Seandainya Saja Bro Andry Pakai Helm Full Face…

12 07 2011

Bro Andry setahu ane adalah pemotor yang berpengalaman, dari sisi safety gear, ia sangat konsisten mengenakan jaket bikers setiap harinya. Tubuh kurusnya pas dengan jaket tebal model Heinz Gericke itu. “Emangnya gue gembul kayak lo ben..gue ini kurus, makanya pas pake jaket ini, hangat bro..” demikian komentarnya waktu ane tanya “Apakah gak panas setiap hari pakai jaket tebal itu..?”

helm open face vs helm full face

Namun, dalam urusan helm, bro Andry ane nilai kurang konsisten. Ia adalah perokok yang lumayan berat dan hal inilah yang menyebabkan ia sering berganti jenis helm. Kadang ia pakai helm full face, kadang ia pakai helm open face. Tapi untuk helm half face alias cetok, bro Andry tidak pernah menggunakan helm model cetok. Ada satu hal yang ane ingat tentangnya. Ia tak pernah mau menitipkan helm di tempat penitipan helm yang tersedia di parkiran motor. Ia selalu membawa helmnya ke meja kerja.

Kamis sore itu hujan turun dengan lebat, bro Andry memutuskan menerabas hujan, ia barangkali tak sabar ingin berkumpul bersama keluarga tercinta..

Menurut pengakuan bro Sofyan, rekan kerja sebelah meja bro Andry, hari itu bro Andry memakai helm open face…

Hujan saat itu memang lebat sehingga jalanan di depan kantor terlihat seperti sungai. Tak terlihat mana lubang, mana marka jalan..

Bro Andry lepas dari gerbang kantor dan memacu Supra-X nya perlahan, tak sampai 30 km/jam. Namun ketika melewati depan gedung Menara Global, Jl. Gatot Subroto, ia terpeleset dan jatuh. Sebuah lubang yang tertutup air mengecohnya.

bro Andry tak mengalami cedera sama sekali, namun sayang entah mengapa helm open face nya terlepas, padahal sudah dikancingkan.

Baru saja ia mengubah posisi badan hendak membangunkan motor, tiba-tiba sebuah mobil box menghajar kepalanya. Ente tahu kan tonjolan box kontainer yang sering lebih lebar dari kabin pengemudi..? Nah bagian itulah yang menghajar kepala bro Andry.

Akibat benturan itu, rahang bro Andry remuk dan harus bergeser. Namun refleks ia segera menelepon bro Sofyan yang segera membawa ambulance kantor untuk menolongnya.

Pipi kanan bro Andry bersimbah darah, rahangnya bergeser hampir lepas dari engselnya sehingga ia tak bisa bicara, kondisinya parah.. demikian pengakuan bro Sofyan yang pertama tiba di TKP.

Ambulance pun segera membawa bro Andry ke RS. Medistra. Ironisnya, selang beberapa detik setelah bro Andry jatuh, di tempat yang sama, pengendara motor lainn terjatuh dan langsung tak sadarkan diri. Jadi ambulance tersebut digunakan untuk membawa 2 korban kecelakaan.

Hingga artikel ini ditulis, sudah hampir 2 minggu bro Andry menjalani perawatan untuk rahangnya. Dukungan moriil dan materiil terus mengalir, juga saran dan masukan untuk memperkarakan kondisi jalan yang buruk ke instansi terkait yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan jalan. Namun, entah kebetulan atau bukan, sekitar 2 hari setelah bro Andry jatuh, lubang di depan gedung tersebut sudah ditambal..hmmm..

Mengenai helm, ane hanya mengingat gumam bro Sofyan.. “coba dia pakai helm full face nya..gak akan begini jadinya…”

ingat gambar ini..?


Aksi

Information

42 responses

12 07 2011
bejo

ngeri..

12 07 2011
B M W ©2011

pelajaran bagi kita

12 07 2011
Maskur

hmm…itulah pentingnya pelindung dagu

12 07 2011
ricthofen

wah saya turut priatin, moga temannya lekas sembuh

12 07 2011
andryberlianto

gear up and stay alert, tfs jeng ben …
*bukan andry dlm cerita🙂

12 07 2011
jahe

tak kira andry yg jddc itu..

12 07 2011
vanz21fashion

semoga lekas sembuh kepada yg bersangkutan.. hmm… tadinya pengen nambah koleksi helm dengan agv half face.. tapi jadi mikir2 lagi..

12 07 2011
Angga

semoga lekas sembuh. Saya juga sering dicemooh temen kantor gara2 naik motor berpelindung lengkap (helm fullface, jaket, decker, glove). Yang dibilang mo man rollerblade lah, mo main airsoftgun lah, saint seiya lah. Ya saya cuma bisa bilang, “One day lo bakal ngerti kenapa gw mau repot2 begini”.

12 07 2011
kidz / atmodhimoro

bener mas, saya juga sering pake safety gear walaupun jarak tempuh hanya +/-20km.. buat jaga-jaga hal terburuk.. namanya di jalan raya bahaya selalu mengintai..

14 07 2011
pbateman

gw setuju… biar dibilang aneh juga yang penting kita selamat. klo kita kenapa2 emang nya mereka yg ngeledek aneh mau bantuin? belum tentu kan? klo ane sih ane nasehatin balik ke mereka.. biar sama2 selamat lah..

12 07 2011
yudibatang

biasanya kalo kesusu..itu tanda2 mau apes…😀

12 07 2011
dudung59

duh… cuma demi bisa nge-rokok doank…
padahal ga safety juga khan nge-rokok sambil naik motor…
kalo pengen nge-rokok…
yah minggir dulu,
trus helm full facenya bisa dilepas dulu khan…

12 07 2011
umarabuihsan

nambah share, ada temen saya kecelakaan, dari luka2nya:gigi rontok 1 1/2, lecet2 di kaki dan tangan. Helm half face merk KYT, pake sendal selop, gak pakai sarung tangan, jaket kain

12 07 2011
amirul

pagi_pagi sudah dapet tambahan ilmu.. thanks

12 07 2011
12 07 2011
Tri Sulistyawan

Tumben bikin artikelnya adem kaya begini. Biasanya berapi-api kalu menyangkut masalah safety riding/driving n kecerobohan biker/driver. Apa karena yang kena accident temennya sendiri? hehehehhe… No offense ya Bro….

12 07 2011
bennythegreat

ini bukan kecerobohan bro, lagipula ane tahu benar sikap kawan ane itu kalau naik motor gak pernah terburu-buru.
gak offense laah..namanya juga opini

12 07 2011
ash

wah!…semoga cepet sembuh deh mas bro yg kecelakan,,,dan yg lainnya semoga makin aware naek motor….

12 07 2011
Igfar Pramarizki

bacanya kok merinding ya

12 07 2011
jaos

Aih..ikut simpati. Pakailah selalu helm fullface…bukan sekedar ‘jangan lupa pake helm’.

12 07 2011
wolfy

ya.. daripada gak ngingetin sama sekali…

12 07 2011
jaos

Emang gǟƙ perlu diingatken soal ‘jgn lupa pake helm’. Yang perlu justru diingatken ‘pake selalu helm fullface berapapun jarak anda tempuh pake motor’!.

12 07 2011
2strokers

pelajaran yg berharga …

12 07 2011
maRio

ngeri om…

hiii….

12 07 2011
cinta produk sendiri

kadang celaka itu hadir, ketika kita lengah, pdhl kita sudah membiasakan safety gear selalu di aplikasikan, itu lah kekuatan doa yg bisa melindungi.. peace..

12 07 2011
arai

ijin copas buat sharing dimilis ya bang ben:)

12 07 2011
bennythegreat

monggo..

12 07 2011
Komengtator

Jadi inget n kuatir sama keluarga n sodara di rumah, soalnya cuma ane yg pake helm fullface sedangkan mereka masih pake yg halfface, moga aja cepet dikasi rejeki biar bisa beli helm fullface…

12 07 2011
anak_kecil

ikut prihatin. alhamdulillah, helm saya pulpes (ejaannya salah tuh, hehe…).
http://firefoxs.blogspot.com/2011/07/download-suzuki-gsr-750-wallpaper.html

12 07 2011
Nurman

Nitip salam aj, Moga cepet sembuh…Amiin..

12 07 2011
Eko Dwi A

Masa Allah… ikut berduka deh atas peristiwa tersebut…. jadi miris kalau membayangkannya….. Lekas sembuh deh Bror….

12 07 2011
Vespa Ijo Rider

kejadiannya mirip ane nich..!!

pulang kerja malem, jalan santai 30-45 km/jam.. via jalur lambat di sekitar bypass sunter kearah priok..keadaan remang2 agak gelap (gak ada lampu penerang jalan)

kagak ada apa2.. ternyata ane mental lebih dari 2 meter mirip “suparman”..

ternyata eh ternyata.. begitu ane nengok kebelakang, vespa ane udah nyungsep masuk lobang gorong2 yang ketutup ama lumpur comberan, kacao dech… jalan gelap, lubang gorong menganga gak ada tanda pengaman, plus “diselimuti” comberan… bener2 gak keliatan ..

so pasti, vespa ane babak belur kagak karu2an plus bau comberan ditambah bonus dagu dapet 3 jaitan..

untungnya ane jalan pelan plus pake helm pulpes walopun bukan yang mahalan..😀

satu hal yang bikin ane bangga.. Si Ijo ternyata tetap lancar distarter en lansung idup walopun udah babak belur, bau comberan plus susah dibelokin..

trims buat orang2 yang pernah nolongin ane, salut ente mau bekorban walopun harus ketularan bau comberan..
sekali lagi trims, semoga tuhan membalas kebaikan ente semua..

12 07 2011
aming

turut prihatin bro, semoga bisa kita ambil hikmahnya….

12 07 2011
Amama Ali

sek-sek sek
engko sanu disantet mbah dukun

12 07 2011
ksatria baja hitam

hobi sruntulan,katanya niru rossi,tapi rossi pake safety gear lengkap,gak pake sendal jepit..
Yang g sruntulan aja bisa kayak gini,masih mendewakan helm half face?

12 07 2011
Vicky

yang jalan kaki lebih bahaya lagi….

-salam walk to work-

13 07 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

sebenarnya ben, kalo mau ente bikin artikel tentang “ngebangunin motor” saat ndlosor di pinggir jalan juga manteb tuh.🙂

banyak kejadian biker ketabrak gara2 mau ngebangunin motor!

13 07 2011
jape methe

turut berduka. Tapi adakah yg tahu kenapa hampir semua polisi diseluruh dunia pakai helm open face?

13 07 2011
cosminova

Turut berduka.. Smg lekas sembuh

13 07 2011
gogo

ngeri denger kisahnya.. memang kadang peristiwa td gak bisa diprediksi, mungkin udah takdir dan lg apes. mga cepat sembuh dah

14 07 2011
SUV for Family

Emang kalo belum ngerasain… ngomongnya macem2.. Kalo dah kena baru nyadar.. Keep Education-nya bro!

6 08 2011
ipanase

NGERI BENER YA<<<<hiskhisk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: