Ini Dia, Informasi Seputar Pembocoran Otomotif…!!

31 03 2011

sumber: politikana.com

Suara mendesis itu terus menerus keluar dari bagian belakang motor, padahal mesin dan kelistrikan  dalam keadaan mati. Kegiatan cimot sehabis menerabas hujan tetap ane lanjutkan, namun ketika air sabun Kit ane siramkan ke bagian ban..Waduh..kenapa ada gelembung..?

Ndak taunya terdapat sebuah logam yang menancap di bagian dalam thread ban Battlax BT45 150/70 ane. Hmmm…mulai deh hitung-hitungan..sebelum sampai rumah sempat mengisi angin di pom bensin Shell sebesar 34 psi (pound per square inch), dengan hitungan kasar debit udara yang keluar gara-para logam brengsek ini sebesar 1 psi per jam, maka jika ane tinggal tidur selama 8 jam malam ini, besok masih ada sekitar 26 psi. Hmmm..cukup untuk membawa Ironhide ke tukang tambal ban dekat rumah esok pagi sebelum berangkat kerja. Lho..kok gak malam ini aja? Diluar hujan deras euy..mana habis cimot..Masa motor udah bersih harus kena becyek lagi..??

Pagi ini ane sempatkan mampir di tukang tambal ban langganan ane yang letaknya di jalan kompleks. Ada alasan khusus kenapa ane pilih tukang tambal ban ini. Pertama, si Bapak orangnya ramah dan gak setengah-setengah memperbaiki ban. Kedua, tukang tambal ban di jalan besar sering ramai dan kerjanya belum tentu fokus. Ketiga, yah karena udah 3 kali lebih pompa dan tambal ban di situ.

Begitu motor ditaruh, si Bapak langsung tahu kalau ban belakang kurang angin. “Kena paku ya mas..?” katanya sambil terkekeh. tanpa basa-basi ia langsung mencabut logam asing yang menancap itu..dan ini dia barangnya. Ini jelas namanya PEMBOCORAN OTOMOTIF…!!

potongan ujung paku

Rupanya logam tersebut adalah paku yang dipotong sekitar 1 cm dari ujung tajamnya. Dan jelaaass…ini adalah perbuatan yang disengaja ooleh oknum-oknum tertentu…!!

Selagi mengerjakan tambalan, Pak Ujang, tukang tambal ban tersebut mengatakan bahwa memang benar banyak tukang tambal ban yang sering menyebar paku semacam ini. Waktu dinihari menjadi pilihan mereka. Tak hanya pinggiran jalan, paku-paku tajam itu bahkan kerap disebar hingga ke tengah jalan, tentunya beberapa meter sebelum lokasi tambal ban mereka, dengan harapan, korban yang terjebak akan mampir untuk membetulkan ban yang bocor kena paku.

mulai ditambal

Tak hanya paku, rupanya potongan kerangka payung juga menjadi “alat marketing” tukang tambal ban jahat ini. Kerangka payung ditekuk dan cukup disebarkan di jalan, nantinya jika terlindas, maka rangka tersebut akan menancap dan perlahan mengoyak ban sampai bocor.

Sandal, ban dalam hingga potongan kain juga perlu diwaspadai. Pernah gak ente lihat sandal di tengah jalan? Apakah iya begitu banyak orang yang menjatuhkan sandal tanpa sengaja di tengah jalan? Waspadalah bung..ada logam-logam tajam yang siap melukai ban kendaraan ente..!!

Cara lain yang tak kalah jahatnya adalah dengan merusak perkerasan jalan, lalu menempatkan berbagai logam tajam di dalamnya. So, berhati-hatilah jika menemukan lubang yang tidak terlalu dalam namun seperti tertutup pasir, bisa jadi di dalamnya terdapat paku dan kawan-kawannya. Cara yang super jahat ini tak hanya merusak ban, tapi akan perlahan-lahan akan membuat jalan rusak.

Rute jalan yang patut diwaspadai dan kerap menjadi “area marketing” tukang tambal ban jahat ini antara lain Jl. Gatot Subroto dari mulai Plaza Semanggi, Jl. Casablanca, Kalimalang, Perintis Kemerdekaan dan Jl. Pemuda, itu baru yang diketahui oleh Pak Ujang, bisa jadi banyak jalan lain yang ternyata juga menjadi “area marketing” para tukang tambal ban jahat dalam mencari mangsa.

15 menit + ngobrol...selesai..

Usai menambal ban dan mengorek informasi, ane segera membayar ongkos tambal. Cukup Rp 7500 saja..tentunya ane lebihkan sekian rupiah atas informasi berharga yang ane dapatkan. Perjalanan selanjutnya membuat ane lebih waspada dalam memilih rute dan memperhatikan jalan.

Tentunya tidak semua tukang tambal ban jahat, seperti di artikel ane sebelumnya. Pak Ujang ane nilai termasuk orang yang supel dan apa adanya, hanya saja sangat disayangkan, oknum-oknum jahat tersebut harus merusak citra tukang tambal ban sebagai profesi yang banyak dibutuhkan orang.


Aksi

Information

31 responses

31 03 2011
#99 bro

Ngakak aku ben…

Sing bodo sing nambal po sing masang tulisan..?

31 03 2011
Triyanto Banyumasan

ini bukan berarti Pak Ujang membocorkan rahasia pribadi kan Bro..🙂

31 03 2011
bennythegreat

wah, kalopun pa ujang bikin ulah kayaknya juga percuma bro..jalan kompleks gitu, bisa ketahuan dia. ane sih positive thinking aja ke beliau.

31 03 2011
Triyanto Banyumasan

Soale pas aku nambel ban si tukang tambel juga nuduh tukang tambel ban yang lain yang nyebar paku, ternyata sesama tukang tambel ban saling menjatuhkan… ik..ik.. jadi lucu, tapi positif thinking lebih baik dari pada nuduh tanpa bukti … bisa di lempar paku😀

31 03 2011
bayu

cari duit buat makan tapi pake cara yang keji gitu apa jadi daging ya?

31 03 2011
dnugros

disinyalir pak ujang mantan agen KGB bagian intelejen penyebar paku jalan, makanya dia tahu betul letak dearah mana yang harus diwaspadai😀.

2 04 2011
Stevan

Wkwkwk… Situ rekanannya juga ya, kok tau.. Hehehee..
Piss ^_^ v

31 03 2011
ridertua

bocor alusss…judule menjebak:mrgreen:

31 03 2011
yudibatang

hhhmmm…. dikota kecil juga ada tukang tambal ban aliran hitam..

http://yudibatang.wordpress.com/2011/03/31/kisah-siberewok-yang-meludahi-polisi/

31 03 2011
Rancho

di cirebon tarif per-tambal adalah 10.000 rupiah.
lho koq murah jakarta ?!

31 03 2011
kang_ulid

hati-hati… agen CIA, KGB, M-16 mulai merebak dijalanan… wkwkwkwk

nitip kang
http://jheren.wordpress.com/2011/03/31/produk-review-9-kekuatan-apa-kekuatan-9-ya/

31 03 2011
willy

naek motor di jakarta sekarang makin ga nyaman..
1. banyak ranjau paku siap menghancurkan ban, membuat stress
2. banyak polisi rakus & tamak siap menguras isi dompet anda
polisi = pemeras😡

naik transportasi umum juga ga begitu aman
1. buskota (kopaja, metromini, dll) yg makin banyak rampok, tukang todong, jambret/maling dll
2. buswae yg hampir selalu penuh berdesakan apalagi jika jam2 sibuk..

jakarta makin ga nyaman..

31 03 2011
mario

haduh…cari duit mbok yo sing halal….

31 03 2011
umarabuihsan

kalau gak kaya gitu…berapa ya pendapatan mereka sehari…jakarta…jakarta…keras nian hidup di wilayahmu

http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/03/31/kajian-biker-dajjal-manusia-tulen-dah-ada-di-sebuah-pulau/

31 03 2011
joe trizilo

Mas Benny…. saya tahu alasan sebenarnya kenapa sampean lebih memilih Pak Budi yang nambal daripada tambal ban yang di pinggir jalan…..
Setelah saya analisa secara seksama dan selama-lamanya serta mendalam lebih dalam dan dalam lagi, saya menemukan alasan tersembunyi dari sampeyan kenapa kali ini masih memilih Pak Budi yang menambal ban, yaitu masalah bonus… tambal 3 kali bonus 1 kali…… Ini kutipan asli kalimat anda “karena udah 3 kali lebih pompa dan tambal ban di situ.”…. jadi sudah jelas bukan soal yang lain tapi soal bonus…………:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

31 03 2011
bennythegreat

lho..kan saya tambal ban di pak ujang, bukan di pak budi…xixixixi

31 03 2011
joetrizilo

wah ternyata analisa saya masih salah data…. xixixixixi….

31 03 2011
GeraltOfRivia

wah 7500????
aku kena 20rb nambal ban tubeless😦

31 03 2011
Abu Tanisha

isi dengan rhino tire donk mas ben….sayang tuh ban bagus banyak tambalannya…

31 03 2011
asmarantaka

wah nambalnya aja di spesialis ban..bner2 kaya tenan Om benny ki:mrgreen:

31 03 2011
extraordinaryperson

logam apaan tuh

31 03 2011
Virus

hm…klo dianalisa…sebener nya ada cara mngurangi pendapatan tambal ban aliran hitam ini…di artikel kan disebutkan mereka (tmbal ban aliran sesat) menyebarkan paku beberapa meter sblm bengkel mereka dengan harapan yg kena paku normal (paku yg gak normal itu ad bolongan di tengah ny) mau gak mau singgah ke bengkel mereka…nah dengan memakai ban tubeless maka ban pun masih dapat bertahan, otomatis yg jadi korban gak singgah ke bengkel mereka tpi singgah ke bengkel lain…pendapatan aliran sesat pun menurun…
tpi klo kena paku yg gak normal alias ada bolongan di tengah nya ban sih gak bs bertahan bahkan langsung kempis ngocor anginnya, tetapi dapat pula di pastikan ulah bengkel terdekat…coz paku abnormal ya gk mungkin ad dijalanan klo gak di buat dengan sengaja…

31 03 2011
1 04 2011
goyobod

“.. ane segera membayar ongkos tambal. Cukup Rp 7500 saja..tentunya ane lebihkan sekian rupiah atas informasi berharga yang ane dapatkan”.
===============================================
Disinyalir ente ngasih Rp 10000, biar kembaliannya buat si bapak TB (tambal ban).😀

1 04 2011
bennythegreat

ane malah lupa ngasih berapa…xixixixi

1 04 2011
punic

Rp 8.000,- kayaknya…:mrgreen::mrgreen:

1 04 2011
DJ Yankuro

lah…napa ga pake cara murahan gan? bermodal lem gila (power glue) ?????????

1 04 2011
gerorogunso

sayang banget tuh serat karet BT45-nya dikoyak buat lem tubles, padahal lobang bekas pakunya kan kecil… tinggal cabut sndiri pakunya trus kasih lem powerglue, gak ngerusak serat bannya gan…

-sekadar tips sok tau:mrgreen:

2 04 2011
Alif

Terima kasih infonya

2 04 2011
2 04 2011
gogo

bahaya tuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: