[Tips] Survive Di Jalan dengan Memanfaatkan Pengguna Jalan Lain

6 07 2011

Survive di Jalan..? Bisa...!!

Di jalanan yang kejam yang barangkali makin hari makin layak disebut sebagai lahan pembantaian, strategi untuk survive alias bertahan dan menghindari near-miss maupun kecelakaan adalah sebuah keharusan. Selain dari penguasaan diri atas Rules-Skill-Attitude berkendara yang mumpuni, strategi berkendara aman juga dapat dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan tujuan mencari keamanan yang mengurangi resiko celaka. Dari pengalaman ane ini dia beberapa tips dan trik nya.

  • Mengikuti Kendaraan Lain
Ini adalah pengalaman ane ketika tersesat di sebuah rute diantara Cianjur hingga akhirnya ane ujug-ujug tiba di Jonggol dan terus ke Cibubur. Di sepanjang jalan yang sepi, maling dan rampok siap mengincar..belum lagi cuaca hujan deras. Lengkap sudah penderitaan. Yang ane tahu adalah terus riding dengan speed konstan. Rupanya di tengah jalan ada sebuah mobil yang terlihat searah. Demi keamanan, ane ikuti mobil itu dengan jarak aman. paling tidak kalau terjadi sesuatu sama ane, ada yang bisa dimintai tolong…(kalau mau nolong sih). Yang penting ada companion. Masalah di mengarah ke Jakarta atau ke Bandung gak masalah..yang penting sampai ke jalan yang lumayan ramai.

beli kepala cadangan dimana...?

  • Menapak di Jejak Roda, Bukan di Kolong Roda-4

Mengikuti mobil sih boleh saja. Lumayan toh hambatan angin alias drag di motor jadi berkurang. Tapi ingat, jangan mengikuti tepat di kolong mobil. Salah-salah, si mobil sukses mengangkangi lubang tapi komstir ente malah oblak karena menghajar lubang besar.

  • Ikuti Akamsi

Akamsi (Anak Kampung Situ) pasti sudah mengenal baik wilayah di sekitarnya. Dandanan yang seadanya dan tidak peduli safety adalah ciri khasnya. Lupakan resiko miliknya. Gunakan ia sebagai sarana untuk menghindari lubang. Ikuti dia dalam jarak aman. Sesial-sialnya, jika dia masuk lubang..ente bisa menghindarinya toh.

  • Tatap Spion Dia

Ketika hendak menyalip, biasanya kita ragu apakah sang rider di depan kita aware atau tidak dengan keberadaan kita yang ingin take over ini. Atau malah cuek bebek dan masa bodo..? Kalau kita gak tahu, salah-salah bisa jadi korban manuver mendadaknya. Caranya gimana biar aman? Lihat saja spionnya dari belakang samping yang bukan wilayah blind spot nya. Jika kita dapat melihat wajah atau tatapan matanya, maka dapat dipastikan ia aware dengan keberadaan kita. Tapi jika spionnya malah dilipat atau yang kelihatan malah perutnya…Hati-hati…ada biker cuek bebek nih.

tataplah...

  • Saliplah Aku, Jadilah Penunjuk Lubangku

Lagi-lagi lubang menyebalkan harus dihindari, apalagi pada malam hari. Jika ente kebetulan menemukan mobil atau motor yang buru-buru mau menyalip, kasih jalan aja. Biarkan ia di depan dan bermanuver menghindari lubang. ente tinggal mengikuti jejaknya dan bisa menghindari lubang. Lebih aman kan.

  • Jadilah Perisaiku

Ini trik simple, tujuannya mengurangi tabrakan samping. Jika kita ingin belok ke kanan dan kebetulan ada mobil yang juga ingin belok kanan, segeralah mencari posisi di sebelah kiri mobil tersebut. Paling tidak jika ada yang menabrak akan mengenai mobil itu dulu dan ente jadi terlindung.

  • Jadilah Payungku

Selalu amati posisi matahari. Lalu tentukan dimana bayangan akan jatuh. Disitulah kita dapat berteduh. Di lampu merah keberadaan roda 4 sangat berguna untuk berteduh, setidaknya selama lampu merah menyala. Manfaatkan itu, tapi jangan lupa jaga jarak dan jangan terlalu dekat.

  • Jadilah Kaca Dandanku

Kalau ini sih tips narsis..bagi ente yang memiliki motor gagah, bersih dan kinclong, sebuah mobil yang sisinya lebar dan biasanya berwarna hitam dapat digunakan untuk ngilo alias berkaca. Silakan periksa penampilan ente di situ. Apakah sudah rapi..? Apakah helm sudah dikancingkan dengan benar..? Apakah posisi duduk ente sudah nyaman dan terlihat gagah..?

Demikian tips singkat yang dapat di-share, jika ada yang mau menambahkan, monggo aja…:mrgreen:


Aksi

Information

33 responses

6 07 2011
srigala

info sip🙂

6 07 2011
yahyaAbu-ibank

nes inpo dah mas ben ,,,,mantaaaaaaaaaaaaaaaap !!!!!!!!!

6 07 2011
De Alit

Nais Inpoh, kerenn…

6 07 2011
Sby

Sip

6 07 2011
mamPIR

ngapalin tempat tambal ban + bengkel + POM dll termasuk tips survive ga ya?

6 07 2011
6 07 2011
willykk

ck2.. koq malah di share sich.. ini khan tips rahasia😆

6 07 2011
Idog

ketinggalan podium..

Sip om… brmanfaat nih…

6 07 2011
nunoe

Jadilah Perisaiku
Ini trik simple, tujuannya mengurangi tabrakan samping. Jika kita ingin belok ke kanan dan kebetulan ada mobil yang juga ingin belok kanan, segeralah mencari posisi di sebelah kiri mobil tersebut. Paling tidak jika ada yang menabrak akan mengenai mobil itu dulu dan ente jadi terlindung.

bukannya malah bahaya??soalnya driver kalo mau belok kiri lebih memperhatikan arah sebelah kanannya dan kita berada di sisi kiri…bisa2 malah kepepet mobil – trotoar..

6 07 2011
Rizqibe

Yup, kalau ambil sisi kiri entar pas mau kembali ke jalurnya kita ada di sisi dalam mobil yang takutnya bisa jadi blind spot pengemudi.

6 07 2011
Nurman

Jaga jarak aman ama kend depan, apalagi ma angkot ato bus kota yang belok dulu baru kasih sein… Waspadai lokasi rawan tebar paku… Ingat Lokasi Bengkel or SPBU dadakan bisa jg tuh.. plus TITI DJ Om…

6 07 2011
Warga Sipil

Waspada juga, jika “mengintili” mobil di depan bisa-bisa ngantuk.. karena otak jadi rileks gak mikir cari jalan..

6 07 2011
amirul

keren…

6 07 2011
6 07 2011
bennythegreat

hehehe…udah lama banget nih acara..

6 07 2011
6 07 2011
asmarantaka

wohh..mantepp infonya

6 07 2011
rcitra

mantappppsss banget bro tips nya…

sedikit banyak secara tanpa sadar, ane ternyata udah praktekin…
tapi bro ben lebih fasih dalam menuangkannya dalam tulisan…

mantap!!!

6 07 2011
cemara

Hahaha.. Yang terakhir bener banget tuh, apalagi kalo motor baru, bawaannya mau nyari mobil warna item buat ngaca mulu..

7 07 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

hihi, kayaknya pernah ane posting di tips and trik😀 tapi ini lebih efisien dan simpel. Mantap bence … btw ada satu lagi : ikuti bruang sirkus, bisa jadi efek slip stream jadi milik anda:mrgreen:

7 07 2011
7 07 2011
Rei

tipsnya sangat bermanfaat

bung ben

sip

7 07 2011
PakBambangNunggangJaran

apik apik apik

7 07 2011
Abu Tanisha

ane ada tambahan lagi, namun ini lebih In my humble opinion, semoga bisa diterima, hmm pekan depan aja ane buatin artikelnya

7 07 2011
bennythegreat

monggo bro…jangan lupa link nya dikirim kemari…🙂

7 07 2011
keshamotors

tips terakhir paling sering ane lakukan gan.. xixixi pemburu mobil kinclong numpang ngaca

7 07 2011
8 07 2011
gogo

mantab infonya, ada beberapa hal yg udah biasa ane lakuin.. nice..

8 07 2011
setia1heri

Jadilah payungku :
kadang bergerombol justru malah menyebabkan kemacetan disekitar mazbro

8 07 2011
blacky

mantap bro..good job..!

8 07 2011
Igfar Pramarizki

like this…

9 07 2011
kanvasmerah

Yang manfaatin Akamsi boleh juga tuh,btw picture 1 dasbor motor apa ya mas?keren tuh..

25 07 2011
Je'em

BANYAK MANPAATNYA NEH…MAKASEH MAS BRO…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: