Akhirnya selesai juga perhitungan dan tabulasi data akselerasi untuk seluruh motor yang ane coba di MKT hari Jumat malam minggu kemarin, dari mulai Pulsar 220, Ninja 150R, Yamaha Scorpio, CBR 250 dan Ninja 250 yang mana datanya ane komparasikan. Sebagai edisi klimaks, berikut adalah komparasi dari motor flagship dari Kawasaki dan Honda.

rute test ride
Dari ring merah…ane panggilkan…CBR 250R…
Mari kita bedah satu persatu. Setelah riding impressionnya ane ulas dalam artikel sebelumnya, maka kini ane akan fokus ke performanya. Langsung saja menuju tabulasi akselerasi di bawah ini.
Dari tabel tampak bahwa akselerasi CBR ternyata lebih ganas dari Pulsar 220 yang dimodif. Bahkan pada rute #1 menuju #2 lebih dahsyat sedikit di atas Ninja 150R (1.93 vs 1.88 m/s2). Wow..!!
Namun sayang pada trek yang lebih panjang di #3 menuju #4, dimana RPM dituntut setinggi-tingginya, akselerasinya tak lebih baik dari Pulsar 220 Abbys milik bro Torry.
Selanjutnya..Dari ring hijau..selanjutkan..ane tampilnya…Ninja 250…
Kalau ini ane akrab benar..kendaraan harian ane dan baru kali ini ane mengukur performanya setelah sekitar 1.5 tahun bersama. Mari kita lihat tabulasi datanya:
Pada tarikan awal di #1 menuju #2 sejauh kira-kira 30 meteran itu, Ninja 250 berlari malu-malu bak anak babi..Akselerasinya tak lebih bagus dari Pulsar 220, Scorpio dan CBR 250. Namun begitu dibetot di trek yang lebih panjang pada #3 menuju #4, akselerasinya mulai bertaring…!!
Disinilah jelasss terlihat perbedaan performa Ninja 250 vs CBR 250. Terbukti sudah bahwa CBR 250 memang bertaring pada RPM bawah dan jarak pendek, sedangkan Ninja 250 akan mulai menampakkan performa pada RPM atas dan jarak yang lebih panjang. Monggo dibandingkan seluruh grafiknya sebagai komparasi final…!!
Nah, dengan adanya data ini, ane harapkan para fanboys sadar bahwa ternyata kedua motor tersebut lepas dari jumlah silindernya dan penampilan fisik, ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Barang siapa butuh akselerasi cepat silakan meminang CBR250, dan barang siapa memerlukan tenaga di putaran atas silakan meminang Ninja 250.
Bijaksana,objektif,santun, berdiri di garis, tak berpihak, maju terus untuk memberikan informasi yg edukatif
Rada aneh datanya, gan…
cbr 18,1 KMH dalam 39.2 dtk? sementara ninja 16.6 dalam 6 dtk? dst.. dst..
ini mah karena riding style nya dah beda… bukan performanya… IMO
Mungkin karena bukan di sirkuit. Pengaruh traffic mungkin?
bukan begitu bro interpretasinya..
itu maksudnya di awal #1 CBR berada pada waktu 39.2 detik
sementara Ninja berada pada waktu 6 detik..
jadi kolom Time #1, #2, dst itu hanya penanda saja..bukan indikator kecepatan.
indikator durasi waktu adalah pada kolom kecepatan, dimana terdapat selisih waktu antara #2 – #1, #3 – #4, dst.
mengapa pada CBR lama di #1..?
soale sebelum start mesin ane ngobrol sebentar sama beberapa bro di sana… 🙂
oooooooooooo
gitu
kalo saya : http://maskurblog.wordpress.com/2011/09/22/saya-lebih-cocok-mesin-overstroke/
Lohh..punya om Ben udah make K&N air filter & Iridium spark plug toh.. Kalo CBR spek modifnya disamain mungkin akselerasinya bisa lebih ganas lagi ya…
Terima kasih atas objektivitasnya bang ben…
oks… vote 2 cylinder…
Mau bikin blog? Pastikan temanya togel atau Moto-GP. Pasti banyak yang mampir.
pas dibadan tuh CBR 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/09/22/sebuah-promo-produk-yg-gak-etis-buat-pabrikan-sebesar-honda/
Intinya..buat γάπĝ perlu putaran menengah ke atas, ambil ninka. Buat γάπĝ butuh (?) torsi buat jarak γάπĝ gǟƙ signifikan silahkan pilih cb/scouzy/p220…γάπĝ ini selevel semua. Yaa..
Tetap dipikiran saya, kalo torsi hanya penting buat jalanan γάπĝ benar2 banyak tanjakan turunan tapi agak2 macet…nah di sini si cb bisa menemukan jatidirinya.
Tumben adem gini komparasi ny
Ky bukan baca blog beruang
Wah iya tumben gak bakar2an. Tapi bagus, disertain data2 juga jadi dilarang komplain…hehehehe..
…di #3 menuju #4, dimana RPM dituntut setinggi-tingginya,..
cbr na mungkin dah kena limiter rpm di 11rb yaa, 10,5rb dah mulai batuk tuh…xixixi..
10 rb rpm cbr dan 10 rb rpm ninja jelas ga sama kecepatanya bro.. Bore stroke cbr jauh lbh besar, jd 10 rb rpm cbr dan 10 rb rpm ninja bisa jadi 10-20 km/jam lbh tinggi cbr dibanding ninja 250
mantabs ulasannya, kapan ya beli ninja 250…….
tolong dong om informasikan detail ubahan atau modifikasi motor masing2x kayaknya dah ga standard semua yang di test.
ini artikel berseri bro
di artikel sblmnya udah ada penjelasan mengenai
motor masing2..silahkan searching
bro. ga ada ulasan pengetesan keakuratan bacaan speedo vs gps ya
bro ga ada ulasan perbandingan kecepatan antara speedo vs gps ya.
cbr nya masih setandar ting ting masih inreyennn
wah bang benny bisa pasang dirumahnya nih..bunyinya seperti ini : “BangBenny asli solo menerima jasa ukur performa motor ” Buka jam 9-12 malam .. xixixii..
http://yudibatang.wordpress.com/2011/09/22/pengalaman-solo-riding-di-rubung-lelembut-dijalan-wonogiri-ponorogo-jawa-timur/
Weleeh..tadinya mau pasang iklan “Terima Sedot WC”..atau “Badut Sulap”
wah hebat bang..perhitungannya mantap
kalo buat turing daerah yg berbukit-bukit, enak pake cbr250, kalo buat pantura… Lebih ngejoss pk n250r…
vote CBR250 ah ,, cocok bwt ane !!!!!!!
vote bwt @chi:gue milih loe drpd milih cbr 250
Gue setuju ama bang Ben,soalnya N250 R punya gue emang ganas diputaran atas suara mesin halus,minim getaran,dan akselerasinya mantap.gue mau tanya nih ama Bang Ben? ban ukuran 160 masuk ga ya diban belakang N250R terus plek standar perlu diganti ga buat penyesuaian?mhn petunjuk..
mending pake cb ajah…
ninja ma cbr ajah gag brani tuch ngelawan…
hahahaha…
Numpang tanya,sy pngendara sorpio,sy di aceh,tp asli sy jogja,sy mw tny: brp kcptn max scorpio standard ? Trims tlng ksh pncrahan….
Buat pak Widodo : Kalau BekJul vs N250R menang Bekjul lah terutama pas tikungan dan Razia… jaka sembung
bagus keneh astrea prima th 1989
bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss.
[…] Masih ingat dengan bro AR sang pemilik CBR 250 Repsol edition yang sering ngangkring di kopdaran PRIDES? Yup, beliau bisa dibilang salah satu pemilik awal CBR 250 dengan livery Repsol edition. Sayangnya waktu ane iseng bikin komparasi akselerasi motor di MKT tempo hari, ane gak sempat test ride motornya. Padahal motor bro AR sudah menggunakan muffler Yoshimura yang khusus dibuat untuk CBR 250. Akhirnya ane memakai CBR 250 milik bro Gobe..hehehe..Artikel selengkapnya silakan dibaca di sini. […]
enag ninja ahh
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/17/harga-cbr-250-di-wonogiri/
Setuju.. karakter dr lahir emank udah beda selisih antara HP dan Torsi, “JELAS” ada kelebihan dan kekurangannya antara CBR250 dan Ninja250…
kebanyakan org gak memahami apa itu Torsi, hanya melihat sisi HP.. kalo besar artinya Kencang.. padahal antara HP dan Torsi masing2 punya pengaruh besar…
ibarat naik speda dgn gear besar dan kecil… bisa dirasain sndiri waktu start awal dan saat sudah mulai jalan cepat…
apa masih berfikir torsi itu gak penting? atau torsi hanya dibutuhkan di medan yg banyak tanjakan?
Sekilas info
Menurut pengetesan Motorcycle-USA
(baca : http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-153181.html?s=3ba78bd303099bc74f5eb59e62dbbab9 )
CBR 250R membutuhkan waktu 8,5 detik untuk nge-Drag dari 0 km/jam sampai 100 km/jam (60mph)
Ninja 250R membutuhkan waktu 7,7 detik untuk nge-Drag dari 0 km/jam sampai 100 km/jam (60mph)
Konsumsi bahan bakar CBR 250R adalah 64.7 mpg ( 27,5 km/liter) sedangkan Ninja 250R hanya sanggup 49.1 mpg (20.9 km/liter)
sumpah ini komparasi yang terbaik yang saya baca di Internet. trimakasih mas Ben
Kalo cbr 250 ganti cdi yg no limit .larinya bisa lbih kencang gak yah
Sedangkan cbr 250 punya saya standrnya aja bisa tembus 165 km/jam. Memakai ban standar .klo ban belakang disamain dg ukuran n250 130/70 mungkin bisa tembus 170 km/ jam. Apalagi pke cdi racing wah bisa lebih sangar tuh..
bokis banget mpe 165 km/jam.http://gadogadomotor.blogspot.com/2011/05/ninja-250-vs-cbr-250.html