Lunar Perigee, Bulan Tampak Dekat di 20 Maret 2011

20 03 2011

Fenomena luar angkasa yang langka, dimana bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Menurut berita dari NASA di sini, bulan berada lebih dekat 50.000 km dari biasanya dan mengakibatkan bulan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang.

Tidak ada bencana yang diakibatkan oleh adanya lunar perigee ini, air laut naik namun masih dalam batas kewajaran. Kejadian yang hanya terulang 18 tahun sekali ini layak diabadikan. Dari posisi ane di Jakarta, yang notabene terletak di khatulistiwa, penampakan sang bulan terlihat seperti pada foto di bawah ini.

penampakan bulan tertutup awan

penampakan bulan tanpa awan

Sekedar share parameter fotografinya, ane yang masih belajar fotografi ini menggunakan Sony Alpha 330 dengan lensa 55-200 SAM.

parameter fotografi


Aksi

Information

7 responses

20 03 2011
Maskur

barusan keluar rumah
kok ukurannya biasa aja yah

20 03 2011
akhi jun

ukuran paling guede katanya sih pas jam 02.00 mas bro, cmiiw
liat jam segini mungkin ya udh balik menjauh alias normal lg.. hehe

20 03 2011
Triyanto Banyumasan

ga ngeliat malah, lupa je … milih turu🙂

20 03 2011
zulkarnain d.h. Adul

nice share … di kebunku enggak bisa lihat, hujan deras semalaman.
nyok kita adu duo CBR http://motoradul.wordpress.com/2011/03/20/adu-popularitas-cbr-250r-vs-cbr-150r/

20 03 2011
20 03 2011
yukiko

waaaah….
Ehem…
koran koran…
Berita terbaru…
http://detik.com/read/2011/03/20/142402/1596761/10/simpan-40-kg-sabu-bengkel-motor-yamaha-di-tangerang-digerebek?nhl
*kaboooor sebelum di grebeg FBY

20 03 2011
Rizqibe

Nah kalau teorinya hanya 14% lebih besar, kenapa banyak foto yang memperlihatkan gambar bulan hingga 3 kali lebih besar dari ukuran biasanya. Gakcuman di luar negeri, tapi di Indonesia(Ambon & Bali) juga ada foto bulan yang gede banget(lihat di forum terbesar Indonesia), Kayaknya foto-foto disana agak berbau Hoax tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: