Covert Operation Suzuki, Undang Komunitas Motor Sport Sneak Peek Cruiser 150cc Baru

3 09 2011

image

image

image

Sebelum terkecoh dengan judul di atas, ane kasih tahu dulu bahwa acara ini sudah lama terjadi, tepatnya di pertengahan tahun 2009. Beberapa minggu sebelumnya, ane terima undangan dari sebuah majalah motor terkemuka yang akan mengadakan makan malam bersama komunitas motor di Jakarta di Put Put cafe, Senayan.

Di hari-H, ane tiba di lokasi dan..lho di parkiran khusus itu kok hanya ada motor batangan dan motor sport saja..? Tampak berbagai motor batangan seperti Thunder, Tiger, Scorpio dan Pulsar, juga jelas mencolok beberapa Ninja 250 yang kala itu masih menjadi motor yang langka populasinya.

Juga, tak kalah bikin penasaran,.terdapat sebuah motor yang dibungkus kain hitam terletak di tengah acara..namun ane tak begitu ngeh juga sih..

Nah, yang bikin curiga adalah ketika sesi acara mendadak berubah, dari undangan makan malam majalah motor menjadi sesi khusus untuk melihat motor baru Suzuki tersebut. Selubung hitam terbuka dan terlihatlah sebuah motor ber-form factor cruiser..mirip dengan Honda Phantom dan Bajaj Avenger..

Mata ane langsung menuju ke blok mesin. MC mengatakan bahwa motor ini berkubikasi 150 cc satu silinder SOHC. Wah..blok atas berlapis chrome, sangat mirip dengan enjin.Thunder 125, begitu pula dengan wilayah cover crankcase. Disinyalir ini adalah mesin EN125 yang dioversize.

Pandangan ane yang kala itu belum aktif ngeblog seperti sekarang lantas menyapu lekuk tubuhnya..dari depan tampak.velg spoke berbalut ban 17 inch terbungkus spakbor ala cruiser, tangki tampak polos dan hanya ada logo Suzuki, stang tampak tinggi khas motor light cruiser. Jok terasa empuk dan sangat lebar..pas untuk menopang pengendara untuk perjalanan jauh. Footstep pun.ada di bagian depan sehingga membentuk posisi riding yang santai ala cruiser. Suspensi stereo yang disinyalir memakai milik GSX250 tampak menopang swing arm profil kotak dan ban belakang yang cukup lebar.

Nah..yang aneh adalah.. mana nih identitas yang menunjukkan varian motor cruiser Suzuki ini..? Dengan teliti ane sapu lagi pandangan ke seluruh body namun kode varian tak ditemukan…!!

Yang unik lagi, setelah sekitar 15 menit para anggota klub dan komunitas motor batangan/sport yang disinyalir adalah bike enthusiast itu puas melihat motor, MC mengingatkan bahwa kamera baik itu dari HP maupun sejenisnya tidak diizinkan. Pada saat itu pun sepengetahuan ane tidak ada wartawan media otomotif yang datang, begitu juga blogger otomotif papan atas Alexa kala itu.. waah..covert operation Suzuki nih. Ucapan MC yang seolah mengatakan agar jangan memberitahu kawan mengenai motor baru ini turut menambah kecurigaan ane.

Setelah sesi pandangan pertama selesai, para undangan langsung disodori form kuesioner yang isinya seingat ane sebagai berikut:

- bagaimana menurut anda desain motor ini?
- berapa cc mesin yang pantas untuk motor ini?
- berapa harga yang pantas untuk motor ini?
- dengan desain yang ada sekarang, apakah anda berminat?
- motor anda sekarang adalah?

Nah, dari pertanyaan kuesioner tersebut tampaknya Suzuki berusaha mencari opini para pengguna motor batangan mengenai motor cruiser ini, namun belum terlalu yakin dengan spesifikasi yang tersedia.

Itu terjadi 2 tahun lalu, sekarang ane baru ingat kembali dan berusaha menggali informasi mengenai motor cruiser 150 cc Suzuki. Ternyata sudah beredar di China sana dengan nama Suzuki QZ 150. Dan varian cruiser ini hampir tidak ditemui di negara lain

Hingga sekarang pun, anehnya Suzuki tak kunjung meluncurkan motor cruiser ini di Indonesia, disinyalir hasil kuesioner dan pertimbangan internal Suzuki menunjukkan bahwa motor cruiser belum cukup layak market share nya di Indonesia. Hmmm..benarkah itu..? *sambil lirik Bajaj Avenger*

Melihat informasi ini, berarti tidak salah juga bahwa Suzuki menjadikan China sebagai basis produksi sekaligus market untuk produk motor yang tidak beredar di negara lain. Ingat..baru-baru ini GW 250 juga diluncurkan di China toh..? Namun hingga kini belum ada indikasi Suzuki Indonesia mengadakan acara serupa di tahun 2009 tersebut di tahun 2011 ke depan.

Well..melihat gelagat ini, ane menduga bahwa inilah cara efektif Suzuki untuk mencari opini dari konsumen motor Indonesia khususnya kelas motor sport. Dan disinyalir pula bahwa media otomotif dan blogger belum tentu diundang dalam acara semacam ini.

Bagaimana menurut bro n sist sekalian terhadap “covert operation” Suzuki ini..? Monggo di share..

About these ads

Aksi

Information

6 tanggapan

3 09 2011
ocecoco

new FXR aja…

3 09 2011
3 09 2011
SkyrideR

Lha klo skrg ngapain.. tanpa riset.. pokoknya liat pd vixion aja pasti laku

3 09 2011
j4na
3 09 2011
SuRyA

Aduh kayaknya motor cruiser kayak gini blm bgitu bs ditrima masyarakat indonesia

http://www.dk8000.co.nr

9 09 2011
harisxyz

memang pasarnya amat khusus,
tapi tetap ada peminatnya di Indonesia …
termasuk saya :)

cocok utk orang tua, yg mau jjs …
( nunggu Avenger nih gue)

http://harisxyz.wordpress.com/2011/09/09/stnk-indonesia-vs-malaysia/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.699 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: