2011
bennythegreat

paling max 137 kpj bro..

9 03 2011
tirta

hanya 1 kata : MUANNNNNNNNNNNNNNNNNNNTABBBBBBBBBBBBBBBBBBBB

9 03 2011
jahe

sebenarnya mau nitip aksi kaya di iklan P220 ini tp ya sudah lah nunggu ntar aja pas udah dikandangin😀

http://remcakram.wordpress.com/2011/03/08/bajaj-pulsar-220-iklan-tv-the-dancing-motorcycles-mantab/

9 03 2011
extraordinaryperson

pulsar emang mengerti konsumen

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

9 03 2011
gunawanspurs

perbandingannya jadoelz tuh, Tiger nya msh Tiger 2000 yg belum cakram front-rear, xixixixi …..

Overall, bwt harga segitu, terhitung sangat worth it ya bro Benny ? Klo masalah look sih subyektif & kekurangan2 kecil bisa lah diakali.

9 03 2011
dpouwel

itu torsinya berapa ya bro? ga jelas

9 03 2011
bennythegreat

torsi P220 = 19 Nm

9 03 2011
banzai

mantap artikelnya! tengkiu buat bonusnya ya🙂

9 03 2011
blognyamitra

Ngetestnya cuman 2 lap aja bro ???

9 03 2011
Tino

keren headlamp projectornya, cuma sayang fairingnya tanggung..mending naked / full skalian..

9 03 2011
Mr_Long'S

bonus ny mengingatkan long’s akan memori lama
yupz Sailor moon😀

9 03 2011
ivanka

Ben, maksudnya velg berpemberat bagaimana?
ada balancer atau velgnya lebih berat :p

9 03 2011
Satadal Payeng

So Benny the Great gets to test ride the Pulsar 220..!!

9 03 2011
Torry Parantoro

mungkin ada yang tau, apakah ada perbedaan gir ratio pada girboks P220 dibandingkan P200 ya ? (bukan sprocket ratio ya) … kayaknya beda.

9 03 2011
MAZMAN

jadi pengen nyoba ..haha:mrgreen:

9 03 2011
f41z

straight line sentul
ninja 250 160kpj
CBR 250 152 kpj
P220 137kpj

not bad at all…
naek podium ke 3

9 03 2011
Rancho

LUAR BIASA !!

9 03 2011
Torry Parantoro

harusnya Chris JAR atau Kang Gading bisa menjelaskan soal girboks ini…

9 03 2011
beranda

kayaknya bang ben jadi beli nih, number one is back !!!

9 03 2011
bennythegreat

yaaa..kalo ndak jadi beli..mengharap hibah dari BAI saja deeegh….xixixixi

*ngarep.deh*

9 03 2011
Prittt!!!

thx buat foto bonusnya:mrgreen:
pasti joknya hangat.. hehehe:mrgreen:

Oya Om Ben.. bisa tolong tanyai ngk pada pihak BAI gimana nasib pengguna pulsar 200 yang harga bekasnya makin hancur… Apakah ada tanggung jawab moral dari pihak BAI.

9 03 2011
gunawanspurs

Kenapa sih pada pusing dgn resale value dari Pulsar yg tertekan oleh kehadiran tipe baru dgn harga yg sangat terjangkau ? Kalaupun harga 2nd nya turun, tentu dikompensasi dgn harga baru tipe terbaru tsb yg jg sangat terjangkau. Kan sama saja, harga baru rendah — harga resale turun, harga baru tinggi —- harga resale tetap. It’s just a zero sum game anyway you choose.

KECUALI kalau pola fikirnya hendak BERALIH ke merk selain Bajaj, yg keluaran terbarunya biasanya selalu kena demam inflasi (tidak jelas), baru pantas mengeluh, dan tentu saja BAI TIDAK PERDULI dgn konsumen yg dia tidak bisa retain loyalty nya. I present you a cheap P220 as an upgrade choice, it’s my way or the highway, LOL.

Kalo puyeng krn mesti jual motor sbg likuidasi aset, well, that’s the fact of living, mau invest beli emas atau tanah bukan motor, dan utk minimalisasi resiko jatuhnya nilai aset bergerak spt motor, jgn beli merk non Jepun spt BAJAJ ini lah yauww, yg bahkan beli merk Jepun bukan jaminan pulakk resale value pasti tinggi …

Kemarin NMP nongol dgn harga lebih murah DAN motor berfitur & kemampuan lebih baik dibanding pendahulunya, gak ada yg pada ribut spt ini, xixixixixi …

10 03 2011
fazri.993

izin copas bro gunawan….penjelasan dan tata bahasanya menarik euuuy…

9 03 2011
hadiyanta

mas itu setang jepit dan shock depan persis punya UG4 milik saya kan? Alias setang jepit, jd lbh mirip UG4 lah riding positionnya. lbh nunduk dari p200.

9 03 2011
bennythegreat

UG4 sama P200 sami mawon mas riding position nya..🙂

10 03 2011
Diposedicigp8

tergantung le numpak😀 xixixi

9 03 2011
gunawanspurs

P200 dgn raiser atau sudah ganti setang baru beda riding positionnya kang, klo orisinal P200 kan setang nya rendah walaupun bukan model setang jepit.

9 03 2011
kamtam

Mas ben, blok mesin bawahnya kayaknya ganti ya? Ganti gearnya udah lebih smooth kaya P135 belom? Soalnya Pulsar nyang lama termasuk punya ane kan nyebelin kadang2 ganti giginya,,

9 03 2011
Ariel

Bang Ben…. Bisa dijelasin ga nih maksud kalimat:

“Jarak antara standar belakang dan tengah terlalu rapat, agak sulit menjangkau standar samping”

Koq kesannya ni mongtor ada 3 macem ya standarnya???
Belakang – Tengah – Samping :hammer: :mrgreen:

9 03 2011
bennythegreat

Harusnya begini:

“Jarak antara standar samping dan tengah terlalu rapat, agak sulit menjangkau standar samping”

Trims koreksinya..

9 03 2011
Riza

Bang Ben,
kalo boleh komen apa betul riding posisition antara p220 sama dengan p200?
karena p200 pake reguler handle bar dan p220 pake clip on handle bar
Biasanya clip on handle bar lebih nyaman karena sudutnya lebih besar dari yang biasa.

9 03 2011
Tulus_Budi

Lengkap dan mantabs review dari bro Benny….. 18,6 sangat worthed, (ga jadi beli NMP ahh… PZZ0 ajah….)

9 03 2011
mr. kelly

dulu gue juga pake pulsar 180 dan puas banget. jadi penasaran nih, harganya value banget, maju terus bajaj!

9 03 2011
masdiisya

t o p…bro

9 03 2011
uDien D'kab 234

top speednya = om topik tuch ….

btw:
disamping rider, om ben juga seorang novelis realistis ya …. xixixixi
asyik reviewnya om….

9 03 2011
bennythegreat

Wah..novelis realistis..apaan tuh bro?
Masih nubi nih

9 03 2011
uDien D'kab 234

xixixi
itu mah istilah sayah om
novelis kan biasanya mengarang kisah fiksi (walau kadang diambil dari kisah nyata)

nah kalau om ben mengisahkan yang sebenarnya dalam artian fakta real di lapangan …. tapi dengan tutur bahasa yang enak ….. enak dibaca tentunya ….

* sorry kalau tidak berkenan ….:mrgreen:

9 03 2011
bennythegreat

Walaah..ini ilmu baru..
Maturnuwun sanget mas bro..

9 03 2011
hyde

ga adil masa teknologi cuma 2 busi sih
trus macam radiator, injeksi, deltabox, monoshock kemana

9 03 2011
Traveller
9 03 2011
arahd

…wah mantabs pisan p220 birunya,, klo om benny nya…???? (he2xxx Pissss…)

9 03 2011
Vickytrack

Ada bocoran ttg KTM DUKE 200 gak bang Ben ?tolong infonya ..

9 03 2011
Sansiro

Beuh pict bonus’y ajib bang.. .
Wkwkkwk…

10 03 2011
warung DOHC

aku cuma dapet 130kpj kang! *tapi first nyentul, dan itu pun first lap, jadi lumayan lagh😀 coba kalo diperbolehkan 10 lap pasti 135-140 kpj tembus :mrgreen:

http://azizyhoree.wordpress.com/2011/03/09/test-ride-pulsar-220-sentul-circuit-1/#comment-6724 (update menyusul) 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: