[Komparasi 220-250cc] part-1: Behind The Scene

18 09 2011

speedometer CBR250 ternyata gak terlalu akurat..

Oke..selagi mengolah data yang ternyata lumayan banyak ini, ane akan share mengenai metode pengujian yang dilakukan. Peralatan yang digunakan adalah HTC Flyer yang sudah diinstall freeware My Tracks yang dapat di-download di Android Market. Caranya gampang saja..Sebelum mulai berjalan di atas motor yang diuji, nyalakan dulu My Tracks dengan klik “Record Track”, dan biarkan My Tracks bekerja merekam data kecepatan, posisi dan waktu tempuh.

sebelum motor berjalan, record tracks dulu

Mengapa ane sajikan artikel ini secara khusus..adalah agar ane dapat mengulas secara fokus riding impression masing-masing motor tersebut, termasuk diantaranya akurasi speedometer dan juga performanya. Prosedur di paragraf atas ane lakukan untuk masing-masing motor yang diuji yaitu Bajaj Pulsar 220 DTS-i yang standar dan sudah mengalami penggantian knalpot + setting karburator, Honda CBR 250R standar, Kawasaki Ninja 250 standar, Yamaha Scorpio 225 yang sudah dimodif dan terakhir..Kawasaki Ninja 150R (2-tak) yang juga standar.

setelah test ride, dapat record rutenya

dapat data kecepatan juga..

cihuy..dapat grafik kecepatan vs waktu

ini dia hasil pencatatan data test ride

Setelah data diperoleh dan terekam di dalam My Tracks, jangan lupa di-save untuk masing-masing session test ride dan diberi nama..Misalnya “test ride xxxx*. Jika sudah selesai session test ridenya, maka data dari masing-masing session dapat dengan mudah dikonversi ke .gpx (extension pada Google Earth)

import datanya ke dalam format .gpx

Nah..session berikutnya adalah membuka data .gpx masing-masing session di dalam Google Earth..

Jika Google Earth sudah selesai load .gpx, selanjutnya akan terlihat rute test ride berwarna biru. Lho…mengapa tidak di save ke dalam .kml..? Setelah diusut, ternyata jika sejak di device sudah di-save ke dalam format .kml, maka data kecepatan tidak dapat ditampilkan, dan hanya data rute test ride saja (berwarna merah).

show elevation profile

Lanjut…di rute berwarna biru, klik kanan dan pilih opsi “Show elevation profile”. Di sinilah “the magic works”. Google Earth akan menampilkan statistik kecepatan dan waktu secara presisi dan informatif. Dari data kecepatan dan waktu inilah akselerasi akan dihitung.

Caranya..? Lihat dulu rute test ride.. ane hanya akan tancap gas di track lurus jadi akan dengan mudah diketahui pada grafik di bawahnya bahwa kecepatan ane meningkat seiring bertambahnya waktu dan jarak. Perhatikan bahwa setiap “lembah” yang menanjak berarti ane sedang berakselerasi, sementara sebaliknya, pada “lembah” yang menurun maka ane sedang berdeselerasi. Pada saat akselerasi di grafik akan terlihat bertingkat-tingkat, ane akan menghitung selisih kecepatan di dasar dan puncak grafik lalu dengan membaginya terhadap selisih waktu di dasar dan puncak grafik, maka akan diperoleh dengan mudah akselerasi.

Sebagai data pembanding, ane juga menghitung data akselerasi pada 2 lembah lainnya di grafik. Demikian metode kerjanya secara singkat..ane mau lanjut dulu hitung datanya.

olah data dulu di MS Excel


Aksi

Information

16 responses

18 09 2011
geraltofrivia

jadi kapan datanya keluar semua nih?:mrgreen:

18 09 2011
bennythegreat

tak terduga..

*biar makin penasaran*

18 09 2011
dwitri oktaria

disinyalir sampe part V…dari pada bahas bebek yg bikin penasaran

18 09 2011
Virus

bwakakakakakakakakakak…
siap2 pemadam kebakaran om ben…
*disinyalir fans boy fans boy udh siap perang…wkwkkwkwkwkw…

18 09 2011
yusto

scorpio gimana om benny?
akurat ga speedonya?

18 09 2011
smartf41z

Monitor.
Tank bagnya pake 7 gear kan? Ati 2 bro pake 7 gear terlalu sering. Dalam sebulan ane pake di ninin ane. Kmudian timbul baret halus kanan kiri. Ini karena list pada pinggiran tatakan magnet yang terbuat dari kain keras/ kasar

18 09 2011
pridesonline

buat apple ada nggak yah

18 09 2011
azizyhoree

banter dewe ninja 2stroke 😛

18 09 2011
Jeskoneng

yg aku tunggu : komparasi aksel P220 std vs P220 Abbys vs CBR250 dalam angka dan riding impression oleh om Benny

18 09 2011
Jeskoneng

bisa apa nggak ya, grafik utk P220std, P220 Abbys & CBR250 ditumpuk dijadikan satu, supaya nampak jelas perbedaannya

18 09 2011
bennythegreat

Gak perlu ditumpuk juga bisa..kan nanti keluar angkanya..

18 09 2011
jaos

Penasaran yaa..

18 09 2011
armand

penasaran……..penasaran…….penasaran……..penasaran…….

19 09 2011
blackmax

blon ada datanaaaa… xixixi…

lanjut ke komparasi jilid keduax..:D

19 09 2011
sabdho guparman

gelar tiker aja lah. . . .

keep brotherhood,

salam,

20 09 2011
gogo

waow, moga semua motr diuji biar tau realibitasnya, keep move

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: