[Komparasi 220-250cc] part-2: Pulsar 220 + Muffler Abbys Dahsyattt…!!

19 09 2011

bersiap memulai test di Pulsar 220

Bro Torry sepertinya tidak salah pilih ketika mempercayakan tunggangannya kepada bro Adie, seorang mekanik handal yang sudah ane kenal sejak beliau memasangkan Water and Air Injection (WrAin) di Pulsar 180 generasi pertama ane tahun 2007 silam. Bro Adie ane kenal memiliki passion yang tinggi di dunia roda dua. Nah, kali ini inovasi terbarunya adalah muffler yang diberi nama Abbys.

Ketika bro Torry menawarkan untuk

test ride Pulsar 220 nya yang sudah dipasangi knalpot Abbys, ane tidak menolak dan langsung menyiapkan data logger berupa aplikasi My Tracks yang terinstall di HTC Flyer ane. Setelahnya, tak lupa ane juga melakukan komparasi dengan Pulsar 220 standar milik warga PRIDES.

Lokasi pengujian adalah jalan sekitar Mega Kuningan Timur yang memiliki trek lurus dan juga lingkaran. Pada trek lurus ane akan leluasa mengail akselerasi, sementara pada trek lingkaran akan dapat diketahui bagaimana perilaku motor ketika berakselerasi sambil menikung.

Trek ane beri checkpoint seperti gambar di bawah ini:

peta checkpoint uji akselerasi

Akselerasi ane ukur pada trek #1 sampai #2, begitu pula pada #3 sampai #4. Sebagai tambahan ane masukkan pula rute #5 sampai #6 (trek setengah lingkaran).

Pulsar 220 mulai ane betot dari gear-1 menuju gear-2 sepanjang #1-#2, lantas ane putar balik dan kembali betot gas di #3-#4. Masuk ke gear-3 selepas #4 hingga #5 akan memberikan data akselerasi pada gear-3 ke atas. Data yang tercatat ane tabulasikan sebagai berikut:

data akselerasi Pulsar 220 Abbys

data akselerasi Pulsar 220 Standar

Terlihat pada tarikan awal, Pulsar 220 Abbys memiliki akselerasi sebesar 1.45 m/s2. Ini berarti hampir dua kali lipat akselerasi Pulsar 220 standar yang terhitung sebesar 0.87 m/s2. Pada rute #3 hingga #4 Akselerasi Pulsar 220 Abbys semakin menggila dengan nilai puncak 3.33 m/s2, lagi-lagi hampir dua kali lipat Pulsar 220 standar. Namun sayang ketika bermanuver di tikungan dan memasuki gear-4 menuju gear-5,  akselerasi Pulsar 220 Abbys kalah sangar dengan Pulsar 220 standar (0.98 m/s2 vs 3.05 m/s2). Padahal di dalam rute itu kondisi jalan relatif sepi sehingga gas bisa dibetot dengan leluasa.

Namun perlu diperhitungkan pula faktor-X dimana bacaan My Tracks selalu ngawur pada rute #5 hingga #6. Entah mengapa..Bacaan kecepatannya sih normal, namun bacaan posisinya ngaco. Lihat saja tuh ketika melewati depan hotel Ritz-Carlton posisi motor tiba-tiba melenceng ke kiri, seolah ane menabrak sesuatu. Apakah ada GPS signal jammer di sana..?

grafik komparasi akselerasi Pulsar 220

Last..hanya dengan menggunakan bacaan pada titik #1, #2, #3 dan #4, ane sudah cukup yakin dengan performa muffler Abbys. Pengujian lebih afdol tentu saja di sirkuit, namun karena di sini yang diuji adalah akselerasi maka ane tidak perlu betot gas dalam-dalam, yang penting data sudah tercatat.

Sebagai lampiran artikel, berikut adalah data test-ride:

Pulsar 220 Abbys

data akselerasi P220 Abbys

Pulsar 220 Standar

data akselerasi Pulsar 220 Standar

Monggo di share opininya..:mrgreen:


Aksi

Information

24 responses

19 09 2011
hanx

pertamaxxxx

19 09 2011
B M W ♣

lumayan joss

19 09 2011
B M W ♣

Coba di tempat saya om,banyak jalan propinsi yg lurus panjang halus,test topspeed bisa 24jam xixixi

19 09 2011
Jack

Ckckckck….. Dahsyat..
Btw hasil komparasi P220,cbr250,ninja150 mana om???
Owg belum terbit2???

19 09 2011
bennythegreat

Sabar..satu2 yaa..

19 09 2011
AL54

Aku ora ngerti…T^T

19 09 2011
Oby

Bacanya aja ndak mudeng apalagi bikin nya

19 09 2011
Virus

hmmm…menarik data ny bener2 valid…kita tunggu data lainnya…
*dan om ben spertinya perlu dibuat final result keseluruhan motor agar yg gak mudeng mbacanya dapat dengan mudah memahami…hohohoho…

19 09 2011
ivaelli

mantap brooo… sampe bingung gua mbacanya…..

19 09 2011
Tom

Di Ritz mmg ada jammer bro…utk mencegah teroris kejadian lg…

19 09 2011
bennythegreat

wah..ane baru tau bro..

19 09 2011
norman mannor

Gile data2 nya. Ditunggu kelanjutan artikel nya nih

19 09 2011
boeajatampan

hmmm……

19 09 2011
tyonugra

oh

19 09 2011
harisxyz

hati-2 Mas Ben …
ntar ada rok mini lewat lhooo
http://harisxyz.wordpress.com/2011/09/19/aku-dan-rok-mini/

19 09 2011
njeplax

Snalpot garapan bro adie emang maknyus…apalagi sekalian di templokin Wrain.. berasa 2 tak deh…

20 09 2011
jeng3

lah,produk mufflernya mana bro?? kok gak ada pic nya??

20 09 2011
20 09 2011
Jeskoneng

okay, thanx bro Benny.. jadi kehebatan P220 Abbys vs P200 std sudah terbukti dalam dua event malem itu, yaitu dalam test aksel oleh bro Benny, dan dalam high speed rolling malem itu, dari MKT menuju Monas… si SS-2 (P220 Abbys) bisa melewati beberapa motor terdepan yaitu Pio korekan bro Olis, P220 std biru milik bro Rangs, dan P220 std merah milik bro Groiz Rendy.. tinggal nanti akan test di atas mesin dyno, utk mendapatkan hasil berupa angka hp/nm utk tenaga dan torsi… moga ada P220 std yg mau ikut test dyno utk menjadi perbandingan…

20 09 2011
Jeskoneng

gimana perbandingan aksel P220 Abbys dengan CBR250R ?

20 09 2011
andrews

keren banget om ben .. Mantappppp

21 09 2011
fsaft

mantab ulasannya…. !!

23 09 2011
Azat

Bsa beli itu part nya..

12 06 2012
bintara

alamat mengkel dimana bos??no sekalian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: