PSRT Camp Training: Kawah Candradimuka Para Ranger

6 05 2011

Komunitas Pulsarian Indonesia

logo PSRT

Sudah beberapa minggu ini para ranger Komunitas Pulsarian Indonesia sering berkumpul bersama untuk menggodog sebuah kegiatan yang bertema besar, yaitu regenerasi. Sudah hampir 2 tahun PSRT (Pulsarian Safety Riding Team) berdiri dan memberikan edukasi kepada para ranger, sebutan akrab untuk anggota komunitas pengguna dan pecinta Bajaj Pulsar ini.

Menjadi anggota PSRT bukan lantas menjadi anggota elit. Prinsip egaliter tetap berlaku di dalam komunitas yang hampir menginjak usia 5 tahun ini. Dengan menjadi ranger PSRT maka tanggung jawab lebih akan diletakkan di atas pundak mereka. Pengetahuan mengenai road safety yang tentunya tidak sekedar berkutat pada skill berkendara harus mereka kuasai dan harus mampu mereka sebarkan kepada orang-orang terdekatnya. Seorang ranger PSRT haruslah mempunyai minat dan motivasi dalam bidang otomotif, khususnya keamanan berkendara, tanpa terjerumus ke ranah arogansi karena tergabung dalam PSRT.

kegiatan touring baksos Pulsarian

Apa saja yang dilakukan oleh PSRT? PSRT di dalam komunitas menjadi ujung tombak edukasi keamanan berkendara. anggota PSRT di setiap PRA (Pulsarian Ranger Area) bertugas diantaranya memberikan safety moment, sebuah nukilan, kilas balik dan reminder kepada peserta kopdar untuk selalu waspada dan jangan lengah di jalan. Disamping itu PSRT bertugas membimbing dan memastikan para ranger yang hendak melakukan touring, dari mulai pemeriksaan T-CLOCS di awal touring, briefing di awal touring, hingga memastikan seluruh ranger terhindar dari kecelakaan dengan membantu meningkatkan kewaspadaan.

Seperti yang dikatakan tadi, Skill alias kemampuan mengendarai motor bukanlah yang utama. Seorang ranger PSRT harus menguasai pengetahuan tentang Rules, peraturan lalu-lintas, serta memiliki hati yang tulus dan lurus untuk tidak tergoda melanggar aturan. Seorang ranger PSRT jugalah yang harus tetap teguh mengingatkan para ranger yang barangkali karena lupa atau terburu-buru sehingga melakukan pelanggaran di jalan.

kopdar, sarana silaturahmi dan edukasi komunitas

Pada acara PSRT Training Camp yang akan diadakan di bulan Mei ini, sekitar 30 orang ranger dari berbagai PRA akan mengikuti masa pembekalan dan edukasi singkat di sebuah lingkungan tertutup. Tentunya tidak ada yang membedakan antara ranger yang mengedukasi dengan yang diedukasi karena satu-satunya pembeda adalah para ranger yang lebih dahulu bergabung itu hanya tahu duluan saja.

Oleh karena itulah dalam kegiatan ini sifatnya adalah sharing dua arah. Diskusi dan sharing akan diperbanyak. Narasumber yang diundang antara lain bro Edo Rusyanto, penggiat keamanan berkendara dari Road Safety Association. Eyang enerjik yang juga blogger ini akan membawakan topik seputar rules dan attitude berkendara. Disamping itu pihak kepolisian juga akan membawakan materi seputar berlalu-lintas.

pembekalan materi

latihan praktek berkendara

Tercatat PRA terjauh adalah dari Bontang akan hadir pada acara ini, juga PRA di pulau Sumatera sedang menunggu konfirmasi.

Kepada para rangers…Selamat mengikuti acara ini bro..Semoga kalian menjadi PSRT yang mabrur dan dapat menyebarkan pengetahuan aman berkendara tidak hanya kepada sesama rangers tapi juga kepada orang-orang terdekat di lingkungan masing-masing.

Pulsarian…Auuu…!!! Auuu…!!! Auuu…!!!


Aksi

Information

8 responses

6 05 2011
extraordinaryperson

wah….asal dipraktekkan aja di jalanan ya hehe

http://extraordinaryperson.wordpress.com/

6 05 2011
Sendal bolong

Cuplikan 300, mantab…!!!
Tapi sayang, mati semua endingnya….

6 05 2011
vrz_evolution

ane ikut yang di bogor taun lalu..

6 05 2011
Triyanto Banyumasan

mantab Gan… Lanjutkan!

6 05 2011
687

Maju terus PSRT, cetak para kader yang handal.
Semoga ranger Pulsarian bisa dijadikan contoh yang baik pengguna jalan lain.

7 05 2011
kangmase

sip lah

10 05 2011
ndr0e

waah.. mo ikutan PSRT dari umum bole ga Ye?

10 05 2011
687

Kalau safety riding course nya bisa, tapi kalau untuk anggota PSRT belum bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: