Persiapan Touring XLNetRally – OBI..Apa Aja..?

21 07 2011

OBI-wan bersiap touring

Bagi beberapa bikers, touring itu bisa berarti segera menaiki motor lalu pergi jauh tanpa tujuan dan persiapan. Bagi sebagian lainnya ada yang melakukan sedikit persiapan, misalnya mengisi box motor dengan toolkit dan air, lalu bergegas tancap gas..

Nah, bagi ane, touring itu adalah kegiatan yang fun, jadi persiapan pun harus mumpuni. Jangan sampai kita mau senang-senang tapi harus terganggu oleh rusaknya motor atau bahkan kondisi badan yang tidak fit dan sebab-sebab lain yang diakibatkan oleh tidak adanya persiapan yang memadai.

Merujuk perkataan seorang kawan di MiLYS (Mailing List Yamaha Scorpio) yang ane ingat sampai sekarang, bahwasanya kegiatan touring itu harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Kondisi motor yang sehat
  • Kondisi fisik rider yang sehat
  • Kondisi keuangan rider yang sehat
  • Waktu yang memadai
  • Izin dari Keluarga
  • Izin dari Tempat Kerja
  • Izin dari Yang Maha Kuasa (Doa)

Nah, jika syarat-syarat tersebut di atas sudah dipenuhi, maka touring bisa dilakukan dengan fun. Nah, karena kriteria yang lain sudah terpenuhi, ane hanya akan membahas 2 kriteria di atas yang ane siapkan untuk touring OBI kali ini.

1. Kesehatan Motor

Nah, untuk poin berikut ini, pemeriksaan ke bengkel yang trusted dan terpercaya adalah wajib hukumnya. Kali ini ane memilih bengkel Performa Motoshop yang dipunggawai bro Leo untuk melakukan check up ke Ironhide yang dipakai harian ini. Karena sudah waktunya untuk service besar, maka item pekerjaan lumayan banyak. Apa saja pemeriksaannya?

  • Ganti Oli
Karena sudah berumur 2000 km, memang sudah saatnya ganti oli. Kali ini ane mencoba memakai oli Xado 10w40 yang memakai engine revitalizant. Kabarnya kandungan oli ini bisa mengurangi gesekan pada mesin sehingga lebih bertenaga. Well..mari dibuktikan saja.
  • Ganti Radiator Coolant

Sejak beli motor hingga sekarang di 13.000 km, baru sekarang ganti radiator coolant. Penting nih biar mesin gak kepanasan..

  • Ganti Kampas Kopling + Plat Kopling

Ini juga..udah sejak beli belum diganti. Rupanya kampas sudah tipis dan perlu diganti biar tenaga gak loyo..

  • Ganti Filter Oli

Karena ganti oli, maka sebaiknya filter oli diganti juga dong..

ganti air filter + setting karburator

  • Ganti Filter Udara

Nah, karena di Performa Motoshop banyak racunnya, jadilah ane pasang K&N air filter..hehehe..sekalian deh, soalnya air filter lama udah mulai buluk.

  • Cleaning + Setting Karburator

Ini wajib hukumnya. Rupanya jarak tempuh 2000 km cukup untuk membuat karburator kotor dan menjadi pincang (tidak sinkron kanan-kiri). Jadi setting ulang diperlukan.

  • Pasang Radiator Cover

Ini adalah barang yang murah dan sepele, tapi fungsinya penting, yaitu melindungi Radiator dari benda asing yang terpental oleh putaran roda. Selain itu, pasang radiator juga menambah kegantengan motor pastinya.

Air Hawk

  • Pasang Air Hawk

Kalau ini ane pasang sendiri di jok motor. Air Hawk ini sebenarnya sudah lama ane beli dari bro Donodomo, tapi baru bisa terpasang sekarang.hehehe..Gunanya apalagi, ya mencegah pantat agar tidak pegel. Sebagai konsekuensinya, seat height bertambah beberapa cm sehingga ergonomi harus dibiasakan kembali. sebenarnya Air Hawk ini barang simple. hanya berupa bantal karet yang diisi angin. Diisinya pun cukup dengan cara ditiup saja..Tapi manfaatnya sungguh besar untuk kenyamanan duduk.

***

2. Kesehatan Rider

Motor sudah sehat, tak akan bisa enjoy kalau ridernya loyo. Sesuai saran bro Donodomo yang sudah pengalaman piknik jauh naik motor. Ini dia yang ane lakukan.

  • Tidur dan istirahat cukup
Ini emang susah dilakukan, terlebih jika kesibukan menyita waktu, tapi kualitas tidur harus dipertahankan sehingga bisa bangun dengan kondisi fit.
  • Minum air yang banyak
Ini wajib hukumnya agar metabolisme tubuh lancar.

suplemen penunjang touring..

  • Minum Neurobion

Ini tips dari bro Dono sih, katanya suplemen  biar gak pegel dan gak cepat capek ketika riding jauh

  • Minum Ester-C

Ini juga tips dari kawan beruang satu itu..tujuannya agar kebutuhan vitamin tercukupi.

  • Sedia Minyak Kayu putih/Balsem/Koyo

Kalau ini langganannya Eyang Edo yang udah sepuh untuk mencegah masuk angin. Namun minyak kayu putih adalah obat mujarab ketika badan terasa tidak nyaman.

  • Memakai celana dalam tipe Boxer

Hehehe..kalau ini pengalaman pribadi. Touring pakai kolor model segitiga itu biasanya bikin selangkangan gatal dan tidak nyaman, makanya, pakailah kolor tipe boxer (celana pendek) ketika touring..:mrgreen:

Sekian dulu tips yang dapat ane share..Semoga berguna..🙂


Aksi

Information

4 responses

21 07 2011
#99 bro

Ajo lali balsemme….

Salam buat sedulur di semarang..

21 07 2011
Nurman

Bismillah… Berangkatttt..

21 07 2011
Triyanto Banyumasan

urun do’a … slamet dan sukses. Amin

23 07 2011
itachi

mau tambahin, tekanan ban om ben :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: