Paling Jauh Kemana..? Top Speed Berapa..? –> Pertanyaan Basi..

10 09 2011

speed & distance..masih pantas dibanggakan..?

Pada zaman dimana frase “biker kemarin sore” masih eksis (gak tau sekarang masih ada gak yang suka ngucapin itu),  sering banget terdengar pertanyaan yang terucap dari mereka yang sudah merasa berpengalaman di jalan. Pada umumnya kalimat seperti “Elu paling jauh kemana sih bro..?” atau “Top speed motor elo berapa sih bro..?” akan muncul kalau sang biker yang merasa “senior” ini merasa tersaingi. Padahal bagi ane, mereka yang menggemari otomotif roda dua semuanya sama dan setara..sama-sama belajar menjadi “bike enthusiast”.

Pada tahun 2011 ini, pertanyaan tersebut disinyalir sudah basi bin obsolete.. Lihatlah para pemudik bermotor yang rela mempertaruhkan nyawa melawan kantuk dan mencoba survive dari resiko celaka di jalan. Seorang bapak, kawan kantor  yang tampangnya gak terlihat seperti petouring motor bisa dengan mudah bilang “kemarin waktu saya ke Surabaya, nyebrang liwat Suramadu, anginnya kenceng banget jeh..” begitu testimoninya santai sambil menyeruput kopi. Atau salah satu boss ane yang kebetulan penggila motor besar..“kemarin gue riding Jakarta Bali asyik banget bro..bertiga doang, yang lain pada paketin motor..kagak asyik ah..” Weleh..sang boss besar ini rela membiarkan moge edisi langka (yang tidak dapat disebutkan di sini) miliknya digores debu dan kerikil jalanan..

Beda lagi kalau bicara top speed. Apakah para rider yang setiap bulan atau bahkan setiap minggu mengikuti track days di sirkuit setiap saat menggunjingkan top speed motor yang mampu ia raih. Hmmm..kalau ada yang seperti itu mungkin bisa jadi bahan tertawaan. Di kelas motor 600 cc ke atas, top speed kayaknya bukan urusan yang patut dipergunjingkan.

Ada pula beberapa manusia yang gemar mengatai kawan-kawannya dengan sebutan “cemen” dan sebangsanya ketika kawannya tidak bisa ikutan touring. Nah, manusia seperti ini enaknya di #kamplengisisan.. Barangkali ia tak tahu bahwa ketika periode touring yang ia banggakan itu sedang berlangsung, si kawan sedang berusaha dalam kariernya  untuk “meraih segenggam berlian”.

Lalu bagaimana kawan-kawan yang masih sibuk membanggakan jarak dan kecepatan itu..? Yah, saran ane sih..iyakan saja perkataan mereka. Tak perlu membalas dengan mengatakan hal yang dapat membuat mereka panas hati. Toh pada saatnya nanti mereka akan sadar bahwa kenikmatan berkendara bisa diperoleh tanpa memandang jarak dan kecepatan.

Barangkali orang semacam itu membutuhkan pengakuan di bidang permotoran dimana ia bisa mengekspresikan “kebisaannya”, Sementara di bidang lain belum tentu. Bisa saja di masa kecilnya ia kurang prestasi dan penghargaan, atau kurang sukses dalam urusan profesinya. Jadi, tak elok rasanya kalau kita membalas dengan sombong pula.

Tapi kalau ane yang dapat pertanyaan seperti itu, maka ane akan enteng menjawab..“paling jauh ane pernah ke Seoul, Korea Selatan..naah kalau paling cepat, ane pernah berada di kecepatan 840 km/jam” (naik Airbus A300 kalo gak salah..) Kalau ente paling jauh dan paling cepat kemana..?

motormu bisa mencapai 840 km/jam..?

xixixixixi…


Aksi

Information

69 responses

10 09 2011
mbr666

aha

10 09 2011
cafebiker

sip

10 09 2011
4201journey

kalo ane memang penggemar journey…. Cita2 ane pergi umrah pake motor massal terbesar yang diproduksi d indonesia.
Kalo saat ini, yg pantas dipakai turing jarak jauh tanpa ubahan adalah cbr250.
Sementara ini ane baru sampai sumatra Barat.tanjung pati.
Kalo top speed d megapro ane ga brani coba d jalan, cuma ngetes d dyno aja…130kpj dgn ubahan polish porting+cdi brt. Ubahan buat turing aja…

10 09 2011
ifan orange

Suka kesian om kalo ada yg kek gituh…
Nganggul teu puguh.. Ga pentingg..

10 09 2011
4201journey

kalo pergi haji aga ga mungkin pake motor, krna pergi haji diatur keberangkatannya oleh negara…

10 09 2011
soemarlien

mmmm kayaknya mungkin mas, kang JJ umroh pake GS, teh siapa itu yg di bandung ke mekkah pake vespa.

11 09 2011
binladeen

ya, vespanya dinaikin Garuda, xixixix ….

10 09 2011
ipanase

ane paling jauh ke jogja, topspeed 80 km/jam spedo

10 09 2011
4201journey

makanya ane pingin punya n250r,cbr250, ato d tracker250. Untuk turing jarak jauh, bukan buat kompetisi, hanya buat kepuasan ane aja…
Mungkin ane dianggap orang gila, tapi ane ga cari apa2… Cuma suka aja turing jarak jauh…

10 09 2011
M Krishna

setuju banget ama artikelnya bang Benn

10 09 2011
eyang revonya item

makin banyak biker alay gaaan…. baru turing se jawa aje dah ngemeng penggilas aspal… wkwkwkw

10 09 2011
just me

klo pertanyaannya paling jauh kemana..? top speed berapa..? kayannya paling hebat jawaban pilot pswt tempur hahaha

10 09 2011
#99 bro

Aku paling jauh baru jateng top speed 70kpj .. Hebat to..?

10 09 2011
Black wolfie

Paling jauh semanggi-rumah. Kerja mulu sih

10 09 2011
4201journey

hah… Ada yg pake vespa k mekkah…

10 09 2011
bAdcOp

Saya paling jauh ke puncak doang..

10 09 2011
tukang underestimate

aku setaun ini tiap hari solo madiun pp lewat gunung lawu….cos kerjaan rolling ke madiun sedang kalo malem kuliah di solo….ya kl capek ya nge-bis…tapi nikmatnya lewat jalur sarangan bikin nyaman kalo cuman 200km pp tiap hari….

10 09 2011
wendakalubis

Paling jauh dari Bandung main ke Ciater, bareng mantan (sekarang dah jadi istri :D) top speed saat itu 60kpj (Takut apa2, soalnya bonceng sang kekasih :D) Tapi rasanya perjalannya nikmat bangeeeet…
So,, jarak dan top speed tunggangan gak membatasi kita menikmati perjalanan…🙂

10 09 2011
bman

Paling jauh ke Bintaro dari Sunter naek motor…hehehhee

29 12 2011
putri

dari sunter ke bintaro brapa km ya?

10 09 2011
steven sahardjo

artikel ini sangat bagus! pertanyaan2 yang sering terlontar antar biker, dan paling menggemaskan…pernah suatu ketika di pom bensin ketemu rider vespa, terus nanya ke gw “bro, turing paling jauh kemana?” gw jawab “yah…sini2 aja bro” terus dia balas “wah saya kemarin baru aja turing keliling eropa bro pake vespa…” gw jawab “ohhh…” trus gw cabut….

10 09 2011
Azdi Scouzie
10 09 2011
dhadyan

Biker sejati adalah biker yg menyayangi diri sendiri dan keluarga dan bisa menghargai orang lain.. Tidak mengenal istilah Top Speed.. Tidak mengenal istilah jarak tempuh.. Yang kami tahu adalah riding untuk mencari sesuap nasi.. Demi keluarga.. IMHO🙂

19 12 2012
3492

Setuju dgn bro dhadyan, menyayangi diri sendiri dan keluarga dan bisa menghargai orang lain adlh 3 hal yg seringkali terasa betul andilnya sbagai penyejuk dan penolong di perjalanan kita. Saat tangan ga tahan lg pegal menggenggam setang, mata berat penginnya ngatup & dengkul linu nekuk setelah ribuan km maka yg tampil adalah antiklimaks as soon as possible to got the greatest of 0km/jam top-speed dan 0 cm distance..

10 09 2011
electra

setiap biker pasti sudah pernah merasakan yang namanya turing bohong besar kalau belum pernah turing alias TURU MIRING

10 09 2011
rong rong

turing….untu garing…ngowoh pas numpak motor…

10 09 2011
Pak Bambang Nunggang Byson

paling jauh spanyol pas ngojek messi, ngimpi , , ,

10 09 2011
Mbah Dukun ... ┌П┐(‾.‾҂)

Kena bangets😎

btw … musim salju kemarin makan berapa rusa kutub ben:mrgreen: … *kabooooooor*

10 09 2011
bennythegreat

Di seoul kaga ada rusa kutub..xixixix

13 09 2011
yudibatang

cuman mau numpang ngakak..walau telat..:mrgreen:

11 09 2011
karis

begh…gw banget tuh, pertanyaan2 menyebalkan huehehehe…btw, mas benny kalau dijawab spt jawaban sampeyan td, si penanya bisa2 langsung menjual motornya tuh wkwkwkwkwk
http://karisnsz.wordpress.com/2011/09/10/andaikan-motor-sport-jadi-raja-di-indonesia/

11 09 2011
karro

wow kalo gt pak pos, bang ojek adalah biker sejati…

11 09 2011
antonix87

kalo saya mau turing kliling dunia pke motor kira2 ada yg nyponsorin gak ya… kalo ada si saya berminat… around the world with my bike.. sip joss..

11 09 2011
Stevan

Wkwkwk, tipikal2 orang kaya gitu baru sadar kali ya pas disodorin artikel ini:mrgreen:

11 09 2011
pridesonline

utk speed, naik motor nggak asiklah.
tapi untuk urusan jalan jauh masih relevan buat aku. banyak orang keliling dunia naik motor… dan itu penting bagi mereka untuk menikmati indahnya kehidupan.

11 09 2011
azizyhoree

lik dis om 😛

11 09 2011
demungan

Klo gw sing penting ngegas yang jauh. Mau kemana kek. Lari berapa kek. Buat gw suatu kepuasan tersendiri. Mangkanya gw gak begitu suka ikutan club. Banyakkan nongkrongnya daripada ngegasnya.
Apa enaknya ngegas cmn ke sevel/cafe/resto, trus nongkrong berjam2, ngobrol gak jelas. Udahannya balik badan pulang. Mending jadi biker lepasan. Pas kpingin jalan sendirian ya sendirian. Pas teman2 ngajak jalan ya ikutan. Lebih bebas.

11 09 2011
jaos

kalo soal topspeed sih…………ya nonsense la.
soal urusan jalan jauh…..ya tergantung orangnya, apa itu krn senang/cinta turing atau krn terpaksa (mudik)…atau cuma pengin pernah ngalamin turing aja.

11 09 2011
gendik

naek motor paling jauh masih d sekitar pulau jawa.

rute mingguan pesisir utara – pesisir selatan jateng.

top speed standar bebek 125cc

11 09 2011
aryo_j

Mas ben ,jika ke seoul lagi kabar2 dlu tak temeni keliling korea,aku sejak 2008 sampai sekarang dikorea selatan..

11 09 2011
11 09 2011
Mercon C Part 3

hm,,, top speed ?? 100 doank kok😆

11 09 2011
nanared

turing terjauh yang bakal ditempuh adalah…..
AKHIRAT

11 09 2011
azizyhoree

mantabbb

11 09 2011
mantyasih

Tergantung konteks kl menurut gw bung ben…

gw, hampir bs dibilang gag pnh touring motor, walo gw pernah mudik ke magelang naik motor. Gw jg blm pnh kenceng2 bgt naik mtr, krn gag pernah rasain sirkuit. Tapi gw suka nanya ke org2, pnh kmana aja dgn motor, krn gw suka dengerin cerita ttg perjalanan… Dr cerita mrk gw bs “sampai” ke tempat2 yg blm pnh gw dtgi. Apa sj yg bs mrk lakukan di tempat2 itu.

Ambil simple-nya, touring = tour+ing. Tour = wisata. Ya seneng aja denger org bs wisata jauh… Apalagi kl itu dilakukan dgn motor, krn itu adalah moda transportasi paling irit menurut gw…

Buat gw itu bukan arogansi. Arogansi adalah kl org dgn gampangnya blg “siapa lo? Dia itu yg diriin klub blablabla, dia itu ketua organisasi blablabla…”Hanya gara2 sumber foto gag kliatan, nuduh diilangin, pdhal dianya sndiri melakukan hal yg sama.

11 09 2011
azizyhoree

KSA …. mid east @1000kpj #kurang jauhh tapi kangen , entah kapan lagi 😦

yg sering jauhh tuh boss nya mbah dukun… journey nya manteb pula 🙂

11 09 2011
Arus Liar

Thnx atas doanya Om Benny dikomentar yg lalu, skarang saya dah naek kelas pake Byson (biarin walo dibilang mtr lemot, mau beli P220 takut onderdil stnk), sbelomnya pake Suprix touring terjauh saya surabaya-probolinggo, lainkali saya akan ke Jogja or Bali

Tentang meraih segenggam berlian gandengan masih dlm proses..tp saya coba meladeni tantangan Om Benny atas Syaiful Jamil hehehe😀

11 09 2011
bennythegreat

Waaah…Alhamdulillah..ayo terus semangat bekerja broo…!!

12 09 2011
gogo

begitulah om, mau jauh kemana, kecepatan brp yg penting ttp safety riding..

12 09 2011
pbateman

paling jauh ane ke Lombok, kalo top speed mungkin sama kayak om benny 840 kpj :ngakak

12 09 2011
robo

“Speed sih ga tau mas, yang penting nyampe tempat tujuan dan makanan yang saya bawa ga tumpah, cepat tapi selamat…”

*delivery order

12 09 2011
to pick

setiap hari jakarta – tangerang, huekekekekek, padahala itu cuman 3km….

12 09 2011
yahonsuwakanja

saya seneng dgn orang yg low profil mas benny…
diem2 menghanyutkan….sprti bulir padi yg berisi…nggak kakean ngomong…tapi tiap minggu ngabrettt dgn KTM-450
hehehehehe…

salam ngabret…

12 09 2011
bennythegreat

KTM 450 itu mesin potong rumput yak masbro..?
:mrgreen:

12 09 2011
yahonsuwakanja

coba tanya ke inul…
wkwkwkwk..

12 09 2011
SuRyA

menurut opini saya, semua org pernah ada pada masa kayak mas benny ulas diatas. jujur termasuk saya.
tapi semakin berumur dan pikiran lbh terbuka, kayaknya masih ada yg lebih penting dibandingkan dgn “top speed lo brp?” “dah mpe mana touring?”. Inget FAMILY dirumah yg nunggu. Walopun kadang rasa kesel ga bs ikut turing kadang melanda tp ambil hikmahnya aja. Keluarga jauh lebih penting. Berlian jauh lebih penting daripada cm jalan2..
—-
http://www.dk8000.co.nr

12 09 2011
bennythegreat

Nah itu dia masbro..soale yg bertanya seperti itu rata2 sudah berkeluarga..gimana dong..? Apa mereka gak peduli sama keluarganya?
Wallahualam..

12 09 2011
Mik-mik

hmmm,bener juga,pernah tuh pas jambore yf,ditnya anak byson madura,paling jauh touring kemna mas? lucunya,dia ;amnsung crita hbs touring pp madura jakrta…:tepokjidat: songong bener

12 09 2011
Busa_tio

Jujur aja, kalo aku malah sering ngajuin pertanyaan kayak gitu. Tujuannya bukan untuk “mencemenkan” tapi berharap dapet cerita dari pengalaman dia. misal, gimana pegel pa ngga naik motor ini kalo buat jarak jauh, bensinnya dapet berapa km/l ato berapa kali ngisi bensin, lewat jalur mana, jalanannya mulus apa rusak, trus bisa juga berlanjut ke obrolan kuliner, dst… dts…
Apa aku ini belum nyadar ya, kalo sekiranya pertanyaanku itu salah?

12 09 2011
bennythegreat

Kalau niatnya bertanya beneran sih gak apa bro..tapi kalau nada pertanyaannya sinis kan beda..

13 09 2011
warung DOHC

se7 😛

13 09 2011
setia1heri

sepakat mazbro
kenikmatan riding tidak diukur dengan jarak dan kecepatan

http://setia1heri.wordpress.com/2011/06/04/sisi-sisi-lain-turing/

13 09 2011
Abdul Azis

Ane paling jauh baru ke alam dunia…….dari alam rahim….

kecepatan gak bisa ane hitung,,,,dulu belum di ajarin…..berhitung…….

14 09 2011
hampura

xi..xi..xi… ..ngapain lagi ngurusin opini ….🙂

13 09 2011
contropiede

gpp kali bro, kan suka-suka orang mau membanggakan dirinya

19 09 2011
oche

kayaknya mazbro abiz kena ” sindiran ” temen satu klub ya….

19 09 2011
bennythegreat

Gak kok bro..justru ane ingin menyindir mereka yg masih suka nanya begitu

7 11 2011
Angga

biker malaysia udah pegi UMROH pake motor, kapan neh kita?

31 01 2012
Ab5525

paling jauh cuman cileduk – slipi, top speed cuman sampe 60kpj doank…
ngapain juga ngacir kenceng2,
emangnya mau kencing?

#cuekin ajalah

Tinggalkan Balasan

