Obrolan Bertema @GetHomeSafely di #ObSat Membahas #RoadSafety

15 07 2011

Semalam ane memenuhi undangan dari Adira untuk hadir dalam kegiatan Obrolan Langsat (ObSat) yang kali ini bertema Get Home Safely. Get Home Safely sendiri adalah sebuah gerakan yang diprakarsai oleh asuransi Adira untuk mengadvokasikan aman berkendara. Nah, ini sebuah gerakan yang perlu didukung, terlebih kegiatan ini dilaksanakan di Angkringan wetiga Jl. Langsat..pusatnya para blogger.

Kegiatan dimulai jam 19.30 dengan hiburan dari Nyawa Band..sebuah nama yang sangat berkaitan dengan tema acara malam itu. Nyawa band tampil akustik membawakan lagu-lagu yang catchy seperti sebuah hits dari U2 berjudul “With Or Without You”. Mantaab..

suasana Obsat

Di lokasi sudah hadir para pembicara, diantaranya Pak AKBP Katon Pinem dan juga Pak Alex Denni dari Dunamis, juga tak ketinggalan pula Bu Ernita dari Adira. Yang unik dari kegiatan malam ini adalah peserta diizinkan bahkan diwajibkan memainkan handphone dan gadget untuk men-tweet segala pemikiran yang mereka tangkap. Lebih unik lagi..tweet tersebut akan langsung tampil di layar proyektor yang cukup besar, cukup dengan mencantumkan #obsat pada setiap tweet, maka tweet kita akan tampil di sana. Kesempatan ini pun ane manfaatkan dengan berkicau seputar penegakan hukum, sikap kepolisian dan perilaku berkendara masyarakat.

Sebenarnya sedikit disayangkan bahwa yang hadir di Obsat malam itu adalah mereka yang relatif berpikiran mapan, sudah cukup aware dan menjadikan Road safety itu sebuah kebutuhan. Masih banyak kalangan masyarakat lain yang bahkan tidak peduli dengan resiko dan juga keamanan berkendara.

Bro Triatmono, Bro Saranto, Bro Igfar dan Bro Joan dari Road Safety Association dan Otoblogger Indonesia turut hadir di acara tersebut, mendengarkan pemaparan dari Adira, Pak Katon Pinem sambil menyeruput teh hangat, jahe dan cemilan-cemilan ala angkringan.

Pak Pinem dan Bu Ernita

Pak Katon Pinem pun menjadi “sasaran tembak” para penanya yang umumnya mengangkat isu perilaku masyarakat dan sikap aparat polisi yang kadang tegas kadang tidak. Ada lagi yang bertanya mengenai prosedur pembuatan SIM yang ternyata masih bisa “nembak”. Wah..pertanyaan berat nih..Namun seperti biasa, Pak Katon Pinem menegaskan kembali slogan Kepolisian yaitu “Kami belum sempurna, tapi kami akan terus berusaha”. Hmmm..berusaha sampai kapan pak?

Sementara itu Pak Alex Denni dari Dunamis turut mengritik perilaku berkendara seseorang yang menjadi biang terjadinya pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan. Pak Alex Denni mengungkapkan data statistik korban kecelakaan yang akan berubah drastis, jika saja ada cara untuk mengubah budaya dan perilaku berkendara masyarakat.

Penayangan video dari Adira mengenai seorang anak korban kecelakaan pun turut membuat hadirin ternganga. Sang anak dan ibunya menceritakan kronologis kecelakaan yang harus membuat si anak kehilangan kaki kanannya. Untunglah si Ibu dapat membesarkan hati sang anak yang sebenarnya bercita-cita menjadi polisi itu untuk menggali potensi dirinya. Prestasi sang anak pun meningkat. Hal ini turut didukung oleh kaki palsu yang menjadi salah satu program Adira untuk korban kecelakaan.

eyang Edo in action

Eyang Edo Rusyanto, Kepala Divisi Litbang RSA yang juga salah satu sesepuh Otoblogger Indonesia ini pun turut didaulat untuk memberikan opininya. Eyang yang baru tiba dari Singapura akibat jadi korban delay Lion Air di Changi selama 8 jam ini pun mengeluarkan uneg-uneg hingga opininya. Mulai dari ketidak-konsistenan aparat penegak hukum, perilaku berkendara yang indisipliner hingga buruknya transportasi massal yang menyebabkan masyarakat ogah naik angkutan umum dan lebih pilih membeli kendaraan sendiri.

Tepat jam 21.30, Obrolan Langsat pun ditutup. Bincang bebas pun dimulai hingga pukul 23.00. Ya, jika sudah ketemu kawan dengan minat dan hobby yang sama, maka diskusi hingga larut malam pun siap dilakoni. Kami pun meninggalkan lokasi acara sekitar jam 23.15 menuju kediaman masing-masing. Tak lupa dengan mengingat jargon “I Wanna Get Home Safely”.


Aksi

Information

6 responses

15 07 2011
lekdjie

Obrolane wong pinter2 ki..

15 07 2011
bennythegreat

koreksi:

…iki obrolane wong2 sing golek ilmu… ra ono wong pinter – bodo cak.. sing penting golek ilmu teroos..🙂

15 07 2011
Igfar Pramarizki

foto saya dapet gudibek mana?

15 07 2011
bennythegreat

sek sek…diaplot dulu

15 07 2011
kangmase

everyone want to get home safely

16 07 2011
gogo

nice .. let get home safety.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: