Setelah Yamaha R15 v2.0 resmi diluncurkan di India, dan spesifikasinya telah terungkap..maka kita di Indonesia yang belum kebagian jatah launching R15 setidaknya bisa melakukan komparasi awal terhadap spesifikasi motor sport di kelas 150 cc ini. Berikut adalah
komparasi spesifikasi kecil-kecilan yang ane coba sarikan dari berbagai sumber.
Nah, dari tabel komparasi di atas (jika kurang jelas silakan di klik untuk memperbesar), mari kita bedah satu persatu. Dimulai dari dimensi silinder CBR 150 yang memiliki bore lebih besar dari R15 (63.5 mm vs 57 mm) menunjukkan karakter R15 yang lebih torqy, ganas di RPM bawah. Sementara CBR150 disinyalir cenderung bertaring di RPM atas. Meskipun demikian, enjin DOHC CBR150 tak pelak lagi tentu memimpin dari segi performa.

Yamaha R15 (sumber: zigwheels.com)
Dari segi dimensi, CBR150 juga jelas lebih lebar dan panjang, ini berakibat pada penampakan motor yang lebih gagah. Jangan heran jika sepintas orang tak bisa membedakan CBR150 dan CBR250 jika melintas. Wheelbase yang lebih pendek pada CBR150 juga memungkinkan manuver yang lebih gesit, didukung dengan caster angle sebesar 25 derajat. Ditilik dari segi ergonomis pun, CBR150 lebih bersahabat bagi mereka yang bertubuh tidak terlalu tinggi.

Honda CBR150 (sumber: zigwheels.com)
Berat CBR yang lebih ringan jelas berakibat pada power to weight yang lebih besar, namun menimbulkan “instability” pada kecepatan tinggi, disamping itu menurut website ZigWheels, Yamaha R15 cenderung lebih stabil dan lincah pada saat melibas tikungan.
Tentunya komparasi di atas kertas tak akan afdol hingga ada acara test ride langsung dan membandingkan kedua motor di waktu yang sama sehingga riding impression akan dapat jelas terasa.
Dari hati kecil ane, sebenarnya ada satu lagi motor yang cukup layak dikomparasi dengan kedua jagoan sport 150cc ini yaitu Suzuki FXR150, spesifikasinya bejaban dengan CBR150 dan teknologinya betul-betul melangkahi masanya (waktu itu). Sayang sekali salah satu motor legendaris Suzuki itu harus layu sebelum berkembang.. 😦
Last..dari segi penampilan, ini jelas subjektif, namun ane pribadi menilai CBR150 lebih ganteng dari R15. Bagaimana pendapat bro n sist sekalian..?
Monggo di share..
podo apike
Nitip mawon 🙂
http://cafebiker.wordpress.com/2011/09/07/blackberry-bebek/
2
om kagak kebalik tuh?
cbr 150 = galak rpm atas
r15 = galak rpm bawah
Hmmm…karakter motor bore gede, stroke kecil itu ya torqy bro..
Mirip sama KLX..
iah ya bro kebalik itu bang benn di paragraf 2 😉
ibarat robot transformers [oot]
cbr150 = optimus prime, coz lebih gagah dan calm
r15 = megatron, coz galak dan serem
pilih cbr aja deh, teknologi ga ketinggalan jaman biar dah dipake 10 taun ke depan 🙂
galak kok letoy di rpm atas
Sip.
tapi yang pasti disini ngimpi dulu aja ya…
lebih keren motor sendiri buat ane mah om, hihihihi 😀
numpang jemuran om
http://sociusrider.wordpress.com/2011/09/06/komunitas-motor-paling-luar-biasa-yang-pernah-ada-geng-motor-manapun-kalah/
http://sociusrider.wordpress.com/2011/09/06/kenapa-indonesia-dikuasain-motor-bebek/
Bukane torqy itu justru yang stroke panjang.
Kalo bore gede itu akselerasi dan topspeednya lebih.
kayaknya yg langkah stroke-nya lebih panjang, itu yg lebih maknyus torsi bawahnya
Sebentar bro Torry..ane buka contekan dulu..
maaf kang, koreksi. Stroke panjang lebih torque.
Perbedaan megaprolama dgn tiger adalah di stroke-nya. Dgn bore sama2 63,5mm.
N d datanya ada yg salah tuh.
Masa cbr150 cvt carburettor?
Bukannya pgm fi?
Sekedar koreksi aja kang…
wah cbr150 juga 63,5mm? Berarti strokenya benar2 pendek…..
Disinyalir cbr kuat tarikan atas,dan memang terbukti, ane pernah coba cbr150lama, bisa redline 12000rpm.
gambarnya yg bener cma vixion (itu juga keluaran awal)
wah foto R15 V2.0 menyesatkan tuh….
itu R15 lama…..
Susah cari foto R15 v2 dalam angle begitu..ya yg ada ane comot aja deh…hehehe
vixion dengan r15 bore beda 1mm dengan stroke sama (56mm x 58,7mm vs 57mm x 58,7mm), tapi kok kapasitas mesin bisa sama? aneh dan menyesatkan..
Kacau
trims koreksinya..maklum dibuat sambil ngantuk..
sudah ane koreksi yah..
ah ngeles..
Spek CBR nya ga sesuai ama CBR 150 AHM..
Tuh CBR lawas..
yang baru malah CBR berat kosongnya 138 kg
* Panjang X lebar X tinggi : 1,977 x 701 x 1,130 mm
* Jarak Sumbu Roda : 1310 mm
* Jarak terendah ke tanah : 190 mm
* Berat kosong : 138 kg
* Tipe rangka : Twin Tube Diamond
* Tipe suspensi depan : Telescopic
* Tipe suspensi belakang : Suspensi Tunggal (Monoshock)
* Ukuran ban depan : 100/80 – 17M/C 52P (Tubeless)
* Ukuran ban belakang : 130/70 – 17M/C 62P (Tubeless)
* Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
* Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
* Kapasitas tangki bahan bakar : 13.1 liter
* Tipe mesin : CS150RE, Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC, Single Cylinder
* Diameter x langkah : 63.5 x 47.2
* Volume langkah : 149.4
* Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
* Daya Maksimum : 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
* Torsi Maksimum : 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
* Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
* Kopling Otomatis : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
* Gigi Transmsi : 6 Kecepatan
* Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
* Starter : Elektrik Starter
* Aki :
* Busi :
* Sistem Pengapian : Full Transisterized
Spek CBR lawas bukan yg baru…
yg baru versi AHM
# Daya Maksimum : 13,11 kW (17,8 PS)/ 10.500 rpm
# Torsi Maksimum : 12,66 Nm (1,29 kgf.m)/ 8.500 rpm
Berat kosong : 138 kg
wah lagi ada promo ya om? belog sebelah juga komparasi niy 😀
tenang aja..selagi belum masuk sini, kita ubek2 dulu speknya.. 🙂
Ane belum liat langsung R15 jd ogah menilai, kalo CBR150 aseli ganteng banget!!! Kemaren liat yg tricolor, aura racingnya kentara sekali, keren..!!!
tadi pagi bareng cbr 250…kalo lagi jalan…keren bgt beda jauh ama di gambar2……kayanya berkelas aja…….
Komparisi dari data aj, belum head to head on the road kok…
wah seru nih bnyak yg ngebahas…
Walaupun motor ane bukan honda, tapi ane jujur emang cbr150 lebih apik, kl yzfr15 terkesan seperti hasil modifan lokal. Kalo urusan mesin sih mestinya dohc lebih superior dibanding sohc.
klo mo analogikan stroke panjang dan pendek dengan menggambarkan waktu membuka baut2 pada velg mobil….pasti yg kuncinya bergagang panjang lebih mudah untuk membukanya dibanding yg bergagang pendek… http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/12/07/474/ penjelasan di dini lumayan jelas (bukan blog saya)
nyang pas ya CBR..lagipula r15 hanya mimpi 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/09/07/istri-tewas-kecelakaan-suami-dipenjara-seharusnya-kematian-sudah-cukup-untuk-menjadi-pelajaran-hidup/
CBR lebih ok… kira-kira gampang di oprek yang mana ya mesinnya?
tinggal nunggu komparasi langsung neh
—–
http://www.dk8000.co.nr
Foto CBR & R15 ny kog yg versi lama om ben, gak keliru nihh 😆
Datanya kayanya ada yg salah deh, R15 v2.0 = 136kg, New CBR 150R = 138kg.
mosok cbrnya kok kebih ringan to…..tar tak nengok disebelah dulu… 😆
disinyalir condong ke H nih si kang mas xixixixi…..
http://karisnsz.wordpress.com/2011/09/07/bayar-cicilan-motor-dapat-motor-usaha-yang-bagus/
klo dari tempang emang lebih ganteng R15, soal performa nunggu ditest ride..
iya, 2 gambar pertama r15 lama tuh….
yamaha oke bgt…………………………… CBR kecilllll
Gila keren banget tu r-15,,tapi kayaknya gak pantes kalo di adu gan,karna cbr bukan murni type sport…Thank info nya gan..gua mau jalan jalan dulu,,,,,,,,ok dah……..
kok gambarnya gambar2 lama om? itu kan R15 lama. trus yg dibawah CBR nya juga CBR lama
komparasi jujur,
gk kyk blog sebelah cma spek r15 itu pkk pertamax 92 klo pkk premium bgs d adu ama byson aja.
Gk bklan menang klo lwn cbr
kalo power lebih superior fxr 150 dibandingin ketiga motor di atas om ben.. power fxr kalo ga salah 20 ps!! ada yg jual rondonya ga ya . . . ?
ahh kl ane sich masih jagoin HONDA NSR RR(SP)yg ane punya skr,,,soalnya dari semua motor sport ane punyanya cuma itu doang sich………MAAF gan yach
Satria FU kok gak dibandingkan om ?
hehehe..
apa mungkin nunggu ada bebek tandingan dulu yaaa…
SOHC vs DOHC …. Over stroke VS over bore !
yamaha tetap semakin d depan coy.
Honda finish duluan
Cuy
r15 jelas terbaik lah gan,,cbr bukan lawannya,,
wah,..
mesin kaya Vixion mah..
Overstroke.
ban gede lagi.. berat atuh.
kalau ampe hadir di Indonesia.
bisa-bisa dipermalukan sama bebek Hyperunderbone.
Yamaha semakin di depan Di depan Siape Boss? Suzuki Ya? MM. Tapi Tetap selalu sibelakang Honda. Why? Karena sdh takdirnya Yamaha no. 2. Mau gimanapun mesinnya, modelnya, teteeep ajeee segitu2 nomer due aje.