8 Tips “Battery Care” Dari Kawasaki TV

30 08 2011

Kawasaki Battery Care

Karena subscribe ke channel Kawasaki TV di Youtube, makanya ane jadi dapat informasi terbaru dan dapat dipertanggung jawabkan, langsung dari Kawasaki Motor Corp. USA yang pastinya punya admin media sosial yang mengerti betul urusan motor..:mrgreen: . Tips kali ini seputar cara merawat battery (selanjutnya disebut “aki”) motor agar selalu dalam top performance. Ini dia tips dari KawasakiTV yang pastinya dapat diterapkan secara umum pada motor-motor merk lain:

tips-1. Charge battery during vehicle disuse

1. Charge aki setelah motor tidak digunakan dalam waktu lama

Bagi ente yang sering meninggalkan motor dalam waktu lama, katakanlah lebih dari seminggu, usahakan melepas aki motor, dan sebelum menggunakan motor kembali, charge aki motor agar tetap sehat.

tips-2. Dont electrically overload the vehicle

2. Hindari membebani kelistrikan motor secara berlebihan

Gambar di atas barangkali terlihat aneh dan norak, tapi memang benar adanya bahwa penggunaan aksesori yang menyedot tenaga dari aki akan membuat parforma aki menurun bahkan bisa jadi saat starter aki menjadi lemah tak berdaya.

tips-3. Don't ride the brake

3. Posisikan telapak kaki agar tidak setiap saat menginjak pedal rem

Sepele tapi penting, beberapa pengendara sering memposisikan telapak kakinya sedemikian rupa sehingga selalu menginjak pedal rem, oleh karena itu, atur ulang kebiasaan berkendara ente, dan jangan lupa setel selalu switch lamp lampu belakang di pedal rem motor agar tidak membuat lampu rem belakang selalu menyala.

tips-4. Remember the 5/10 second starting rule

4. Ingat aturan 5/10 ketika menstarter motor

Jangan terlalu nafsu memencet tombol starter motor. Ingat tips ini..waktu terlama yang dianjurkan dalam memencet tombol starter elektrik adalah 5 detik. Jika dalam 5 detik mesin tidak menyala, jangan langsung memencet tombol starter. Hitung dulu 10 detik, baru kemudian tekan tombol starter kembali agar aki diberi tidak terbebani dan kesempatan untuk memulihkan diri.

tips-5. Expect cold batteries to be weaker

5. Baterai akan melemah di cuaca dingin

Sebenarnya tips ini berlaku bagi negara bermusim dingin, namun tidak tertutup kemungkinan bagi ente yang tinggal di wilayah dingin seperti Bandung atau mungkin dekat Puncak Jayawijaya, Papua agar memperhatikan tips ini. Performa aki akan menurun pada cuaca dingin sehingga perlu perhatian lebih.

tips-6. Performance vehicle have smaller battery

6. Motor besar (Performance Vehicle) memiliki aki yang kecil

Harap diingat bahwa motor-motor sport bermesin besar cenderung memiliki aki yang kecil ukurannya, sehingga tidak dapat dibebani terlalu berat. Ini sudah ane buktikan sendiri sih waktu lihat Mas Triatmono charge aki di balik pintu..memang aki moge itu kecil-kecil ukurannya.

tips-7. Never jump start

7. Jangan melakukan “Jump Start”

Tidak seperti mobil, aki motor tidak boleh di jump start dengan aki lain. Lebih baik mengganti aki ketimbang menanggung resiko kerusakan yang tidak diinginkan

tips-8. Keep vehicle in top condition

8. Jaga kendaraan agar selalu dalam kondisi prima

Nah, kalau ini urusannya dengan mekanik yang handal dan terpercaya serta hal-hal yang bisa ente lakukan sendiri, misalnya rutin menguras bak karburator sehabis memakai motor dan motor akan tidak dipakai dalam waktu lama, ditambah lagi rutin memeriksa dan mengencangkan baut-baut yang longgar.

8 Tips Perawatan Aki dari Kawasaki

Oke, demikian 8 tips perawatan aki dari Kawasaki, selengkapnya dapat dilihat di video berikut.

Semoga berguna..


Aksi

Information

10 responses

30 08 2011
necel

Pake yang MF aja om akinya. bebas perawatan

30 08 2011
adit

pastinya punya admin media sosial yang mengerti betul urusan motor..(Tidak seperti …) Haha

30 08 2011
4201journey

Ane ngerti kenapa ga boleh jumper aki motor tidak seperti mobil,disinyalir krna ampere aki motor tidak sebesar mobil yang rata2 diatas 20amp.cmiiw.
Aki motor sport d luar negri rata2 mf.
Ttp harus dicek,apalagi ga punya kick stater, ukuran aki yg kecil(ampernya) dibawah 12amp. Bukan ukurannya,
harus tetap dijaga tegangannya agar dikisaran 12,4 volt.
Jika motor lama ga dipakai maka tegangannya akan turun dibawah 12,4 volt. Dan bisa membuat dinamo stater ga kuat,(masa harus dorong?).

30 08 2011
4201journey

Motor sport pake lampu2 tambahan sperti gambar diatas…? Hihihi…. Ngeri ngeliatnya… Kaya motor cruiser. Culun bin norak…
Kalo motor cruiser sih pantes…

30 08 2011
willykk

super mhanthepsshh articlesnya.. pelajaran buat owe yg kadang stater suka ga sabaran😳

untung blebek owe udah dimodip kelistrikannya jadi mirip moge padahal cuma motol cupu😳

30 08 2011
ipanase

sip lah,,……….

30 08 2011
Hoeda

Nais ingpoh..

2 09 2011
gogo

mantab infonya..

5 09 2011
Rizqibe

Yang saya bingung Mas Ben, kok di Manual Book nya Kawasaki Ninja 250 ada cara Jump Start yang benar ya ? Padahal kayaknya itu manual book juga hasil Translate’an(Soalnya Model California juga ada disitu, yang artinya emang manual booknya global)

8 09 2011
mamat

Gan,kok infonya tentang kawasaki semua..Thank info nya gan,lain kali gua cek sini lg,,,,,,,,ok dah……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: