
throttle tidak responsif..kenapa ya?
Beberapa tahun yang lalu, seorang kawan mengeluhkan tarikan motornya yang kurang responsif, ia mengatakan bahwa ketika throttle diputar, motor tak mau langsung menyalak sehingga torsi awal sangat lambat. “Porting-polish sudah, setting klep sudah, Karburator sudah bersih..kok masih lelet nih tarikannya..?” Begitu keluhan kawan ane.
Karena merasa terganggu, ia bergegas ke bengkel langganan non-resmi, di sana, sang mekanik setelah pelintir gas beberapa kali langsung mengambil keputusan untuk membongkar karburator dan membersihkannya dengan Carb-Cleaner. Anehnya, hasil pencucian kok tetap bening..ini artinya karburator tidak kotor, lalu lanjut cek pilot jet dan main jet..ternyata aman-aman saja, karet vakum juga masih oke dan tidak getas. Lalu dimana masalahnya..?

bongkar karburator, kadang bukan solusi tepat
Weleh, si mekanik sampai stress..kawan ane juga pusing karena motornya tidak responsif. Akhirnya setelah membayar biaya jasa si mekanik yang tidak sedikit, ia pulang ke rumah dan memutuskan untuk mencari “second opinion” dari mekanik lain.
Esoknya ia menghampiri mekanik lain di bengkel resmi. Setelah cerita bahwa karburator tidak masalah dan mesin juga oke, si mekanik yang lumayan berumur ini cuma ketawa. “Kamu sudah periksa kabel gas belum..?”
Weleh, sontak ia kaget, ternyata kabel gas yang sudah hampir setahun itu lupa ia periksa…!!
Si mekanik lantas melepas kabel gas dari selangnya dan terlihatlah karat yang menyelubungi kabel gas yang terbuat dari pilinan kawat baja itu. Oalaah..pantesan tarikan lelet, lha wong kabel gasnya karatan sehingga harus bergesekan dengan selang.
Akhirnya kabel gas diganti dan motor menjadi lancar tarikannya..

perhatikan juga alur kabel gas, jangan sampai tersangkut (sumber:Kaskus)
So, moral dari pengalaman ini adalah..selalu lumasi dan beri anti karat pada kabel gas ente, periksa juga apakah ketika throttle diputar, kabel gas lancar alurnya dan tidak seret..?
Kelancaran pergerakan kabel gas ternyata turut menentukan respon mesin ketika gas dibetot..demikian sharing pengalaman hari ini, semoga berguna.
pernah ngalamin om . .
sangat berguna..
dulu juga pernah sempet bingung, kok langsam naik sampe 3000 RPM
ternyata udah capek2 ke bengkel resmi tau-tau choke ketarik jadi putaran mesin meninggi
sip……biasanya kalau service dan ganti oli ke 2 kalinya tuh diberi pelumasan… idealnya sih tiap Service….
http://agoey.wordpress.com/2011/08/01/tes-knalpot-honda-cbr150-naik-1-dk/
akuh akuh ….. akuh rajin kasi pelumas untuk Kopling dan Gas ….
gw ngalamin nih tiap x motor abis dicuci,respon throttle lemot bgt keknya kabel gas kemasukan aer…diapain yaaa biar kabel gas g kemasukan aer terus….
ohhhhhhh…gitu too
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/02/ssstt-ymki-siapkan-yamaha-byson-terbaru-nih-spy-shoot-yg-sedang-di-test-jalan/
Info yang bagus mas Ben..!
betul itu gan,kadang biker awam ga nympe kesitu analisanya…
wew. kebetulan lagi seret nih plintiran gas… berrratnya minta ampun.. mungkin bagian ini perlu di cek, dan lagi ko tiba2 pas ngegas jadi kayak gak ada jedanya pas di awalan, biasanya agak los barang brapa mili puteran
Naruhodo.. jgn langsung menyalahkan ,tp hrs dicek semuny dg teliti..
info bagus om Ben…
tp mestinya ga lgsung ngaruh ke tarikan mesin bukannya?? soale kalo yg seret kabelnya, puntiran yg lebih terasa berat.
kalo jupi MX lama berat juga om.. tp keknya bkan krn kabel gas seret…
kalo gasnya seret mesin serasa lelet
mantebb, nicee..
http://keepbrotherhood.wordpress.com/ thanks:D
Sepele tpi brmanfaat bgt om ben..thank’s ya..nyoba ah..
Ship. . .
Tp setingan karburato juga ikut peranan penting low gan. . .
lah..ntu c pemakenya aja yang ALEMAN (bhs jawa.nya),harusnya kan dari tarikan handle gas aja udah kerasa kalo masalah kabel gasnya