Dagelan Lucu..Membandingkan Rangka Motor Dengan Struktur Jembatan

18 05 2011

frame Honda New Megapro (nyomot dari prado2.com)

Ini benar-benar lucu..entah ane baca di blog nya siapa dan komentatornya ber-ID apa, yang jelas lebih dari satu komentar yang menuliskan perbandingan antara struktur rangka motor dengan struktur jembatan..wahahahah…!!

Sudah bisa tertebak, awal mula diskusi bin perdebatan seru ini dari adanya coakan pada bagian anterior box Honda New Megapro, alias rangka tempat mesin bergantung. Disitu terdapat coakan yang disinyalir merupakan cara untuk memudahkan bongkar-pasang knalpot.

Sebenarnya dari sini saja sudah terdapat hal-hal yang nggawe ngguyu…!! Lha itu para engineer yang bikin desain rangka apa gak halo-halo sama engineer yang bikin mesin…?? “Hallooo..piye kabare mas insinyur mesin,aku mau bikin rangka neeeh..tulung sampeyan geser dikit outlet pipa knalpotnya nggih..biar aku ndak susah mencoak rangka..” Naaah.. Kalo begini kan enak.

Akibatnya opo? Ya jelas, konsumen yang perhatian terhadap detail dari sebuah motor menjadi was-was bin cemas. Kenapa bisa ada coakan di motor saya? Kalau ini motor saya pakai buat turing di medan yang begajulan kuat gak? Kalau motor saya masuk lubang, chassisnya peyot gak? Naah..itulah pertanyaan konsumen..? Wajar tho..?

Back to topic, entah di blog dan komentar mana, ane baca ada yang ngotot membandingkan struktur rangka motor dengan struktur jembatan..hwarakadah..dasare opo tho mas bro..?

Kebetulan ane pernah belajar Mekanika Bahan, Statika dan Analisis Struktur..itu semua adalah mata kuliah dasar..jadi ya meskipun cuma dapat nilai B ane bisa jabarkan sedikit meskipun kemudian di semester selanjutnya ane fokus ke sub-major Rekayasa Geoteknik..

Dan selagi menulis artikel ini rada mesem-mesem mentertawakan oknum yang bisa meramalkan gempa besar..itu si oknum belajar sama dosen atau berguru sama dukun ya? Mau cari sensasi mbok ya cerdas dikit dooong..jangan asal ngowos aja kaya selang radiator lepas :mrgreen:

Lanjooot…Membandingkan kedua struktur tersebut jelas irrelevan, why?

1. Mekanisme Pembebanan
Coba fokus ke bagian anterior box Honda New Megapro yang coak itu,apa dan bagaimana beban bekerja? Yang pasti akan ada beban statis dari pengendara yah. Lalu ada lagi beban dinamis berupa vibrasi mesin, serta gaya-gaya yang bekerja ketika motor bermanuver.

Nah, kalau semua beban dan gaya diisolasi pada anterior box tersebut maka gaya yang paling dominan adalah gaya tarik dan tekan yang berada paralel pada sumbu axial anterior box, sementara gaya lain adalah momen puntir (torque) ketika motor bermanuver. Ini karena anterior box merupakan tempat mesin “diikat”.

2. Sifat Material
Yang jelas, material motor kelas New Megapro tidak mungkin menggunakan material super kuat dan super ringan seperti rangka dan swing arm Cagiva Mito yang disinyalir memakai alloy billet 71/75. Apa artinya? Ya simple saja..berarti kekuatan material Honda New Megapro lebih inferior toh.. :mrgreen: Silakan ente cari video di Youtube dengan kata kunci “steel tensile”, maka akan terlihat bagaimana sifat sebuah material ketika ditarik. Itu material tanpa coakan, lha kalo ada coakannya gimana? Monggo dibayangkan sendiri..hehehe

Disini akan ketahuan bagaimana durabilitas material tersebut ketika menerima berbagai skenario beban dan gaya. Apakah menjadi bengkok (ductile), apakah baru kena beban sedikit saja langsung patah (getas/brittle). Semua skenario pembebanan harus dicoba, termasuk beban siklik alias beban yang berulang secara konstan.

Nah itu sekilas tentang mekanisme pembebanan dan material rangka motor, yang dideskripsikan dari sudut pandang ke-teknik sipilan..hehehe, sekarang bahas struktur jembatan dulu.

1. Skenario Pembebanan
Pada jembatan, mekanisme dan skenario pembebannyannya jelassss lebih rumit dari rangka motor. Dikenal adanya beban hidup dan beban mati, belum lagi adanya beban angin, beban gempa dan beban vibrasi. Semua itu harus dipikul oleh struktur jembatan. Dalam bahasan ini ane bahas struktur jembatan baja saja deeh yang sederhana, macam jembatan baja di Karawang yang bentangnya sekitar 100 meteran.

Dari bentuknya saja jelas bahwa strukturnya dikenai gaya tegak lurus sumbu axial dari girder-girdernya (girder = gelagar), beda khan dengan anterior box yang tadi dibebani paralel dengan sumbu axialnya. Kemudian beban ini akan diteruskan ke bagian segmen dan kolom dan akhirnya dipikul oleh perletakan yang ada pada masing-masing sisi jembatan.

2. Sifat Material
Ini juga lebih ribet dari desain rangka motor. Harus dihitung dulu desain pembebanan seperti apa. Apakah si jembatan nanti akan dilalui oleh maksimal truk tronton 40 ton saja? Ataukah akan dilalui juga oleh tank yang mencapai 100an ton? Dari situ dengan perhitungan mekanika bahan, akan diperoleh dimensi elemen-elemen struktural.

Jadi sudah lumayan jelas tho bahwa struktur rangka motor dan struktur jembatan itu beda? Gak perlu dibahas sampai pakai presentasi ribet-ribet. Apalagi menyamakan coakan pada pilar jembatan dengan coakan pada rangka..hehehe..

Lagipula, hal ini yang membedakan seorang Mechanical Engineer (Insinyur Teknik Mesin) dengan seorang Civil Engineer (Insinyur Teknik Sipil). Apaan tuh?

Mechanical Engineer akan bersuka hati ketika mesin buatannya dapat hidup dan menggerakkan sesuatu kesana kemari, dan akan berduka cita ketika mesin buatannya gak mau hidup.. :(

Civil Engineer akan bersuka hati ketika struktur buatannya dapat tetap tegar dan diam ketika dikenai berbagai beban dan gaya, dan akan berduka cita ketika struktur buatannya bergerak kesana-kemari alias RUBUH.. :mrgreen:

Sebagai penutup, menurut ane, pihak AHM selaku ATPM motor HARUS membuat klarifikasi resmi mengenai adanya coakan pada rangka Honda New Megapro ini, karena konsumen BERHAK untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan atas produk yang sudah dibelinya.

Tak perlu lah ada acara bela membela terhadap produsen, apalagi kalau sampai ada blogger yang terkesan menjadi “corong” ATPM secara implisit..waah..hari gini kok masih aja jadi ternak ATPM..? Apa kata mbak Ayumi..? *mancing mbak Ayumi keluar*

Ayo AHM, ditunggu klarifikasi resminya, jangan hanya bisik-bisik dan kirim materi lewat pihak-pihak tertentu saja yang disinyalir digunakan untuk meredam gejolak rangka coak ini di kalangan pemerhati blog otomotif.

Umumkan langsung di website AHM dong..!! Kalaupun nanti akan ada recall produk, itu bukan hal tabu, tapi bukti kalau produsen motor mau maju…!!

About these ads

Aksi

Information

44 tanggapan

18 05 2011
martini

absen pertamax bang ben….
ane…tak jadi mandornya ajah…jadi engineer gak enak…apalagi kalo gambarnya revisian…walah….

18 05 2011
martini

tes!!

18 05 2011
moch rasyiid

he..he…he bikin semangkin bingung bro…..tapi ane setuju mestinya produsen klarifikasi….soal keamanan konsumen jangka panjang lebih penting dibanding keuntungan sesaat….apa nunggu kalo ada kejadian baru bereaksi…

18 05 2011
E63'eNdhy

2

18 05 2011
Virus

hahahah…setuju om ben, ane kan dh liat artikel om abu tanisha di situ dia juga menjelaskan lebih detail dr bentuk powerpoint, dan ane jg udah tanya bibi ane persoalan struktur (rangka) bibi jg membenarkan, lalu ane komentar di blog lain ny (gk ane sebut blog siapa)…dan hasil nya hahahahah ada komntator yg balas tetep ngotot ngbela-bela dan bahkan merendahkan lulusan UI, UGM, ITB…wow aje gile…y uda ane diem-in gk ane balas sanggahan ny…
*rata-rata pd ngotot ngebela-bela krn udah trlanjur beli barang nya (motor tsb) dan sengaja mematikan akal sehat bahkan merendahkan pemikiran SDM dalam negeri…sungguh MIRIS bin T E R L A L U…

18 05 2011
arantan

Ini benerr!!!

Sebenarnya dari sini saja sudah terdapat hal-hal yang nggawe ngguyu…!! Lha itu para engineer yang bikin desain rangka apa gak halo-halo sama engineer yang bikin mesin…??

18 05 2011
Kegagalan konstruksi karena kurang koordinasi « Blognya Arantan

[...] Dari blognya Benny: [...]

18 05 2011
bjl

Berapa banyak ya potensial pembeli new megapro yang Setelah tahu coakan ini kemudian membatalkan pembeliannya?
Count me in..

18 05 2011
Takumi Fujiwara

engineer kabeh to iki- – coba ahm minta pendapat mzbro?

rubuh,:piss:

18 05 2011
warwer

xixixixi…nunut ngguyu…

18 05 2011
kangmase

saya bikin pollingnya, tapi komentarnya pada gak masalah karena belum ada kasus katanya…

pollingnya disini:
http://kangmase.wordpress.com/2011/05/17/poll-masalah-dan-kecacatan-motor-yang-harus-segera-ditanggapi-atpm/

18 05 2011
maxxx

kurang satu mas, dan saya bilang itu justru yang sangat membedakan antara fully metal structure di otomotif maupun aerospace dengan struktur bangunan, cross section inertia, baik untuk bending maupun torsion, ngaruh juga dikir ke axial load. selama cross section inertianya besar, stress yang timbul pasti kecil. selama stress yang timbul masih di bawah fatigue limit materialnya yan bisa dibilang aman.

18 05 2011
vrz_evolution

Waduh..
td aja uas mektek udah ribet..
-.-

ntar semester 3 ane mulai ngitung2 engine mounting x ya.. xixixi

18 05 2011
NanaRedPr☺

SETUJU,desak AHM bikin klarifikasi masalah ini,klo perlu recall semua NMP yang ada ditangan user,ganti gratis dengan cbr 150r baru
SALAM KARET BUNDAR™

18 05 2011
ken arok

ooooo gitu ya….karna gw bukan orang tehnik, gw mandangnya dari estetika aja…rangka dicoak kesannya jadi jelek n murahan…

19 05 2011
victor

bukannya memang jelek n murahan?

18 05 2011
Vespa Ijo Rider

mas ben.. entu insinyur yang bikin rangka ama insinyur yang bikin mesin udah “koling-kolingan” koq..
tapi “koling-kolingannya” pas motor udah jadi..

kate mereka;
“kenapa ente gak bilang2 mo ngebelokin leher knalpot sebelah sini..?? lagian jangan maen coak desain rangka hasil kerjaan ane dong..!!!

Lha.. situ bikin rangka koq mepet2 ama mesin kayak kagak ada ruang lagi aje..bikin kek rangkanya dicabang dua ngape..?? jadi pan leher snalpot bisa lewat ditengah..!!

ha.. ha.. ha…

liat nochhh tunggangan ane pake rangka monocoque.. ala pesawat terbang.. biar kata motor jadul tapi desainnya unggullll…!!!! :D :D :D

18 05 2011
girifumi

analogi yang tidak pada tempatnya …

18 05 2011
sandal jepit

koyone memang beda tapi pokok pemikiran harusnya sama karena lahirnya suatu design konstruksi apa saja timbul dari kegunaan/kebutuhan, estetika dan kekuatan.
kalo ada coakan kesannya gak mateng perencanaanya.

18 05 2011
tiyo 2010

straight to the point aja bang ben, dengan kondisi rangka new megapro seperti itu akan berbahaya ga thp keslamatan ridernya?

18 05 2011
bennythegreat

pertanyaan menantang..hehehe.. beresiko lebih tepat bro, bukan berbahaya..

tinggal tunggu kasus rangka patah aja deeh..hehehe

19 05 2011
Pino Kio

bukanya yg segitiganya gampang patah pabrikan yg bayar ente bro?

18 05 2011
Abu Tanisha

nah itu dia mas ben…kok bisa-bisanya si mas amama ali ngebantingin rangka motor dengan struktur jembatan, makanya tak tulis aja di blogku

http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/05/15/klarifikasi-dariku-tentang-rangka-yang-dicoak/

ini blog yang membandingkan rangka motor dengan jembatan (asline pengen ngguyu)

http://roda2blog.wordpress.com/2011/05/14/soal-coakan-nmp/

18 05 2011
Mat Tambun

Sebetulnya mudah kok ngatasi nya, kedudukan mur baut pemegang knalpotr itu dirubah posisinya menjadi atas dan bawah, trus bukanya pake kunci ring aja jgn kunci “T”. kira kira rangka itu ga perlu di coak…. (tulis di manual book nya klo buka knalpot harus pake kunci ring)

18 05 2011
gogo

wejangan yg bagus, begitulah.. yg penting beruntung

18 05 2011
Jintomang

Whahhhh… NGERIIII……

A.H.M. Dah BIKIN M0T0R YG GAK BEREESSSS…..

KuTungGu Klarifikasimu wahai INSINYUR2 AHM……

18 05 2011
BJUBAH HITAM

selagi belum ada complain time will tell lha …

18 05 2011
yudibatang

wah…mbaca dari atas kebawah..serasa ikut kuliah :mrgreen: mantab bung Ben.. analisa yang mendalam :D

tidak lupa nitip jemuran :mrgreen:
http://yudibatang.wordpress.com/2011/05/18/his-back-vixionku-kembali-pake-fairing/

19 05 2011
zaqlutv

kuliah pelajaran gitu bikin ngga mudeng blass.. :mrgreen:
soal coakan juga saya tanyakan ke mertua juga orang tehnik sipil, jawabannya malah bikin bengong alias ngga ngerti.. :oops: terlalu teknis jawabannya, ya udah tanya pake pertanyaan wong awam ae.. AMAN GAK? jawab mertuaku, “ngga rekomendasi, terlalu riskan”
lalu ditambahin, “kalo ngga patah ya gpp, pelan2 aja bawa motornya” :lol:

19 05 2011
Bajigoer

segitunya bro…
gara2 gak diundang lounching aja kayaknya marah banget.
bel;ajarlah lebih dewasa, biar org bias menghargai ente

19 05 2011
Bajigoer

setau ane recall itu ada kesalahan teknis yg bisa membahayakan, sedangkan untuk kasusu ini ane gak pernah denger satu kasuspun!

beda sama komstir oblak, segitiga patah yg jelas2 sangat berbahaya.

19 05 2011
wolfy

menurut ane sih ga perlu klarifikasi, coz selama ini ga ada yang mengeluh ato ga da masalah dengan apa yang diributkan ntu….. :mrgreen:

19 05 2011
Engginerkah?

Pernyataan resmi setuju! Analogi artikelnya berbau garam mau ngasinin lautan. Apa dipikir awal bikin product motor sehari bikin rangka sehari bikin enggine ntr lusanya dijual? Haloo..haloo apa nggak kordinasi?. Pikirkan riset dr awal sebuah motor. Kalo masalah comment frame dan kontruksi jembatan jg ikut baca disalah satu blog. Cm kayakny mslh pengambilan contoh, koq malah diurai dalam satu artikel. *melu ngguyu ae.

19 05 2011
Engginerkah?

@virus;
Persepsi dan timbul pertanyaan konsumen itu wajar. Tp kalo situ bilang ada yg ngerendahin lulusan UI,ITB,UGM ect kayaknya tidak tepat. Kritis boleh karna namanya recall,produk gagal bisa ada dlm dunia industri aka selaku produsen. Tp melihat comment @virus, apa iya insinyur pabrikan itu lulusan SD,trs komengtator yg disebut @virus dari sarjana? Kesan monoton dan maksa.

19 05 2011
Virus

wkwkwkw baca sndiri sana di blog ny roda2blog…ane sante sante aja komntar disana, eh malah dibalas ama komentator lain yg nyolot…yg isi ya itu…xixixixi

19 05 2011
Pino Kio

yg punya aja pada fine2 aja, yg gak punya kok pada kebakaran jenggot.
xixixiiii…..

19 05 2011
BJUBAH HITAM

ya sudah kalau gitu artikel ini menunggu yg punya kebakaran jenggot baru di bahas lagi lebih mantep ….

19 05 2011
wong ndeso

rangka coakan? secara desain memang terkesan kurang sempurna
secara kekuatan? rangka yang dicoak bentuk V, jadi konsentrasi stress di lembah V nya
coakan NMP? bentuknya RADIUS, dan ditambal plat lalu dilas
kekuatan pipa utuh vs pipa coakan? pasti lebih kuat pipa utuh
kekuatan pipa yang dicoak ini bagaimana? pastinya semua prototype telah diuji kekuatan dan durabilitas menerima beban-beban yang mengenainya
bagaimana mengetesnya?memastikannya?mengujinya?uji durabilitynya?tiap pabrikan pasti punya metode dan standard masing-masing.
apakah sudah lolos uji? pastinya sudah
mana hasil ujinya? yo takon sing nggawe motor
hihihi

20 05 2011
AAA

Moga AHM cepet tanggap.. minimal facelift niru megapro versi honda china ( phantom )
http://asmarantaka.files.wordpress.com/2011/05/jkmjgle191530.jpg

http://asmarantaka.wordpress.com/2011/05/19/honda-phantom-rr150-nmp-di-china-kok-rada-beda-yah-ama-nmp-disini/

ga pake fitur rangka kecoak

20 05 2011
yahonsuwakanja

buahahahahahaha….
masih ada fansboynya yg ngeles…
ngelesnya nggak pakai otak…tapi pakai…..? ? ?

20 05 2011
yahonsuwakanja

sudah diduga fansboy-nya pasti kebakaran jenggot….malah mnggiring opini dgn menuduh bloggernya dibayar-lah….malah BC produk tetanggalah…

20 05 2011
huueey,.

ayo2,.
Sapa yg mo minjemin ane NMP?
mo ane jdiin pnelitian skripsi ane ja dah hehe,.

29 05 2011
Candra Wiguna

Heeh, ga setuju boleh, tp jangan menghina gtu lah..
Jembatan ma coak NMP emang ga bsa dsamain, pake teori apapun jelas coak d NMP membuat rangka lbh lemah, tp bukan brati ga safety, ukuran’x pasti dah dhitung ma mekanik honda..

29 05 2011
Trafford

Nih klarifikasi dr AHM,,

http://tmcblog.com/2011/05/22/naaah-akhirnya-ahm-klarifikasi-langsung-soal-desain-sasis-downtube-honda-new-megapro/

Segitiga patah kok gda klarifikasi’a ya???
who knows?
Gda recall dr AHM,,klo ada jg merupakan tanggung jwb ATPM,,sama ky d mobil kan..
cmiiw….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: