Jalan Rusak..Rakyat Berani Teriak? Pemerintah Mau Bertindak?

4 05 2011

jalan rusak di Setu

Jalan rusak?

Ah, di kota besar seperti Jakarta dan pinggirannya itu sudah biasa. Rakyat juga emoh berteriak menyuarakan pendapat..paling-paling hanya misuh-misuh memaki di atas kendaraannya. Lha..habis mau gimana? mau demo di depan kantor Pemda..? Sayang waktunya euy..emangnya kerjaan pengguna jalan demo..? Lagipula para pelayan rakyat itu yakin mau mendengar..?

selamat menikmati...:mrgreen:

Kali ini ane mencoba mengangkat suara bro Ananto yang diteruskan oleh bro Andri JDDC di milis Road Safety Association. Bro Ananto mengirimkan beberapa foto kondisi jalan yang berlubang parah. Di saat hujan terlihat jelas ruas jalan tersebut berubah fungsi menjadi kolam ikan. Foto diambil pada minggu ke-empat bulan April 2011.

Pengguna jalan bagaimana reaksinya..? Wooh..entah sudah kebal atau pasrah ya..? Sehari-hari ya mereka mau tak mau, suka tak suka harus menerima kondisi tersebut. Mau shockbreaker jebol, motor jadi kotor kena becyek, bahkan kalau ada yang jatuh guling-guling dari motor pun yaah..pasrah saja..

ini dia lokasinya..

Barangkali ruas jalan ini tak pernah dilewati kaum pejabat yang terhormat. Kalau iya, pastilah jalanan ini akan dibuat mulusss…dengan kualitas jalan sekelas Jl. Medan Merdeka sana.

Omong-omong kerusakan jalan..apa sih musuh utama jalan..? Well.. dari mata kuliah “Dasar Transportasi” dulu ane belajar bahwa musuh utama jalan itu ada 5 (lima) yaitu Air, Air, Air, Air dan Air. Kenapa begitu..?

musuh utama jalan.. AIR

Lihat tuh penampang melintang jalan yang terdiri dari agregat, alias pasangan batu kali dan kerikil, yang pada bagian atasnya diikat oleh aspal nan lengket. Jika sampai ada air yang menyelusup ke lapisan tersebut, maka butiran agregat akan larut dan memperbesar ruang diantara agregat. Jadinya ya seperti tumpukan gula pasir yang diaduk..Larut..dan lama-lama longsor.

Jadi, musuh jalan ini harus dialirkan keluar dari badan jalan. carane piye oom..? Ya..monggo bangun drainase..Sifat air itu kan selalu cari tempat yang lebih rendah..nah, berilah ia jalan untuk kesana. Bangunlah got dan gorong-gorong di sisi-sisi jalan. Dari survey topografi kan dapat tuh kontur jalan. Rencanakan saja lokasi terendah dimana, air bakal lari kemana, larikanlah saluran drainase kesitu..hehehe,,kok jadi bahas masalah teknik ya..?

cocok buat KLX250 nih medannya..hehehe

Eh..omong-omong dana, katanya diperlukan dana Rp 18 milyar lho untuk memperbaiki jalan rusak sepanjang 7 km ini. Benarkah hitungan itu? Yuk coba dihitung ala tukang..Kebetulan ane baru saja menghitung RAB (Rencana Anggaran Biaya) untuk pekerjaan jalan dengan perkerasan beton bertulang. Dari perhitungan harga satuan ane mendapatkan angka sekitar Rp 330.000/meter persegi (a) untuk struktur jalan  dengan beton K-250 (artinya mampu memikul beban hingga 250 kg per centimeter persegi) dengan tulangan baja diameter 10 mm dan spasi antar tulangan 15 cm.

Disitu diketahui panjang ruas jalan adalah 7 km atau sama dengan 7.000 meter. Asumsi saja lebar badan jalan adalah 7 meter. jadi luas jalan adalah 49.000 meter persegi (b).

So..bisa dihitung tho..biaya totalnya (a) x (b) sekitar Rp 16.1 milyar. Hmmm…rupanya masih lumayan jauh sih dari angka 18 milyar..🙂 Barangkali spesifikasinya beda..ya embooh..hehehe..Silaken dibahas dan dihitung lagi deeh..

Masalah teknis akan jalan jika pengambil keputusan sudi untuk segera beraksi. Katanya dana sudah ada, tinggal cari saja toh kontraktor yang mau mengerjakan proyeknya. Jadi gimana nih para pemelihara jalan dan Pemda yang terhormat..? Kapankah masyarakat dapat menikmati sarana umum yang layak. Jangan hanya cuek bebek seperti oknum wakil rakyat yang rajin towel-towel Samsung Galaxy Tab di sidang Pariporno..:mrgreen:

oh..yes..oh..no..ah..uh..oh..Android memang oye..!

jalan rusak..emang gue pikirin..ngebokep dulu aah..:mrgreen:

Hayo pengguna jalan, jangan hanya bisa diam dan pasrah. Suarakan pendapat dan berani bertindak. Kita orang INDONESIA lho…!!


Aksi

Information

30 responses

4 05 2011
x

2 milyar lg buat bikin situs porno para pejabat pemerintah om….

4 05 2011
anggiwirza

pertamaxx:mrgreen:

4 05 2011
moch rasyiid

mikir untuk drinya sendiri aja susah kok mikirin rakyat….cape deeh

4 05 2011
moch rasyiid

sudah saatnya KITA semua menyanyi padamu negeri bareng-bareng…he..he..hePADAMU NEGERI JIWARAGA KAMI….itu mah kuno……..

4 05 2011
terong amnesia

aaagh enakan ngurusin jalan lahir yg sempit2…:mrgreen:

4 05 2011
ken arok

jalan rusak,sekolahan reot mo ambruk,pendidikan/biaya kesehatan mahal..utang negara menumpuk…Disaat yang sama pemerintah mensubsidi BBM sampe 95,9 triliun per tahun..//saatnya subsidi premium dihapus untuk hal yang lebih tepat sasaran…..orang miskin yang gak punya mobil/motor gak dapat apa2 sedangkan orang kaya dapat bermobil dpt..

Yang dibutuhkan orang miskin sekolah/kuliah gratis biar bisa pinter dan pengobatan gratis di RS kalo sakit..gak butuh premium subsidi wong gak punya kendaraan bermotor……

4 05 2011
Takumi Fujiwara

yang 1,9m buat upah pekerja x

4 05 2011
yudibatang

Formula atau komposisi materialnya tidak sesuai spek.. (kalau sesuai spek gak ada untungnya:mrgreen: )

http://yudibatang.wordpress.com/2011/05/03/ketrampilan-dasar-mekanik-yang-diperlukan-bagi-seorang-biker/

4 05 2011
Triyanto Banyumasan

teriaknya udah saat ndhloshor, bertindaknya udah, udah dulu kamsude:mrgreen: jd ga bertindak-tindak, alias sih belajar mlaku… tindak tindik koyo bayi setahun, porno doyane koyo bayi juga yang suka tetek ibunya😀

4 05 2011
uDien d'kab 234

Parade mancing di jalan :mrgreen:

4 05 2011
dnugros

ngapain mikirin jalan, lha wong ngunduh JAV via PC Tablet lebih asoyyy koq😀.

4 05 2011
smartf41z

Pajabat say: percuma ditambal toh ntar rusak lagi.
Ya kalo gitu ga usah makan aja boss, toh ntar laper lagi.

http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/04/komparasi-honda-tiger-dan-kawasaki-ninja-250-untuk-pemakaian-sehari-hari/

4 05 2011
4 05 2011
asmarantaka

yg 2 M buat nyari istri muda yg kinyis2…malu dong udah jadi pejabat kalo kebelet liat bokep kudu handjob…yah minimal buat jajan gitu..xixixixi
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/05/04/andaikan-motor-berubah-jadi-cewek-kira2-ente-milih-yg-mana-buat-yg-maho-tidak-disarankan/

4 05 2011
umarabuihsan

F#ck 10x nya mas…:mrgreen:

4 05 2011
medmamed

ni jalan sering ane lewatin coz akses tercepat dari cibubur ke cibitung.. Emang parah separah parah nya ni jln raya setu..heran sama pemda setempat..kab.bekasi..apa pada ga pernah lewat situ yaa..

Fyi..jln raya setu jaraknya cuma sekitar 10km dr rumahnya pak beye di cikeas..heran ya??

4 05 2011
Virus

hm…ane cuma bs bilang klo pemimpin dah bobrok, rakyat gk bs apa-apa alias nrimo saja ditindas…pasti nti dtg bala bencana (kemungkinan sih gede) ntah tsunami ntah sgala macam…singkat kata manusia baru ad keperdulian bersama ketika ad bencana gede yg jg menimpa pejabat/orang kaya sombong baru lah mereka merasa senasib sepenanggungan…cuma ya itu trkadang udah di kasi bencana pun pejabat-pejabat masih lupa diri, klo dah gitu hehehe…nuggu bonus dr Tuhan aja kyk penyakit kronis dan sgala macam inti ny rakyat cuma bs pasrah nuggu pejabat-pejabat yg berkuasa lengser ato di jemput ajal…mo gmn lg, ini lah potret Indonesia saat ini…

4 05 2011
uDien d'kab 234

nich yang ngomong gak nyadar
semuanya itu akibat ente tau ….

dasar virus lemot …. xixixi

kaboooorrrrrrrrrrr ….

4 05 2011
Virus

kang kang makin ngangkang aja otak nya…xixixi
disinyalir kang udien sensi ama ane, datang-datang nyolot gak jelas + langsung kabooorrr…
*sana operasi dlu, ane liat error ny kang udien msih blum sembuh + ane perhatikan kang udien masi besar kepala yaaa…xixixixixixixi

4 05 2011
udien

komputer ajah lemot dan error kalo kena virus
palagi manungsa … xixixixi

hidup virus lemoooooooooooooot …. :mrgreen:

4 05 2011
Tjile

pernah lewat jalan spt digbr 1 berasa di negeri lain sepertinya gak ada pejabat yg lewat padahal itu jalan alternatip lho

4 05 2011
Abu Tanisha

akibat jalan rusak, ga bisa lihat tanahku hiks! padahal di tigaan setu ada samsat setu, dan kantor pemerintahan ckckckck

4 05 2011
ash

miris…….miris…….

4 05 2011
gogo

miris, dinegeri ini kebanyakn bikin jalan gak pake planning dan teknik yg baik. asal kasih kerikil pasir, siram aspal, dislender ..jadi deh jln raya..

5 05 2011
zaqlutv

gilee.. itu jalanan apa permukaan bulan?

5 05 2011
hendi

kayak y ada ikan lele y tuh jalan…..pantesan pejabat y seneng ngeliat jalanan kayak gtu.ckckckckckck slm om ben….

6 05 2011
gaplek mania

pemerintah sibuk ngurusin dana .
*dana yg kira2 bisa dikorupsi

6 05 2011
Mercon C FireBlade Rider

Iya juga yaa,,, daripada ngebenerin jalan,,, mending nonton bokep biar pikiran jadi terbuka,,, wkwk:mrgreen:
Gak papa deh, nih kita kasih pajak buat dikorup,,,😀

15 05 2011
kangmase

Sampeyan ki lulusan apa tho? kok ada mata kuliah dasar transportasi segala?

8 11 2013
maulana

wah, judulnya jos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: