SIARAN PERS: RSA Desak Polisi Lebih Tegas

13 04 2011

mengharap ketegasan polisi

Jakarta, 13 April 2011 – Setiap tahun Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menindak ratusan ribu para pelanggar aturan lalu lintas jalan. Bahkan, pada tahun 2010, sekitar 800 ribu pelanggaran yang ditindak oleh Polda Metro Jaya.

Angka itu jauh dari realita sehari-hari yang mempertontonkan pelanggaran aturan lalu lintas jalan, seperti melanggar garis putih di perempatan jalan, melintas di bahu jalan, melawan arus, hingga melintas di atas trotoar jalan. Belum lagi pelanggaran lampu pengatur jalan dan rambu larangan masuk ke busway yang semestinya khusus untuk Trans Jakarta.

Sekalipun ada operasi resmi yang secara berkala digelar Polda Metro Jaya, Road Safety Association (RSA) Indonesia menilai, belum mampu meningkatkan kesadaran berlalu lintas jalan yang tertib. “Karena itu, Polisi harus lebih tegas dan konsisten dalam melaksanakan penegakan hukum di jalan,” ujar Ketua Umum RSA Indonesia, Rio Octaviano, di Jakarta, Rabu (13/4).

Menurut Rio, pentingnya ketegasan para Polisi, ditujukan untuk mereduksi potensi meningkatnya kecelakaan lalu lintas yang membawa korban manusia. “Kita semua tahu, kecelakaan kerap kali didahului oleh pelanggaran aturan lalu lintas jalan, jika peraturan ditegakkan, peluang terjadinya kecelakaan praktis menjadi lebih kecil,” tutur Rio.

Sementara itu, terkait pemberitaan baru-baru ini, terkait jebakan oleh polisi, RSA menilai bahwa salah satu upaya penegakan hukum di jalan bisa dengan cara mengamati diam-diam. Tidak harus dengan operasi resmi. “Menangkap para pelanggar merupakan tanggung jawab Polisi, ‘menjebak’ untuk para pelanggar aturan saya rasa tidak masalah,” katanya. (*)


Aksi

Information

25 responses

13 04 2011
grand jadul

se7 gan,,pdhal ap susah nya sìh ikt aturan,,slah bsar kl aturan dbwt u/ dlanggar!?

13 04 2011
bhonta

Numpang pertamax y om :p

13 04 2011
13 04 2011
adecahyapurnama

berita, dimana gitu, yang ngomong ketua IPW ya..

aneh om Ben, menurut gw itu bukan menjebak, pelanggarnya aja yang dodol, dah tau gak boleh masuk jalur bus way, masih aja dilanggar. menurut gw, tindakan polisi itu bener.

yang namanya ngejebak itu gak ada peraturan tapi ditangkep dan dibilang kalo itu gak boleh dilakuin..

nih link-nya: http://id.berita.yahoo.com/polisi-suka-menjebak-pengendara-20110410-044500-713.html

13 04 2011
bayumurti tejokusumo

bener. Dukung Polisi sebagai penegak hukum sebenarnya! cuman kalo bandel ya sentil aja bijinya.

13 04 2011
noFUN

klo menurut gw, polisi njebak sih gak masalah..

tapi dengan “doktrin umum” klo polisi itu bisa disuap.. maka yg ada malah jadinya bakal banyak pelanggar yg mengeluarkan uang suap dan gak tau duit itu bakal lari kemana..🙂

Efek jera gak ada (cuma sebagian kecil dari pengendara-2 bandel gak tau aturan yg kena “jebakan” beginian..) tapi jadi ladang “kondangan” oleh oknum yg terima suap..

Jika sistim “jebakan” ini diliput oleh media pengawas yg memastikan transparansi proses tilang (harus ke pengadilan atau bayar langsung ke BANK).. maka sistim “jebakan” ini SAH saja..

*ini pendapat pribadi ya..
soal bisa dipraktekin atau kenyataan.. bisa saja berkata lain..🙂

13 04 2011
Triyanto Banyumasan

bravo polisi, tegas dunk !!

13 04 2011
NanaRedPr☺

tapi juga harus diimbangi dengan penindakan oknum nakal gan,selama polisi masih menerima suap(meminta*kasarnya*)pelanggaran tetap terjadi ITU BISA DIATUR……. WANI PIRO…*iklan.com
SALAM KARET BUNDAR™

13 04 2011
Cadwolf

Menjebak pelanggar tidak masalah ?????
Yg sering gw hadapin di jalan … polisi mengarahkan kendara’an anda untuk masuk jalur busway berkali-kali ( berhari-hari ) sampai pengendara merasa nyaman … kemudian 1 hari dia hilang..yg ternyata menjebak di ujung jalan..tikungan..atau apalah sebutan nya … dan berkata … anda tahu ini jalur busway … anda tidak lihat rambu larangan di depan ..?
Masihkan menjebak pengendara untuk melanggar tidak masalah ?????

13 04 2011
Endo

Polantas menjebak?pasti terjadi
why?krn mereka dtarget menghabiskan surat tilang

14 04 2011
kang_ulid

polisi menjebak sering terjadi loh d daerah ane, seringnya ada polisi nrobos lampu merah otomats bberapa pengendara r2 ngikut, eh tba d cegat oleh polisi laennya, dtilang, kalo pengendara nanya ‘loh pak, polisi yg itu kok ga dtangkap?’ mka past jwbnnya adl ‘liat tuh, dia takut, makanya lari, takut dtilang juga!’
itulah jebkan polisi, pdhl kan mreka 1 kantor, masak ga ktemu sama skali, dasar preman jalanan, sukanya malak! (*kjadian ini dlakukan oleh oknum, tp kebanyakan seperti itu)

14 04 2011
Iksa

Ha ha ha kalau orang salah emang banyak berkelit kok …

14 04 2011
Bonsai Biker

yANG jelas meki bangsa ini menjadi eorang yang sangat toleran tapi ya hendaknya hukum jangan terlalu nampak toleran, harus tegas

14 04 2011
14 04 2011
ardiantoyugo

polisine sayah paling…

14 04 2011
14 04 2011
ridertua

jebakan batman:mrgreen: yah serba susah… kalau gak sama2 sadar..ya petugas ya pemakai jalan dst…

14 04 2011
extraordinaryperson

blom lagi kalo ada konvoi suporter bole

iringan jenazah

iringan pemuda masjid yg bawa bawa bendera….. pasti didiemin😈

14 04 2011
xanteria

bung ben,
mo nyampein uneg2 dikit nih
tadi pagi ane lagi bermacet ria dari arah terminal kampung melayu ke arah matraman. eh, tau2 dijalur busway yg kosong melintas motor bebek yg dikendarai oknum p*lisi kenapa ane bilang itu oknum p*lisi, keliatan dari celana, sepatu dan pistol yg nongol di pinggangnya. dah gitu yg bikin BT, petugas yg jaga malah cuek aja, biarin itu oknum lewat. padahal dia lagi pegang surat tilang, buat nangkep pengendara “biasa” yg masuk jalur busway…ckckckckck…

14 04 2011
bennythegreat

catat aja nopolnya, kalo bisa difoto sekalian..kirimin ke ane..nanti ane bikin malu dah tuh oknum…hahaha

14 04 2011
Abu Tanisha

dukung sepenuhnya….

15 04 2011
rakyat

ck2.. RSA sok belaga bener ! yang namanya polis itu cuma 1 tujuannya = DUIT, die sengaja bikin peraturan aneh yg ga masuk akal dengan dalih mengurangi kecelakaan lah. padahal intinye die pengen menekan rakyat jelata supaya ga tahan & akhirnya ngelanggar trus kena tilang dapet duit dah😆

kalo rakyat dah pada tertib semua, trus ga ada yg ngelanggar hukum, saya(polisi) trus dapet duit tambahan dari mana dhonk ?😳

rsa lebih pro ke polis yg arogan krn. pasti ada udang dibalik batu😆

15 04 2011
Polantas

Salam semuanya,

Terima kasih kepada RSA yang selalu mengkritisi perilaku kami selama bertugas. Kami sangat menghargai jika masyarakat turut berperanserta dalam mewujudkan lalu lintas yang aman,nyaman, lancar dan selamat, tentunya dengan selalu berdisiplin dan mematuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku.

Dalam tugas di lapangan, kami memang sering mengalami hal-hal yang kami rasakan sangat bertolak belakang dengan keinginan kami dalam mengatur lalu lintas, namun karena kami memiliki wewenang diskresi di lapangan, kami bisa lakukan itu, tentunya setelah koordinasi dengan atasan.

Untuk tanggapan miring atau negatif terhadap kami, kami berterima kasih atas masukannya, akan kami jadikan bahan masukan kepada kami, dan jika ditemukan adanya rekan-rekan kami yang berperilaku tidak sesuai dengan tugasnya, kami minta tolong untuk dapat melaporkannya kepada kami, tentunya dengan disertakan data-data yang lengkap agar kami mudah dalam mengambil tindakan selanjutnya.

Selamat berkendara dengan aman…

salam

15 04 2011
Rio

Kami melihat, mereka yang merasa dijebak itu rata2 pelanggar lalu lintas, sebagian lagi, mereka yg gak mengerti peraturan, ada juga yg males liat rambu atau marka..

Intinya,
Penegakan hukum harus dilakukan..bukan sebagai retorika biasa🙂

26 03 2014
abuabbas1

betul seperti cornering di jalan umum.
tips trik mekanik motor terapan http://www.auto-champion.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: