Trend “Upgrade” Enjin CBR250 Menjadi 4 Silinder Inline

24 09 2011

Kali ini ane mau share obrolan dengan bro Ahmad Rifo, salah satu punggawa PRIDES yang juga pemilik Honda CBR250R. Kebetulan beliau turut mengikuti komunitas Honda CBR250 anyar ini yang di Jakarta sendiri anggotanya sudah menyentuh 30-an orang.

MC-22

Salah satu trend yang tengah hangat dibicarakan adalah mengubah Honda CBR250R edisi 2011 berkode MC-41 ini menjadi motor 4 silinder inline CBR250RR berkode MC-22. Caranya bukan dengan swap enjin, tapi dengan melakukan perkawinan STNK CBR250 MC-41 dengan si lawas MC-22. Hasilnya..kini mereka tengah “berburu” motor lawas nan langka tersebut hingga ke negara tetangga.

mesin 4-silinder..jadi incaran..

siapa yang tidak tertarik performa inline four...?

Tidak mudah memang mencari “bahan” CBR 250 MC-22 ini yang masih kinyis-kinyis, namun niat akan mesin 4 silinder dengan cap CBR sangat besar. Ini berarti para “advance consumer” memang merasakan ketidak puasan akan enjin CBR 250 yang cuma 1 silinder itu.

By the way, cara mengawinkannya bagaimana..?

Pemilik CBR 250 2011 tentu memiliki STNK yang mencirikan motor anyar tersebut dengan adanya nomor mesin dan nomor rangka di dalam STNK. Nah, tugas selanjutnya adalah membeli Honda CBR 250 RR lawas (MC-22) bermesin 4-silinder..bodong pun tidak masalah. Jika sudah dapat, maka nomor mesin dan rangka dapat diubah dengan mudah, menyesuaikan dengan STNK CBR 250 baru.

di dalam STNK CBR 250 MC-41 tidak ada spesifikasi jumlah silinder..amaan..

Pastinya effort ini memerlukan dana yang tidak sedikit. Bahan CBR 250 RR saja disinyalir bisa mencapai 40 jutaan ke atas, terlebih jika yang masih kinyis-kinyis tentu saja akan lebih tinggi lagi harganya. Tapi jika sudah dapat dan perkawinan STNK berhasil, tentu akan memuaskan dan menjadi sesuatu banget…:mrgreen: Terlebih kalau body CBR 250 MC-41 yang aduhai itu dapat dipasang pada CBR 250RR MC-22. Mak nyossss…!!

Last..ane ingatkan bahwa ini adalah cara upgrade yang nakal dan jahil..jadi ya..do it with your own risk..OK bro..


Aksi

Information

27 responses

24 09 2011
nunoe

wew….

kalo bodi CBR barunya bisa dipasang juga, bisa jadi sleeper bike😀

24 09 2011
DMS78

Mantap gan ulasannya tp biayanya ga nahan… Kenapa ga beli yg Ccnya lbeh gd aja kl dananya ada segitu jd punya 2 deh..

24 09 2011
Azhar Ramiz

kalo begini sih udah nggak ada yang ngatain lagi “motor sport kok 1 silinder?”:mrgreen:

24 09 2011
Virus

wkwkwkwkwk yg bener aja, saking pengen ny “tenaga lebih”…
ck…ck…ck…dikira polisi gk bs bedain apa suara 4 inline ama 1 big bore…
ane kutip om ben…
“Last..ane ingatkan bahwa ini adalah cara upgrade yang nakal dan jahil..jadi ya..do it with your own risk..OK bro..”
like this! dan udah pasti jatuh2ny tetep lebih baik ambil ninja250…ahahahay

24 09 2011
4201journey

pasti ketahuan.
Dr bantuk mesin n suaranya aja udah pasti tau. Kan d stnk ada tertulis jumlah silinder….
Yg paling keliatan dr kabel busi yg 4biji…
Pas esek2 mesin, pasti keliatan…
Kecuali, engine swap mesin cbr150 menjadi cbr250r… Ga bakal ketahuan… Wong sama2 1 silinder…

24 09 2011
4201journey

ato mesin vixion ganti blok dgn cbr250… Udah banyak yg bisa tuh….

24 09 2011
ipanase

jadi musuh besar ninja ini

24 09 2011
sabdho guparman

sebelah kantor ada yang punya tuh om, tapi kayaknya CBR 400 yang 4 silinder

keep brotherhood,

salam,

24 09 2011
Long'S

Terlalu beresiko
Tp hasil ny pasti meledak di luar fantasi😆

24 09 2011
Oni89

Bisa2 ninja diasepin!

24 09 2011
bman

Hahahhaha bro benny ngajarin gak bener nih!

24 09 2011
smartf41z

Tren ini udah diaplikasikan ninja udah lama. tapi ganti ke moge 2 silinder biar aman
ini linknya http://smartf41z.wordpress.com/2011/05/11/kawasaki-ninja-bertenaga-diatas-50hp-bermesin-standar-bisa/

24 09 2011
onomenulis

yang pasti suara mesin nya itu lho… bikin noleh orang di lampu merah…
ZWINNNGGG….ZWINGGGG…..

24 09 2011
blackmax

wah mahal dan kekna gak segampang itu ngerubah numer mesin, mesina juga musti jelas asal usulna kekna..:roll:

klo gw dah cukup puas kok dengan performa cbr250, secara itu mesin kan teknology terbaru yg minim perawatan..

cari 135kpj easy to go, mo jalan berapa sih di jalanan negara kita..?

24 09 2011
rong rong

setuju om…sdh ke tkp warung sebelah kah ?

24 09 2011
joko

Klo artikelnya bahas swap enjinnya sih ga masalah.. Tapi klo udh bahas “ngakalin” stnk kok rasanya ga cocok unt ditulis seorang penggiat RSA ya? Hehe :p

24 09 2011
demungan

Jiah, emangnya plokis aparat kemaren sore hauahauahaua.
Ntar malah diledek lho klo apes kena razia. Mas ehm…perasaan cbr yg baru suaranya udug..udug..udug…
Kok yang ini ziiinggg..ziiiing…ziiiinggg…xixixixixi

25 09 2011
SuRyA

Tulisan mas benny adalah salah satu contoh ketidakpuasan dr beberapa customer cbr yg sebwnarnya berharap lebih dari cbr250 yg br diluncurkan beberapa wkt silam.. Harapan akan motor multi silinder sirna bgitu tau trnya mc 41 pake 1 silinder

http://www.dk8000.co.nr

26 09 2011
fifers

Bang ben,sudah adakah yg berhasil dari program “kawin silang”it..

26 09 2011
bennythegreat

kayaknya belum ada…susah nyari barangnya,,,,

26 09 2011
Diavel a.k.a 2strokers

Kerenan yg MC- 22 … dr mesin sampe body
Terus kalo sudah “swap” STNK, yg MC 41 jadinya malah bodong dong dong… buat apa beli motor baru malah di bodongin…?

27 09 2011
hadi - adaajadotnet

Oooo.. ternyata ini toh racun barunye! kemaren ane maen kedaerah cibubur, kok banyak yg nanyain motor lawas ini.. kyanye bakalan gahar bgt ni..

28 09 2011
anjing tanah

di ahm cakung ada ni mtr (tp ga dijual) hehe ,,

12 03 2012
DAVID CIA

menurut saia sih IMPOSSIBLE !
1. crank case 1cyl mc41 lebih kecil dari crankcase 4 cyl mc22 (3cyl nya taruh dimana?)

2. baut tusuk sate 1cyl cuma 4. 4cyl ada 6 (bikin dudukan nya gimana tuh di crankcase?)

3. jalur pompa oli 1cyl mc41 beda dengan mc22 4cyl (gimana tuh jadinya pompa 1cyl di paksa pake buta 4cyl?)

4. posisi rantai keteng nya juga sudah berbeda

5. pengapian 1 cyl gimana cangkok ke 4cyl yah?

6. magnet 1 cyl ajah da beda dengan magnet 4cyl (ada yg bisa gulung?)

7. sangat sulit (nyari kutu di kepala kutu) bahan head 4cyl kondisi bagus

8. mc21 mc22 di indonesia kayak keberadaan dedemit (katanya ada tapi gk ada yg pernah liat)

9. beli mc41 dan 40jt…modif mesin bisa 40juta…masa kerja bubut mesin pasti makan 6 bulanan. mending gw beli cbr 600 bodong aje….

10. akhir kata dari pada kepala batu ngabisin duit bikin 1 cyl ke 4cyl yg faktanya udah hampir kayak beli mesin baru mending beli 600 bodong.

29 07 2012
Paidjo

Emang lebih sip tu lebih dr 2 silinder.. Suara bner2 moge.. Kalo 250 cuma 1 ato 2 silinder suara gak mantap kayak 3 ato 4 silinder. khusus 2 silinder mantab kalo lebih dr 300cc.. Tapi kalo untuk 250 buat balap cukup 1 silinder dah oke contoh cbr250 1silinder ato honda NSF.

29 07 2012
Paidjo

Itu sih cuma pindah mesin aja ke rangka cbr 1 silinder, kalo misal dudukan gak cocok ya di modif.. Mesin baru di simpen. Jadi maen stnk aja.. malah habis2sin duwit aja.. beli aja yg 4 silinder ganti body cbr 1 silinder.. ganti baju aja.. aman dah.. napa repot repot.. lagian jaman dulu 250cc yg bodong jg jarang.. banyakan yg 600cc

7 03 2014
bmgaja

mending beli cbr 250rr nya sekalian semotor2xnya dipakai…ngapain dirubah ke yg baru….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: