Sudah Bolehkah Dikatakan CBR 250R Tertinggal Oleh Ninja 250R..?

11 08 2011

Grafik penjualan Ninja 250 vs CBR 250 (sumber: Edo Rusyanto)

Artikel Eyang Edo mengenai tertinggalnya angka penjualan CBR 250R yang ditunjukkan dari grafik penjualan dapat dijadikan dasar untuk menilai agresivitas ATPM dan perilaku konsumen terutama dalam menentukan “decision to buy”.

Dari kacamata ane terhadap grafik tersebut, dengan diluncurkannya CBR 250R pada Februari silam efeknya malah menaikkan angka penjualan Ninja 250. Lihatlah pada bulan Maret dimana CBR 250 naik signifikan dan Ninja 250 turun signifikan di rentang waktu ini, CBR dan Ninja ibarat 2 ksatria yang saling membenturkan pedangnya demi merebut hati konsumen. Ninja 250 mengayunkan dua buah pedang yang masing-masing berukuran 62 x 41.2 mm, sementara CBR 250 mengayunkan pedang tunggal sebesar 76 x 55 mm.

Pada bulan maret, kedua ksatria yang telah bertempur sebulan nyaris setara dalam beradu otot, terbukti dengan angka penjualan yang hampir sama, namun 3 bulan berikutnya, sabetan pedang ganda Ninja 250 seolah berhasil melukai sang CBR 250 yang berpedang tunggal.

Dari grafik di atas terlihat bahwa barang siapa yang naik penjualannya, maka akan menurunkan penjualan yang lain, hingga akhirnya pada bulan Juli, 5 bulan setelah sang Ksatria Pedang Tunggal diluncurkan, ternyata kemenangan (sementara) berpihak pada Ninja 250.

Apakah kemunculan CBR 250R ternyata mampu mengedukasi konsumen dan menyadarkan mereka bahwa performa parallel twin engine ternyata lebih superior? Apakah desain bodywork CBR 250 yang sangat agresif dan beraura VFR 250, plus fitur speedometer digital dan ABS (optional) itu ternyata gagal memikat calon konsumen..?

Sudahkah cukup data dan fakta bahwa Ninja 250 belum dapat digoyahkan oleh CBR 250..? Apakah kemudian hanya sesama Ksatria Pedang Ganda (Suzuki GW 250) yang mampu merebut tahta itu dari Kawasaki..? dahulu, pada saat CBR 250 baru dilaunching banyak orang bilang..“tunggu 6 bulan lagi..” — Nah, sekarang sudah bulan ke-5, haruskah kita beri waktu hingga setahun..?

Monggo komentar dari bro n sist sekalian..

komparasi spesifikasi


Aksi

Information

42 responses

11 08 2011
tuwek

*kotak ajaib bergoyang… kotak ajaib bergetar…*

11 08 2011
cafebiker

dereng kang, habis lebaran banyak orang beli motor🙂

Titip om ben:mrgreen: http://cafebiker.wordpress.com/2011/08/11/dalam-bola-gw250-itu-center-back/

11 08 2011
nunoe

sensasi 2 silinder ngga bisa dikalahin sama 1 silinder dengan kapasitas yg sama….betul??
nah..tinggal nunggu GW250 nih…apakah sensasi fairing bakal dikalahin sama sensasi bernaked2 ria😀

11 08 2011
11 08 2011
Indah Mawarni

jangan2 ninja bisa laku banyak karena diborong satpol pp ha ha ha glodag…..

11 08 2011
B M W ♣

Xixixi

11 08 2011
Angga

semalem baru bisa liat cbr250r dari deket, kebetulan parkir sebelahan di Fatmawati. Imho, daya tariknya emang ga sebesar Ninja 250R, kecuali kualitas catnya yg lux banget.

11 08 2011
Triyanto Banyumasan

kembali ke harga, jika gw 250 bisa ditekan dibawah atau maksimal 40 juta mungkin nggigit, tp kalo cuma selisih 5 jutaan ya sama bae , menang diawal launch… Imho. Soale sensasi naked bagi yang mo naik kelas sudah pada terbiasa sepertinya Masbro.

11 08 2011
Santay

Saat CBR diluncurkan, pembeli potensial dikelas 250cc menunggu review atau testimoni dr para pemilik CBR 250R. Setelah merasa cukup mendapatkan informasi yg dibutuhkannya, baru mereka menentukan pilihannya. Dan mungkin pilihannya jatuh ke N250. IMHO.emilik CBR 250R. Setelah merasa cukup mendapatkan informasi yg dibutuhkannya, baru mereka menentukan pilihannya. Dan mungkin pilihannya jatuh ke N250. IMHO.

11 08 2011
jaos

sdh dari awal, saya komen kalo cb250 bukan lawan n250r, GAK sepadan…

Emangnya ini kelas bebek? yg mana konsumen bisa ‘dibohongi’ dgn penampilan ‘fresh’ tapi isi 1 cyl?

11 08 2011
ifan oorange

Apa pun pertempuran keduanya…
Tetep tidaklah buat motor nungging..

11 08 2011
Arif Rakhman

AHM (mungkin) sudah sedari awal sadar bahwa CBR250 series sulit mengalahkan Ninja 250R. Makanya bisa jadi inilah alasan kenapa CBR150 dibandrol pas 33 jeti.

11 08 2011
Arif Rakhman

tes

11 08 2011
Rainbow

tes

11 08 2011
gogo

wah ap cbr250 sengaja dikluarin buat bantu ninja..

11 08 2011
whongpurba

AHM oper konpiden, ibarate mau nglumpuhkan panser kok pakek pistol, yo keplindes tenan.

11 08 2011
jape methe

makin laris bikin macet tapi bukan bebek

11 08 2011
innocentrider

Waktu liat gambar fitur2 cbr n pas tau harganya gw memprediksi cbr bakal lebih laku. Tapi setelah liat langsung scr fisik jd agak ragu ma feeling gw td. Tapi kalo livery n warnanya diubah kayak cbr 150 or ahm jual yg tricolor dg warna velg item mungkin bisa lebih laku tuh cbr tp ga ada jaminan utk ngalahin ninja jg sech kl liat mayoritas konsumen di segmen ini motorcycle enthusiat yg emang lbh “melek otomotif”

11 08 2011
lexyleksono

Siip..siip..semakin banyak teman rider N250R..!

Nitip mas Ben..,
http://lexyleksono.wordpress.com/2011/08/11/yamaha-byson-made-in-indonesia/

11 08 2011
Kakang ali

Senang banget si Serigala Gembrot😀

11 08 2011
vitacalisa

suka suka suka sukanya mana nih

11 08 2011
asmarantaka

udah..dijual 20 juta ajaa…pasti laku kyk kacang goreng tuh CBR😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/08/11/akhirnya-duo-unit-ducati-itu-merapat-juga-ke-ungaran-d/

11 08 2011
lao2x

cbr250 pake deltabox ya??

11 08 2011
Aam

Klo mnrt gua..mslahny pda hrga psar..klo cbr 250 dpet d bwah 40 jti..gua ykin pda nglirik tu cbr..

11 08 2011
thedoc

sudah..vote for double cyl..

11 08 2011
GrandV

Banyak orang juga bilang lebih keren Ninja. CBR bisa laku jika pakai strategi marketing kayak New Blade, diskon 8 juta untuk 100 pembeli pertama😀

11 08 2011
Amama Ali

so pasti sudah pasti KO
AHM keterlaluan men-set harganya
lha wong di India CBR250cc itu dihargai seharga motor 150CC

11 08 2011
asep

di daerah saya main dealer tegal tergeletak 3unit CBR250 menunggu calon pembeli. ga perlu inden segala.

12 08 2011
binladeen

Buat konsumen 250cc, gak tertarik sama fitur + irit…. tapi lebih performa mesin + desain sporti abies. Salah sendiri, konsumen sport premium kok disamain sama matic ….

12 08 2011
jaos

itu kan ilusi dari fanboi soal irit sama fitur cling-cling….ya gak laku la.

12 08 2011
belajar sabar

Makin laris makin bikin macet… hehe

12 08 2011
mamamia

Setelah lihat dgn mata sendiri cbr250 , ternyata cbr250 kalah cakep dari n250 …aura nya seperti tiger digedein dikit + dikaish fairing . Tetep ndak bisa ngalahin aura moge n250 …. belum lagi suara khas 2 silindernya .

13 08 2011
BMan

asik makin langkaaa..

13 08 2011
satria_bajahitam

Udah ganti stripping aja trus tempel fast bike & irit,mungkin lumayan laku tuh….xixixi…piss

13 08 2011
awan

ahm salah nempatkan harga cbr series hingga keduanya jd operpress dan ga ada yg laku

16 08 2011
Nn

Imho
Harga gk mslh bwt moge, yg bicara performa.
Coba cbr kasi mesin crf250 unicam, wlw 1 silinder n hrg 60jt, ttp bnyk yg beli…

18 08 2011
lex perak

CBR250 adalah motor orang cerdas n cool!

18 08 2011
lex perak

Ninja 250 motor gecor berisik boros bokong rontok kena getaran 2 cylnya baru dech nyampe kondangan. CBR250R elegan n silent, berkelas banget, gak berasa eh dah nyampe kantor..!

18 08 2011
ranga

sebenernya lebih suka honda tapi
ninja 250 vs cbr 250 seperti miyamoto musashi vs sasaki kojiro
dan yg menang jurus pedang kembar si musashi / twin piston

21 08 2011
MC41

yg jelas lo rasain dulu tuh cbr 250r. jangan asal menilai. jangan kaget lah sama 2 silinder. pasti ada maksud lain honda memproduksi motor sport dengan 1 silinder

23 08 2011
Alive

Thanks beritanya Mas.

14 09 2011
Wahyu

Bro,
Lihat angka penjualan motor 250 CC di bulan Agustus 2011. Honda CBR 250R share market melesat ke angka 55,61%, Ninja 250R 42,82%, sisanya Kawasaki KLX 250. Jelas Honda CBR250 walaupun satu silinder dapat mengalahkan Ninja 250R dalam share market. Silahkan simak ulasannya http://edorusyanto.wordpress.com/2011/09/12/cbr-250-r-merangsek-kelas-250cc/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: