Ingin Buru-Buru STNK Terbit..Untuk Apa?

20 04 2011

edorusyanto.wordpress.com

Wah..menarik juga membaca artikelnya Eyang Edo mengenai keluhan konsumen Mio yang mengharap STNK-nya cepat keluar. Pada artikel itu disebutkan bahwa ia sudah menunggu STNK nya terbit sejak 28 Maret 2011 hingga 18 April 2011 namun tak kunjung tiba.

Dalam keluhannya itu pula, si konsumen menjelaskan bahwa ia sangat membutuhkan Mio tersebut untuk transportasi sehari-hari ke kantor.

Apa yang menarik di sini?

mekanisme pengesahan STNK

Pertamax..

Si konsumen begitu mengharapkan STNK motor Mio nya segera terbit. Di satu sisi ini berarti si konsumen adalah orang yang taat hukum..ia tak mau mengendarai motor tanpa STNK..yaah..antara taat hukum dengan takut ditilang barangkali tipis bedanya sih, tapi no problem lah..:mrgreen:

Keduax..

Si konsumen seolah kehabisan alternatif transportasi lain selain Mio baru-nya. Yah..ini bisa dimengerti, pada taraf ekonomi dimana seseorang sudah mampu membeli sebuah motor, maka pilihan memakai transportasi massal sudah tak lagi layak..lihat saja kualitas layanan transportasi massal kita, bahkan busway pun jauh dari kata nyaman.

Ketigax..

Tidak sabaran detected. Adanya pengharapan memperoleh STNK begitu cepat, selain karena kedua penyebab di atas, bisa jadi karena adanya “sensasi” memiliki motor baru yang memang sulit digambarkan dengan kata-kata. Sensasi ini begitu kuat lho..pastilah demikian, yang namanya barang baru pasti akan membuat pemiliknya berbunga-bunga bin bahagia. Tapi sayang harus diganjal dengan STNK yang lama terbitnya.

***

So, dari ketiga sikap manusiawi di atas, ane mencoba menyoroti bahwa permasalahan si konsumen ini adalah secuil efek domino dari kegagalan pemerintah dalam melayani masyarakatnya dengan transportasi massal yang layak, murah dan tepat waktu. Akibatnya masyarakat harus mencari solusi transportasi sendiri-sendiri tho..

Di sisi lain, lamanya penerbitan STNK, 3 minggu sebenarnya bukan waktu yang lama untuk bersabar dari sikap manusiawi di atas. Apakah sudah lupa dengan zaman susah dulu ketika harus ber-angkot-ria..? Sebenarnya alternatif transportasi itu masih banyak, tinggal mau atau tidak menggunakannya.

Pengalaman ane menanti STNK beberapa motor yang pernah ane miliki, jauh lebih lama dari kasus Mio ini, sudah jadi rahasia umum bahwa jika pembelian motor dilakukan di tengah bulan Desember, maka proses STNK akan menjadi sangat lama karena baru akan diproses di tahun berikutnya. Dulu ane membeli Pulsar 180 yang diantar tanggal 26 November 2006, namun STNK baru jadi di 21 Januari 2007. Setahun yah jadinya..🙂 Tapi no problem deh. Sudah maklum saja, ini merk motor terbilang baru waktu itu, dan sehari-hari masih bisa naik angkot saja.

Dilanjutkan dengan proses STNK Ninja 250 yang lama namun lebih cepat dari si Pulsar..motor diantar 5 Februari 2010, STNK jadi 21 Maret 2010. Masih lebih lama dari Mio yah?🙂

So, sebenarnya tak perlu buru-buru mengejar STNK, karena masih banyak alternatif transportasi lain..Ingat jaman ketika masih susah..dan sabar sedikit saja lah bro.


Aksi

Information

64 responses

20 04 2011
#99 bro

Punyaku dulu di terbitkan sudah tanggal 3 – 9-2010 , e.. Bisa di ambil tanggal 18 – 9 – 2010,
Knapa coba di pending ..?

20 04 2011
Maskur

benat benar betul

20 04 2011
Long'S

Blom pernah ngerasain punya mtr baru jdi ga bs komentar!

20 04 2011
patra

3 minggu lamalah bro,kalo motornya di ojekin udah rugi 50rb x 21 hari, kalo motor di kredit, berarti 1 bulan pertama bayar cuman pake 1 minggu,intinya samsat harus mempercepat kinerjanya.

20 04 2011
ianefendi

punyaku pulsar 200 ambil 20 Januari 2011 sampe sekarang lum keluar STNKnya…alasannya ada kesalahan fakturlah..(dealer jogja)
leganya kantor jauh dari kota, jadi berangkat-pulang dah ga da razia atau apapun…

20 04 2011
Bonsai Biker

betul. satu sisi kurang sabar

20 04 2011
20 04 2011
mangtap

ane pke surt jln gan ne lg pke cbr smbl nggu fktur asal ad surt jln gpp n taat peraturan aman,stnk 3hri kelar mlah 1 hari pnglman tiger,negapro n beat

20 04 2011
Iksa

Jadi sebetulnya yang bikin lama apa ya?

20 04 2011
aldi

Pulsar ane beli tgl 9 februari 2011 sampai skrg STNK belum jadi..

20 04 2011
prast

xixixixixixi…gimana kalo beli pulsar tuh oom kayak punya ane..STNK jadi sebulan lebih…sing sabar wae yoo pak…:mrgreen:

20 04 2011
suryo

saya dulu pas beli ninja di jogja langsung pake plat tuh. tapi plat sementara yg masa berlakunya 30 hari. sama surat jalan dr kepolisian. cukup bayar 75 ribu rupiah saja….😀

20 04 2011
setia1heri

lho bedanya CKD sama CBU apa yah? ;-D katanya klo CKD bisa seminggu

20 04 2011
satrio

g mesti juga om….. buktinya ane ambil vario bln des 2008 ya vuma 2 minggu kurang malah…. pas ane ngambil sky drive hampir satu bulan padahal di bulan juni 2009 …….. apanya yg salah ya

20 04 2011
mangtap

bro suryo bner bro ane jg gt xixixi tp klo ad oprasi dag dig dug

23 04 2011
suryo

Lha surat jalan kan cuma dalam provinsi doank kan, tapi pas itu saya inreyen motor sampe jatim😀

ketemu razia polisi di magetan, pertamanya agak dag-dig-dug dhuerrr….

ternyata, polisinya ga nilang. n cuma bilang

“Mas, Platnya kok ga ditaroh di dalam to?”
(plat nomor ninja kan emang di atas lampu kayak ‘koyo’)

20 04 2011
joetrizilo

STNK mundur bersrti pajaknya mundur juga…. enak toh…….

20 04 2011
extraordinaryperson

waktu itu saya 10 hari saja

20 04 2011
asmarantaka

lah pakai surat jalan aja beres dah..:mrgreen:
gitu kok refott

20 04 2011
Triyanto Banyumasan

pengen buru-buru dipamerin sama sesama 4l@y detected,
bahkan ada owner N250, nempelin pelat nomr MIOnya di N250nya, aseli ini terjadi pada kawan ane di kerjaan, ya juga karena lama nunggu Pelat nomor yg agak lama keluar… imho

20 04 2011
anggi

kalo ini mah pasti gara-gara gak sabar pengen ngeceng pake ninja..

padahal udah punya mio, kenapa gak di pake aja mionya:mrgreen:

21 04 2011
bAdcOp

biar “nilai jual” naek kali om..

20 04 2011
puls"ies"

ga jga qo ..
pulsarku turun tnggal 2 desember , tpi tanggal 21 dsember stnk dah turun tuch…

20 04 2011
yudibatang

Hhmm… masalahnya ketika ijab dan qobul sudah sah (kayak kawinan aja😀 ) .. berarti sikonsumen sudah berhak mutlak menggunakan motor barunya…😀 yah..paling tidak ada kompesasi dari pemerintah agar sipemilik motor baru bisa langsung menggunakan motornya..😀

http://yudibatang.wordpress.com/2011/04/20/pengalamanku-riding-bertemu-orang-gila/

21 04 2011
bAdcOp

kan ada surat jalan om..

20 04 2011
NanaRedPr☺

motor ane diambil dideler 13/10/10 stnk jadi akhir januari 2011,bpkb jadi akhir maret 2011,totalnya 1 taun juga,selama itu jlan tanpa surat apapun,poliz dit4 ane maklum aja klo itu mtor baru,bahkan prnah lintas kabupaten tanpa plat dan stnk
SALAM KARET BUNDAR™

20 04 2011
20 04 2011
Az147r

dulu waktu ngambil susi,stnk jd sekitar 2 mingguan jg

20 04 2011
rifslank

aku beli vario 16 agustus, jarak 2 minggu STNK uda dianterin, tapi plat nomor baru dapat 3 bulan kemudian…😀

20 04 2011
what????

1minggu paling cepat, 3minggu paling lama.. kalau berbulan-bulan. silakan tanya prosedur di dealer tersebut. kita bayar pakai duit, bukan gratis. kalau lama, tlp dealernya, tanya samsatnya. HARUS pandai memilih dealer. pilih dealer besar.
dealer kecil pelit ongkos bolak balik ngurus surat !!!

20 04 2011
kang_ulid

ane bli xcd tgl 28 pebruari 09, stnk kluar tgl 7 april 09 n anehnya plat nomer buln 2-09,

21 04 2011
absoluterevo

Dulu saya beli revo cuman 1minggu nunngu stnk sama bpkb langsung dikasih cuman satu minggu bayangin deler SURYAWIJAYA emang mantap…..!!

21 04 2011
21 04 2011
blackmax

klo menurut gw sih pihak samsat menyediakan stnk sementara untuk semua orang, klo emang mereka gak bisa “cepet” bikina..

secara pembeli udah memenuhi kewajiban untuk membayar pajak..:D

21 04 2011
sobek2

mungkin pemilik kendaraan segera ingin inreyen mtor nya hehehe tau sendiri dealer servisnya ga cm liat km aja tapi jg bulan mana yg tercapai lbh dulu… Makanya servis gratis dan oli itu bnyk yg ga ambil ato males, soale wis telat hahahaha
Abis gt kalo kenapa2 sm mtornya tar d garansikan alasan nya… Salah sampean sendiri ga tertib service nya…. WTF!!!

21 04 2011
Angga

motor saya turun 9/3/11, stnk turun 4/4/11 (26 hari). Sebenernya ngga masalah juga ga bawa motor, toh ongkos angkot ke kantor pp cuma 4ribu. Cuma ternyata diantara jeda waktu tsb ada waktu2 dimana saya harus pergi ke luar kantor yg blm tau daerahnya dimana & naik kendaraan umum apa. Alhasil terpaksa naik taksi yg notabene bikin kantong ngocor. Disini baru terasa pentingnya stnk cepet turun.

Wondering aja, knp ngga mekanismenya aja yg diubah? Mis. setiap orang beli motor, setelah ijab qabul, motor baru akan dikirim 1 minggu kemudian. Waktu 1 minggu ini diperlukan oleh dealer untuk pengurusan stnk. Jadi waktu motor dikirim sudah ada platnya.

21 04 2011
21 04 2011
nunoe

kalo di Jakarta mungkin masih enak..angkot banyak…dan alternatif kendaraan umum lain macem ojek juga ada..
pengalaman ane waktu di Bali, angkot hampir gak ada..ojek, nyari setengah mati..masa naek taxi…
tapi untung pake plat nomor abal2 aja dah cukup..SNK nyi iteung ane dulu 2 minggu keluarnya..dan selama 2 minggu itu pake plat abal2 -_-‘
*jujur, ini kepaksa..soale gak ada kendaraan umum… -_-‘

21 04 2011
terong amnesia

Stnk diavel gue ga terbit2…
*beli juga kagak…:mrgreen:

22 04 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

sabar sabar udah keluar kok:mrgreen:

22 04 2011
icaq's

karena dr pengalaman diri sendiri jg orang lain yang dl waktu beli motor, 2 minggu dah keluar stnk n plat nomor. makanya sekarang beli motor lagi ya…..berpatokan dr pengalaman pertama itu. makanya berharap cepet keluar tuh stnk n plat.

22 04 2011
arantan

Tombol likenya ilang ya Ben?

23 04 2011
hello

dulu ane +-2 bln, hsx turun 1 desember, stnk dan plat turun januari akhir…. pdhal pgen sgra nyemplak motor baru:mrgreen:

23 04 2011
hello

bnr2 pgn segera NUNGGANGI kalo ada mtr baru. NUNGGANGI yg baru emang enak👿

23 04 2011
gogo

seandainy transportasi massal negeri ini ke negara maju.. waktu resmi terbit stnk sebenrnya brp lma..?

23 04 2011
gogo

seandainy transportasi massal negeri ini spt negara maju.. waktu resmi terbit stnk sebenrnya brp lma..?

23 04 2011
aditretno

numpang mampir om bro…
saya juga kebeneran dapet STNK lama betul (janji max 3 minggu motor sudah bisa dipakai, trnyt STNK baru sampai ditangan hampir 6 minggu terhitung dari 28 Feb *Bajaj P180).

sebenernya sih saya setuju banget soal “masih banyak alternatif kendaraan lain”, jadi tidak ada alasan untuk tidak sabaran.
tapi dalam pembelaan saya, bukannya soal tidak sabaran, tetapi saya lebih kearah menuntut janji dari dealer. karena buat saya janji max 3 minggu adalah faktor penentu saya ambil Pulsar dibandingkan dengan Byson, Minerva VX, maupun New Megapro

istilahnya kalau pesen Pizza dibilang “tunggu 15 menit yah”, tapi ternyata baru keluar 1 jam kemudian? pasti ya bikin esmosi. dan yang pasti jadi udah ngga kepingin lagi makan Pizza. ya tapi itusih contohnya masih lebih mending, masih bisa ngambek trus kabur dari warung pizzanya. klo Pulsar saya malah udah terlanjur lunasin di depan, yang ada malah nyesek.

jadi dengan adanya perspektif ini, mungkin bisa dibilang ada faktor “Keempatx” yaitu sisi ingin dihargai sebagai konsumen atas akad jualbeli yg telah dilaksanakan, regardless benda apapun yang dibeli oleh konsumen

14 05 2011
novi

sebenarnya yg salah itu bukan samsat atau polisinya,tapi pihk dealer atau leasingnya.mereka urus stnk kita d samain dgn yg yang lain alias tunggu banyak dulu secara kolektif istilahnya barulah mereka urus stnk kita,mkanya wktunya ad yg cepat ad yg lama sekali.krn kalau hanya ngurusin hanya satu stnk n bpkb y mana mau rugi mereka bolak balik samsat hanya untuk urus surat satu motor,pengalaman saya urus bpkb n stnk sendiri d samsat,untuk stnk baru + plat nomor it cm 2 hr,pertama masukin berkas besok ambil platnya.untuk bpkb satu it 1 minggu.jd kalau dlm wkt 2 minggu jd it yg beruntung brti wktu beli it udh banyak berkasnya,kalau yg udh berbulan2 brti anda beli motornya d saat yg tak tepat.

22 01 2012
yanto

emang boleh urus stnk motor baru sendiri

1 06 2011
raka

mau tanya kalo staria fu2011 kira” lama terbit itu stnk berapa lama ? tolong jawab yah makasih, udah lama nunggu BETE

21 02 2012
Nuel AMbon

intinya langsung ke dilernya . terus nanyain samsat mana yg urus. trus pangkatnya apa? namanya siapa? catat namanya . trus laporkan ke pimpinannya. dari laporan beberapa orang . pasti pimpinan akan tegur langsung.

21 02 2012
Nuel AMbon

kalau masih blm di tegur. catat nama sama pangkat . cegat di jalan . gebukin sampe puas. pemerintahan yg payah. emang selalu aja bikin susah rakyat. coba kalau pejabat yg beli. hari itu juga stnk sama bpkb keluar.

gw pernah ngambil motor trus gw langsung sama orang dilernya ke samsat. gw cuma tegasin aja kalau gw mau stnknya jadi hari ini juga. kalau ngga jangan salahin gw kalau gw jalan tanpa stnk n plat nomor. eh 1 hari jadi juga selesai. gmana ngga selesai. gw datang pake masa.

6 04 2012
hendra

yang bikin thread kayaknya neh Polisi, gmn mau sabar minimal jadi 3 minggu kok.. emang birokrasi di indonesia ribet, klo gak UUD..

16 06 2012
regan

Di amrik aja orang klo mesen motor di hari itu di anter jga cos redi stock. + plat cuma tggu 1 minggu doang… Ninja lagi.. disini mah ampe 2 bulan..
ngapaen aja seeh samsat

12 09 2012
nius

saya leasing ninja 150rr, motor diantar tanggal 1 september kemarin dengan dp 13 juta, katanya surat baru turun 2 bulan lg…
apa benar begitu, tuk merk kawasaki memang lamanya 2 bulan…
share please, thanks

4 04 2013
Arul

Belum tentu gak sabaran juga, contohnya ane. Klo naek angkutan umum PP 1hari bisa abis 45ribu brooooo…coba kali 5 hari kerja=Rp.225.000 itu seminggguu…dikali 1 bulan broooo….????klo ane naek motor 30rebu seminggu……(dua2nya minus makan ya). Monggo dibandingin 1minggu = Rp.225.000 (ngakutan umum) : 1minggu = Rp. 30.000 (naek mongtor).

MANTAAAB JAUHNYAAA…!!!

15 07 2013
Zeplin

kita mesti bersabar di antara orang2 mata duitan tapi ber lemot ria otak . . .

5 08 2013
JokoSantoso Farm

gak perlu buru2 gimana. Kita ini beli motor tujuannya bisa segera dipake bukan dipajangin di rumah. Buat apa kalo beli motor baru kalo harus nunggu 6 bulan lamanya baru bisa keluar. Mending beli motor second aja. Yang perlu di tata ya administrasi di samsat kenapa kok bisa lama penyebabnya apa dan dicari solusinya begitu??

5 08 2013
abah

Gua muh masa bodo akh mau lama juga biar awet motor nya, kan gug pergi jauh, malah sekarang dah 2 bln v gug pernah di tanyain tuh ke daeler happy z breww..salam URBAN

8 08 2013
Zink

maaf, mo nnya stnk saya kan baru saja di rampok, trus saya kan mau buat stnk lgi tapi kata ortu saya bkinnya platnya bakal sama saja… pdahal saya maunya gnti plat..
mank klo bwt stnk lgi bisa sama kek plat dlu?
trus harga bwt stnk kek dlu sama bwt stnk+plat baru sama atau kgk yah?
trus kira” bth wktu brapa lama kalau saya bkin stnk kyk dlu dan brapa lama kalau bwt gnti stnk+plat baru?

31 10 2013
novice

Kadang pihak dealer juga suka sengaja memperlambat, padahal STNK sudah ada namun di bilang belum ada.

18 03 2014
johan

Da dua bulan belom keluar. G beli z250 mau g pake jadi ngejogrok dirumah aja. Gak lagi dahh g kaya Gini Mobil aja cuma 2 minggu

25 08 2014
pandusatrioo

saya seorang mahasiswa kuliah di sby, ngga punya saudara jadi beli motor di jkt, mau nebeng temen ke kampus? ga semua jadwal kuliah sama, kosan gua relatif jauh dari yang lain, makanya pakai motor. kenapa ga beli dari awal? gue udah beli 2nd masbro, cuman kondisi buruk banget makanya gua jual dulu. kenapa ga jualnya nunggu motor baru dateng? keluarga gue ekonomi menengah masbro, duitnya ga tinggal gesek doang. Terus gampangnya gue nunggu stnk supaya bisa dikirim ke sby, lagi pula di sby, sistem keluar parkir motor emang harus pake stnk, sebagai tanda bukti. Disini kurang aman.

kadang emang ga semua kondisi lu bisa anggep gampang masbro, dilokasi lain mungkin keadaan berbeda.

7 10 2014
Johnny

Bro asal tau aja ga semua situasi dianggap gampang sama semua orang mungkin di satu sisi gamasalah buat masbro tapi buat orang launnya….who knows?
Ingin buru buru stnk terbit….buat apa?buat masbro emg sepele tapi buat yg lain bisa masalah serius

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: