Sejak berangkat touring XL Net Rally ke Semarang hari Jumat lalu, ane sama sekali gak berpikiran bahwa riding dengan jarak 500-an kilometer itu akan membuat punggung dan boyok terasa pegal. Karena memang dari touring-touring sebelumnya yang paling jauh sekitar 120-an kilometer, punggung ini aman-aman saja tuh..?
Yang namanya bagian tubuh pegal itu manusiawi, apalagi kalau berada di posisi statik selama waktu yang lama. Oleh karena itulah waktu berkendara motor yang optimal itu sekitar 2 jam, lebih dari itu, mau naik motor tipe apa aja dijamin pegel-linu.
Nah, untuk Ninja 250 yang disebut-sebut riding position-nya agak membungkuk, ternyata ane rasakan tidak menyebabkan pegal pada punggung, malah posisi seperti ini terasa nyaman bagi ane yang bertinggi badan 183 cm dan berat >100 kg. Posisi riding seperti ini bahkan tidak jauh beda dari segitiga ergonomi di Pulsar 200 yang sudah memakai stang jepit.
Bahkan ketika menjajal sebuah motor sport yang benar-benar merunduk di jalanan Jakarta pun, pegal tidak ane rasakan.
So, pegal di punggung ketika berkendara motor itu apakah disebabkan oleh riding position atau memang kasuistis alias tergantung pengendaranya..?
Ji ro,lu
jelas om, kalo udah pake stang sama footstep balap, baru maknyos! 😀
btw ukuran ban BT45nya brapaan bro? thx
salam piss
mosook?
P200 bukannya belom pake setang jepit Om?
bosok aja lah
Nyobain Ninin punya temen kantor.. Emang kagak bongkok2 amat.. Ampir kayak naik motor batangan laen.. Ya lebih bongkok dikit sih..
Tapi posisi footstep yang agak2 aneh buat aye.. Coba agak mundur dikiiiiiiittt lagi.. Bakal enak banget posisi ridingnya..
gede bener lo bro, ninja jadi keliatan kayak motor mainan 🙂
cocok pake diavel kayaknya ..
desain ergonomi kan sudah dirancang insinyur2 yg desain motornya, jadi sudah diitung dari berbagai segi…. kenyamanan salah satunya
soale ente gede banget so motornya jd tersa kecil, cb yg make tinggi krng 170 cm pasti perlu antalinu
Yaa tergantung fisik pengendaranya juga sih .
tenane…??
banyakin minum air putih biar nggak capek pinggangnya…
sepakat… tergantung kebiasaan…
gw yg terbiasa bawa fu (stang diturunin 5 cm + footstep racing)
pas bawa matic (kaki diselonjorin kedepan) malah kesemutan
Bukane n250 itu motor turing?coba njajal pake 848..wis,ra pegel2 om,jaminan semplok boyoke tenan kui
lekdjie mulai ❗
tergantung kondisi tubuh rider kali pak… 😀
nitip kegembiraan bro
http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/30/marhaban-ya-ramadhan-selamat-berpuasa-saudaraku/
SALAM KARET BUNDAR
pake megelli 250 juga udah gempor dari jakarta sampe bogor… ( belom sampe puncak) huehuehuehue.. 😉
tapi kalo udah terbiasa, pasti jadi nyaman
Halaaaah…gak usah ngomongin motor kelas jangkrik… Nggilaniii
wew… ninja terlihat kecil klo bro benny yang make…..
http://agoey.wordpress.com/2011/07/30/suzuki-tetap-pakai-800cc-dengan-2-pembalap-tahun-2012/
ternyata om badannya gedhe banget yaa??? xixixixixi
kalau saya yang 162 cm dan 72 kg dijamin nunduk 😆
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
back to basic… tiap individu berbeda2… ada yang ambang nyeri [pegal]nya rendah, ada yng tinggi.
mungkin situ ambang nyerinya tinggi, org lain dah pegal, situ oke2 aja 🙂
tapi klo berdasarkan survey n riset insinyur2.. posisi riding sport ya pegal.
kalo ngepur terus 500km kayaknya bakal pegel linu juga deh…
soale sampean curang kisanak, pake bantal di templokin perut sih makanya ga pegel
Kayak naik vixion ya
mongtore dewe yo dielem dewe…
*mblayuuuuu……
😆 😆
Foto no1 koyo bintang film (india)
jelas lebih pegal naik Ninin dibandingkan naik motor turing (Pulsar misalnya)
dari posisi nunduknya sudah kelihatan…
namun pegal itu relatif…buat yang biasa seh, no problem…
Kalo masben jelas gk terlalu nunduk, tp kalo kurang dr 170cm kemungkinan besar nunduk hehehe, tp ane make pulsar135 sby jember 220 km nonstop 3,5 jam emang gk capek2 amat dibanding bebek, malah njagong sampe mlm msh enjoy2 aja
Nitip masben
http://boerhunt.wordpress.com/2011/07/31/harga-seken-honda-beat-di-jatim-nggilani/
xixixixi…. engga pegel…aneh juga ya…hihihi mana mau puasa lg
ga selamanya turing jarak jauh dengan motor posisi nungging itu bikin pegal. yang bikin cepat pegal_kalau menurut pribadi sih_ke-ergonomis-an motor tersebut, tingkat getaran pada mesin dan daya redam shock-breaker.
pernah juga bawa bebek supri fat yang diiklan posisi ridingnya sudah ergonomis, katanya. ternyata perjalanan JKT-WNG terasa panjang dan menyiksa, sumpah, badan pegal2(not intending to bc, its a fact). begitu pakai motor batangan yang posisinya agak nungging, ko’ malah nyaman?
satu lagi, sebelum turing jarak jauh sebaiknya seminggu sebelum go, rajin2 olahraga.minimal joging lah…
bukan begitu Om Benny? 😀
Kasihan bener tuh Ninja….
kalo hati senang dan enjoy,pegal,lelah,haus,ngantuk pasti ngak akan terasa…jangankan naik ninja,wong naik vespa rat bike aja bagai naik sedan mewah…ya to??
sETUJU
karena Om benny bantalannya buanyakk..jadi ngk pegel..coba kalo yg naek tulang semua..pegel..xiixixix
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/01/seru2an-bareng-obi-bag-2-night-riding/
wah bang Ben…ente gedhe banget ya…?? ckckckck..
ninja gak cocok tuuuhhh…minim pake Ducati dong bang….
Udah nyoba jarak 1400km, emang gǟƙ pegal di pinggang, tapi mulai terasa menusuk2 di telapak tangan dan bahu aja…
Capek sih gǟƙ pula krn kencang, jadi rileks krn gǟƙ maksa2 krn mudah capai 120kpj ke atas.
wow….1400km….
Rute mana tuh bang….???
Sumatera..itu baru perginya aja, blm pulangnya. Rekomendasiku: kalo turing idealnya mesin 2cyl drpd 1 atau 4 cyl.
Om Benny kayanya harus diet, kurangi makan karbohidrat.. banyakin sayur and buah… saya bisa turun 16kg, selamat mencoba. badan gede akselerasi ninja jadi kurang lho…
hehhee, ya om kan tinggi, jangkauan tangan panjang.. kalo kayak saya yg tingginya cuma 167cm, jangkauan tangan lebih pendek ya pegel kalo bawanya 1-2jam non stop
tergantung riding position n orangnya
Maaf…
Asli pegel. Jkarta-bandung pk megapro stang turing ane 4jam,1x istirahat.
Make n250 3jam 2x istirahat.
Ane 170/80kg.
Memang lebih cepat,tp jauh lebih cape, apalagi kalo akhir pekan,yg biasanya macet… Lebih pegel lagi…
ergonomi adalah ilmu yg sgt menarik please visit http://ergonomi-fit.blogspot.com/ ^_^
mau sharing info ergonomi sepeda motor
http://ergonomi-fit.blogspot.com/2011/11/ergonomi-sepeda-motor.html
Kok jadi kaya KRR ya N250 nya
kalo ukuran tinggi badan 167 berat 50 kg pegel ga om,,pengen nyoba mudik ke jogja wkwkwk