
Suzuki Hayate
Sebenarnya sudah sejak Skywave diluncurkan dan ane melihat sendiri bahwa matic terbitan Suzuki ini memiliki price over value yang mantab dengan fitur dan keunggulannya yang di atas matic lainnya yang berada dalam rentang harga yang mirip.
Dan sekarang, setelah Hayate, sang penerus Skywave dengan fitur mesin 125 cc, double shockbreaker dan jok yang luas diluncurkan, menurut ane matic ini sangat layak ditebus dengan harga 14.3 juta OTR.
Apa sih alasan yang mendasari Hayate dibilang bagus?
Pertamax…bahas harga dulu..Dengan 14.3 juta, Hayate terbilang jauh lebih murah dari matic sekelasnya seperti Yamaha Xeon yang berharga Rp 15.6 juta dan Honda Vario CBS Techno yang berharga Rp 14.9 juta.
Keduax…bahas fitur deeh..Dengan harga yang lebih murah dari kompetitornya, ente akan mendapatkan fitur-fitur yang tidak ditemukan pada matic di kelasnya, seperti dual shockbreaker belakang yang menjamin kestabilan lebih, bagasi super luas, body yang lebih gambot dan tentunya..mesin 125 cc yang bertenaga lumayan. Yah, kalau urusan hemat BBM, kalau cuma beda sedikit tapi dapat tenaga lebih, Hayate bakal jadi pilihan tepat.
Ketigax…Penampilannya euy. Body gambot, cocok untuk mereka yang berbadan beruang, ditambah lagi lampu belakangnya unik, gak seperti matic lain yang bentuknya itu-itu saja. Sekilas melihat Skywave ane jadi ingat Sanex Hussar yang sudah tidak beredar lagi.

bagasi luasss

helm open face masuk..
So, dengan alasan di atas, jika Hayate coba divaluasi, maka matic ini sangat worthed untuk dimiliki untuk keperluan komuter harian.
Karakter value motor ini yang barangkali sifatnya “intangible” alias gak terukur secara kuantitatif, sangat mirip dengan Bajaj Pulsar 180 DTS-i yang menawarkan fitur-fitur lebih dengan harga yang lebih murah.
Menurut hemat ane pula, pencitraan matic ini dengan selebbola Irfan Bachdim sebenarnya gak mutlak diperlukan. Andai saja Suzuki mau merangkul komunitas matic Suzuki atau membentuk komunitas Hayate, maka tanpa perlu promosi yang megah pun sebenarnya Hayate ini bakal laku, pastinya buat mereka yang sudah paham parameter price over value tadi. Daripada beli motor bebek, lebih baik beli Hayate saja, bukan begitu..hehehe
Bagaimana menurut bro n sist sekalian?
O…. Gitu ben…
Lo ambil atu dong…
pikir-pikir dulu.. 🙂
podium
dgn harga sgtu, drpd matic ato bebek, ane pilih pulsar 135
sama
ah dodol, gw kecepetan beli skywave 6 bulan..
hayate mirip xeon lampu depannya.. yg mirip juga ama skydrive.. tapi lampu belakang gaya baru..
jadi pengen modif skywave gw jadi hayate.. hehe..
saia juga naksir hayate… hehe… joknya lebar ga kuku… cocok buat yg bokongnya semok, wkkkk…
matic mulu…sportnya mana ya hehe suzuki..suzuki..
Skywave emang mantap .. Bagasi segede gaban ,, nyaman dipake buat ane yang beratnya nyampe 80kg hehe .. Tapi borosnya ituu,,ga nahan
Apalagi kalo musti isi pertamax dengan harga sekarang «ː̗̀(*)ː̖́C άpέ ϑέђː̗̀(*)ː̖́»
kalo omong boros,smua matic mang boros,d banding matic yg laen suzuki lebih irit dgn mesin 125cc,gak percaya……..????
ane dah pernah tes sm vario pas lg jln kluar kota yg katenye irit,ternyata msh lebih irit suzuki SW ane,weh…weh….ternyata iklan nya doang yg omong irit
Setuju… ane juga ngalami waktu istri punya Beat.. katanya irit sampe 1L 73 KM.. !!!BOHONG BESAAAAR….. mana rewel pula motornya!!! so HONDA mang penipu… skarang istri pake SkyDrive.. nyaman banget2.. antep n BBM nya juga ga boros2 banget..
Price over valuenya mantap. Gedhe juga n mantap ga kayak bebek buat yg berbadan gd jd ga seperti beruang sirkus naik sepeda
namanya kayak tokoh ninja…kakashi hayate (oot mode on)
bebex moeloe djadi qurban hicks2 😳
biasa aja tuwh hayate masi bagusan onta soepra x 125 😆
Ketigax…Penampilannya euy.
Body gambot, cocok untuk
mereka yang berbadan beruang,
=====
Pantesan juragan warungx suka xixixi…..peaceee…
Lebih gaya pakai hayate daripada pakai Xeon… Orang Xeon sama vario aja masih kerenan vario… Cuma menang cc aja tuh soalnya…
matic bagus dan jelas bukan bebek Gan
tapi terlanjur ambil skydrive je, tuker tambah apa ya..
apaaaa…! Kang benny bhas matic…!? Amazing!
Menurut saya Hayate (Hyt) merupakan spek-down dari Skywave (SW)
Faktor Body
1. rem depan yang tadinya double piston (pada SW) diubah menjadi single piston (pada Hyt). Saat event promo launching Hyt oleh Irfan Bachdim dari Suzuki Sunter muter2 jakarta dan berakhir di Lapiaza – Gading, 3 orang test rider Hyt dari Skydrive Community mengalami kecelakaan ringan, gara2 kurang berhasil melakukan pengereman pada saat mengerem dengan rem depan.
2. Ruang dek depan Hyt lebih sempit dibandingkan SW. Beberapa rekan SOC yang turut berpartisipasi dalam promo launching Hyt, dengkulnya mentok saat duduk. Mungkin ini terkait dengan perubahan wheelbase Hyt yang lebih pendek (1920 mm), turun 10 mm dibandingkan SW yang wheelbasenya lebih panjang (1935 mm).
3. Riding style entah kenapa terasa seperti melayang bodynya. Input dari beberapa rekan yang merasa motornya seperti melayang saat launching event tersebut.
4. Beberapa komponen2 pada SW yang terbuat dari logam, (misalnya beberapa baut body, kaitan helm, cover knalpot), telah diubah menjadi bahan plastik pada Hyt.
Mungkin ini terkait dengan cost production efficiency dari Suzuki. Mengingat beberapa vendornya menaikkan harga beberapa komponen. Wallahualam bissawab
Faktor mesin
1. Kruk-as masih menggunakan tipe spin/SW, dan bukan kruk-as tipe Skydrive. Dengan demikian faktor magnet dan sepul juga masih menggunakan tipe spin/SW (8 kumparan). Sedangkan faktor magnet dan sepul tipe Skydrive jauh lebih baik kualitasnya (12 kumparan)
2. Cylinder blok, Cylinder head, piston, camshaft, klep (IN-EX), karburator dan knalpot Hyt sama persis dengan tipe SW
3. Untuk faktor transmisi CVT, Pulley depan Hyt sudah mempergunakan tipe Skydrive (mempergunakan seal dan gemuk). Berbeda dengan tipe Spin/SW yang tipe Pulley depannya kering (tanpa seal dan gemuk). Sedangkan untuk komponen2 transmisi CVT nya (seperi pulley belakang, per cvt, per kopling, kopling sentrifugal, mangkok kopling dan final gigi reduksi / girbox) masih sama dengan SW
wow… ada suhu matik suzuki 😮
Ditambah lagi indicator sign yg menjadi satu, tdk seperti sw yg terpisah kanan & kiri
Itulah sebabnya ane nyesel kenapa gak beli skywave saja (karena berharap hayate akan pake injeksi). Hayate bukan cuma ganti baju, ternyata spek-down 😦 … Sulit buat Suzuki jika mau salip Honda & Yamaha untuk matik … peace
Apalagi SW rondo, sangat2 worhted daripada matic2 lain
saya termasuk orang yang kepincut dengan SW rondo
SW rondo bisa terjun bebas nih gara2 hayate keluar 😀
@Kang Ulid
Setuja sekali.
Gak yangka kalo Om Bennyenduuts
bahas matik.
Ane baca sambil ketawa guling2
diatas kasur…..
axixixiiiiiiii…
@Kentadis
Setuja sekali…..
Duit segitu mending tak belikan p135.
Sayang dikotaku Kudus kota kretek
gak ada dealernya.
Mo ke Semarang males….!!!
Tambah biaya……
Om Ben,
iki BAI piye to….??
Mo beli montor kok lErEn neng kota besar…..!!!
Lha nek ono sing rusak
nek servis ndak adoh banget perjalananE.
BAI dealernya mbok yao ditambah
di daerah sepanjang pantura gitu.
Om Ben,
Dah 3 hari gak sengaja lihat iklan
Bajaj Pulsar di tv yg raidernya boncengan ma bekicot Itu pulsar
seri apa ya…..???
Trus ada tulisane
” Harga mulai 14,5 jt ”.
Maksudnya……..???
Ane jd kpingin beli.
Tp sayang tinggi ane cuman 156.
hiikz….hiikz…..
Motor Bajaj
kok gak ada yg rada pendek ya….??
hiikz……..
pembasmi cbr 250
http://2brk.wordpress.com/2011/04/04/betulkah-pulsar-250-pembasmi-cbr-250-tar-lagi-nongol/
yang di foto pertama itu bukan hayate versi Indonesia bang, tp skywave single lampnya vietnam yg di sana dinamai hayate
apik banget
bang ben lagi ndak normal nihhh….agak panas ya bang?…qiqiqiqqiqi
tengak tengok cari yang berbadan beruang… sapa yak
keren dah, syg bintang iklannya gk cocok
vario ‘CBS’ techno 15,9jt bukan 14,9jt
weleh…lebih mahal lagi…ckckckck…
[…] di ambil dari blognya Benny. Ini helm open face, malah ada aja yang bilang kalau full face bisa masuk ke bagasi, […]
hayate lebih mantab ,,,,,,,
sw n hayate beda bodi tapi performa sama.
sama-sama macan
makanya gw beli nih matik
kapok gua make suzuki gan,,spin gua balting nya gak gua ganti2,mahal bnget,di kasii yg palsu malah mretel,
Sy udah sjk 2010.pakai kakaknya Skydrive.dlm segi tarikan kagak kalah ama spd laki.pd waktu baru top speed bs 120 km/jam.walau skrng udah turun jadi 105. bensin lumayan irit sebanding kecepatannya.apalagi dipakai touring. siiip dr Suroboyo
yg jelas hayate irit brow bodinya garang saya pke hayate speed boleh diadu pke premium 10 ribu bulak balik gawe lmyan 4 hari hehe modif dikit dech pasti makin garang saya maniak suzuki loch suzuki kualitas boleh diadu hehe pke honda 2 tahun ja udah letoy yamaha honda diblang bagus karna menang nama doang kualitas ya asal jadi ja karna permintaan bnyak kalo suzuki yg minat kan dikit jd bikinnya ga buru buru jd bgs dech kualitasnya pro suzuki hehehe i love suzuki way of life hehe
saya pemakai hayate , sudah hampir setahun pke , ni motor bner2 buat ane pusing , kecewa dan heran …..
kenapa
ane pusing mikirin ni motor kok dari awal pke ampe skrng selalu aja irit , padahal 1 sehari pergi ke kantor n blik ke rumah itu + 30 km jaraknya , isi bensin full tanki 5 liter tahan 1 minggu pke….
kecewa nya ni mantap servis hnya ganti oli nya saja yg laen blum pernah , jadi ane kecewa gak ngeluarin duit bnyk tuk perawatan ni skutik
heran ane kok di jalan cuma ane aj ni yg pke , hayate padahal mnatap suzuki gak usah2 payah2 buat iklan di teve
tapi konsumen n rider yg smart ni yg pke hayate , saaaaallluuuuuutttt
gw jg dah ambil yang s.e…merah putih mantap bro…kayaknya ebih ringan beratnya dari skywave bini gw ma vario 125 temen(perasaan aj kalee ya )…waktu beli gw dah banding2in ma produk kompetitor..bahkan ampe d bilang temen ngapain beli motor gak laku…cz gw liat kualitasnya bro..tenaganya badak..plastik tebel…pam lagi bodi gw beruang…oh ya ad yg tau gak efek kalo gw ganti roller dr pulley 13g,per cvt vario 1500 ma pelek jari2 16″ ban normal sama garansinya?? trims sblmnya..
gue pemakai baru hayate…..dah 6bln….ga salahni motor mantap…..kokoh, yg coment anti gue yakin ga pernah punya hayete
saya juga pemakai hayate. mantab tenan,,,,,,,
Mang Hayate mantab bgt.. baru beli sebulan lgsg gue pake turing jakarta-garut-pamengpeuk pp… tenaganya ok, handlingnya asik.. walau remnya kurang pakem dibanding vario.. jd agak ekstra hati2.
hayate ada klubnya gak ya di bandung
…?
sempat di adakan kejurnas piala walikota cup mp 1 dimakssar,waktu itu suzuki ikut numpang balap,ternyata penonton sangat antusias untuk melihat satria FU turun ngaspal dan lebih fantastis lagi satria FU wahhhhhh,,,ini baru sport
Saya pemakai hayate, sdh hampir 4 tahun. baru ganti oli doang, itu juga tiap 3000km. Bensin sejak lahir pakai pertamax/shell, larinya ngacir. New Vixion saya banyak nganggur dirumah, lebih suka pakai hayate ini. Saran: ganti ban belakang dengan tubeless karena kalau bocor, nangis. ampun beratnya.