Di jalanan yang kejam yang barangkali makin hari makin layak disebut sebagai lahan pembantaian, strategi untuk survive alias bertahan dan menghindari near-miss maupun kecelakaan adalah sebuah keharusan. Selain dari penguasaan diri atas Rules-Skill-Attitude berkendara yang mumpuni, strategi berkendara aman juga dapat dikembangkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan tujuan mencari keamanan yang mengurangi resiko celaka. Dari pengalaman ane ini dia beberapa tips dan trik nya.
- Mengikuti Kendaraan Lain

beli kepala cadangan dimana...?
- Menapak di Jejak Roda, Bukan di Kolong Roda-4
Mengikuti mobil sih boleh saja. Lumayan toh hambatan angin alias drag di motor jadi berkurang. Tapi ingat, jangan mengikuti tepat di kolong mobil. Salah-salah, si mobil sukses mengangkangi lubang tapi komstir ente malah oblak karena menghajar lubang besar.
- Ikuti Akamsi
Akamsi (Anak Kampung Situ) pasti sudah mengenal baik wilayah di sekitarnya. Dandanan yang seadanya dan tidak peduli safety adalah ciri khasnya. Lupakan resiko miliknya. Gunakan ia sebagai sarana untuk menghindari lubang. Ikuti dia dalam jarak aman. Sesial-sialnya, jika dia masuk lubang..ente bisa menghindarinya toh.
- Tatap Spion Dia
Ketika hendak menyalip, biasanya kita ragu apakah sang rider di depan kita aware atau tidak dengan keberadaan kita yang ingin take over ini. Atau malah cuek bebek dan masa bodo..? Kalau kita gak tahu, salah-salah bisa jadi korban manuver mendadaknya. Caranya gimana biar aman? Lihat saja spionnya dari belakang samping yang bukan wilayah blind spot nya. Jika kita dapat melihat wajah atau tatapan matanya, maka dapat dipastikan ia aware dengan keberadaan kita. Tapi jika spionnya malah dilipat atau yang kelihatan malah perutnya…Hati-hati…ada biker cuek bebek nih.

tataplah...
- Saliplah Aku, Jadilah Penunjuk Lubangku
Lagi-lagi lubang menyebalkan harus dihindari, apalagi pada malam hari. Jika ente kebetulan menemukan mobil atau motor yang buru-buru mau menyalip, kasih jalan aja. Biarkan ia di depan dan bermanuver menghindari lubang. ente tinggal mengikuti jejaknya dan bisa menghindari lubang. Lebih aman kan.
- Jadilah Perisaiku
Ini trik simple, tujuannya mengurangi tabrakan samping. Jika kita ingin belok ke kanan dan kebetulan ada mobil yang juga ingin belok kanan, segeralah mencari posisi di sebelah kiri mobil tersebut. Paling tidak jika ada yang menabrak akan mengenai mobil itu dulu dan ente jadi terlindung.
- Jadilah Payungku
Selalu amati posisi matahari. Lalu tentukan dimana bayangan akan jatuh. Disitulah kita dapat berteduh. Di lampu merah keberadaan roda 4 sangat berguna untuk berteduh, setidaknya selama lampu merah menyala. Manfaatkan itu, tapi jangan lupa jaga jarak dan jangan terlalu dekat.
- Jadilah Kaca Dandanku
Kalau ini sih tips narsis..bagi ente yang memiliki motor gagah, bersih dan kinclong, sebuah mobil yang sisinya lebar dan biasanya berwarna hitam dapat digunakan untuk ngilo alias berkaca. Silakan periksa penampilan ente di situ. Apakah sudah rapi..? Apakah helm sudah dikancingkan dengan benar..? Apakah posisi duduk ente sudah nyaman dan terlihat gagah..?
Demikian tips singkat yang dapat di-share, jika ada yang mau menambahkan, monggo aja…
info sip 🙂
nes inpo dah mas ben ,,,,mantaaaaaaaaaaaaaaaap !!!!!!!!!
Nais Inpoh, kerenn…
Sip
ngapalin tempat tambal ban + bengkel + POM dll termasuk tips survive ga ya?
wadezig!!!
boljug
http://maskurblog.wordpress.com/2011/07/06/kebo-nusu-gudel/
ck2.. koq malah di share sich.. ini khan tips rahasia 😆
ketinggalan podium..
Sip om… brmanfaat nih…
bukannya malah bahaya??soalnya driver kalo mau belok kiri lebih memperhatikan arah sebelah kanannya dan kita berada di sisi kiri…bisa2 malah kepepet mobil – trotoar..
Yup, kalau ambil sisi kiri entar pas mau kembali ke jalurnya kita ada di sisi dalam mobil yang takutnya bisa jadi blind spot pengemudi.
Jaga jarak aman ama kend depan, apalagi ma angkot ato bus kota yang belok dulu baru kasih sein… Waspadai lokasi rawan tebar paku… Ingat Lokasi Bengkel or SPBU dadakan bisa jg tuh.. plus TITI DJ Om…
Waspada juga, jika “mengintili” mobil di depan bisa-bisa ngantuk.. karena otak jadi rileks gak mikir cari jalan..
keren…
Ada yang nampang di sini nih…
http://oto.detik.com/read/2011/07/06/141138/1675871/1199/komparasi-speedometer-dan-gps?881104638
hehehe…udah lama banget nih acara..
Ada penampakan disini….
http://oto.detik.com/read/2011/07/06/141138/1675871/1199/komparasi-speedometer-dan-gps
wohh..mantepp infonya
mantappppsss banget bro tips nya…
sedikit banyak secara tanpa sadar, ane ternyata udah praktekin…
tapi bro ben lebih fasih dalam menuangkannya dalam tulisan…
mantap!!!
Hahaha.. Yang terakhir bener banget tuh, apalagi kalo motor baru, bawaannya mau nyari mobil warna item buat ngaca mulu..
hihi, kayaknya pernah ane posting di tips and trik 😀 tapi ini lebih efisien dan simpel. Mantap bence … btw ada satu lagi : ikuti bruang sirkus, bisa jadi efek slip stream jadi milik anda
weeks..tipsnya sudah saya terapkan sehari-hari.. 😀
http://yudibatang.wordpress.com/2011/07/07/siapa-orang-dibalik-kejayaan-sirkuit-sentul-era-90an/
tipsnya sangat bermanfaat
bung ben
sip
apik apik apik
ane ada tambahan lagi, namun ini lebih In my humble opinion, semoga bisa diterima, hmm pekan depan aja ane buatin artikelnya
monggo bro…jangan lupa link nya dikirim kemari… 🙂
tips terakhir paling sering ane lakukan gan.. xixixi pemburu mobil kinclong numpang ngaca
http://keshamotors.wordpress.com/2011/07/07/poling-alasan-masyarakat-tidak-memakai-produk-suzukiy-2/
mantab infonya, ada beberapa hal yg udah biasa ane lakuin.. nice..
Jadilah payungku :
kadang bergerombol justru malah menyebabkan kemacetan disekitar mazbro
mantap bro..good job..!
like this…
Yang manfaatin Akamsi boleh juga tuh,btw picture 1 dasbor motor apa ya mas?keren tuh..
BANYAK MANPAATNYA NEH…MAKASEH MAS BRO…