RSA & YVC Cikarang Goes To SMK 2 Cikarang, Berbagi Ilmu Santun Berkendara

28 03 2011

gerbang SMK 2 Cikarang

Setelah malam Sabtu berjibaku di halaman dealer AHM Tebet, esoknya ane bersama kawan-kawan memenuhi undangan kawan-kawan Yamaha Vixion Club (YVC) chapter Cikarang untuk mengisi diskusi interaktif di SMK 2 Cikarang.

Begitu tiba di lokasi, setelah bersalaman dengan pihak sekolah dan kawan-kawan dari YVC Cikarang, ane langsung ke depan sekolah untuk “mengisi bahan bakar” berupa3 kaleng Susu Beruang..hehehe. Disinilah kenyamanan ane terusik melihat tidak adanya fasilitas zebra cross maupun rambu Zona Aman Sekolah di jalan raya depan SMK 2 Cikarang. Ini menyebabkan proses menyeberang menjadi terhambat, terlebih pengendara motor dan mobil sangat kencang turut mempertinggi resiko tertabrak dan terserempet.

menyeberang ke SMK, susah dan berbahaya

Ternyata fakta mengerikan terjadi di SMK 2 Cikarang, Bu Dewi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan mengungkapkan fakta bahwa pada tahun 2010 lalu, 3 siswa sekolah harus meregang nyawa karena kecelakaan motor. Ada yang meninggal mengenaskan karena ditabrak motor yang melaju kencang, dan ada pula yang anggota tubuhnya harus tercerai berai karena motor yang dikendarainya bertabrakan dengan mobil berlawanan arah. Pada tahun-tahun sebelumnya, kasus kematian siswa akibat kendaraan motor mulai merebak.

Bu Dewi

melawan ganasnya racun promosi dealer

Tahun 2009, 2 siswa meninggal akibat kecelakaan motor, dan bu Dewi sampai tidak ingat berapa kali siswa harus berhenti sekolah karena orang tua dan walinya meninggal dunia akibat kecelakaan bermotor. Fakta-fakta ini sangat mengejutkan!

Acara YVC Cikarang ini disponsori oleh dealer Yamaha Agung Perkasa Cikarang. Pada sambutannya, perwakilan dealer Cikarang memberikan pernyataan bahwa dealer Agung Perkasa siap membantu kegiatan siswa-siswi SMK 2 Cikarang dan tak lupa berpromosi bahwa jika ingin membeli motor..silakan datang ke dealer Yamaha Agung Perkasa, karena ada diskon, demikian ungkap perwakilan dealer yang ane malas ingat namanya.

peragaan aman berkendara bersama kawan-kawan YVC Cikarang

Namun, pihak dealer seolah tidak peduli bahwa untuk mengendarai motor, seseorang harus cukup matang secara fisik dan mental.  Perwakilan dealer terus saja berpromosi, namun ketika ane tanyakan “Siapa di sini yang sudah memiliki SIM?” hanya 2 orang yang mengacungkan tangannya. Demikian pula ketika ane menanyakan umur mereka, rata-rata mereka berusia antara 15 sampai 16 tahun, sebuah usia yang rawan jika diberikan kesempatan untuk mengendarai sebuah motor. Ini tentunya bukan cara yang etis untuk berpromosi. Input dari ane, semoga pihak dealer dapat memperbaiki metode promosinya.

Pantang menyerah melawan bujuk rayu promosi, ane dan kawan-kawan mencoba menyajikan fakta dan pengetahuan kepada adik-adik SMK ini. Bro Yudhie (Suzuki 2 Wheels) menyajikan peragaan menarik dengan menjejakkan ban motor di atas sebuah kertas, lantas menunjukkan luas bidang sentuh ban motor tersebut yang tak lebih luas dari sebuah kork api gas. “pada saat naik motor, nyawa kalian bergantung pada luas permukaan ban motor ini” demikian tukas bro Yudhie yang disambut oleh keheningan para siswa.

Tak hanya itu, ane turut menceritakan pengalaman kecelakaan yang ane alami karena sok bisa naik motor ketika SMU yang disambut oleh tawa riang para siswa. Materi yang disajikan pun hampir mirip dengan kopdarling sebelumnya, hanya saja memang didesain agar lebih mudah dicerna oleh para siswa.

Bro Dito dari Divisi Kegiatan tak lupa menyajikan pentingnya memeriksa kondisi motor dengan metode T-CLOCS (Tires, Control, Lights, Oil, Chassis, Stand) sebelum berkendara. Dan dengan antusias, para siswa yang sebagian adalah remaja putri ini maju ke depan untuk melihat peragaan bro Dito dengan lebih jelas.

Selesai dengan acara indoor, pada pukul 11.00, para siswa diajak ke lapangan sekolah untuk melakukan peragaan aman berkendara dari kawan YVC Cikarang. Sebelumnya 2 orang peraga dari YVC Cikarang memberi contoh persiapan berkendara, lantas diikuti oleh 2 orang siswa dengan Yamaha Lexam dan Jupiter. Kawan-kawan dari YVC Cikarang ane acungi jempol ketika berkata “Ayo terapkan ilmu yang tadi disebutkan” dan serta merta mereka melarang siswa lang langsung menaiki motor tanpa helm dan sarung tangan. Salut..!

Menanggapi kegiatan promosi ATPM motor, racun promosi sepeda motor memang sangat gencar merasuki salah satunya hingga ke dalam sekolah. Bahkan dalam beberapa kasus,  mereka tak segan mengajak siswa yang belum cukup usia untuk mencoba motor..! Mereka benar-benar tidak peduli apakah konsumen cukup umur dan matang secara fisik dan mental. Yang penting barang dagangan mereka laris manis, tak peduli apakah motor tersebut dapat menjadi kendaraan bagi konsumennya menuju alam baka.

Semoga kita dapat mencegah adik-adik kita yang belum cukup umur untuk tidak termakan rayuan iklan dan bujuk rayu dealer sepeda motor. Mengendarai motor akan indah pada waktunya jika fisik dan mental telah mendukung, demikian pula ketika seseorang telah memahami Rules, memiliki Skill dan Attitude berkendara yang cukup.

segitiga RSA

Oh iya, sekedar mengingatkan, ini adalah artikel dari ane pribadi dan tidak dibuat atas nama pihak RSA.


Aksi

Information

18 responses

28 03 2011
Jack

PertamaxKah?????

28 03 2011
Jack

Wuaha….. SenangNya…..

28 03 2011
Jack

ArtikelNya mantab oM…
Aku jdi inget anak sulungku(2smp)
merengek minta fu…. Hwaduh…. Dlm hati gbakalan tak beliin…..

28 03 2011
vrz_evolution

pengen gabung rsa..
-,-“

28 03 2011
extraordinaryperson

keren bro….sosialisasi safety riding sejak dini

28 03 2011
Redis1945

“dan dengan antusias, para siswa yang sebagian besar adalah remaja putri ini. *cut”

Anak sekolahan lakinya pada kemana oom? Padahal sebagian besar yang jadi oknum jalanan ya ababil seumuran gitu om.

28 03 2011
joetrizilo

lanjut…

28 03 2011
umarabuihsan

Cara yg sama diterapkan di perusahaan saya, setiap ada meeting, pasti ada safety moment 5 menit. Yang saya rasakan pada diri saya sendiri saya mulai berubah dari cara ‘koboi’ ke cara yg lebih safety. Minimal kita tau, kita sedang bertindak tidak aman, karena banyak yg bertindak tidak aman, tidak tau atau tidak menyadari bahwa dirinya bertindak tidak aman, bagi dirinya maupun orang laen.

28 03 2011
snalpot99

kok ndak ngobrol2 om, itu deket karo gubukku.. Nek taukan bisa ikutan..

28 03 2011
bennythegreat

walah..aku ndak tau oom..tenang saja, nanti juga bakal ada acara lagi di sekitaran situ..

28 03 2011
Shark

ditunggu…bro…komentator cikarang siap mendukung…

28 03 2011
28 03 2011
vixionr15

Saya udah punya SIM loh om benny, oh ya kapan main ke sekolah saya di SMAN 2 Bogor ? Habis diskusi kan bisa main ke rumah kang taufik tuh, deket bgt soalnya🙂

http://vixionr15.wordpress.com/2011/03/28/dolanan-ke-showroom-moge-di-pajajaran-bogor/

28 03 2011
28 03 2011
Iksa

Sukses dengan sosialisasinya …
Dealernya perlu ditata lagi tuh …

29 03 2011
oneh

good artikel om,.,.,.,.,

29 03 2011
satriyabisniss

Numpang promo ya gan..:D

LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU

Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. Lebih Jelasnya kirimkan Nama LENGKAP & EMAIL ANDA.

Buka Blog>> “SATRIYABISNISS”

30 03 2011
kmphlynx

semoga semua sekolah di indonesia bisa dapat pelatihan seperti itu
POLRI divisi lantas, mana..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: