RIDE WITH PRIDE, Pengalihan Isu dari Masalah Aftersales Bajaj..?

5 04 2011

Ride with Pride

Sudah hampir seminggu terakhir Facebook ane dipenuhi update dari kawan-kawan yang tengah melakukan touring Ride With Pride, event yang diadakan oleh Bajaj Auto Indonesia. Saat artikel ini ditulis, disinyalir para petouring yang berasal dari berbagai klub dan komunitas dibawah payung AMBI (Asosiasi Motor Bajaj Indonesia) ini baru saja melewati Jogjakarta dan sekitarnya.

Tersiar berita pula bahwa kegiatan Ride With Pride ini mendapat kecaman dari klub dan komunitas Bajaj di wilayah Jawa Timur, karena mereka menganggap AMBI dan BAI tidak melakukan pemberitaan dan sosialisasi terhadap kawan-kawan klub dan komunitas Bajaj di sana, sehingga mereka menyatakan tidak akan melakukan dukungan penjemputan, pengawalan dan pendampingan ketika rombongan Ride With Pride memasuki Jawa Timur.

Yah…itu another story deh..

Ride with Pride, jangan sekedar seremonial dan hura-hura saja..!!

Tapi sebenarnya dari kacamata ane, seharusnya ada hal lebih besar yang harus dibahas dan dicarikan solusinya. Kegiatan Ride With Pride ini seolah menutupi dan mengaburkan masalah tersebut. Apa sih masalahnya? Yaah..masa ndak tau…apalagi kalau bukan seputar Aftersales Service…!!

Begitu banyak dealer di Jakarta yang mengalami kelangkaan spareparts, bahkan untuk yang fast moving seperti kampas rem dan kopling. Belum lagi kualitas SDM mekanik yang menyebabkan konsumen harus pilih bulu terhadap bengkel resmi Bajaj. Itu di Jakarta lhoo..gimana di daerah lain..??

So, mari kita tetap ingat permasalahan ini. Janganlah kegiatan seremonial seperti Ride With Pride ini membuat pemakai Bajaj menjadi bangga tapi buta. Bisa-bisa nanti seperti pabrikan sebelah yang rantainya dari tahun ke tahun tetap saja berisik tapi tidak ada improvement..:mrgreen:

layanan aftersales, jangan dilupakan...!

Seharusnya dengan adanya event Ride With Pride ini, pemberitaan dari peserta touringnya bukan hanya sekedar “Eh, kita sudah sampai di kota anu lhooo…lagi nongkrong di anu lhooo…lagi foto-foto sama Irfan Bachdim Fauzi Baadilah lhooo…” Tapi juga melaporkan kualitas layanan dan ketersediaan spareparts dari setiap dealer yang disinggahi di setiap kota yang menjadi rute Ride With Pride. Bajaj Pulsar itu udah teruji untuk touring jauh-jauh, ngapain sih ATPM nya malah mengadakan touring lagi..? Kenapa gak coba event one make race saja..?

Coba itu di setiap dealer di kota yang dilewati..amati bagaimana kualitas pekerjaan mekanik..Caritahu siapa mekanik yang menjadi pilihan konsumen…lalu siapa pula dealer atau mekanik yang menjadi black list konsumen karena buruk layanannya…!! Hal-hal seperti ini harusnya diungkap lebar-lebar dan disikapi oleh BAI demi perbaikan layanan aftersales..!! Jangan hanya konsumen bisa bangga pakai Pulsar tapi cemberut dan misuh-misuh kemudian karena motornya ngowos akibat ulah mekanik yang tidak becus atau spareparts yang inden terlalu lama…!!

Hayoooo…dipikirken brooo…jangan hanya touring dan hura-hura saja..lantas jadi lupa mengkritisi si ATPM. Bisa-bisa nanti dapat cap TERNAK ATPM lhooo…huahahaha…!

cekidot..


Aksi

Information

75 responses

5 04 2011
#99 bro

Betul itu..

Salam wek wek

5 04 2011
kampak

kekekekkekeek
dicekokin …

5 04 2011
bennythegreat

dicekokin apaan kang? xixixixi..

5 04 2011
uikjoss

Broo , adakan aja jajak pendapat pemakai pulsar, biar angan bro beny bisa tersampaikan mis: ttg mekanik, bengkel dan sparepartnya… mantab deh…

5 04 2011
extraordinaryperson

komplain langsung ke petingginya donk😆

yg urus acara ini biasanya pihak promotion, bukan bagian spare part😆

5 04 2011
bennythegreat

gak perlu repot, ntar juga sampe ke para petingginya..hehehe..

5 04 2011
BJUBAH HITAM

Untung ada motor kedua setelah bajaj …..saat ini my PIBO udah istirahat dipake cuma sabtu doank secara spare part susah ….

5 04 2011
j4na

apa lagi nih???

5 04 2011
aldi

kalau masalah sparepart sih.. di dealer banjarmasin kalsel juga agak kurang, ane pernah order part lama bgt..

akhirnya ane telp Bajaj pusat, minta dikirimin langsung ke alamat ane, transfer 3 hari kemudian barang udah sampai..

mungkin Bajaj harus bikin order parts secara online aja, biar gampang..

5 04 2011
Triyanto Banyumasan

wakak… pembuktian diri Gan. Mantablah… like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this.. like this..😀

5 04 2011
5 04 2011
umarabuihsan

sama…pedas tapi like this…yakinin kualitas non-jepang tuh susah, Bajaj dah bisa nglewatin itu, jadi 3Snya harus diimprove…btw motor nasional gimana ya, susah bener bernafas

5 04 2011
umarabuihsan

sama…pedas tapi like this…yakinin konsumen akan kualitas motor non-jepang tuh susah, Bajaj dah bisa nglewatin itu, jadi tinggal model n 3Snya harus diimprove…btw motor nasional gimana ya, susah bener bernafas

5 04 2011
myxfiki

ane nyari tali kopling untuk p135 aja dari kemaren nggak ketemu. 2 dealer kosong semua

5 04 2011
Vickytrack

Pakai punya Vespa aja bro ,lebih lentur dan kuat !

5 04 2011
apand

tumben halus artikel n gaya bahasanya bro…😀

5 04 2011
The "890"

bwahaha.. SATUJU..!!!

*keluar juga nih uneg-uneg.. ngacungin jempol!

5 04 2011
Abu Tanisha
5 04 2011
kangmase
5 04 2011
agsstwn

Silahkan konsultasi dengan Londo TRB untuk masalah modif mesin….😀😀

5 04 2011
adecahyapurnama

Karawang noh komplit, ampe karet pelindung shock UG3 aja ada…

seharusnya BAI lebih selektif lagi dalam memilih partner untuk jadi Main Dealer + service…

5 04 2011
maRio

makanya ane batal bli pulsar, takut susah after sales…

*serius.com😀

7 04 2011
adecahyapurnama

selamat

5 04 2011
zuntau

Bang ben memang Mantap….

12 04 2011
wong ndeso

mantap dari hongkong…
RIDE WITH PRIDE ntu punya minerva MONYONG…..

pake nyuruh ngadain OMR… kenapa…???? keduluan minerva yach…..
bwakakakakakaka……..

5 04 2011
kang_ulid

salah satu keungguln bajaj adl seni hunting sparepart, hahahaha… Kmrn ane nyari packing silinder, ga nemu2…

5 04 2011
kang_ulid

o iya, sparepart pulsar aj langka apalagi xcd125!!!

5 04 2011
bennythegreat

Ada niat ganti motor gak bro?

5 04 2011
xxl123

halahh bajaj piye tho?😀

5 04 2011
cotto

Wait & see…
Salah satu alasan blom minang pulsar…
Mending rantai berisik
tapi part tersedia…

5 04 2011
Komengtator

Setudju Om Ben!!! Ane kira isu layanan aftersales Bajaj harus diangkat setinggi-tingginya, kalo perlu colokin tuh ke mata petinggi2 BAI pusat… Ane ga mau P135 ane merana nantinya..

5 04 2011
aki

pake xcd 125 lbh merana lagi brarti…
selama ini pake part substitusi buat xcd
coz emang lmyn langka..
BAI oh BAI

5 04 2011
pridesonline

penambahan jualan motor harus disertai pertambahan pit motor… dan inventory stock spareparts

6 04 2011
Bonsai Biker

tulllllllllll pr pertama 3s
bayangkan sekarang dealer jogaj tutup, wah mau sikeanakan tuh para pulsarian kalu nyari part.
untuk mutu, wes lah top bajaj

6 04 2011
sobek2

mutu = kualitas
apa mutu + ng kisanak❓:mrgreen:

6 04 2011
kecewa ama motor bajaj

terus terang aja ane kecewa beli motor bajaj , disamping bengkel resminye yg susah trus ya sparepartnya susah bgt soalnya ga dijual di bonjer or otista😦 …trus ya itu mekaniknya ga terlalu jago bahkan pernah gw dua kali balik karena masih ada yg rusak ,,,rencananya sih gw mau jual aja nih si PIBO mau ganti motor yg familiar ( bisa service dimana aja n sparepartnya melimpah ) aja deh…hehe

7 04 2011
adecahyapurnama

selamat, semoga bisa kejual motornya..

12 04 2011
wong ndeso

jual aja motornya om….
ganti motor yang gampang nyari sparepartnya…

6 04 2011
sabdho guparman

iya ne om, ane pesen rante aja 2 minggu lebih . . .:mrgreen:
test ride memang penting buat promosi, tapi jangan lupakan yang udah beli dong.

keep brotherhood,

salam,

7 04 2011
adecahyapurnama

motornya apa? kalo P200 beli aja rante tigor potong 2 mata..

6 04 2011
charlie

trm ksh atas kritikannya abang senior..akan tetapi ketika anda menulis ini apakah anda sdh tau bny ttg rombongan ride with pride? apa aja yg mrk lakukan? misi apa yg mrk jalankan? jgn cm bs bcr doang abang bro…kl anda kritik ATPM silahkan tp kl anda menyamakan kami spt ternak lalu anda ini apa????? cm bs bcr tp action nya jg NOL!!!!! soal tmn2 komunitas di jawa timur yg anda blg di blg tdk menerima kami itu salah bsr…semua cm krn mrk blm tau n paham tp syukurlah sdh selesai dan skr tmn2 di jatim siap mengantar jg bekerjasama utk menjalankan misi kami..mohon jgn cm anda lht kesenangan tmn2 di tim ini..smua itu mrk lakukan cm ut5k mengusir kejenuhan n lelah..kl anda mau tahu lbh bny ttg misi i8ni slhkn bertemu n bcr dgn kami..krn anda menulis ini tnp fakta yg jelas dan tdk ada sumber yg jelaqs juga!! mhn maaf abang senior 001..semoga semua yg membaca blog ini bs memahami posisi kami..thx..charlie tanod

6 04 2011
bennythegreat

Lah..dimana ane bisa ikuti perkembangan acara ini?
Ane hanya bisa dapat info dari email dan facebook saja..

Kalau sampeyan merasa lelah..itu namanya ndak enjoy turing.kenapa malah dipaksakan?

6 04 2011
Tulus_Budi

Ride with Pride adalah ajang pembuktian sekaligus berpromosi, ga ada salahnya dilakukan oleh ATPM untuk meningkatkan jualannya, masalah ketersediaan part dan 3S akan berjalan seiring dgn lakunya sebuah produk, semoga makin besar kuantitas jualan akan mengiringi ketersediaan part di beres…..

6 04 2011
bennythegreat

Hehehe..jus kidding mbah charlie..
Tulung kritik ane disampeken ke pihak atpm yak

12 04 2011
wong ndeso

udah tau inponya kagak pasti bener… knapa masih dimuat…
saran ane, kalo mau bkin blog ntu cari info sebanyak2nya & senyata2nya…

6 04 2011
Coro

Pibo’ku dah 1 tahun lbh…tp seribu kilometer aja lum tembus…jarang bgt d pake…gak pernah k urus service k bengkel,n kykx garansix dah hangus gara2 gak d service…service pertama msh d 350 km,oli beli sendiri,alesanx masa service udah telat,jadi jatah oli hangus.Jatah oli k 2 jg hangus…yah gara2 masa service dah telat…biz itu k dealer cm nyerahin kartu service aja.Tp skrg dah males,jd pulsarku nongkrong aja d rumah.Ak beli cash pibo d Purwokerto 1 thn y lalu hargax 19,350,000, ga dpt helm or jaket.Skrg kl d rmh mending pake mtr matic or mobil.Mau pake pibo tkt rusak trs susah sparepartx.Nasib jd pelaut.

6 04 2011
Coro

Mg aja dealer bajaj d perbanyak, kykx u area karisidenan Banyumas,dealer cm d Purwokerto, Cilacap blm ada.

6 04 2011
mas baried

setuju bennn
diler di surabaya makin susut…masak mau jualan gak ada serpis centernya…
jualan aja bisa di mall…klo bisa neh…service di mall (tantangan buat BAI)..xixixixi

6 04 2011
Niko P.

Sayang sekali sebenarnya, motor berkualitas bagus dengan harga yang sangat terjangkau, tapi sparepartnya sulit dicari. Mungkin ini yang membuat Bajaj sulit bersaing dengan merek2 mainstream yg udah mapan (baca: merk Jepang)😛

6 04 2011
mbah min

setuju banget bos!

pibo ug3 sdh jarang di pakai takut spare part nya langka, mending gantian sama jepun,kalo kangen baru di pakai.

6 04 2011
bennythegreat

punten buat bro2 yang merasa terusik… artikel ini murni mengkritik pihak ATPM yang tak kunjung mengambil tindakan terhadap kesulitan spareparts.. buat yg lagi touring, silaken enjoy, tapi jangan lupa beri masukan sepada ATPM.

6 04 2011
Pritt

Harga mulai 14 jutaan… apa2an neh.. Bajaj semakin murahan. Nyesel ambil bajaj di awal2 kehadirannya… Pokoknya ane nyesal seumur hidup ambil P200. Walaupun keluar produk2 baru mereka secanggih dan seganteng apapun ane kagak bakal minat…alasannya cuma 1.. menurunkan harga seenak perut mereka. Nilai Minus buat Bajaj.

6 04 2011
Pritt

BArusan standar samping pulsar ane patah.. kampretttt.. wal hasil pas mau parkir ane ikutan rubuh di timpa motor..
numpang om ben kasi link gambarnya

7 04 2011
adecahyapurnama

lah, emang P135 14,25 jt…
180 mah tetep 15 koma brapa gitu…

keseringan standar samping ya…

7 04 2011
Pritt

coba perhatikan perhatikan hasil lasnya

6 04 2011
BJUBAH HITAM

Tapi kalau BAJAJ buka Pabriknya di Indonesia mudah-mudahan masalah 3S nya bisa terbenahi tapi yaitu masa harganya makin turun aja apalagi harga jual kembali nya (bekas) kaga tega ngeliat orang nawar motor gua …kaya motor apaan …

6 04 2011
pridesonline

Mari kita empower AMBI untuk menjadi corong user Bajaj. It just rolled out..

6 04 2011
soekotjock

terdetksi bbrp komen yg komentarnya tendensius sekali mengarah k black campaign…
jangan2 pelakunya sama kayak yg pernah diungkap ama oom saranto di artikel dia…

@ oom ben : kalok lagi nganggur coba donk oom ditelusuri lebih jauh komentator2 tadi…

6 04 2011
bennythegreat

tenang saja, komengtator yang suka misuh2 masuk kandang semua oleh Aki Ismet:mrgreen:

6 04 2011
soekotjock

mangstab oom…

6 04 2011
xomotoshop

xomotoshop ikut nimbrung ya om ben beruang
klo petinggi bai ada yg baca
mohon ditanggapi
bisa langsung contact sy di
0818 07574762
929 888 76
http://www.xomotoshop.wordpress.com
saya tau bai punya stok spare part
cm persebaran ke dealernya yg ga merata
xomotoshop adalah toko dan bengkel umum
tetapi bisa menangani bajaj
kita menerima perbaikan bajaj dr yg ringan sampai turun mesin
tapi kita butuh bantuan supply spare part
karna tau sendiri spare part langka
ane sih biasa blanja part di fontana dm, jar saman ato fontana gunsar
tp gunsar parah juga
td kesana mau bli paking kaga ada
gila apa tuh dealer ga pernah servis besar apa
masa paking aj ga ad
saya pernah apply sama Pak Amir Fontana DM
mengenai parts
karna daerah saya di jalan panjang no 39 pos pengumben
masuk dalam daerah fontana
cm sama Pak Amir saya ditolak karna terlalu dekat dengan
Plasa Motorsport,dealer bajaj yg ada di jalan panjang
yg jaraknya mungkin sekitar 500meter dr tmpt saya
padahal plasa sendiri ga punya stok spareparts
apa salahnya seandainya kalo kita balik,sy stok parts
dan mereka ambil dr saya klo memang bos plasa
berpikir bahwa mereka ga untung dengan menyetok parts
saya menytok parts sendiri saya tau saya tidak untung banyak
karna cm habis di bensin
tapi saya butuh parts untuk membantu konsumen
menyelesaikan masalah bajaj mereka
thx

Krisna XOMOTOSHOP

6 04 2011
bennythegreat

Kemarin muter2 jl.panjang cari XO kok gak ketmu yak..

7 04 2011
adecahyapurnama

tar coba gw bantu XO, kemaren ada orang BAI yang ngurusin Fontana telp. gw…

7 04 2011
pridesonline

hidup XO… mantap gaan

7 04 2011
moch rasyiid

iya broo….tapi disamping itu ane gak jadi minang p22o….dikota ane harga gak sama dengan berita 20,5 jeti….ya bokap gak mau bayarin……

7 04 2011
mbah33DW

wuihg jadi mulai mikir mau minang pzz0 nya… … .. denger punya denger pzz0 plat K …. .M jd 20,XX jeti. nasib daerah perbatasan jateng ke jatim. mau ambil d smarang 3jam ke gresik 3jam palagi klo make tambhan sparepart sulit n beres ndak mumpuni. bs bingung ntar hbs beli mtrnya. Dah terlanjur cinta ama pulsar tpnya… Kr2 bakal ada dealer baru ndak ya di pantura timurnya smrg ~kudus atau pati-lah minimal~ coz klo ngarep buka drembang keknya lbh sulit.

7 04 2011
mbah3DW

apa dbeliin emas batangan atau dskolahin dulu aja kali ya anggaran buat mahar pulsarnya. sambil tetep mantau perkembangannya. pengen beda nehg soalna, coz drmh dahg ada 3 mtr (beda merk smua: H, Y & S) ada yg punya ide? pencerahan please… .

8 04 2011
irfan BIC

pelayanan servis di bengkel resmi tangerang kurang memuaskan

8 04 2011
BJUBAH HITAM

Ayooo BERES BAJAJ jgn terlalu komersil dgn biaya jasa service pemasangan part ya….ganti oli pas service kena biaya lagi, cek ini itu kena juga padahal harusnya masuk hitungan TUNE-UP anehhhh

8 04 2011
tigerpiceks

“Bisa-bisa nanti seperti pabrikan sebelah yang rantainya dari tahun ke tahun tetap saja berisik tapi tidak ada improvement.. :mrgreen:”

Kok kaya kenal ini montor… :think:

9 04 2011
pranajaya

Bener koq, service bajaj bener2 bajay.. BAI bener2 lebay..!
Ane domisili d Bali, jalani service gratis sp yg ke-3 gak pernah puas, malah ane ngrasain tambah gk bener sp ribut sm manajer servisnya (trakhir ktmu sm ni manajer pindah k kawasaki bagian part (downgrade to staff kalee..) waktu ane beli kampas rem blitz (mgkin dia gk kuat kena komplain mulu..).

ini pglmn ane servis ke-1 sp bolak-balik buat stel kopling jwbanya montir “emang bgini pulsar kopl keras n giginya sulit netral” ane jwb “patak sire! sblm servis gk apa koq” akhirnya ane bw k bengkel pinggiran buat stel kopling aja beres dah!
olie gretongnya jg buat motor brisik n lemot, stlh ane ganti BM1 performa mantab.
untung ane py temen mantan montir Y, ganti oli n tune-up cukup di rmh dia. Klo part sih sdh 3 thn (32rb km) blm prnh ganti.
prnh ane bawa k diler Malang buat stel rante montir blg udh waktunya diganti, kesel gw jwb “dr hongkong?” “ni gear msh bgs n ad 3 strip lg ente suruh ganti rante?”

9 04 2011
Saudara Keenam

Memang betul, problem BAI..tepatnya main dealer dan dealer BAI adalah ketersediaan part dan kualitas mekanik yang sebagian msh rendah. Konsumen mesti pintar2 memilih. Tapi skrg dgn kebijakan BAI menggandeng bengkel2 umum memberikan harapan, dimana dgn adanya bengkel umum ini, main dealer tidak lagi monopoli.

12 04 2011
krik,, krik,,

kakakakkk dah tau jangkrik india dibeli…
untung rodanya 2 bukan tiga…

12 04 2011
wong ndeso

sekarang ketahuan kan.. mana yang motor JANGKRIK…..

13 04 2011
pitbull

spa bilg PT.BAI kurg dlm 3S nya??? perlu bpk2, mas2, om2 dan adek2 ktahui…..bhw 3S sbenernya emg tujuan utama dari PT. BAI. Yaitu “sale, sale & sale”
Eh…..bner ga seh?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: