Pulang dari latihan band usai acara KomBI, ane melintas via Jl. Bypass. Jalanan yang dikenal rawan ini tampak sepi. Ane melintas dengan tenang, tak perlu takut dengan kawanan preman bermotor yang dikisahkan sering merampas motor yang melintas.
Ah..beberapa diantaranya ane kenal baik, tak semuanya jahat. Kalau ada anak buahnya yang macam-macam mau merampas motor, tinggal laporkan saja ke “komandan” nya,hehehe..
So, meskipun beberapa pasang mata melirik ane dengan pandangan nanar..ane cuek saja.
Perjalanan dinihari itu pun tiba di depan gedung Astra Honda Motor di bilangan Sunter. Papan iklan raksasa bergambar CBR250R terbentang gagah di sana, menggoda pengguna jalan yang melintas. Berhubungan dengan tema artikel ini, beberapa minggu sebelumnya ane sudah melihat gelagat miring para karyawannya yang berbaju putih itu namun sayang tidak sempat ane foto.
Apakah gelagat buruk itu? Tak lain adalah menyeberang jalan sembarangan. Namun fenomena penyimpangan ini cukup ironis mengingat tepat diatas mereka terbentang sebuah jembatan penyeberangan yang menurut ane cukup layak untuk dipakai.
Papan iklan Beat, New Megapro dan juga Tiger menghiasi jembatan penyeberangan tersebut namun ratusan karyawan yang disinyalir baru pulang kerja shift sekitar pukul 00.30 dinihari tersebut mungkin terlalu lelah dan malas untuk mendaki tangga jembatan penyeberangan dan lebih memilih menjadi “jaywalker” mengambil resiko tertabrak kendaraan yang melaju kencang di jalan sepi itu.
Tak hanya fenomena jaywalker yang terjadi pada ratusan karyawan AHM tersebut, fenomena naik motor lawan arah pun terjadi. Tengok saja sekitar 3 motor yang ditumpangi oleh karyawan AHM itu meluncur dengan tenang seolah tak merasa salah. Gelak tawa terdengar dari rider dan boncenger, beberapa diantaranya malah riding sambil mengunyah makanan. Ironisnya..sudah berkendara lawan arah, tak pakai helm pula.
Sebenarnya sudah sejak sekitar 3 minggu lalu ane mendapati ulah karyawan AHM yang tidak peduli road safety ini. Sudah ane posting lewat Twitter dengan harapan para pejabat AHM mau sedikit peduli terhadap keselamatan jalan dan attitude karyawannya. Namun sepertinya mereka tak membaca tweet ane, so jadilah artikel ini.
Semoga AHM sebagai market leader sepeda motor yang mempekerjakan begitu banyak karyawan sudi menerima input ini. Jangan hanya peduli kepada produksi dan sales, perhatikan pula implementasi HSE (Health, Safety Environment) terhadap karyawannya. Jangan sampai mereka celaka karena menyeberang sembarangan, sementara jembatan penyeberangan yang berlapis papan iklan motor-motor AHM membentang di atas kepala mereka.
Ironis memang, disaat genderang kampanye Decade Of Road Safety mulai membahana, namun ATPM seperti AHM ini tidak menunjukkan dukungan sedikitpun kepada event tersebut bahkan tidak melakukan edukasi road safety terhadap karyawannya sendiri.
Baca dulu
yang penting kerja.
Nebar jaring dulu
Gigi mundur moge:
http://www.umarabuihsan.wordpress.com/2011/05/09/577/
betul banget tuh, lewat jalur pulang soalnya.
kalau bubaran bikin macet, nyebrang sembarangan, bergerombol, asik belanja ( dagangan pinggir jalan ), dll
Capek, budaya gak mendukung, rombongan…klop sudah.
hahahahahaha…sama aja sama karyawan YMKI di jln dr radjiman, ane pas kuliah sering banget liat karyawan YMKI pagi2, terutama buruhnya yg berangkat kagak pake helm, terutama setelah turunan fly over buaran,, disitu banyak kost2an,, kalo pagi suka macet, sering sebelahan sama karyawan YMKI yg gak safety, terutama gak pake helm sama boncengan bertiga…
Kalo mas ben gak percaya coba aja di check pagi2,,,pas jam masuk karyawannya,, disinyalir disana lebih banyak gak safety daripada si karyawan ahm
weh..boleh tuh dicek…bisa jadi semua ATPM karyawannya begini..gak peduli keselamatan.
ga semua kali….kayaknya hanya karyawan yang deket sama gawean aja yang begitu….
setuju..
setau ane emang diseberang AHM itu (komplek AL) banyak kost2an karyawan AHM.
sama kayak karyawan yamaha, deket2 situ mang banyak kost2an karyawan (ymki dan sharp).
mungkin yg ada dipikiran tuh karyawan,, ahhh..kostan ane deket ini ngapain lengkap2,,jalan or naek motor bentar juga sampe,,xixixiixixi
setuju..
soalnya kan di seberang ahm (komplek AL) itu banyk kost2an karyawan ahm
sama aja kaya karyawan ymki,, di daerah sekitar situ banyak kost2an karyawan ymki sama sharp.
jadi mungkin mikirnya kalo kostan deket dari kantor ngapain ribet harus pake helm, dll
harusnya dari perusahaan ada transportasi antar jemput macam Bus gituu
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/05/09/motor-mewah-vs-mobil-mewah-saat-logika-dan-rasa-malu-dipertanyakan/
lha di AHM emang ada Mas, tp ya masa kostnya cuma nyebrang jalan doang mau naik jemputan?
bakar aja tuh
hampir di setiap kawasan industri pasti begitu.
tradisi kali.
aq juga begitu sich
berarti klop… yang bikin sruntulan akhirnya yang dibikin juga sruntulan…(bebek)….. 😀
Gud
Gud
Mungkin udah tengah malam, jadi mereka pikir peraturan lalu lintas sdh tidak berlaku..
Miriplah sama penegak hukumnya..
Kalo jam panas, 1 sampai 3 sore, mereka hilang..
Pada leyeh- leyeh kali..bobo-bobo siang..
Lha pas sore, udah ada lagi..
Tapi soal yg gak pake helm, kayaknya mesti diharuskan..
Masuk pabrik harus pKe helm…
Mas…kayaknya itu udah umum kali ya…
banyak kok Industri2 yg karyawannya kyk gitu….
contoh aja pabrik Tekstil daerah Pantura, klo jam masuk ma keluar….beuh..ramenya…
padahal ya ada sekuriti yg ngamanin…tapi seperti sia2…
tau sendiri kan Mas Pantura…rame…banyak kendaraan berat ma motor srunthulan…
udah umum tapi ndak bener tho mas…makanya harus dikritik.. masak orang bikin salah berjamaah dibilang udah umum..hehehe..
budaya ngawur
klo korupsi sekarang udah umum biarkan aja ya bro
sinting lo..
Yo jangan melu2 sing umum tho mas…!!! :mrgren:
itu namanya anggep enteng… kyanya mesti nunggu ada salah satu rekan kena batunya… baru deh pada sadar.. tapi itu sadarnya paling cm 1-2 bulan.. selanjutnya lupa 😀
nitip http://wp.me/p1lWxj-3C ya, ttg spacy
ada karyawati yang cantik gak ben? 😛
wkwkwkwk…lagi serius2..ada yang beginian langsung ngakak…
Berarti bikin artikel ATPM yg lain jg dong mengenai Road Safety ini….
Blogger netral pemberitaannya berimbang… hehe 🙂
Ane kebetulan liatnya AHM..jadinya yg ditulis ya AHM.
kesel kakean nulis wakakakkakakaak
banyak yang melakukan hal seperti itu kenapa AHM aja yang ditampilkan di artikel….
cari2 perhatian aja -_-“
lhaa.ketemunya AHM ya ane tulis..kalo mas bro ada data lain ya monggo ditampilkan..
AHM, liat tuh… BU Isty ntar langsung bikin acar Road Safety, kalo peduli, wong yg penting jualannya laku banyak je… 🙂
gpp dikritik, kan ahm yg paling gencar komentar tentang safety riding….
ahm jelas gak bisa mentraining ribuan karyawannya..lha wong rangka coak didepan mata aja dicuwekin…
Lah namanya motor buat ojek, you know laaaa….!!!!
Bro,
Ente ada apa dengan Honda sih? yg ditulis Honda mulu. Coba jawab pertanyaan ane, sejak awal tahun banyakan mana artikel yg ente buat, Y atau H? Kalo mau fair, yg adil dong.
Lucu juga ente sampe nongkrongin depan pabrik H hanya utk nyari2 kesalahan H. Sapa yg percaya kalo yg ngelawan arus itu karyawan AHM sementara foto ente kagak jelas gitu. Ane orang sunter, ane tahu betulk di dpn AHM itu ada pangkalan ojek. Saran ane, kalo motret yg betul ya, biar tulisan ente terbebas dari fitnah dan upaya memojokkan H.
Kalo mau, ente tongkrongin juga tuh pabrik Y. Jgn lupa potret yang baik dan upload hasilnya ya
Salam
Wong sunter
walah…blogger kok disuruh fair..ya ane hanya menulis sesuai laporan pandangan mata saja mas wong..kan kebetulan liwat situ
barangkali mengkritik dan memojokkan agak sulit ente bedakan yah mas wong..
silaken kalo ada foto-foto di lokasi yang lain kasih tau ane..
eh?
Kenapa kalo gw lihat jadi seperti SOP ya? kalo ada cerita negative tentang AHM larinya ke percobaan pembunuhan karakter untuk balance? Apakah ini memang prosedur baku?
Mari jangan lihat issue lain, kembali aja ke contentnya, yaitu karyawan ATPM yang mengagungkan safety ternyata belum safety. Saya lupa baca dimana, harusnya membiasakan kelakuan yang benar, bukan mencoba membenarkan kelakuan yang biasa.
Ya ini bagian dari keselamatan kerja, demi kesejahteraan karyawan dan juga keberlangsungan usaha. Risk management.
aneh juga ya?
padahal kalo di pabrik pada patuh banget, begitu keluar merasa sudah bebas..
apakah safe riding itu hanya tools marketing?
Kalau helm turing (untu garing) itu tools marketing jugakah?
*nyamber
apakah ini sudah menjadi kebiasaan tiap karyawan pabrik yang letaknya tepat dipinggir jalan raya, soale ditemaptku kerja juga gitu jeeee, kalo pagi pas berangkat ama sore pas pulang banyak kali orang yang jalan nyebrang jalan sak penak e dewe, begitu juga dengan yang make motor, hanya sirider aja yang berhelm sedangkan boncengernya tetap setiap dengan gaya cecengengesan sambil klepas-klepus nyedot batang rokok…
apalagi kalo pas gajian, di depan samping dan seberang pabrik jadi pasar kaget.. Biasanya sihh but ga semua kok..
hahaha…, yg gituan sih udah biasa, om… paling tidak seminggu 3x pp dari toko ke cempaka mas, yaaa gitu deh kelakuannya. malah dulu sempat hampir ribut gara2 ada salah seorang karyawan (tau darimana? seragamnya yg jelas) nyebrang sembarangan trus ane klakson. eh dia-nya lsg marah2, kaget katanya (ane klakson sekitar 2 detik, tau sendiri klakson pulsar kaya’ gimana suaranya). mau difoto, nanti malah panjang urusannya…, ya sudah, dimaklumi saja…
ya, mungkin memang benar, mereka sdh cape plg kerja. naik tangga terasa menguras tenaga. coba naiknya pake lift or eskalator, mungkin ga akan kejadian seperti yg om benny dan saya alami…
heheheh..
lets share the road
sama2 bayar pajak, sama2 juga make jalanannya…
semoga didegar bos besar, HON_HON
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
nitip om
ketuka Yamaha ngamuk
http://2brk.wordpress.com/2011/05/09/jika-ymki-mengeluarkan-taringnya-dari-yamaha-firend/
Tulisan waste…kayaknya gak laku
ko’ dibaca??
(kompor mledugh + LGP 3kg)
hahahahaha, FBH kagak terima
karyawannya gak peduli….
di tempatku kerja klo ga pke helm ga boleh masuk lho …, malah tiap 3 bulan sekali ad operasi sim ma stnk …,
ngapunten mas.. nyebrang asalke ati ati nda popo toh??ckckckckckck
Mas BEN karyawan yg difoto itu masih blm punya motor itu rata2 karyawan kontrak yg kost disekitaran pabrik yg di data pun tdk ada yg pernah di training safety riding karena belum pernah ada data kecelakaan dari karyawan yg jalan kaki,data kecelakaan AHM semua dari pengguna motor ,setiap karyawan AHM yg memiliki motor sekarang wajib melakukan TRAINING SAFETY RIDING & di motornya ada stiker safe comply,bila tdk ada stiker safe comply motor dilarang masuk area parkir AHM,Untuk mendapatkan stiker safety comply syarat’y adalah
1.SIM & STNK berlaku
2.Helm SNI
3.Pakaian safety ( jaket,sepatu,celana,sarung tangan)
4.Motor komplit sesuai keluar dari pabrikan( semua lampu/elektrikal fungsi,spion,plat nomor,ban sesuai)
Semua dicek setiap hari oleh security & bagian safety,sebelum masuk parkir juga dicek ( helm & pakaian safety),bila ada karyawan yg melanggar langsung ditegur via managernya,peraturan tersebut sudah diperlakukan sejak awal tahun 2010,alhamdulilah data kecelakaan AHM menurun,itu juga mempengaruhi uang pengobatan & kecelakaan AHM,SUATU KERUGIAN BESAR bila ada karyawan yg celaka bagi perusahaan,cz kerjaan terbengkalai & uang perusahaan masuk RS,bila meninggal lebih parah lagi ruginya,AHM tdk memikirkan penjualan saja,cek saja perusahaan mana yg jaminan sosial & kesejahtraannya lumayan
yaa gitu deh..
http://rosso99.wordpress.com/2011/05/09/nguler-gak-ya-indent-spacy-apa-senasib-dengan-scopy/
Melihat berita ini sebenarnya miris, kalo banyak yang bilang ini gak fair, menurut saya maybe yes, maybe no, soalnya fakta menunjukkan memang lebih banyak nyudutin satu ATPM ini sedangkan yang lain adem ayem…. (just my analisa 🙂 )
Back to topic, ane dulu juga pernah bekerja di perusahaan otomotif, masih satu naungan ma yang lagi dibahas, berdasarkan pengalaman ane, justru manajemen pabrikan sangat keras terhadap sanksi dalam hal safety kepada karyawannya, baik safety ditempat kerja maupun safety berkendara, bahkan sanksinya gak maen-maen, yang terberat adalah penilaian kinerja karyawan tersebut menjadi buruk, tentunya akan berpengaruh terhadap kesejahteraan karyawan tersebut, belum sanksi yang lain, hal ini jelas bertujuan sebagai efek jera terhadap karyawan yang tidak peduli terhadap safety. Kemudian perusahaan juga punya program ZERO ACCIDENT, yang tidak bosan-bosannya di PR kan kepada seluruh karyawan tiap hari, program yang selaras dengan tujuan perusahaan. Perusahaan juga punya aturan ketat, terhadap para karyawan yang ingin menggunakan kendaraan pribadi ke tempat kerja, sikaryawan harus punya SIM, menggunakan safety device yang lengkap like helm, sepatu etc dan motor pun harus benar-benar memenuhi standar safety, like spion, lampu, dll…. Bahkan jiwa untuk selalu menjaga safety adalah satu jiwa dengan philosophi pabrikan ini, moto yang selalu harus diingat oleh tiap para pekerjanya… “KESELAMATAN HILANG, PRODUKSI TIDAK ADA” . Tentunya dari kata-kata tersebut sudah jelas apa makna dari pentingnya sebuah safety, bahkan lebih penting dari produksi maupun sekedar jualan…
So memang tak ada gading yang tak retak, seberapa hebat philosofi dan moto yang dimiliki pabrikan, tentunya faktor penentu utama adalah sang pelaksana yakni manusianya. Makanya buat saya sendiri agak ganjil kalo bisa nyampe ada yang bonceng bertiga tanpa helm, hal ini tentunya wajib ditelusuri, mungkin juga si karyawan naek ojeg ato gimana. So semoga kebeneran berita ini semoga bisa di cross cek ulang oleh pihak pabrikan, dan bila memang benar ada oknum karyawannya yang seperti yang dituliskan oleh yang punya warung agar bisa diberi peringatan keras…. Dan semoga hal ini juga bisa dijadikan pelajaran oleh semua pabrikan untuk selalu mengutamakan safety first, karena jujur di karawang yang juga ada pabrikan raksasa roda dua lain yang karyawannya yang perilaku jauh lebih parah dari hal diatas……
Keep Safety First !!!!
karyawan juga manusia, oom!!! 😀
DiJakarta kalo melanggar rame2 bisa dimaafkan kok. Itu kata Mr P kapan hari. kqkqkqkk…..
http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/10/desain-ninja-250-vs-cbr-250-dari-sudut-pandang-wanita/
no komen deh,,, udah biasa liat yang ginian
Untuk Wong Sunter : pemilik blog emang gak bisa disuruh fair apalagi dinilai salah. Mau-maunya. Dia nemuin salah ditulis salah nemuin bener dianalisa udah gitu nanti nemuin salahnya. Ada juga menggantung tulisannya kayak kompor meledug jadi interpretasi orang yang baca disuruh sebebas-bebasnya biar jumlah pengunjungnya banyak,mau salah mau bener bodo amat . hahahahahahahahahaha.
Right or wrong this is my blog, my opinion! That’s it. Lucu ya. Koran aja punya rules di awasi oleh dewan pers. Lhaaaaaa ini blog….buebassss…..kalau bisa ada yg bikin blog watch aja, yg nulis salah2 dan benar2nya blogger. Biar fair.
Terus buat komentator setia seperti saya juga bebaaaaassssss laaaaghhh ga bisa disalahin. laaaaghhhh gue nulis koment di media bebas, opini gue sendiri. kalo keberatan yaaaaagh ga usah ada blogg……
@wong sunter..
Ini blog bukan milik FBH….catet itu…!!!
nitip ya um ben..tentang pabrikan jg http://lekdjie.wordpress.com/2011/05/06/the-killing-machinedab/
wah..di blog lain malah ada dirut yg naik motor gak pake helm..
liat aja nih di
http://proud2ride.files.wordpress.com/2011/05/dyon-yamaha1.jpg?w=285&h=214
waah.. dulu sy kerja di AHM situ bro..
dagang gorengan. hihihi
Semua buruh pabrik kalo bubaran kelakuannya ya kaya gitu…lu liat aja di pulogadung, cikarang dll….namanya juga blogger FBK ya bisa dimaklumin sih kalo nyecer AHM…
@Vyzex : saya udah liat. nice pict.
waduh Om Dion , dengan seragam Yamaha warna biru naik Yamaha MX warna biru, gak pake helm, di depan lagi……hayoooo apa pendapatmu?? Disuruh fair gak bisa kalo yang ini gimana?
mana nih benny? katanya kalo diprovide foto lain mau buat artikel…?
itu ada fotonya : http://proud2ride.files.wordpress.com/2011/05/dyon-yamaha1.jpg?w=285&h=214
coba jelasin dikit dong dengan tulisannya…katanya non block?
cukup 6 kata: PEMBODOHAN OTOMOTIF oleh oknum pejabat Yamaha
gk ada artikelnya om 🙂 gk adil dong kalo gitu…
hahahaha…. piss
tenang..nanti ada waktunya…buat nyentilin oknum ATPM yang melakukan PEMBODOHAN OTOMOTIF
ditunggu ye Om.
@apand : Benny belum tentu mau nulis soal foto Mr. D yg ada di link ente. soalnya dia gak nemuin sendiri. juga tuh foto bukan punya dia. itu kan punya blog tetangga. mikir juga kalo nulisnya. jgn ngarep deh. percuma.
benul..foto jepretan sendiri lebih nikmat..
kalo alesannya bukan foto sendiri mah kliseee banget……
buat apa ada sumber : http://*********
so netral kah? kan udah gk perlu dengan sengaja ngambil foto ATPM tertentu…udah diprovide loh ini… :p
Maaf bukan mau belain Yamaha, tapi kalau dilihat dari fotonya, motor-motor itu sepertinya sedang di standard tengah dan (pastinya) berhenti. Kalau foto itu dalam keadaan jalan barulah bermasalah. Kalau dalam keadaan berhenti cuman mau numpang foto doang mah bukan masalah serius kok.
Liat deh di motor-motor dibelakangnya sebaris ada besi yang menempel ditengah dan disinyalir itu standard tengah
horeeeew seneng banget neh sama artikel beginian… es susu… es susu….
)
ayo oom kita cari borok2 atpm… (utamanya merk yg namanya jangan di sebut… biar ruameee… xixixi
banyak jg ya yang brokenheart ma si one heart
tapi ane juga yakin banyak juga yang oneheart ma si one heart 🙂
saran ane, lain kali fotonya yang lebih jelasan dikit, ane lagi ngeh foto yang terakhir. trus fenomena demikian memang terjadi dan miris yak, dimana AHM mendengungkan safety riding, tapi karyawannya ada yang gag safety crossing, bisa dikatakan demikian ya..
karena memang gag mungkin bisa 100% semua karyawan paham dengan pentingnya safety tadi, jadi kejadian spt ini lumrah terjadi..
@wong sunter: ya gag bisa bilang gitu juga sampeyan, ada yg bilang ni blogger anak FBK, po yo tak pikir.. yang perlu dipikir itu safety firstnya itu.. gak peduli mau Honda, Yamaha, Kawazaki, Suzuki, dll..
apresiasi buat bloggernya, niat bikinnya..hihihi
Orkes sakit hati…blogger kadang2 juga subyektif dan arogan mentang2 bisa nulis semua yg dia tulis seperti harus benar…safety riding ama safety walking menurut gw mah beda…jadi kenapa bawa2 ATPM…
yang penting bagi pejabat AHM dapet duit……duit……duit…..duit……gx mikir lagi yang laen ………hahahahahahahahahahahahaha……….
wah gan itu di dalem kan banyak gan ga cuma ahm aja…ada gs astra ada juga toyotamotor indonesia dll bajunya emang sama semua…
kalo yang lawan arah biasanya mereka mau ke arah sunter-kemayoran kalo muter kan jauh bgt tuh hahaha….
kalo nyebrang ga pake jembatan penyebrangan ane no comment panu masuk shit berapa juga pulang jam berapa juga sama aja hahaha
kalo di dalem mereka patuh gan sama peraturan…seperti jalan di line hijau… terus harus pake perlengkapan keselamatan… mgkin karena gajinya lumayan kali ya makanya mereka ngikutin bgt peraturan kantor….
kalo di luar mah back to habit masing masing lagi gan haha