Self Time Management: Malas Di Rumah = Sruntulan Di Jalan

8 04 2011

macet...banyak yang memaksa menyelip dan menyalip

Setelah jumatan, mau merenung dulu di kloset..selain melaksanakan misi pengeboman di jamban, pikiran bisa bebas melayang kemana-mana. Aha..kali ini ane ingin berkaca..melihat diri sendiri, ada tema menarik yaitu “disiplin”.

Terkadang sebagai manusia yang mulai banyak diserahi tanggung jawab, efeknya akan terasa pada kondisi mental dan fisik. Seolah sangaaat sulit membedakan mana rasa malas dan mana rasa lelah.
So, akibatnya seorang manusia kerap mencari pelarian, mencari waktu yang semakin lama semakin terasa mahal, mencari sebuah “me time” alias waktu untuk diri sendiri..membebaskan diri dari kepenatan.

Di sini dilema muncul, terkadang seusai menikmati “me time” kita menjadi terlena bin terbuai dengan kenikmatan. Contohnya..ada yang sedang touring lantas jadi malas pulang, sementara tugas lain sudah menanti. Ada lagi yang asyik melaksanakan hobby bongkar mesin kendaraan menjadi lupa waktu..sampai-sampai anaknya yang sedang menangis dilupakan. Ada lagi yang senang tidur, jika badan sudah telentang di kasur, dikelitiki pun tak akan bangun..akhirnya ketika pagi tiba, jadi telat bangun bin kesiangan.

Naah..urusan tidur-meniduri inilah yang kerap terjadi pada ane. Terkadang akibat malamnya terlalu asyik berkumpul bersama kawan-kawan seusai kerja, atau bercanda bersama si kecil Pupu, pikiran seolah berkata “enjoy your time man..urusan nanti gimana nanti aja deeh” kalau sudah begitu kebiasaan menunda-nunda pun terjadilah. Yang harusnya sampai rumah jam 10 malam, molor menjadi jam 12 malam.. Yang harusnya bisa tidur jam 11 malam, molor menjadi jam 1 pagi.. :mrgreen:

Efek domino pun terjadi, terjadi penundaan dan pergeseran jam hidup manusia. Karena tidurnya malam, maka bangunnya biasanya kesiangan..sampai kantor pun telat..hehehe..

Lalu apa hubungannya dengan sruntulan?

Begini bro n Sist.. Sempat terpikir bahwa sebenarnya sruntulan bin ugal-ugalan itu masalah mindset saja. Kenapa seorang pengendara terlihat terburu-buru waktu, itu karena pikirannya terkejar sesuatu..entah itu ketakutan akan penghasilan dipotong karena telat, entah panik karena ada deadline. Yang jelas..ada sesuatu yang menariknya sehingga ia harus tiba di tempat tujuan SECEPATNYA…!!

Ini berhubungan erat dengan gaya hidup disiplin seperti yang ane sebut di atas. Barangkali ane gak sendiri. Masih banyak juga yang senasib dengan ane..banyak kegiatan, tapi waktu terbatas..sehingga waktu istirahat pun dikorbankan.

Yuk coba amati tingkah para pengendara motor. Ketika jalan dalam kondisi padat. Para pemotor yang umumnya berbebek ria ini seolah gak boleh melihat ruang kosong di depannya sedikitpun…!! Dengan segala daya upaya mereka merangsek ke depan, tak peduli apakah stang motornya senggol sana-sini atau ban motornya nyundul orang lain. Mereka terus bergerak dengan penuh nafsu dengan semangat ONE HEART untuk menjadi SEMAKIN DI DEPAN…!!

Orang-orang semacam ini disinyalir adalah mereka yang jam hidupnya bergeser..yang tadi pagi bangun kesiangan..yang terburu-buru dikejar waktu dan ditarik oleh tempat tujuan.

Ini erat hubungannya dengan mindset “mengapa orang beli motor”. Orang berpikir bahwa selain sarana transportasi, motor adalah sarana pemersingkat waktu. Why..yaaa..dengan motor, maka si orang akan menjadi cepat dan gesit di jalan…. Naaah..Ini dia masalahnya…!!

Bangun tidur kesiangan dikompensasi dengan kebut-kebutan dan sruntulan di jalan. Waktu yang dialokasikan untuk perjalanan harus dikorupsi karena tadi bangun kesiangan. Akibatnya…panik mendera dan resiko kecelakaan terbuka lebaar…!!

Balik lagi ke awal..ini masalah ane juga…yang kalau tidur lelap jadi sangat sulit dibangunkan meskipun wajah sudah diciprati air..hehehe..

Solusinya tak lain adalah bertindak disiplin. Jika sedang berkumpul dengan kawan, tetapkan dalam hati misalnya “jam 9 ane mesti sudah meninggalkan lokasi kongkow” dan itu harus ditepati. Lalu setiba di rumah langsung mandi dan 2 jam kemudian harus tidur.

Ngomong sih gampang, tapi penerapannya itu yang sulit. Betul…??

Ada kawan yang bilang bahwa dengan membuat jadwal kegiatan itu seseorang akan menjadi panik karena ada jadwal-jadwal pribadi. Padahal menurut ane dengan berdisiplin seperti itu seseorang akan menjadi lebih bebas, karena hidupnya menjadi lebih teratur.

Yah..semoga self-improvement ini dapat segera ane laksanakan..

Insya Allah BISA…!!

About these ads

Aksi

Information

31 tanggapan

8 04 2011
hairus mataram

PERTAMAXXXXXX

8 04 2011
hairus mataram

I LIKE THIS ARTICLE, thankyu mas bro

8 04 2011
bodats

pantesan lu lama amat di wc, gue sampe pindah ke lantai di atas, ternyata lu malah ngeblog, bukan BAB… kacau!!!!

8 04 2011
Igfar Pramarizki

wakakakaka… e*k-nya bawa laptop…

8 04 2011
Abu Tanisha

ketigax

8 04 2011
extraordinaryperson

saya banget ini hahahaha

9 04 2011
umarabuihsan

kadang sruntulan juga tapi cuma pas nyruntul karena di belakang mobil yang bikin blank spot (paling gak tahan ini) or nyruntul karena di belakang bajaj yang asepnya minta ampun (lebih gak tahan)

ijin nebar jaring ah

Tambahan ” TOOL ” di bagasi motor injeksi:

http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/08/tambahan-”-tool-”-di-bagasi-motor-injeksi/

8 04 2011
adicuzzy coolrider fixer

tapi ada juga lho om yang memang style berkendaranya udah cacat, selap-selip main zig-zag, gaya ala pembalap nunduk-nunduk kaki ditaroh footstep belakang… hmmmm… berasa paling kenceng kalo dah nyalip gayanya kayak pembalap menang motogp… ckckck

8 04 2011
bennythegreat

kalo itu disinyalir sedang memendam sesuatu di saluran pencernaannya..

(e*k)

8 04 2011
Maskur

asyik kok
zig zag
yaaaaaaaah jadi berasa jadi bintang iklan gitu

8 04 2011
setia1heri

gak usah kaget,
lha itulah indonesia…

8 04 2011
jabul2

om ben bijak banget kali ini… like this deh

8 04 2011
dnugros

hmmm…gaya hidup bung ben tidak sehat, banyak kerjaan yang bikin stress, tidur larut malam, pola makan pasti asal2an juga yang penting kenyang, untuk saat ini efek belum terasa tapi diumur setelah mencapai kepala 5 siap2 aja dana ekstra, tolong perbaiki pola hidup sehat (komen sok bergaya hidup sehat, padahal…. :-D.)

8 04 2011
rzky htglng

Motor ttp alat transportasi bkn ‘mesin waktu’……

8 04 2011
vwx a.k.a capelah

huah! jadi malu! gaya hidup ane skrg! kerja selalu mepet waktu! tidur kurang akhirnya tertidur di jalan!

8 04 2011
myxfikri

kalo ane dulu sering gitu. sampe lupa berapa kali tidur sambil bawa motor ke kampus. sekarang udah nggak…santaiiiii

8 04 2011
vwx a.k.a capelah

untungnya palembang g sepadat jakarta! jadi masih terhindar dari celaka gara2 ketiduran di jalan!

8 04 2011
myxfikri

ane di jakarta bro, kalo inget waktu2 dulu sering tidur jadi ngeri juga. pernah dari rumah ke kampus tiap berapa meter tidur. digas kenceng, maksudnya biar konsen malah langsung lelap. sampe kepikiran..”duh..gw nyampe kampus apa nyampe rs ya..??, tidur di jalan gak mungkin”..untungnya selamat sampe kampus….sekarang nggak lagi2 dah. mendingan gak usah jalan kalo ngantuks

8 04 2011
jhoni

ane banget nih dulu, sebelom nikah. bangun siang…buru2 dijalan. tapi semenjak nikah, hidup lebih teratur selain itu…ada istri n anak yang ngingetin kalo mau pergi ngantor. hati2 dijalan ya ayah…

8 04 2011
myxfikri

*gambar paling atas

kalo mobil tetep di jalur khusus mobil dijamin gak ada motor yg nyelip2 gitu…ups…..maaf…nggak ada jalur khusus mobil. semua jalur adalah jalur mobil, termasuk jalur yg katanya khusus motor + bus di sebelah kiri itu loh….wkwkwk

8 04 2011
kangmase

sip dah lah………..time management

9 04 2011
Alif

Makasih infonya,.
Tolong kunjungi Link ini ya…

9 04 2011
Iksa

Huaduh … maunya sih bersantai … tetapi kok susah

9 04 2011
Bonsai Biker

sirkui di Indonesiacuman ada 2 Sentul dan Srunthul

9 04 2011
9 04 2011
asmarantaka

hahhaha..kadang kalo dikejar deadline emang sering gitu :mrgreen:

9 04 2011
PakBambangNunggangJaran

belajar disiplin sebenarnya telah sejak kecil, mari belajar disiplin dari salat,
http://jaranwesi.wordpress.com/2011/04/09/mafia-bebek-itu-ada/

9 04 2011
anton nugroho

kemaren ngishing sambil ngeblog, sekarang juga gitu. piye iki?

10 04 2011
arantan

Benerrrr!

11 04 2011
niQue

wah, unik juga blogger satu ini, bisa2nya nyelesai-in satu postingan selama nongkrong. saya jadi mbayangin toiletnya pasti keren abis, karena ada meja buat laptop, atau laptop malah dipangku? :P

16 04 2011
zaqlutv

……ini masalah ane juga…yang kalau tidur lelap jadi sangat sulit dibangunkan meskipun wajah sudah diciprati air…hehehe………

blom pernah test disetrum pake raket nyamuk? :mrgreen:

harus berubah om ben, jangan sampe karena kesenangan pribadi, anak jadi tersiakan… hal ini juga terjadi ama aye, brkt jam 6 pagi plg jam 8 mlm, ketemu anak cuma selepas shubuh ampe aye brkt kerja, aye plg doi udah tidur, praktis yang full cuma bisa sabtu minggu, itu juga kalo ngga lembur..
anak adalah amanah.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.697 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: