Torsi Motor Kurang Responsif, Jangan Langsung Salahkan Karburator

2 08 2011

throttle tidak responsif..kenapa ya?

Beberapa tahun yang lalu, seorang kawan mengeluhkan tarikan motornya yang kurang responsif, ia mengatakan bahwa ketika throttle diputar, motor tak mau langsung menyalak sehingga torsi awal sangat lambat. “Porting-polish sudah, setting klep sudah, Karburator sudah bersih..kok masih lelet nih tarikannya..?” Begitu keluhan kawan ane.

Karena merasa terganggu, ia bergegas ke bengkel langganan non-resmi, di sana, sang mekanik setelah pelintir gas beberapa kali langsung mengambil keputusan untuk membongkar karburator dan membersihkannya dengan Carb-Cleaner. Anehnya, hasil pencucian kok tetap bening..ini artinya karburator tidak kotor, lalu lanjut cek pilot jet dan main jet..ternyata aman-aman saja, karet vakum juga masih oke dan tidak getas. Lalu dimana masalahnya..?

bongkar karburator, kadang bukan solusi tepat

Weleh, si mekanik sampai stress..kawan ane juga pusing karena motornya tidak responsif. Akhirnya setelah membayar biaya jasa si mekanik yang tidak sedikit, ia pulang ke rumah dan memutuskan untuk mencari “second opinion” dari mekanik lain.

Esoknya ia menghampiri mekanik lain di bengkel resmi. Setelah cerita bahwa karburator tidak masalah dan mesin juga oke, si mekanik yang lumayan berumur ini cuma ketawa. “Kamu sudah periksa kabel gas belum..?”

Weleh, sontak ia kaget, ternyata kabel gas yang sudah hampir setahun itu lupa ia periksa…!!

Si mekanik lantas melepas kabel gas dari selangnya dan terlihatlah karat yang menyelubungi kabel gas yang terbuat dari pilinan kawat baja itu. Oalaah..pantesan tarikan lelet, lha wong kabel gasnya karatan sehingga harus bergesekan dengan selang.

Akhirnya kabel gas diganti dan motor menjadi lancar tarikannya..

perhatikan juga alur kabel gas, jangan sampai tersangkut (sumber:Kaskus)

So, moral dari pengalaman ini adalah..selalu lumasi dan beri anti karat pada kabel gas ente, periksa juga apakah ketika throttle diputar, kabel gas lancar alurnya dan tidak seret..?

Kelancaran pergerakan kabel gas ternyata turut menentukan respon mesin ketika gas dibetot..demikian sharing pengalaman hari ini, semoga berguna.


Aksi

Information

17 responses

2 08 2011
strngman

pernah ngalamin om . .

2 08 2011
vrz_evolution

sangat berguna..

2 08 2011
anggiwirza

dulu juga pernah sempet bingung, kok langsam naik sampe 3000 RPM

ternyata udah capek2 ke bengkel resmi tau-tau choke ketarik jadi putaran mesin meninggi:mrgreen:

2 08 2011
agoey

sip……biasanya kalau service dan ganti oli ke 2 kalinya tuh diberi pelumasan… idealnya sih tiap Service….

http://agoey.wordpress.com/2011/08/01/tes-knalpot-honda-cbr150-naik-1-dk/

2 08 2011
akb060

akuh akuh ….. akuh rajin kasi pelumas untuk Kopling dan Gas ….

2 08 2011
soekotjock

gw ngalamin nih tiap x motor abis dicuci,respon throttle lemot bgt keknya kabel gas kemasukan aer…diapain yaaa biar kabel gas g kemasukan aer terus….

2 08 2011
2 08 2011
lexyleksono

Info yang bagus mas Ben..!

2 08 2011
pgm-fi

betul itu gan,kadang biker awam ga nympe kesitu analisanya…

2 08 2011
jabul2

wew. kebetulan lagi seret nih plintiran gas… berrratnya minta ampun.. mungkin bagian ini perlu di cek, dan lagi ko tiba2 pas ngegas jadi kayak gak ada jedanya pas di awalan, biasanya agak los barang brapa mili puteran

3 08 2011
gogo

Naruhodo.. jgn langsung menyalahkan ,tp hrs dicek semuny dg teliti..

3 08 2011
Idog

info bagus om Ben…
tp mestinya ga lgsung ngaruh ke tarikan mesin bukannya?? soale kalo yg seret kabelnya, puntiran yg lebih terasa berat.

kalo jupi MX lama berat juga om.. tp keknya bkan krn kabel gas seret…

6 08 2011
ipanase

kalo gasnya seret mesin serasa lelet

6 08 2011
toonyf

mantebb, nicee..

http://keepbrotherhood.wordpress.com/ thanks:D

11 08 2011
Aam

Sepele tpi brmanfaat bgt om ben..thank’s ya..nyoba ah..

8 05 2012
Tama

Ship. . .
Tp setingan karburato juga ikut peranan penting low gan. . .

26 01 2013
boobee

lah..ntu c pemakenya aja yang ALEMAN (bhs jawa.nya),harusnya kan dari tarikan handle gas aja udah kerasa kalo masalah kabel gasnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: