[Sharing] 15.000 km Bersama Ninja 250R

19 08 2011

image

Malam tadi ane melintas di Salemba, dan ketika iseng melirik speedometer..Wah…odometernya menunjukkan angka 15.000 km. Rupanya sudah lumayan berumur juga Ninja 250 ini. Memang sih sebelumnya ane sudah rencanakan untuk mengabadikan usia si motor pada 10.000 km, namun sayang kelupaan dan bablas terus sampai 15.000 km. Touring #XLNetRally ke Semarang kemarin turut berjasa menambah usia kilometer Ironhide.

Apa saja yang bisa dishare dari 15.000 km bersama Ninja 250..? Pastinya jarak tersebut lebih jauh dari diameter bumi yang hanya 12.756 km lho..

Secara umum, menggunakan Ninja 250 untuk harian tidaklah seribet yang sering dikatakan orang mengenai membawa motor segede ini kemana-mana. Barangkali karena ane sudah terbiasa dengan Bajaj Pulsar yang berat itu sehingga ketika beringsut menggeser Ninja 250 tidak ada masalah.

Panas mesin juga bukanlah hal yang mengganggu, terlebih karena ane sering menggunakan tank bag yang menghalangi angin panas dari radiator yang menyelinap dari celah antara fairing dengan tangki. Ada satu hal yang unik dari Ninja 250 ane ini, terkadang kipas radiator menyala sendiri setelah 5-6 jam mesin dimatikan. Mistis..?

Riding impression…inilah yang membuat ane sedikit speechless. Dengan Ninja 250, memang benar, refleks menjadi meningkat meskipun ane bukan tergolong rider yang gemar ngebut. Kecepatan rata-rata pun paling hanya 60-80 km/jam saja. Karakter mesin parallel twin yang “baru bertaring” di RPM 6000-7000 ke atas membuat ane sering lambat berakselerasi namun ketika 6000 rpm tercapai, hmmm..overtaking pun lebih percaya diri karena akselerasi dapat diraih dengan cepat..Sayang, jalan cepat habis atau keburu ketemu macet.

Ergonomi motor pun terbilang nyaman karena tidak terlalu merunduk, namun ane tetap ingin memasang footstep aftermarket dan stang yang sedikit lebih maju untuk mengakomodasi badan khas beruang kutub ini agar lebih nyaman..hehehe.

Bagaimana dengan motornya sendiri..apakah ada masalah..?

Waduh..nyaris tidak ada. Masalah yang paling signifikan dan annoying adalah tutup tangki yang sulit dibuka karena putaran kuncinya seret, eh..kunci ikut patah pula. Tamabahan lagi, karet pengganjal single seater hilang..dan sekarang terpaksa digantikan oleh karet ban dalam.

Lantas, di usia 15.000 km, apa saja spareparts yang sudah diganti? Seperti yang pernah ane tuliskan bahwa sebelum mengikuti touring #XLNetRally ane memeriksa kondisi motor ke bengkel Leo Performa. praktis, hanya kampas dan plat kopling yang ane ganti. Sisanya seperti radiator coolant dan oli memang sudah saatnya diganti.

Apa saja parts standar Kawasaki yang sudah terlihat dimakan usia? Nah..ini dia:

  • Rantai – rantai Ninja 250 kerap timbul bintik karat, terutama sehabis cimot. solusinya harus telaten menyikat dengan chain wax dan gemuk.
  • Bodyworks – bagian tangki sudah ada beberapa goresan yang disinyalir akibat adanya pasir yang menempel pada magnet tank bag.
  • Body belakang – di sini, cover single seater sering bergesekan dengan body belakang sehingga menimbulkan gores. solusinya ya..tutup pakai sticker aja deh.
  • Lampu utama dekat – nah, kalau ini lampu mati setelah motor dipaketkan oleh JNE..! *geram*
Lalu, adakah rencana modifikasi atau optimasi Ninja 250..? Ada pastinya. Pemasangan part modifikasi seperti spakbor kolong Yamaha Byson dan tatakan plat nopol yang lebar belum sempat ane laksanakan. Untuk tahap lanjut..pemasangan velg lebar masih ane pikirkan.
Disimpan atau dijual lagi..? Ninja 250 ane prediksikan akan bernasib sama seperti saudara 2-taknya. Menjadi legenda bahkan setelah lebih dari 5 tahun masa penjualan. Motor lain yang bernasib sama adalah Honda NSR 150SP dan Suzuki FXR 150 yang sampai sekarang pun tetap ada unitnya yang mulussss berkeliaran menggoda mata para motorcycle enthusiast. Jadi pada dasarnya ane ingin tetap menyimpan sang Ninja agar anak cucu ane dapat melihat kesaktian sang motor pada masanya.

Aksi

Information

35 responses

19 08 2011
ipanase

asik, keren, 15 K KM dah ganti plat kopling>>???wow

19 08 2011
absoluterevo

Mantap

19 08 2011
GrandV

Suarane brisik kayak Moge 800CC, tenaga cuma be-ti ama Ninja 150RR, piye toh…

19 08 2011
geraltofrivia

mogenya apa mas?:mrgreen:

19 08 2011
GrandV

Berapa kali liat/denger Ninja digeber, rasanya suaranya nggak seimbang ama tenaganya… bisa jadi knalpotnya uda diganti free flow (kurang ngamatin). Masih mending suara pulsar 220 kondisi standar… bzzzzz….. mantep euy…

19 08 2011
bennythegreat

hehehe..barangkali di samping ninin itu ada bebek berknalpot cempreng, jadi suaranya ketutupan..🙂

19 08 2011
geraltofrivia

iya tapi aku masi bingung moge 800cc yg suara kyk ninja 250 itu apa…

19 08 2011
geraltofrivia

ooo…btw udah pernah denger suara knalpot standarnya ninja 250 belom?

22 08 2011
pbateman

yg paling penting, udah pernah coba bawa Ninja 250 belum?

20 08 2011
akibdg

ninja 150 2 tak maasssss
bisa ngebedain kan karakter 2 tak ama 4 tak???

22 08 2011
GrandV

Iya, emang Ninin 250 menang keren doang (penampilan dan suara)

22 08 2011
bennythegreat

lha..justru menurut ane N250 itu kalah keren dalam hal penampilan masih lebih ganteng CBR250 lho.. btw motor ente apakah?

22 08 2011
GrandV

Ane sih masih pakai motor sejuta umat, lagi pilih-pilih untuk motor batangan, sayang model naked 250 cc gak ada di pasaran. Masih pilih-pilih mo ambil 150RR atau 250R. CBR 250 katanya ngebengkelnya susah, gak semua AHASS bisa nanganin. Beda ama N250R karena uda cukup lama jadi mayoritas bengkel resmi kawasaki bisa. Minta inputnya bro

19 08 2011
SKSD

absen…
15000 km dah ganti plat+kampas kopling??
lama amet yak??:mrgreen:

19 08 2011
Endrix

sharing yang sama cuman beda motor (pecinta bebek)😀

http://www.sejutaumat.com/2011/07/28/catatan-5-bulan-pemakaian-new-jupiter-mx/

19 08 2011
smartf41z

kmnya sama kaya bolot ku cuma beda 1 digit angka 0 dibelakang. kqkqkqk…..
http://smartf41z.wordpress.com/2011/08/19/hoiii-atpm-kelas-naked-250cc-masih-menjanjikan-lohhh/

19 08 2011
sofiyan

jual aja om…
lelang di sini…
biar warungnya rame….

19 08 2011
vanz21fashion

jadi kapan naek ke moge om :-p hehehe

19 08 2011
B M W ♣

Sip,awet juga ya

19 08 2011
setia1heri

semoga langgeng dan awet..

apa memang riding style ninja itu mesti ngebut ya????
kok dijalanan suroboyo saya perhatikan kok selalu begitu…trims

19 08 2011
bennythegreat

ane sih gak terlalu doyan ngebut, kecuali kalau lagi butuh akselerasi untuk menyalip kendaraan…
kalau yang all time akselerasi, mungkin lagi kebelet pup oom..

19 08 2011
19 08 2011
Abu Tanisha

yah paling tidak anak cucu nanti bisa tau apa itu karburator hehehe…, adakah kemungkinan meminang yang versi injection?

19 08 2011
nica

fotonya over saturated om.. wajahnya jadi kuning🙂
nice bike.. saya bimbang nunggu new r15 dari indihe atau ninin 250 yg uda available, beda cc gpp, yg penting tampang dulu ?_?

19 08 2011
bennythegreat

ninja 250 aja bro..mesin jelas, tampang lumayan kok.. (meskipun gak seganteng CBR250R ,…) IMHO

19 08 2011
5800

Di wariskan ke anaknya saja kalo nanti dah gede dan kuliah tentunya.
Okeeee….

19 08 2011
KurAwaz

Numpang bikin laporan juga ah
Kenangan bajaj pulsar 180 ug4 setelah 29500 km, spare part yang diatas 100k yang udah diganti
Gear set
Aki yu*sa yb9b
Selebihnya cuma parts yang emang musti sering diganti macem kampas rem dan seal2 yang harganya dibawah 50k
Kondisi body?
Lumayan banyak baret tipis dan ada penyok (udah jatuh 3 kali), kondisi mesin masih enak cuma agak kasar kayaknya perlidi tambah xado lagi setelah terakhir pake pas km 10000, lampu nyala semua, kampas kopling blon diganti
Sekian laporan

20 08 2011
gogo

cocok buat harta warisan kelak..

21 08 2011
dicky

hello om benny,nice share hehe, saya baru aja mau beli ninja250 nih, :p

23 08 2011
Alive

Wah udah lama berarti,

26 08 2011
Mas Agus Ninjers Riyanto

ninja ane baru 4000 an km……dipake kalau ngumpul temen klub , ada event dan touring aja….body msh mulus banget krn dirawat…..larinya jozsss tenan anme puas….benar benar mantabzs nih motor.

26 08 2011
awan

sama dg motor ane dah 15000 km tp lom ganti apapun selain oil filter sm oli doang. Larinya masih joss msh sanggup 160 km/jam. bbm tergantung kantong, kl lg bokek ninin dipaksa minum premium. Isi pertamax cm awal bl n pertengahan bl aj selebihnya isi premium.

26 08 2011
awan

sementara kalau uji nyali (kecepatan) pernah diasepin moge sepertinya ducati sm ninin 250r racing spec.

10 07 2012
cc

CBR agk gmn gt,, g suka bntuknya, kurang kekar,, bgusan ninja dr msin smp pnampilan,.

1 01 2013
joko

15000 ganti kopling ? ga salah tuh, saya pakai kharisma sudah 150.000 km itu mesin belum pernah dibongkar sama sekali, umurnya sudah 10 tahun, penasaran sampai kapan kuatnya,nanti kalau rusak tinggal dibuang saja ha ha ha….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: