Bulan Puasa dan Safety Gear Bikers

1 08 2011

riding di bulan puasa, siapa takut..

1 Ramadhan is today, bertepatan dengan hari Senin pula..bagi daily motorcycle user, apa “trend busana” yang akan berlaku sepanjang fasting month nan mulia ini..?

Beberapa mungkin akan mengatakan “Selama Ramadhan, biar gak dehidrasi, maka aku pakai jaket yang tipis saja” atau mungkin “Ah..aku mau sarungan aja naik motor biar selangkangan adem..”. Adalagi yang bilang “Aku mau pakai helm open face aja biar wajah kena semilir angin berhembus” Nah lo, berarti bulan puasa turut mempengaruhi safety gear yang kita pakai harian?

Puasa berarti asupan nutrisi berkurang..? Ah..tidak juga. Kan hanya jam asupannya saja yang berubah, pada saat sahur dan berbuka. Pada siang hari tidak ada asupan nutrisi seharusnya bukan masalah besar toh..?

Hubungannya dengan safety gear tentu saja dalam hal mindset yang cukup logis jika di-gothak-gathik-gathuk..Misalnya pemakaian helm open face lebih disukai karena lebih adem, begitu juga jaket yang tipis lebih disukai ketimbang yang tebal. Intinya, mencegah sebisa mungkin agar keringat tidak bercucuran akibat kegerahan.

pakai jaket tak harus kegerahan

Tapi ingat, di sisi lain, dengan membuka jalan terhadap aliran udara ke jaket yang tipis, perlindungan terhadap anggota badan pun berkurang. memakai helm open face berarti harus menanggung resiko benturan pada wilayah dagu, memakai jaket tipis berarti beresiko kena benturan di anggota badan. Lalu bagaimana dong..? Kalau mau resiko tetap minimum, riding style harus diubah..Jangan lagi riding dengan buru-buru, karena meskipun sudah hati-hati dan waspada, rider sruntulan siap menjegal ente.

jaket biker dengan air-way dan helm berventilasi baik..nyaman buat riding

Bagi yang ingin menjaga proteksi dengan helm full face, jaket bikers dan sepatu..tentu saja alasan keringat bercucuran bukan hambatan. Memakai helm full face yang baik ventilasinya, atau jaket bikers yang memiliki airway di daerah ketiak dan punggung dapat mengurangi efek kegerahan. Sebagai contoh, ane memakai jaket Hein Gericke PSX dengan airway dan helm INK CL-1 yang saluran udaranya terbuka. Cukup mantab untuk riding harian tanpa harus kegerahan.

Intinya, riding harian ketika berpuasa bukan berarti mengurangi perlindungan badan ketika berkendara.


Aksi

Information

9 responses

1 08 2011
Triyanto Banyumasan

oks infone

1 08 2011
NoFUN

sepuluh.. *klo 7 kurang banyak..🙂

1 08 2011
Toro

Punya info tentang produk safety gear yang aman dan nyaman di pakai riding dan gak bikin gerah selain punyai om Benny skrg? Kebetulan saya lagi mau cari. Tanks infonya

1 08 2011
asmarantaka

berangkat pagi pulang petang..lumayan tuhh cegah dehidrasi
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/01/seru2an-bareng-obi-bag-2-night-riding/

1 08 2011
kangmase

wong dah ampe gak ada keringat yang bisa bercucuran je……….

1 08 2011
gogo

yup begitulah, berdoa juga jgn ketinggalan..

1 08 2011
agoey
3 08 2011
vanz21fashion

BTW, sempet nemenin seseorang beli helm merk **, kebetulan yg mau beli ini ga ngerti helm, dia nanya ke saya soal ventilasi yg ada di atas helm, ya dijelaskan bahwa itu buat jalur masuknya udara. Lantas yg jaga tokonya bilang, sebenernya kalo yg ini mah ga ngefek mas, cuma buat variasi aja.

Nah loh, ga semua merk helm ternyata berventilasi baik.

BTW, INK yg dulu2 kayaknya ventilasinya juga parah.. INK GPracer kayak ga ngefek gt kalo ventilasi dibuka -.-

6 08 2011
ipanase

asik,,,,,….jaketnya kerenm, anti gerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: