Terlalu..Arogansi Marketing ATPM Merasuk Sampai ke Siaran Adzan Maghrib

9 08 2011

Kaget bercampur miris membaca kabar dari Komite Penyiaran Indonesia..setelah artikel ane sebelumnya mengenai Arogansi Marketing bebek menuai pro-kontra..Eh, kali ini giliran ATPM mobil Daihatsu yang berulah. Seperti yang dikutip dari website KPI:

Seperti diberitakan, tayangan adzan Magrib di salah satu televisi yang menampilkan merek dan logo pabrikan otomotif Daihatsu. Merek dan logo itu terlihat jelas saat lantunan ‘hayya alasshala’ diperdengarkan.

Adegan tayangan memperlihatkan empat orang sedang berbincang dengan latar belakang front office perusahaan Daihatsu. Sejurus kemudian logo Daihatsu disorot close up sehingga jelas terlihat.

Rupanya Arogansi Marketing ATPM kendaraan bermotor sudah merasuk hingga ke ranah yang seharusnya dikhidmatkan dan dibebaskan dari urusan komersial. Kalau mau jeli, siaran adzan di stasiun televisi swasta biasanya 2x sehari, pada saat Subuh dan Maghrib. Waktu-waktu Maghrib kebetulan sekali adalah  gerbang menuju prime time yang menggoda pemasang iklan.

Tunggu dulu, di sisi lain, kita juga harus melihat bahwa produk-produk otomotif yang laku keras dan mendapat gelar mobil/motor sejuta umat macam Daihatsu Xenia dan motor bebek, tentulah menjadi mesin uang ATPM sehingga segala daya upaya harus dilakukan untuk mencapai penjualan..lagi dan lagi…!! Tapi, haruskah etika dan nilai-nilai kemanusiaan dikesampingkan..?

Sayangnya, ketika batas-batas kewajaran dan etika keagamaan dilanggar demi target sales, pihak yang bertanggung jawab menyetujui tayangan iklan ke dalam siaran adzan Maghrib itu malah melakukan pembiaran dan meloloskan siaran adzan berbalut iklan. Sungguh terlalu. Alasannya disinyalir disebabkan godaan lembaran rupiah..😦

Jika urusan hubungan vertikal antara manusia dengan Allah SWT harus dikalahkan oleh urusan dagang antar manusia, maka silakan tanggung sendiri akibatnya.

Satu lagi aroma pembodohan otomotif tercium..


Aksi

Information

24 responses

9 08 2011
9 08 2011
nunoe

aih..parah…di stasiun tipi mana, om??kok stasiun tipinya juga ngasih ya??

http://nunoe25.wordpress.com/2011/08/09/sirkuit-cadwell-park-inggris/

9 02 2013
Farhan

dI tv one tapi sekarang udah nggak

9 08 2011
asmarantaka

wkwkwkkw….parah2

9 08 2011
moko

ga cuma sebentar, dari awal udah keliatan iklannya banget om.. yang ini kan? http://www.youtube.com/watch?v=2yg-apnKtF8&feature=youtube_gdata_player

9 08 2011
bennythegreat

yess..yang itu…makasih link videonya..mau dimasukin artikel.

9 08 2011
dnugros

nilai keagamaanpun harus tunduk dengan ‘uang’

9 08 2011
Idog

Adzan Maghrib bersanding dgn keluarga kecil bahagia….
syg bahagianya diatas RIBA. Kredit dan Kredit…..

9 08 2011
binladeen

Hari ini mobil. Besok Bank/KPR. Lusa ntah apa lagi. Slot Adzan kok dijual …. Bernar-benar kelewatan. Di otaknya cuma duit, duit dan duit ….

9 08 2011
Triyanto Banyumasan

wah ga enggeh, coba ta pelototane..

9 08 2011
dimaz

TERLALU MEMANG..TADINYA AKU BARU MAU NGELAPORIN,,TAPI ALHMDULILLAH UDAH ADA YG DULUAN NGELAPORIN..

9 08 2011
RGoh

emang…. parah, duit lebih penting bagi mereka2 itu, malahan beberapa stasiun tv gak nayangin adzan magrib…disinyalir waktu beberapa menit untuk iklan macam2 akan lebih menguntungkan dari pada menyiarkan adzan magrib…. klo gak salah SCTV, RCTI, n GlobaL tv….
pada gak rela rugi waktu (kehilangan kesempatan ngraup duit, yang LeBAY) hanya untuk adzan magrib . . . . . .payaaah

10 08 2011
puff

kloo g salah yg ga nayangin adzan yg diluar jkrt..ky di jatim klo pas adzan magrib wlyah jkrta dganti dgan iklan,tp jg g masalah la wong jatim udah adzan duluan..

9 08 2011
lekdjie

Tipiku njeblug.horee…

10 08 2011
gogo

parah dah tipi satu ini..

10 08 2011
stoner1

iklannya XL juga tuh!!! harusnya kena juga tuh!!!! gak beres!!!

10 08 2011
Angga

wah parah banget! baru liat euy, maklum ga pernah nonton TV Oon, abis beritanya rata2 lebay.

10 08 2011
goyobod

Gak ada adegan sholatnya pula ya? paraahhhh…

10 08 2011
supersamin

emang baru pada tahu ya kalo’ adzan itu dijual juga sama stasiun TV ?
emang apa masalahnya…

10 08 2011
say no to BC

Kalo yg ini ane setuju dg artikel bung Ben. Baru aja se X ny liat adzan di TVONEng. Kesimpulannya gebleg aja stasiun yg jual/komersilkan jeda adzan maghrib. Ini bukan lg masalah pembodohan otomotif tp penanggung jawab penyiaran tv ny yg bodoh.

11 08 2011
janu

bagaimana dengan acara pemilihan dai di tv? secara langsung anak2 diajari bahwa dakwah itu merupakan salah satu sarana mencari popularitas…

saya khawatir, suatu saat ada kontes shalat, puasa, dan ibadah2 lainnya

12 08 2011
aWi

Gak pake sabuk pengaman, lagi … duh kok terlalu sering utk hal-hal yg sebenarnya mulai terbiasa tapi di media TV seperti tidak biasa… Betul, Ben (utk hal ini) telah terjadi pembodohan otomotif

29 01 2013
Albi Fitransyah

====Harusnya saat sedang Adzan Waktu Lokal, Siaran Nasional Jakarta Direkam Delay secara Kontinu Sampai Menutupi Jakarta Adzan====

Oleh: Albi Fitransyah, S.Si, M.T

Alumni Unpad & ITB — Staf Pengajar Luar Biasa

Indonesia terdiri dari 33 Provinsi dan 3 wilayah waktu zona. Sementara untuk waktu sholat, dalam 1 zona sendiri bisa berbeda waktunya. Saya ambil contoh tidak jauh-jauh. Untuk wilayah antara ACEH, MEDAN, JAKARTA, BANDUNG, YOGYAKARTA, dan SURABAYA yang masih dalam 1 zona Waktu Indonesia Barat. Perhatikan Jadwal Gema Adzan Maghrib untuk keempat kota tersebut.
(1) SURABAYA —> Maghrib: 17: 56 WIB
(2) YOGYAKARTA —> Maghrib: 18: 07 WIB
(3) BANDUNG —> Maghrib: 18:17 WIB
(4) JAKARTA —> Maghrib: 18: 19 WIB Maghrib: 18: 37 WIB
(6) ACEH —> Maghrib: 18: 48 WIB
Nah, sekarang bagaimana coba pengaturan sloting waktu untuk Adzan Maghrib? Apakah setiap waktu-waktu adzan, TV NASIONAL harus adzan terus?
Jawabannya: TENTU TIDAK.

Ada 3 alternatif:
(1) ALTERNATIF-1: Jika sedang Siaran Nasional, Siaran Jakarta yang ditembak ke Satelite dan direlay oleh TV TRANSMISI/DAERAH diganti oleh iklan. Sehingga saat waktu Jakarta Adzan, di daerah seluruh Indonesia tidak ada Adzan. Kecuali untuk wilayah yang sebujur/sewaktu JABODETABEK dan Bandung (walau saya gak setuju Bandung sama waktunya dengan Jakarta). Sementara di Pemancar Wilayah Jakarta sendiri (PUSAT) ada adzan (hanya lokal Jakarta). < ——Inilah yang terjadi selama ini untuk Siaran RCTI Nasional, SCTV Nasional, Global TV Nasional, MNCTV Nasional, dan Indosiar Nasional.

(2) ALTERNATIF-2: Jika sedang Siaran Nasional, Siaran Jakarta yang ditembak ke Satelite dan direlay oleh TV TRANSMISI/DAERAH tidak diganti dengan iklan. Namun, menghabiskan REKAMAN DELAY saat pemutusan siaran nasional. Jadi, ketika di TV TRANSMISI/DAERAH LOKAl sudah masuk waktunya Adzan, maka putus saja siaran nasional (walau Jakarta tidak ngasih sloting iklan), namun selama pemutusan ini ada 2 aktivitas yang dikerjakan sistem:
(a) TV DAERAH YANG MERELAY mengumandangkan Adzan waktu lokal.
(b) Selama penayangan Adzan Lokal, siaran nasional DIBUAT DELAY. Setelah itu diputar siaran delaynya hingga menunggu Jakarta selesai Adzan Jakarta. Lalu, gabung lagi.
Sehingga saat waktu Jakarta Adzan, di daerah seluruh Indonesia tidak ikut Adzan Jakarta. Untuk wilayah sebelah Barat Jakarta seperti Serang, dan Sumatera hingga Aceh, Jakarta harus memberi sloting iklan yang waktu tayangnya sama dengan tayang adzan. Pukul 18: 48 WIB adalah waktu tayang iklan tersebut. Nah, wilayah-wilayah antara Jakarta dan Aceh melakukan SIARAN DELAY MENGACU KE WAKTU ADZAN ACEH yang mana secara nasional siarannya iklan. hingga ke Barat Indonesia waktu adzan di ujung negara adalah sebagai berikut:
(a) JAYAPURA (paling awal/ timur) —> Maghrib: 17: 54 WIT (Waktu Indonesia Timur) ==> 15:54 WIB (jam 4-an sore untuk Indonesia Barat);
(b) ACEH (paling akhir/barat) —> Maghrib: 18: 48 WIB.
Jadi, untuk ALTERNATIF-3, selama jam 15:54 WIB s/d jam 18:48 WIB —> TIDAK ADA SIARAN NASIONAL RELAY. Hanya ada siaran lokal.

===SAYA PILIH ALTERNATIF NOMOR 2, KARENA ADZAN TETAP BISA SESUAI WAKTU LOKAL, DAN SAAT PEMOTONGAN SIARAN JAKARTA TIDAK ADA YANG DIRUGIKAN. SIARAN JAKARTA TIDAK HILANG KARENA DIREKAM SECARA DELAY KONTINU SAMPAI JAKARTA HABIS ADZAN WAKTU JAKARTA. MOHON KEPADA SELURUH PEMILIK TELEVISI SIARAN NASIONAL DAN KOMISI PENYIARAN INDONESIA SERTA KEMENTRIAN KOMINFO AGAR MEMBUAT ATURAN YANG SAYA UTARAKAN, SEHINGGA SESUAI DENGAN PILIHAN ALTERNATIF NOMOR 2) DI ATAS.

Kebetulan saya pengamat dan pemikir bidang Teknologi Informatika dan Sistem Informasi untuk Sistem Adzan Delay TV Nasional ini. Mohon jika ada yang berkenan diskusi dengan saya bisa inbox Facebook saya dengan nama “ALBI FITRANSYAH” atau hubungi telepon 0812 1479 212.

9 02 2013
Edi

Nggak sopan… Masa Adzan dibuat iklan sih? Nggak sopan antar umat beragama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: