Pernah Mengalami Autopilot..?

7 07 2011

autopilot..?

Dalam keseharian berkendara di atas dua roda melintasi rute harian pernahkah ente merasakan fisik bekerja di luar kontrol? Maksudnya begini..Jadi kita mengendalikan motor namun kesadaran kita memikirkan hal lain, atau bahkan tidak memikirkan apa-apa. Badan kemana… Pikiran kemana…

Tapi uniknya proses manuver motor tetap berjalan. Kita tetap bisa mendahului kendaraan lain, tetap bisa menghindar jika ada motor yang berbelok mendadak. Pernah begitu?

Yang ane ingat adalah awareness alias kewaspadaan. Ketika “autopilot” ini sedang berlangsung, praktis spion tidak dilihat dan manuver membelok pun dilakukan tanpa head check kiri-kanan.

Bagaimana ini bisa terjadi? Menurut pengalaman ane, kondisi “autopilot” biasa terjadi dalam kecepatan sedang (30-50 km/jam) dan kondisi lalu-lintas dalam keadaan relatif lancar, tidak banyak kendaraan yang menyalip alias meng-overtake kita.

Zzzz...Zzzz...Zzzz..

Barangkali karena pikiran kita lelah atau sedang tidak fokus, makanya kesadaran sedikit terganggu dan kegiatan motorik menjadi bergerak di luar kesadaran.

Tetapi autopilot ini selalu saja terjadi pada rute harian dan tidak terjadi pada kegiatan touring atau rute yang tidak biasa lainnya.

Ketika ane mencari referensi ke Google..yang ane temukan adalah link mengenai sleep driving yang dipengaruhi alkohol atau obat. Barangkali yang lebih paham psikomotorik atau medis bisa bantu menjelaskan..?

About these ads

Aksi

Information

26 tanggapan

7 07 2011
mbrut

kak

7 07 2011
srigala

ok

7 07 2011
Shasya

Seringnya sih ngerasain ini kalo ngelewatin jalur yang rutin dilalui…

7 07 2011
ricthofen

ane juga pernah tuh ngerasain, lagi ridding ndak lama kemudian ndak nyadar ane udah sampe tempat tujuan padahal ane cuman mikirin yg ringan2 saja

7 07 2011
satrio

sering klo abis kerja malem…. cuapek plus ngantuk…. jadi pelan plus mikir 2 kemana gituch

7 07 2011
pak lurah

Cbr Matic with triptronic…

7 07 2011
noFUN

Eh, emang pesawat juga punya spion di atas kepala ya :?: *gambar 1

Pernah mas Ben, sering malah.. dan iya, di jalur harian ke kantor / pulang.. :)

7 07 2011
dudung59

sering… pake mobil n motor
tapi kayanya lebih karena biasa lewat jalur tsb
n situasi lalu lintas yg kondusif deh…
tapi kalo di bilang gak waspada kaya’nya gak juga…
soalnya sering pas ada perubahan situasi, langsung bisa nyesuain..
speed juga relatif… soalnya ga kebayang kalo gw bawa kendaraan 30-50kpj…

7 07 2011
ledoy

pernah mas, pulang kantor lsg mudik ke kampung… di daerah tmn safari. pasang mode “auto pilot” …. wal hasil pelek belah, sok depan ngelipet, radiator pecah… untung ndas pake helm sertifikasi DOT, kalo SNI gak tau deh… bahaya tuh “auto pilot”

7 07 2011
Bro Jol

sering tuh klo auto pilot,palagi klo lg ketemu ninin 250 yg modifnya alay ato ada alay diatas ninja,aadduuh,langsung gw mikir coba harganya diatas 60 jutaan ato samain lah sama di belanda yg 67,5 jt otr ato malaysia yg 62 jt,yah maklum bung ben ane ga jd beli ninja 250 gara2 hal tsb jd kepikiran mulu akhirnya beli D-Tracker 250,malah sampe ngimpiin RSV2-nya Aprilia yg 250cc V2 4-tak kapan ya nongolnya,pasti mahal sih bisa diatas 70an jt tp rapopo yg bisa beli pasti tau cara memperlakukan motornya n tau bagaimana cara ridingnya,sorry klo ada yg tersungging..kadang2 baru sadar lg pas uda sampe pintu gerbang rmh

7 07 2011
Adi Riswan

saya sering mengalami hal demikian, biasanya kalo kondisi lagi kurang tidur atau kecapean. Atau pernah juga jika sedang mikir serius. Anehnya ya seperti itu tetap aman sampe tujuan

7 07 2011
kangmase

sering…

bahkan orang nyetir mobil lebih sering lho….

8 07 2011
gogo

seringnya klo melewati rute sehari hari dan udah paham betul keadaan jalannya.. instuisi dan reflek yg bekerja. tp pas lagi touring, seringnya tiba” motor dibelokin padahal rute lurus dan sebaliknya…

8 07 2011
Angga

Pernah waktu jaman kuliah, tapi pake mobil. Soalnya sering dapet kuliah jam 1/2 8 pagi, & rumah di timur, kampus di barat. Yang terakhir diinget pas lagi masuk pintu tol halim. Ngga sadar tau2 udah ada di semanggi aja.

8 07 2011
scorpioOwner

wah gawat tuh bro.. fimana kalo ga sadar tiba2 udah dibandung aja. ahahahahah

8 07 2011
dudung59

koq bisa??? khan dari timur ke barat…

8 07 2011
nvr110

Waktu itu saya jg pernah
Malem2 abis pulang kerja, abis ujan jg

Alhasil kepeleset, jatoh dari motor…

Mungkin kecapekan jg

8 07 2011
scorpioOwner

hahaha..emang bener siy bro. kadang emang suka ngelamun gitu dijalan,tp kalo ada yg menghalangi jalan didepan masih bs menghindar.. yah miriplah dgn autopilot. :D

8 07 2011
MASBAS

wahaha.. dulu hampir tiap hari.. berangkat/pulang kerja nguantuk tak tertahankan tapi tetep aja ngacir.. (sebenernya bahaya juga sih ) :D hehehe

8 07 2011
Nurman

Auto pilot? ane mengartikan kalo ad boncenger or tebenger, gantian gtu….

8 07 2011
wong

kadang gituh… saking autopilotnya, mestinya belok ke rumah…eee, malah bablass….

8 07 2011
Andry

automatic behavior syndrome
muncul karena fatigue bro :) alias keletihan bin kecapekan
waspada lah ….

8 07 2011
brachmansyah

Gw banget tu, mas Ben. Dgn kondisi sbb :
- Lagi ada yg di pikirin.
- Lelah secara psikis, ngantuk ringan.
- Jalan yg rutin di lewati.
- Kecepatan kendaraan sedang dan hanya berhenti di lampu merah.
- Tdk seluruh perjalanan dlm keadaan auto pilot. Hanya sebagian2 saja.
- Kebiasaan berkendara dan reflek tetap berfungsi.
- Habis minum obat flu

9 07 2011
AAA

Dibawa nyanyi2 aja… xixi.. biar ga ngantuk

15 07 2011
Yohanes_2027

Kemarin senin baru aja ngalamin waktu jalan ke bandung,dan hasilnya : tersungkur disamping ban motor orang :D

8 07 2012
25. [Edisi Puasa] TAHUKAH MASBRO… Safety Diri Sendiri Belum Cukup…..Kadang Kita Harus Memberikan SLOT Ruang untuk Kesalahan Orang Lain… « umarabuihsan blog

[...] AUTO PILOT kendaraan kita (bagi yang belum pernah ngeh kamsudnya, silakan baca di https://bennythegreat.wordpress.com/2011/07/07/pernah-mengalami-autopilot/ )… akan sangat mungkin untuk lebih terjadi di bulan puasa nanti. Selepas tengah hari adalah masa2 [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.698 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: